Menu
/
Mencoba hal baru yang positif tentunya adalah hobiku. Termasuk bergabung menjadi di Tim Pelatihan TIK bagi para Guru se-Labuhan Batu. Tim ini dikelola oleh AT TIK ( Armada Trainer Teknologi Informasi dan Komputer ) dan dibawah pengawasan sebuah lembaga social bernama Djalaluddin Pane Foundation.

Kegiatan pelatihan berlangsung selama  3 hari, dari tanggal 1- 3 November 2012 di SMK Swasta Siti Banun, Sigambal, Labuhan Batu. Pelatihan pun ditujukan pada para guru se-Labat.


Tantangan hal baru yang sedang kucoba beserta kawan-kawan adalah membantu para guru dalam mengoptimalkan penggunaan computer dan  internet sebagai salahsatu media pembelajaran.


Mungkin menghadapi para guru dan berbagi ilmu bukan kali pertama bagiku. Ramadhan lalu baru saja membantu para Bapak/Ibu pegawai sebuah bank untuk membuat opini, dan awal November cakep ini diberi kesempatan untuk berbagi ilmu dengan para guru se-Labat.


Hari pertama, masih membaca kemampuan para guru, sudah sejauh mana bekal pengetahuan computer dan internet yang mereka miliki. Dari empat belas guru, ada beberapa yang buta sama sekali dengan computer, bahkan pegang mouse saja kaku, ngetik pun satu jari, tap tup tap tup.


Ah rasanya seperti membimbing mamak dan bapak awak sendiri belajar computer. Terbesit di hati, inilah hikmah belajar di waktu masih muda, melihat bapak ibu guru yang usianya ada yang sebaya adik mamakku, sebaya mamakku dan ayahku serta belum tahu sama sekali tentang computer, kalau pun tahu hanya sekadar tahu, rasanya ilmu yang kumiliki mahaaaaaaaaaaaaaal sekali. 

Ada salahsatu peserta bernama Sole, body  bapak guru ini big size, nama keren bapak ini Pak Sogun (Sole Gendut), ia bilang begini, ‘itulah kenapa kita disuruh belajar di waktu muda, ibarat mengukir di atas batu, ingat terus, tapi kalau belajar di waktu tua ni, hari ini dipelajari, besok dah lupa, yang kami punya saat ini cuma SEMANGAT  belajarlah’, wow tiba-tiba haru menyeruak begitu saja T_T.


Bapak dan ibu guru di pelatihan tersebut luarbiasa semangat, apalagi di hari pertama, daku menyampaikan materi tentang search engine Google. Guru yang jarang atau bahkan tak pernah sentuh komputer pun, eh di pelatihan ini langsung diajarkan internet, hehehe. Bahkan di hari ke dua diajarkan penggunaan power point, dan hari ketiga kompetisi sederhana membuat bahan ajar menggunakan media microsoft power point serta mempresentasikannya ke depan peserta lainnya dan trainer.

Beberapa remah yang kukutip dari perjalanan kali ini:
1.       Tidak ada kata terlambat buat belajar
2.       Apa alasan kita yang muda ini malas belajar? Duh, kalau kamu tua, kamu bakal ngerasain ruginya menyiakan waktu muda tanpa ada belajar ilmu apapun, pastinya ilmu yang positif ya
3.      Everyone knows something, no one knows everything, so … belajar itu kegiatan seumur hidup, kawan :D

Nah, biar ilmu kita berkah dan tak lupa, sebarkanlah dan ajarkan, insyallah ilmu kita bakal bertambah. SELAMAT BELAJAR!

# KA. Sribilah Malam, Kursi 13C, 05.00 WIB

1 komentar:

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.