Menu
/

            Alam terkembang jadi guru, falsafah etnis minang yang dipopulerkan A.A Navis, sastrawan Indonesia. Kalau dibaca dengan penuh penghayatan kalimat tersebut cukup magic, bayangkan alam Indonesia yang dibentangkan Tuhan dari Sabang hingga Merauke adalah laboratorium terbesar buat kita yang mau mencari tahu ilmu pengetahuan terpendam dan memanfaatkannya bahkan alam juga bisa kita jadikan sahabat dekat yang harus dihargai, dijaga kelestariannya dan diperlakukan dengan baik.
            Semangat alam terkembang jadi guru ini agaknya merasuki sebuah perusahaan energi terbesar di negeri ini, Pertamina yang mengadakan program keren setiap tahunnya sejak 2008. Program ini diberi nama Olimpiade Sains Nasional Pertamina atau OSN Pertamina.
osnpertamina.com

            OSN Pertamina? Apaan tu?
            Hehehe baru kenal yang dengan program ini? Tenang, disini akan kita jelaskan perlahan tapi detil.
            Berdasarkan situs resminya OSN Pertamina adalah program yang berpotensi dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Jika sudah ngobrolin pendidikan tinggi tentu gak jauh-jauh dari yang namanya mahasiswa. Nah, program ini diperuntukkan untuk mendorong mahasiswa yang konsen dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi atau kita singkat MaFiABi *duh kenapa jadi berasa mirip nama seorang artis yang ‘ehm’, ah…apalah arti sebuah nama :D*.
            Efek positif dari diselenggarakannya program ini adalah mahasiswa yang fokus mendalami dari salahsatu bidang MaFiABi jadi lebih serius dan kompeten dibidangnya.
Intip sejenak Misi OSN Pertamina
Setiap program keren pasti ada tujuan hebat didalamnya, begitu juga dengan misi OSN Pertamina:
  • OSN Pertamina ini adalah CSR-nya perusahaan atau corporate social responsibility dari Pertamina dalam bidang pendidikan yang juga bagian dari komitmen Kepedulian Pertamina terhadap peningkatan kualitas Mahasiswa.
  • Misi OSN Pertamina yang kedua adalah implementasi Pertamina terhadap kegiatan sosial di bidang pendidikan yang berkesinambungan.
Kalau misinya sudah secakep ini, maka sejauh apa efek bola salju yang ditimbulkan baik secara khusus di Pertamina sendiri bahkan secara luas yakni Indonesia, itu sebab adanya sesiapa saja yang jadi sasaran dari kegiatan rutin tahunan ini.
Sasaran OSN-PERTAMINA
Ternyata bukan penembak jitu saja butuh sasaran empuk, OSN Pertamina juga butuh agar misi yang tadi sudah kita bahas sebelumnya jadi lebih kena dan cepat sampai serta terwujud. Diantara sasarannya:
  • Kegiatan OSN Pertamina tidak bisa gerak sendiri, maka pihak OSN Pertamina menjalin hubungan aktif dengan  institusi pendidikan yaitu perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di 33 propinsi.
  • Secara tidak langsung kegiatan OSN Pertamina turut berperan aktif meningkatkan kwalitas pendidikan tinggi khususnya di bidang sains, karena as we know, penguasaan terhadap ilmu pengetahuan adalah tulang punggung penguasaan dan kemajuan teknologi di masa depan.
  • Selama ini kita lebih di semarakkan dengan atmosfir ke-idol idol an, atmosfir jadi artis, girl-boy band, namun dengan adanya kegiatan OSN Pertamina turut membangun atmosfir saintifik di kalangan mahasiswa melalui kompetisi  sains dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.
  • Hasil dari OSN Pertamina adalah ditemukannya bibit ilmuwan masa depan, sehingga yang mumpuni dalam sains dan dapat mengimplementasikan pengetahuannya untuk membawa bangsa ini dari ancamana global.
Kamukah itu orangnya?
Sepertinya belum terbukti jika kamu tidak mencoba ritual menjadi bagian dari OSN Pertamina.
Juara OSN Pertamina: Bertabur Hadiah dan Apresiasi
Ada yang sudah tidak sabar nih ingin segera jadi bagian peserta OSN Pertamina :D. Sabar, yo. Buat kamu yang sungguh-sungguh mengikuti program ini, tentu dari awal kamu sudah persiapan dong?
OSN Pertamina sudah menyiapkan ‘sesuatu yang cetar membahana’ jika kamu serius menjerumuskan diri untuk dunia ilmu pengetahuan dan sesuai bidang yang  kamu senangi dari MaFiABi.
Jika kamu adalah juara, OSN Pertamina akan memberikan:
-         Sejumlah dana pendidikan untuk diberikan pada sang pemenang, tahun 2012, OSN Pertamina memberikan hadiah dengan total uang, Rp. 2,8 M
-       Juara OSN Pertamina akan mendapatkan prioritas untuk berkarier di perusahaan Pertamina, pastinya.
Bagi perguruan tinggi yang peserta didiknya berhasil dan juara OSN Pertamina, maka akan mendapatkan dana pengembangan dari Pertamina.
Wuah seru ya, senangnya ketika ilmu dan jerih payah kita diapresiasi, nah makin penasarankan bagaimana caranya agar dapat mengikuti OSN Pertamina. Baca terus yah. :D
Cara Jadi Bagian dari Peserta OSN Pertamina
Tentu ada aturan mainnya dong untuk bisa mengikuti ajang kompetisi sains nasional paling bergengsi ini.
Berhubung perhelatan akbar ini sudah berlalu, karena penyeleksian sudah dimulai September 2012 lalu, maka tidak ada salahnya kamu yang masih punya kesempatan agar mempersiapkan diri untuk OSN Pertamina 2013.
Langkah I
Simak Syarat Peserta:
1.    Pastikan kamu adalah mahasiswa program S-1 / D4 semua fakultas/jurusan, minimal Semester III (Tiga), yang dibuktikan dengan kartu mahasiswa dan surat pengantar dari Ketua Jurusan/Dekan Fakultas Masing-masing
2.    Tidak pernah menjadi Pemenang tingkat 1, 2 dan 3 pada kompetisi sains tingkat perguruan tinggi nasional, dan tidak pernah mengikuti kompetisi sains perguruan tinggi internasional
3.      Pemenang 1, 2 dan 3 di tingkat Nasional dan Pemenang 1 tingkat Provinsi pada OSN-Pertamina (d/h OSN-PTI) 2008, 2009, 2010, serta 2011 tidak diperkenankan mengikuti OSN-Pertamina 2012.
4.       Info lengkap bisa klik di situs resminya http://www.osnpertamina.com/informasi/persyaratan-pendaftaran/

Langkah II
Lihat jadwal pendaftaran pesertanya, tahun 2012 ini, OSN Pertamina membuka pendaftaran pada 23 Juli-15 September 2012. Nah, kemungkinan besar, OSN Pertamina juga akan dibuka sekitar Juli 2013
Lakukan pendaftaran via online, http://pendaftaran.osnpertamina.com/
Langkah III
Pantengin terus situsnya, karena admin akan ada memposting Agenda Pelaksanaan OSN Pertamina.
Dan untuk informasi Question and Answer nya, kamu bisa klik
http://www.osnpertamina.com/informasi/tanya-jawab/

Merujuk pada Agenda Pelaksanaan OSN Pertamina 2012 bahwa penyeleksian dilakukan dalam 2 tahap, 1) Seleksi Daerah (Provinsi), 2). Seleksi Pusat (Nasional)
            Seleksi Daerah (Provinsi)
Pada saat registrasi, kamu akan diminta untuk mengisi kategori kompetisi yang kamu minati. Tahun 2012 tersedia 2 Kategori:
1.       Kategori  The Best Theory pada Seleksi Daerah akan dilakukan dalam 3 (Tiga) tahap yaitu:
·         Seleksi Tertulis (Multiple Choice),  25 September 2012
·         Pengumuman hasil seleksi tertulis  1 Oktober 2012
·         Seleksi Tertulis Essay dan Presentasi Open Ended  dan Pengumuman Pemenang Tingkat Provinsi 8 Oktober 2012

2.      Untuk katagori  The Best Science Project seleksi akan dilakukan oleh Panitia Pusat yangdilakukan dalam 2(dua) tahap yaitu:
·         Initial Phase (Desk Evaluation),  26-30 September 2012
·         Pengumuman Hasil Desk Evaluation 1 Oktober 2012
·         Regional Finals (Presentation  via Teleconference)  8 Oktober 2012

3.      Video Conference Perguruan Tinggi PIC dengan Dirjen DIKTI dan Panitia Pusat 4 September 2012

Seleksi Tingkat Pusat (Nasional)
1.       Untuk katagori  The Best Theory pada Seleksi Nasional akan dilakukan dalam 3(Tiga) tahap yaitu:
·         Seleksi Tertulis Essay (Quarter Finals),  26 November 2012
·         Seleksi Final Presentasi Open Ended (Grand Finals)  29 November 2012
2.      Untuk katagori  The Best Science Project pada seleksi National Finals akan dilakukan dalam 1(satu) tahap yaitu:
·         Poster Session Nasional 26 November 2012
·         Grand Finals (Presentation & Demo)  27 November  2012 
3.      Field Trip (PLTU Kamojang) Peserta Theory dan Science Project 28 November 2012
4.      Penganugerahan Hadiah Pemenang Theory dan Science Project 30 November 2012

Tips Sederhana buat Calon Juara OSN Pertamina 2013
Berikut ada beberapa tips yang semoga bermanfaat buat kamu yang berminat banget jadi bagian dari peserta OSN Pertamina 2013.
1.       Rajin kunjungi situsnya dan raup informasi sebanyak-banyaknya, mulai dari informasi contoh soal yang diujiankan, khusus untuk yang ambil kategori The Best Theory
2.      Cari tahu kampus yang bermitra dengan pihak OSN Pertamina, kamu bisa melacaknya dari sekarang serta cari info dari dosen atau panitia penyelenggara di tiap kampus.
3.      Butuh pelatih atau dosen pembimbing, saya yakin, tiap kampus yang mendapat informasi OSN Pertamina ini akan membantu sepenuh hati mahasiswa yang menjadi perwakilan kampus, mungkin membantu dari sisi buku referensi, penjelasan, nasihat dan sebagainya
4.      Belajar dari para alumni, nah kamu bisa belajar dengan para alumni juara OSN Pertamina dari tahun 2008 – 2012
5.      Tetap semangat dan yakin kamu pasti bisa!
Semoga penjelasan dan informasi tentang OSN Pertamina serta tips-tipsnya bermanfaat.
Selamat berkompetisi!
Kalau bukan orang mudanya yang peduli dengan perkembangan ilmu pengetahuan,   lalu siapa lagi?
Bersama OSN Pertamina, Mencetak Generasi Sobat Bumi Berprestasi :D


           
           
2 comments

makasih informasi berharga nya kak,,, maaf kak saya mau nanya,,, law panduan untuk ikut proyek sain osn pertamina panduan nya gimana kak?? saya sudah mencarinya tapi ngak ketemu,, kakak ada panduan tatau infonya kak?/ makasih sebelumnya

Reply

sama2 dek :)

kalau untuk panduan ikut proyeknya bisa search langsung ke website resmi mereka dek, dan biasanya website itu dibuka ketika perlombaan berlangsung, namun jika perlombaan belum ada ya web nya di lock sementara, begitu dek, semoga membantu ya, atau coba search dan jalin komunikasi via twitter resmi mereka :)

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.