Menu
/
-->
Judul Buku             : Kitab Cinta dan Patah Hati
Penulis                     : Sinta Yudisia
Penerbit                   : Indiva

ISBN                         : 978-602-8277-99-0
Cetakan                   : 1,  Juni 2013
Halaman                  : 384 Halaman

Harga                        : Rp. 45.000;

A to Z tentang Cinta dan Patah Hati
Oleh: Nurul Fauziah

            Ada hal  yang baru terungkap dan saya baru mengetahuinya T_T dari kisah cinta salahsatu shahabat Rasulullah yang dijuluki Dzun Nurain, Utsman bin Affan.
            Nailah binti al Farafishah, muslimah cerdas nan taat yang ayahnya seorang Nasrani bertemu dengan Utsman bin Affan dalam sebuah pernikahan yang rentang usianya cukup jauh, Nailah, 18 tahun sedangkan Utsman 81 tahun.
Sempat muncul kekhawatiran di diri Utsman tentang perbedaan usia tersebut hingga berulang kali Utsman bertanya kepada Nailah apakah ia tidak keberatan dengan perbedaan usia diantara mereka, tegas Nailah menjawab bahwa ia lebih suka bersuamikan seseorang yang jauh lebih tua darinya. Mendengar penuturan Nailah, Utsman belum yakin juga, ‘tapi aku telah jauh melampaui ketuaanku’? ( 18 dan 81 tahun,Subhanallah :O) dan jawaban yang keluar dari bibir Nailah begitu menentramkan kalbu,
‘Tapi masa mudamu sudah kau habiskan bersama Rasulullah saw. Dan itu lebih aku sukai dari segala-galanya’ ( Alahai jawabannya romantis abis *_*, umur 18 tahun tapi bahasanya dewasa bangeeettt )
Perjalanan pernikahan yang penuh suka dan duka pun dilewati bersama, hingga tiba pada peristiwa pengepungan kediaman sang khalifah selama 50 hari—for more information, saat khalifah Utsman bin Affan memimpin, pemerintahan sedang mengalami situasi dan kondisi yang demikian rumit.
Di hari itu saat hanya teman sejati yang tersisa, ketika pemberontak menerjang masuk, Nailah pun berusaha keras menjadi perisai bagi suaminya, hingga Nailah lupa memakai kerudung yang menutup rambut, melihat kekasihnya itu, Utsman menegur,
“Wahai, Nailah, tutuplah rambutmu dengan kain kerudung! Sesungguhnya rambutmu lebih besar nilainya dari nyawaku!”
:O Khalifah Utsman lebih mementingkan kehormatan istrinya dibanding nyawanya sendiri yang tengah di ujung tanduk (keromantisan macam apa ini? #meleleh ) Pada serangan pertama, Nailah masih berhasil melindungi Utsman hingga jemarinya teriris dalam. Teriakan Nailah tak menghentikan serangan. Hingga diserbuan berikutnya, serangan berhasil menikam tubuh sang khalifah dan menewaskannya.
            Ah, saat cinta harus dipisahkan oleh pedang lebih tepatnya maut, what should we do?
            Awalnya Cinta, lalu Patah Hati. #menghela napas
           
Ketika Cinta dan Patah Hati Dibahas secara Ilmiah
tokobukuafra.com
Cinta, salahsatu kata kerja yang tak kan pernah habis dibahas sepanjang sejarah hidup manusia, terus akan selalu jadi misteri, kadang karena cinta, seseorang bisa begitu kuat namun disisi lain justru melemahkan. Sebenarnya seperti apa teori cinta dan patah hati?
Yup, selamat menyelami isi buku ini, saat cinta dan patah hati dibahas secara ilmiah ;) ( kalau sudah tahu proses emosi tersebut terjadi, mungkin gak ya kita bisa ngatur kapan kita harus jatuh cinta atau patah hati? :P )
            Gak kebayang bila cinta diilmiahkan, pembahasan tentang cinta saja hampir-hampir gak pernah selesai dibahas sepanjang waktu, ini diilmiahkan? Ckckc, wajarlah bila kitab ini memiliki total 384 halaman ^_^
            Karena judulnya Kitab Cinta dan Patah Hati, maka pembahasan dalam buku ini dibagi dua, pertama, pembaca akan diajak menyelami semua tentang Cinta dari A sampai Z. Bab 1, tentu diawali dengan definisi Cinta, cinta dalam versi berbagai bahasa, cinta dan filosofi budaya serta bermuara pada makna cinta sejati, wow :D Bab 1 aja udah bikin cenat cenut ini, deg deg an bacanya ( halaaahh -_- )
            Pernah dengar lagu yang sangat hits di tahun 90-an dibawakan oleh grup band ME? Inikah namanya cinta?/oh inikah cinta? / … terusin sendiri deh nyanyinya hihihi, nah seringnya kita bertanya-tanya, ‘Apakah aku telah jatuh cinta?’ kebanyakan sih kita gak tahu apakah benar kita sedang jatuh cinta?, atau hanya ‘perasaan’ jatuh cinta saja alias Gede Rasa sendiri, kalau kata orang Medan ‘sok jatuh cinta’ :D   atau sekadar suka, daripada penasaran, mending baca deh Bab 2 dari kitab ini ;) seseorang jatuh cinta bisa jadi karena Interpersonal Attraction, atau perasaan tersebut hanya berada di salahsatu triangular love-nya Robert Sternberg dan Skala Cinta-nya Zick Rubin, who knows ;)
            Gimana? Makin dalam kan pembahasannya? ( siap-siap kelelep dah tu :p ) setelah kita mengidentifikasi perasaan kita, di Bab 3, barulah Mbak Sinta, menyajikan cinta secara amat teoritis. Sebenarnya kalau kita lagi jatuh cinta, bagian otak mana ya yang bekerja sangat keras? . Agak belajar biologi lah dalam Bab ‘Cinta: Otak, Sensori, dan Persepsi, Emosi’.  Setelah di Bab ini, bisalah kalau lagi jatuh cinta, buat status di socmed, dengan ‘Sistem Limbik ku lagi aktif nih’ hahaha, pasti banyak yang belum ngerti :p soalnya belum baca Kitab Cinta dan Patah Hati ^_^
http://www.santabanta.com/photos/love/9033130.htm

             Menuju ke Bab 4, setelah otak menerima pesan dan memproses emosi kita apakah kita jatuh cinta atau tidak, bila ia, maka pesan otak akan diterjemahkan dalam bentuk perilaku. Inilah kenapa orang jatuh cinta, sukanya senyum-senyum sendiri, mendadak jadi pujangga cinta, dan banyak perilaku lainnya :D check this out deh di Bab 4 ini ^_^
            Makin dalam pembahasan tentang cinta, kita makin penasaran dibuatnya, di Bab 5, kita akan disuguhkan dengan True Love, Cinta Sejati, hari gini masih percaya dengan Cinta Sejati? Buat yang hopeless dengan keberadaan cinta sejati, bolehlah berlama-lama di Bab ini =) terus ke Bab 6, tentang Menaklukkan Cinta, sampai disini hindari deh pengaruh pemeran antagonis di sinetron-sinetron Indonesia yang tentang cinta-cintaan, rata-rata cinta itu mesti ditaklukkan dengan cara-cara yang jauh dari elegan, hmm, padahal ada banyak cara yang lebih elegan untuk menaklukkan cinta, seperti dalam kisah cinta Zulaikha terhadap Yusuf.
            Menemukan Cinta Sejati, merupakan judul pembahasan di Bab 7,  ternyata Mbak Sinta tidak membiarkan pembacanya, nelangsa dengan hanya menyajikan teori cinta semata, tapi ada solusi juga loh, buat yang belum menemukan cinta sejatinya, bab 7, recommended  banget ;)
            Ciyeee…yang udah nemu cinta sejatinya, =D ternyata gak cukup sampai batas menemukan, menjalani cinta dan mempertahankan cinta juga ada caranya, silahkan dikuasai di Bab 8.
            Seharusnya Bab 9 ini disandingkan dengan Bab Menemukan Cinta Sejati, ( sok tahu, hehe tapi beneran deh ) di Bab 9, tentang Dimana Kau, Cinta? , ini tentang solusi menemukan pasangan hidup buat yang belum menemukan, ada banyak loh caranya, tentu yang syar’I ;)            dan sampailah kita pada Bab 10, Kisah Cinta Sejati: Hati Terjalin, Sejarah Terukir, masih belum percaya, cinta sejati? Salahsatu kisahnya udah saya bocorin diawal pembahasan ini. =)
           
            Now, are you ready for the second part of this book?
Yup, bagian kedua tentang Patah Hati T,,T, ngobrolin soal hati yang patah-patah, Oscar Wilde pernah bilang begini, ‘Hearts live by being wounded’ terkadang, hati menjadi lebih hidup usai terluka. Saya setuju dengan pernyataan Oscar Wilde, tapi terluka terus siapa yang mau? T,,T
Sama seperti pembahasan Cinta, Patah Hati oleh Mbak Sinta Yudisia digali sedalam-dalamnya ^_^, here we go…
Patah Hati, sekilas horor ya, bayangin, hati? Patah? How come? :O mati dong, eits, itu cuma istilah aja bro, sist, di Bab 1, Defenisi Patah Hati itu luas banget, gak semata diartikan putus cinta, tapi lebih kepada kondisi emosi seseorang yang mentalnya hilang semangat dan kemauan untuk melakukan sesuatu, khususnya terkait percintaan—karena rasa kecewa bisa juga, (hal. 284)
http://syalalla.blogspot.com/2012/07/gambar-boneka-lucu-boneka-danbo.html
            Kalau kau pernah patah hati… aku… juga… iya , itu potongan lirik lagu Sampai Nanti Sampai yang dinyanyikan grup band Letto ( udah kayak musikalisasi resensi ya, tadi di awal juga ada lirik lagu, hahaha, lanjut dah…) . Bila Harus Patah Hati, begitu judul Bab 2 dari pembahasan Patah Hati, apa yang harus kita lakukan? Apakah masih ada kehidupan lain setelah patah hati?! ( deeeuuu, segitunya :D ) tenang, solusinya ada di Bab 3, Patah Hati, Dari Mana Harus Memulai? Dan di bab ini saya paling suka dengan quote dari Amy Chua, penulis buku Battle Hyme of Tiger Mother. dia menulis begini, ‘Bila orang meremehkan, menghina, memojokkan, maka cara paling elegan, terhormat, dna bermartabat adalah bukan dengan mencaci makinya, bukan dengan mencakar mukanya, bukan dengan mengumpat dan menuding-nuding batang hidungnya. Semua itu justru menjatuhkan martabat diri sendiri. Balas orang yang meremehkanmu dengan berprestasi dua kali lebih baik. Karena itu kau harus bekerja dua kali lebih keras’. Super sekali \(^0^)/.
 Sebagian ada yang menyembuhkan patah hati dengan melakukan perjalanan, sebagian ada yang mendem di kamar sambil menangis nonton film drama romantis, di Bab 4 ini Mbak Sinta memberikan solusi yang elegan menjalani dan menyembuhkan patah hati, silahkan simak di Bab, Obat Patah Hati ^_^.
Finally, di penghujung Bab, 5 dan 6, bila solusi tak cukup menyembuhkan, mungkin dengan membaca Kisah-Kisah Patah Hati dan Legenda Literatur Klasik Cinta dan Patah Hati, semoga jauh lebih bisa menyembuhkan =)

 Kitab Cinta dan Patah Hati yang Super Lengkap
            Andai buku ini sudah ada sejak zaman saya duduk di bangku Tsanawiyah dan Alliyah , heuheuheu, pasti saya sudah bisa buka praktek dokter cinta hahaha, soalnya selalu jadi bahan curhatan teman yang lagi cinta monyet -_-“ 
            Sinta Yudisia, terkenal sebagai novelis Indonesia yang produktif, karya-karyanya menginspirasi dan banyak memberi kebaikan. Ternyata kehebatan Mbak Sinta tidak hanya tertuang dalam karya fiksi saja tapi juga non fiksi, dan hal tersebut terlihat dari bobot ilmu di Kitab Cinta dan Patah Hati-nya ini. Barakallah Mbak ^_^
Kitab Cinta dan Patah Hati, Overall, keren, meski ada beberapa sedikit typo, misal pada halaman 343 kata Napoleon ditulis Naopleon, tapi gak begitu mengurangi kenyamanan saya membaca ^_^ terlepas dari itu semua, saya dari dulu suka gaya penulisan Mbak Sinta, cerdas, terstruktur, banyak juga  informasi tambahan yang saya sampai ber-ooo ria atau yang artinya Kok-Aku-Baru-Tau-Ya-? =D , ada juga teori psikologi yang sebenarnya rumit tapi dijelaskan secara sederhana oleh Mbak Sinta.
Kalau saya bilang Kitab Cinta dan Patah Hati adalah buku yang membahas Cinta dan Patah Hati yang amat sangat melengkapi buku Jalan Cinta Para Pejuang-nya Salim A. Fillah. 
Buku ini pas banget dibaca siapa saja, termasuk yang lagi jatuh cinta biar bisa memanajemen cintanya dengan lebih anggun ^_^, buat yang udah nikah biar makin langgeng lagi rumah tangganya, dan buat yang patah hati, pasti deh hidup gak langsung kiamat kalau lagi patah hati, baca buku ini deh, dan percayalah hidup kita terlalu indah hanya untuk  berlama-lama dalam kubangan luka hati \(^0^)/  #tsaaahhh
Akhir kata, Selamat Membaca! Semoga bermanfaat =)
http://blogs.unpad.ac.id/ibnunashr/2011/09/24/kata-kata-mutiara-dalam-buku-jalan-cinta-para-pejuang/
Inilah cinta: terbang menuju langit rahasia, penyebab ratusan tabir tersingkap tiap waktu (Jalaluddin Rumi) 
dok. TB Afra


#Lomba ini diikut sertakan dalam Lomba Menulis Resensi Buku Indiva 2013
-->
https://www.facebook.com/notes/penerbit-indiva-full/lomba-menulis-resensi-buku-indiva-2013/10151672535960893



                               



7 comments

sepertinya bacaan yang cukup menarik :)

Reply
This comment has been removed by the author.

Jatuh cinta dan patah hati selalu berkaitan ya :)

Reply

iya mbak titis, mereka anak kembar :D

Reply

Jadi kepengen bacanya ...

follow blog saya ya
http://infoejaman.blogspot.com/
:)

Reply

Bang Ahmad, silahkan bang, boleh dibeli bukunya dan dikoleksi, ^_^

seepph ntar saya follow blog abang ya :)

Reply

Alhamdulillah, masuk 20 besar, ini dia pengumumannya, makasi ya para juri dan indiva juga ^_^

http://indivamediakreasi.com/pemenang-lomba-resensi-buku-indiva-2013/

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.