Menu
/
-->Perasaan Mei 2014 lalu aku masih nyantai aja di kamar dengan segudang bukuku :D dan gak mikir mau masak apa hari ini, ya bila lapar aku tinggal beli lauk saja, gak perlu repot-repot masak.

Namun, itulah ya kan, tak ada yang bisa prediksi akan jadi apa kita besok, seminggu, sebulan, setahun yang akan datang. Dan siapa sangka akhir Juni 2014, udah berubah aja statusku, Istri ya Istri. Ah status mulia ini luarbiasa ternyata yah.

Nah, tiga hari kemudian, masuklah bulan Ramadhan, eaaa ini adalah Ramadhan pertama dengan suami #uhui, dan seminggu tak terasa terlewati, keberadaan Bapak dan Mak Mertua sangat membantuku yang masih new bie hihihi terutama soal masak :D. Sebenarnya aku gak parah kali lah dalam masak memasak, secara udah dua kali menang lomba masak geto loh di zaman kuliah dolo #eaaa , selain itu aku juga rajin bantu nenek masak, ya meski diteriakin nenek dolo baru aku ngacir ke dapur hihihi soalnya hobi kali mengeram di kamar bersama laptop dan buku-buku -_-“ #amppuun ya nek :D
Sekarang kena nyaho nya aku kan T_T, seminggu Ramadhan, tetiba emak mertua harus pulang kampung #aarrrghhh, dan akulah yang gantikan peran emak, biasanya berbagi tugas, aku bagian cleaning service  #hahaha, nah Emak bagian Kitchen , dialah Master Chef kami #hihihi. Dan sekarang emak mau pulkaam?. Panik lah aku T_T tapi tetap cool dan pasang tampang cantik, padahal dalam hati *emakku mana emakku, resep masakan praktis mana resep masakan praktis*
Akhirnya, sehari setelah emak mertua pulkam, hari Minggu, aku dan suami pergi mengunjungi emak, selain minta dibontotin menu bukaan #hihihi aku juga minta kasih tahu resep masakan dan kucatat saat itu juga. Salahsatunya adalah Acar Ikan Nila ini. Emang sih googling aja bisa,tapi gak tau kenapa, lebih percaya sama Emak aja daripada om google tentang resep masakan andalan keluarga, secara Emak udah ahli menyiapkan makanan untuk kami sejak puluhan tahun lalu :D untuk rasa, porsi, semua itu sudah pada takaran pas, bersebab itu aku nge-fans sama masakan emak, sangat ^0^
Berikut resep Acar Ikan Nila ala Emakku:
1 Kg Ikan Nila dipotong menjadi empat atau tiga potongan
Kunyit sebesar setengah telunjuk (memandang telunjuk sendiri yang imut :D kira-kira aja yah, maklumlah, resep Emak aneh aneh ukuran bahannya)
Kemiri 2 buah
Jahe 1  cm (ini kata emakku, ya gak juga bawa-bawa penggaris ke dapur, :D yang jelas seujung telunjuk jahe juga udah oke, jangan kebanyakan jahe juga, ntar pahit T_T)
Bawang putih 4 siung (iris)
Bawang merah 2 siung (iris)
Cabe rawit ½ ons
Bawang merah kecil ½ ons ( dibiarkan bulat gak diiris)
Air cuka ½ sdt
Kelapa separuh ( tiga kali peras, santan kental dimasukkan terakhir)
Cara membuat:
Bersihkan ikan nila, beri perasan air jeruk nipis, kemudian goreng. Setelah ikan nila digoreng, saatmya kita membuat kuah acarnya yah.
Haluskan bumbu (jahe, kunyit, kemiri dan bawang putih) bawang merah yang diiris tadi untuk tumisan.
Siapkan santannya yah, 3 kali peras, santan kentalnya kita masukkan terakhir. Oh ya untuk santan, akan lebih mengurangi koleksterol bila saat meremas santan menggunakan air hangat.
Saatnya memasak:
Tumis bawang merah, masukkan bumbu yang sudah kita haluskan tadi, masukkan bawang bulatnya dan cabe rawitnya kemudian santan, setelah mendidih masukkan ikan, lalu santan kentalnya, diaduk secara perlahan jangan sampai pecah santan yah, kemudian masukkan 1 sdt cuka. Pastikan garamnya udah kamu masukkin yah, :D ntar hambar pula :P, masih terus diaduk sampai tidak pecah santan dan mendidih. Dan tarraaa…acar ikan nila siap disantap. Hmm nyummy…
Adik iparku dan ayah mertua serta suami pada namboh-namboh makannya :D :D :D Bahagia itu ketika masakan kita disukai seluruh anggota keluarga, senangnyaaaa…
Selamat mencoba yah, kalau udah masak, bolehlah agak diantar juga ke rumah, serantang pun jadi #kabooorrr \(^0^)/
Sampai jumpa ditulisan resep masakan andalan Emakku yang lain ya *_*

6 comments

Glek! Nahan air liur siang2 mhh pasti enak bngt neh mbak

Reply

iya mbaaak, enak bingitt, coba buat deh :D

Reply

Ikan nila ada durinya kah, mak? Aku jarang masak ikan, ibu yang biasanya masakin cz amis, ga tahan sama baunya. Kalo sayuran yang lain oke2 aja. :D

Reply

ada mak, ikan nila ada durinya, tapi mak gak maksimal, realistis lah mabk durinya bersebab dia ikan, setau saya semua ikan berduri jadi kayak semacam kewajiban begitu *ini ngomong apa sih? hahaha*

Tips nya mak, beli ikan nila dipajak, trus minta dibersihkan disana dan dipotong di tempat belinya juga, jadi sampai rumah tinggal dibersihkan sekali lagi, lalu diberi air asam jeruk dan goreng deh ^0^

Reply

Nih tangkap yoga ^o^

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.