Menu
/
Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an & mengajarkannya.
(HR. Bukhari).

Al Qur’an, kitab suci umat Islam, surat cinta abadi dari Allah, pedoman hidup manusia sejak beribu tahun lalu. Perkembangannya terus disempurnakan sampai saat ini, tentu yang disempurnakan bukan isinya, bersebab isi dan keasliannya Allah sendiri yang menjaminnya, tapi kemasannya terus mengalami inovasi.

Di Indonesia saja, beberapa tahun terakhir, penerbitan mulai melirik untuk memberi nilai tambah pada Al Qur’an, bukan berarti Al Qur’an yang mengalami inovasi dari segi kemasan, makin menambah kemuliaan Al Qur’an, ditambah atau tidak kemasannya pun Al Qur’an tetap mulia,agung,suci dan dihormati, hanya saja kita sebagai muslim/muslimah makin tambah cinta dan semangatkah untuk membaca dan mengkajinya?

Sependek pengetahuan dan pengamatan saya, penerbit yang fokus sekali terhadap inovasi Al Qur’an adalah Syaamil  . Dilihat setiap kali saya mengunjungi toko buku di Medan, Al Qur’an terbitan Syaamil mempunyai tempat sendiri sebagai ajang promosi untuk mendemonstrasikan produknya.

Setelah men-stalking menu review product di situs resmi Syaamil, hampir semua produk Al Qur’an inovasi sudah diwujudkan Syaamil, mulai dari:

Produk inovasi Al Qur’an yang diterbitkan Syaamil ini adalah paket Al Qur’an yang berisi penjelasan panduan hidup terlengkap kap kap kap, bayangkan dalam 1 paket Al Qur’an ada 66 konten, belum lagi ada 44 bonus yang berbentuk DVD, CD Audio book, dan buku tambahan. Weeww, kalau punya Al Qur’an ini mah, makin mantap berinteraksi dengan Al Qur’an, makin dalam memahami kandungan tiap tiap kalimat Allah.

Diluncurkan pada 22 Juli 2013, Nah, produk ini memuat 604 panduan amal sehari-sehari sesuai panduan Al Qur’an dan sunnah. Al Qur’an dengan masa turunnya yang beda-beda, membuat keterangan tentang amal, kisah-kisah, syari’ah bersatu, dengan adanya Al Qur’an Panduan Amal, pembaca bisa lebih fokus kepada poin-poin amal apa saja yang disampaikan di Al Qur’an

Keseriusan Syaamil, sebagai penerbit yang super duper peduli pada Al Qur’an dan penyebarannya, tiap tahunnya terus dibuktikan dengan peluncuran produk-produk yang semakin memudahkan umat Islam beribadah, seperti produk Syaamil Tabz ini yang bertaburan applikasi konten Islam terlengkap, bahkan buat yang mobilitasnya tinggi namun tetap terus berinteraksi dengan Al Qur’an, aplikasi Al Qur’an Miracle The Practice sudah ada di tablet ini.

Yang jelas Al Qur’an ini bukan punya si Hishna hehehe, Hishna adalah nama produk inovasi Al Qur’an yang dipersembahkan Syaamil khusus untuk muslimah, dilengkapi sampul kain yang manis,unyu, lucu, membuat muslimah semakin semangat mengaji, selain itu bentuknya juga praktis bisa dibawa kemana-mana, dan isinya jangan ditanya, penuh manfaat. #huwaaa…pengen punya

Sedang mencari Al Qur’an yang khat nya besar agar mudah dibaca para orangtua kita?, Al Qur’an Bukhara jawabannya. Nah, Al Qur’an ini sengaja diterbitkan Syaamil dengan ukuran besar, A5. Mengenai manfaat dan nilai tambah dari Al Qur’an yang diluncurkan pun segudang, diantaranya Al Qur’an Bukhara dilengkapi dengan pewarnaan tajwid, sehingga amat sangat memudahkan belajar dan membaca Al Qur’an beserta tajwidnya.

Inovasi yang satu ini juga gak kalah dengan produk inovasi Al Qur’an terbitan Syaamil yang lainnya. Membaca Al Qur’an ini membuat kita gak sekedar membaca tapi juga mempelajari tafsir per kata nya loh, hmmm…bisa sambil belajar Bahasa Arab juga ya kan ^_^.

Saluuut, saluut mah sama Syaamil ini, gak henti-hentinya berinovasi demi mewujudkan masyarakat yang cinta Al Qur’an dan misi #AyoNgajiTiapHari. Produk yang satu ini masih bernamakan Al Qur’an Hijaz hanya saja fungsinya bertambah, bayangkan dalam satu Al Qur’an, pembaca bisa transliterasi huruf Arab ke huruf Latin, belajar tajwid juga, dan bisa terjemah perkata. Wow Subhanallah.

Jadi pun, bila ditanya, Al Qur’an seperti apa yang dibutuhkan umat muslim di Indonesia, saya pikir Syaamil telah menjawabnya bahkan telah menyediakannya, tinggal mengusahakan untuk memilikinya #eaaak

Kalau ada pertanyaan lagi nih tentang Al Qur’an seperti apa yang belum pernah ada di Indonesia, jawabannya tentu ada, karena Al Qur'an juga sumber ilmu, pasti akan ada ilmu-ilmu yang berkembang darinya, semoga Syaamil dan penerbit di Indonesia yang punya visi misi sama, menyebarkan Al Qur'an, terus melakukan inovasi.

Adapun Al Qur'an yang masih jarang ditemui berdasarkan hasil diskusi dengan teman yang fokus dibidang Bahasa Arab dan juga intensif mengkaji Islam, adalah Al Qur'an yang dilengkapi penjelasan perbedaan Qira'ah yang berkaitan dengan ayat-ayat yang ada di dalamnya (yang secara khusus memaparkan perbedaan dalam Mazhab Qira'ah Sab'ah).

Dari inovasi-inovasi yang dilakukan pada Al Qur'an, pertanyaannya sekarang adalah di diri kita, sudahkah kita membaca Al Qur’an setiap hari? Apapun kemasan, bentuk, ketebalan, ukuran, warna dan bahan sampul, harganya yang variatif, nilai tambah yang beragam fungsi, sudahkah kita membaca Al Qur’an kita ituuu??? Adakah kita semakin semangat mempelajari kandungannya? Menghafalnya? Adakah kita semakin cinta? Atau hanya dijadikan sebagai hiasan saja di dalam lemari kaca, berdebu tak tersentuh? Semoga tidak yah :-)

Yuk, autokritik ;) #YukNgajiTiapHari #IndonesiaMengaji

Semoga bermanfaat, dan semoga berkah Allah melimpah kepada seluruh keluarga besar  Penerbit Syaamil yang teruuuss berinovasi demi menyebarkan Al Qur’an. Aamiin.

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Pameran Buku Bandung 2014 pada Tema Ketiga : Penerbitan Al Qur’an

4 comments

aamiin, eh cepat amat di komen? kamu beneran udah baca? :D

makasi yo udah mampir ^_^

Reply

Syaamil Quran
Sempat baca sedikit kemaren dikirim sama anak2 Pejuang Subuh Medan

Reply

@Dewi : Iya wi, keren keren produknya, btw grup Pejuang Subuh juga ada ya di Medan? hmm...

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.