Menu
/

Judul             : Sukses Membangun Toko Online
Penulis            : Carolina Ratri
Penerbit           : Stiletto Book
Cetakan            : I, Juli 2014
Halaman          :211 Halaman

Toko online bukan istilah baru lagi buat sebagian orang, termasuk saya. Dua tahun lalu, tepatnya tahun 2012 saya mengenal toko online dari Mbak saya, Mbak Ratna . Waktu itu saya sedang dalam kebingungan yang nyata, soalnya baru ketimpa musibah ini.  Dan saya memerlukan banyak uang untuk membayar kerugian yang saya alami, dan solusi yang dibagi Mbak Ratna adalah dengan membuka toko online. Mbak Ratna belajar secara otodidak dan ia berhasil, nah saya? :D
 
Saya mencoba apa yang dilakukan dan diajarkan Mbak Ratna, mulai dari buat akun baru di Facebook, kemudian mencari toko online grosir yang membuka kesempatan buat para reseller dan dropshipper dan saya pun  menawarkan diri, strategi promosi, pokoknya semua dah. Sebulan berlalu, dikarenakan kesibukan yang meraja sebagai pengajar yang kejar tayang dan kejar setoran juga, akhirnya itu toko cuma bertahan sebulan T_T, dan saya merasa gak berbakat di dunia toko online, akhirnya keinginan berwirausaha terpendam kembali. Kemudian bangkit lagi setelah baca buku yang ditulis Mbak Carolina Ratri, ‘Sukses  Membangun Toko Online’ *kecup kecup buku SMTO* :D

dok.pri
Masih teringat  jelas kutipan dari film The Social Network (2010), Dulu kita hidup di desa, lalu kita hidup di kota dan sekarang kita akan hidup di internet. Sepertinya bukan ‘akan’ lagi, tapi ‘telah sedang’ hidup di internet, bayangin buat belanja aja gak perlu repot-repot berpeluh ria berdesakan memburu pakaian bagus di pasar atau mall, tapi sudah tinggal ‘klik’ saja, apalagi kalau bukan belanja di toko online.
dok.pri (capture from Rezeki Nomplok dari Kontes Blog by Harris Maulana)
Awalnya online shop merupakan strategi baru pemasaran di dunia maya yang dikembangkan oleh perusahaan perdagangan,  namun sekarang amat sangat pesat perkembangannya, bahkan online shop lebih banyak didirikan dan dijalankan oleh perorangan. Hmm…apalagi pengguna internet di Indonesia juga semakin meningkat.

Pun begitu, sejatinya tulis Mbak Carolina pada halaman 9 , bisnis online sama saja dengan bisnis offline, perlu kerja keras dan motivasi yang tinggi untuk serius menjalankannya . Nah, itu dulu yang perlu dicatat dan di-camkan baik-baik. Wuidih galak banget saya hahaha, tapi beneran deh, buku ini bakal gak bermanfaat kalau habis baca dianggurin, yang namanya buku panduan, perlu alat dan bahan agar bisa langsung praktek, betul? Saran saya, sebelum baca buku ini, pastikan kita berada di depan laptop dan terkoneksi dengan jaringan internet yah ^_^ oh ya pulpen atau pun stabilo gak boleh jauh-jauh dari jangkauan kita.

Buku yang diterbitkan oleh penerbit buku perempuan yang paling mengerti pengetahuan tambahan para perempuan Indonesia, Stiletto Book, ini terdiri dari delapan bab. Sebelum melangkah pada bab pertama, oleh penulis kita diajak berkenalan dengan Apa Itu Toko Online dan Mengapa Berbisnis Online, pada Pendahuluan.

Pendahuluan yang manis saya pikir, dari pendahuluan aja, ternyata meski saya gak gaptek amat, tapi yaelah banyak yang saya gak tahu hahaha. Pendahuluan ini bagi saya warming up banget >_<  Mengapa Berbisnis Online?  Pada pembahasan ini, saya ingin menambahkan tulisan Mbak Carolina, untuk ukuran zaman sekarang, saya pikir perempuan harus mandiri, bukan berarti tidak memerlukan suami (bagi yang sudah berumah tangga) artinya perempuan kadang banyak inginnya, *aku banget :-D * dengan mempunyai penghasilan sendiri, tentu kita gak begitu membebani suami, dan membuka toko online bisa jadi solusi :D.

Persiapan Toko Online,  judul besar tersebut tercantum di Bab 1, kita sudah berada di Bab 1. Yeay!. Buat pembaca perempuan yang merasa gaptek banget, jangan keburu alergi ya dengan buku pedoman beginian, saya paham sekali, karena saya termasuk di dalamnya hahaha,  ada banyak buku tentang membangun toko online tapi gak banyak juga yang mengerti perempuan, apalagi buat yang alergi istilah teknologi hihihi mending disodorin berbagai nama jenis bumbu masak dah daripada istilah teknologi. Saya yakin Mbak Caroline sangat mengerti perempuan, terbukti dari penjelasan yang ada dalam buku ini, ringan , informatif, dan aplikatif. Ibarat persiapan melahirkan, nah membangun toko online juga ada persiapannya, apa aja? Cek di Bab ini yaah. By the way, dari Bab ini saya baru tahu kalau PO singkatan dari Purchase Order -_-“ taunya selama ini Pre-Order hahaha. Dan yang paling ‘wow’ banget, saya baru tau juga kalau ada situs yang membantu membuat logo online shop sendiri *_* , tinggal tergantung kitanya, mau minta bantuan teman yang jago desain logo dan berbayar, atau mau buat sendiri, juga okeh ^_^.

Buku Sukses Membangun Toko Online ini keren banget, sekeren cover-nya yang colourful, soalnya pada Bab II, pembaca diajarin Membuat Situs Web Online, jadi satu paket gitu,  paket membuat web *_*, tahun 2007, saya ingin buat web, saya harus membeli buku khusus yang membahas tentang itu T_T tapi dibuku ini, sudahlah dapat tentang ilmu bisnisnya, eh dapat juga tutorial supaya bisa eksis di dunia maya *yaiyalah namanya juga bisnis online hehehe*

Ciyee yang sudah punya web  buat jualan, *_* lalu apa dong sekarang kalau sudah punya web  alias toko maya kita? Pada Bab III, Manajemen Konten Toko Online dan Bab IV Mempercantik Tampilan Toko Online,  penulis juga menuntun pembacanya, jadi setelah buat web, pembaca gak ditinggalin begitu aja :D, di kedua Bab ini, Mbak Carolina berbagi tips mengelola toko maya kita, mulai dari majang foto dagangan, sampai mempercantik toko. Dijamin pembeli betah deh di toko maya kita, bawaannya mau order lagi dan lagi :D.

Pada awal-awal Bab, pasti pembaca bakalan berlelah lelah, soalnya perlu waktu untuk mendesain itu semua, tapi gak apa, demi berdirinya toko online kita, maka kita harus semangat, nah setelah berdiri, lalu apa ? ya pada Bab V sampai Bab VIII harus lebih berjuang lagi nih hehehe, pembaca sudah sampai pada pembahasan mengenai Promosi Toko Online,  Menganalisis Pengunjung Web dan Mendapatkan Pelanggan serta Beberapa Referensi Toko Online, membaca Bab VIII , semangat pembaca makin membara deh, jadi tahu perjuangan jatuh bangun online shop Ladakahandicraft, Raja Undangan dan Dapur Hangus.

Buku SMTO adalah Buku Panduan yang Sabar

Ternyata buka orang saja yang memiliki sifat sabar, tapi buku juga hehehe. Untuk satu dan   lain hal, saya adalah orang yang paling anti dengan buku tutorial terkait teknologi, makanya kalau pun perlu sangat dengan buku-buku tersebut saya lebih memilih yang ramah pemula. Sukses Membangun Toko Online termasuk buku panduan yang ramah pemula.Penjelasan dalam buku ini bersifat sederhana, mudah dicerna, informatif dan aplikatif. Dan saya gak berhenti bacanya, dalam satu hari selesai dah. ^_^

Namun, saya penasaran berat dengan Mbak Carolina Ratri ini, secara gak mudah menyusun dan menulis buku panduan, apalagi kalau bukan penulisnya pernah terjun langsung ke ranah yang sedang ia bahas dalam bukunya. Setelah stalking ternyata penulis memiliki toko online juga ^_^, namun mengapa tidak ia cantumkan dalam biodatanya yah :D biar makin laris hehehe, tapi pun tutorial dalam buku ini memakai nama toko online-nya kok, udah pasti makin laris, hanya saja dicantumkan di biodata biar pembaca makin haqqul yakin bahwa pembaca belajar dari sang ahli loooh :D.

Saya yakin banget buku panduan membangun toko online tersebar merata dengan berbagai variasi judul dan bonus-bonus, tapi SMTO beda, tak hanya menawarkan janji tapi realistis * berasa kampanye yah hahaha *maksud realistis disini, bahwa penulis telah sampaikan dari awal membuka toko online juga perlu kerja keras, jenderal \(^0^)/ , diantara kelebihan yang ada dalam buku ini, pun pasti ada kekurangan, ada typo pada halaman 16 ( tannga seharusnya tangga), lalu ukuran screenshot-nya mini mini T_T * jus wortel mana jus wortel* , berharap selain cover-nya yang colourful, beberapa image dalam buku ini juga ada warna, ^_^tapi saya paham pun bila ada warna cost buku jadi bertambah deh, yang tadinya ramah pemula dan ramah kantong eh jadi gak ramah kantong :D belum lagi bila ditambah bonus CD tutorial,  bila pun tidak ada, penulis bisa menyediakan tutorial yang di upload ke You Tube,  nah seandainya pembaca ada yang kurang jelas, langsung bisa mengunjungi tutorial versi video di You Tube, ini saran aja Mbak Carolina ^_^ semoga bermanfaat.

Oh ya, di awal saya ada menceritakan sosok Mbak Ratna, pelaku bisnis online juga, saya pikir buku how to­  Mbak Carolina yang punya nama akun twitter @redcarra ini cocok disandingkan dengan novel  Benci Tapi Cinta-karangan Mbak Ratna Dks, ia menuliskan tokoh novelnya yang step by step membangun toko online, bisa dibilang Benci Tapi Cinta adalah buku Sukses Membangun Toko Online versi fiksinya hehehe.


Anyway,terlepas dari segala kekurangan yang ada, buku ini cukup membantu kita khususnya pembaca perempuan untuk lebih berdikari, untuk tidak menganggurkan gadget sebatas ‘say hello, chit chat, gaya gayaan’ tapi juga bisa mengoptimalisasi gadget kita menjadi sesuatu yang menambah passive income, selain itu cocok banget dibaca oleh pemula dalam dunia bisnis online, apalagi dibaca oleh yang pernah buka toko online namun mandeg, nah buku yang ditulis oleh seorang yang begitu menggilai media social, visual dan marketing communication, blogger serta pelaku bisnis online, Carolina Ratri, semoga mampu menyulutkan api semangat berbisnis online lagi.

Selamat Membaca! Selamat Berbisnis Online!

Tulisan review ini diikutsertakan dalam Book Review Contest ^o^




Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.