Menu
/
Kalau akhir tahun pemkot Sumut biasanya mengadakan acara-acara seru seperti Pekan Pasar Petani ke XI, program tersebut diadakan selama 5 hari, dari tanggal 1 – 5 Desember 2014, diselenggarakan di halaman Dinas Pertanian Pemprovsu, yang terletak di Jl. A.H Nasution. Adapun peserta pekan, adalah petani yang berasal dari banyak daerah di Sumatera Utara.

Saya datang di hari terakhir program hehehe, Jum’at 5 Desember 2014, cuaca Medan siang itu teriiik sangat T_T tapi lihat yang hijau-hijau, lelah dan peluhnya hilang, hahaha, berganti adem dan segar.

Ada banyak stan yang bisa dikunjungi, hampir semua stan kami kunjungi, tapi gak semua disinggahi hehehe, diantaranya *saya lupa nama stannya, gak di foto pula -_-“ * yang jelas ada stan dari petani di Samosir, jadi hasil alam khas Samosir di pamerkan, diantaranya bawang merah, wuiih bawang merahnya gemuk gemuk.

Kemudian ada juga stan yang memamerkan tanaman hidroponik, kereeen, sekarang menanam bila belum mempunyai halaman besar dan luas, nah bercocok tanam dengan hidroponik bisa jadi solusi, media tanamnya pun kurasa bisa buat sendiri hihihi, seperti media tanam yang satu ini, dibuat dari kulit padi yang dibakar sampai menjadi arang, kemudian dicampur dengan sabut kelapa yang juga dibakar dan mengarang, disiram air biar lembab, dan menanam pun dimulai \^_^/


Selain itu, pipa bekas juga bisa dijadikan sarana media tanam, menggantikan pot, hehehe, unik deh, *lagi-lagi lupa foto -_-“ , ntar coba googling * yang buat unik adalah system pengairannya, jadi seperti akuarium, airnya muter-muter gitu :D , dan untuk mengentikan pengairan, tinggal putar kran-nya, ckckc menanam sekarang gak perlu berkotor-kotor dan berbasah ria ya dengan media tanam, tanah serta air untuk menyiram.

Selepas dari stan tanaman hidroponik, kami jalan lagi dan nyasari di stan PIM Pupuk Iskandar Muda, disini, si Ririn dengan modal bertanya-tanya doang, eh dapat pupuk gratisan hahaha, Alhamdulillah yah, disuruh rajin berkebun tuh, Rin :-p


Dan disebelah stan Pupuk PIM, ada stan sayuran, hmm, kami narsis sekelak dengan kol raksasa :D ini kol buat masak bakwan 50x baru abis kurasa ya kan hahahah, salahnya udah sold jadi gak jadi beli deh * gaya bangeeet -_-# *


Gak terlalu lama juga kami di lokasi pameran, sekitar 40 menitan keliling dan seru-seruan, kami pulang, sebelum pulang, narsis dulu yah di depan banner guedeeenya Pak Gatot dan Bu Tyas. Semoga tahun depan, pamerannya lebih meriah lagi, daan pameran seperti ini mesti diadakan rutin deh, biar bisa menyejahterakan para petani lokal kita dan mempromosikan teknologi pertanian yang anak Indonesia punya ke khalayak, aamiin.


So, Mari kita konsumsi sayur dan buah untuk keluarga sejahtera. 

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.