Menu
/
Judul : Finally You
Penulis : Dian Mariani
Penerbit : Stiletto Book
Cetakan : I, Juni 2014
Halaman :277 Halaman


Sebelum ke inti review, saya mau cerita pengalaman saat membeli novel Finally You. Berhubung waktu itu ke Gramedia Gajah Mada pas maghrib, soalnya mau sholat maghrib lagi, jadi kayak berlomba dengan waktu, masuk ke dalam Gramedia, kami langsung nyebar, ada tiga buku yang mau saya beli, sebelum nyebar, kami sempat berbagi tugas, saya nyari ‘ini’, Aa’ nyari yang ‘ini’.

Awalnya saya yang nyari buku Finally You, tapi gak nemu-nemu -_-“ , malah Aa’ yang pusing lihat saya, mondar mandir mengitari rak, gak jelas gitu hahaha, akhirnya dia yang nyari Finally You.

Nah saat saya lagi dibagian buku-buku ekonomi dan bisnis, eh Aa’ nongol dengan wajah sumringah sambil nunjukin novel yang ia temukan dan bilang ‘Finally You’ . Huwaaa…saya merasa tersanjung *blushing* gak peduli lagi dengan novelnya hahaha, yang penting menikmati ekspresi Aa’ saat menemukan saya diantara rak buku dan teriak ‘Finally You’

#BaladaPengantinBaru
#Baru5bulan
Hihihi, Oke Fokus

Gak ada yang lebih rumit dari hubungan yang diciptakan orang dewasa? Benar gak? Dan itu terjadi pada Luisa dan Raka. Mereka berdua memiliki kisah cinta yang berujung luka. Luisa, seorang karyawan dari sebuah perusahaan consumer goods, muda, cantik imut dan smart baru saja diputuskan sang pacar, Hans via Email, 3 bulan lalu. Dengan alasan yang amat sangat klise, sudah tidak cocok lagi, dan lebih memilih Gina, sahabat Luisa. Apa gak pengen nyanyi ‘Sakitnya Tuh Disini’ bareng Cita Citata? Banget 〒_〒

Sedangkan Raka, karirnya sebagai Manufacture General Manager di perusahaan farmasi nomor tiga terbesar di Indonesia (hal.40) yang ia pimpin, tidak sebagus, kisah cintanya dengan Saskia, Raka menjalani cinta yang digantung Saskia tapi gak pakai tali (ikatan apapun). Apa gak dilemma tingkat internasional tu?

Nah, Raka dan Luisa ini satu kantor, lagi sama-sama galau pula, keakraban antara mereka berdua muncul ketika Raka salah menekan nomor extention, eh yang tertekan malah nomor extention Luisa, dari hanya seputar urusan kantor, berujung deh kepada urusan perasaan, #eaaak

Sejak Raka menolong Luisa dari pertemuan mendadaknya dengan Hans yang menggandeng Gina, Raka mendadak menjadi malaikat penyelamat Luisa bahkan lebih dari itu, Raka menjadi teman makan malamnya, mereka mulai sering jalan bareng untuk mencoba kuliner kaki lima, terkadang dari ruangannya Raka sering diam diam memperhatinkan Luisa, dan seiring berjalannya waktu mereka mulai merasa nyaman satu sama lain, tetapi ternyata masih ada yang mengganjal, masih ada yang belum selesai, di masa lalu mereka.

Bagaimana perjalanan hubungan Raka dan Luisa? Bagaimana mereka berdua menyelesaikan seseorang yang ada di masa lalu? Apakah mereka yang di masa lalu akan menjadi pilihan Raka dan Luisa untuk mengisi masa depan mereka?

Hati-Hati dengan Masa Lalu

Ngobrolin tentang masa lalu, ada quote keren dari Mario Teguh yang saya simpan,

Anda tidak akan mungkin berhasil melupakan kepedihan masa lalu, karena untuk melupakannya, Anda harus mengingatnya lagi. Setelah Anda melakukan semua hal untuk lupa, Anda akan semakin ingat apa yang ingin Anda lupakan. Sudahlah... Hiduplah dalam kenyataan hari ini, syukurilah pelajaran yang disediakan oleh kepedihan itu, dan masukilah masa depan Anda dengan ceria, dalam tuntunan kasih sayang Illahi.

Wuidih, dalem yak, begitulah kenangan, ibarat tangan, kalau gak kuat melepaskannya, kita bakal ditariknya lagi ke masa itu, dan bahkan bisa hidup di dalamnya. Sereem banget kan?

Finally You, selamat buat Mbak Dian Mariani atas terbit novel pertamanya yaah, doakan agar saya menyusul, hehehe

Novel yang mengisahkan cerita cinta ala ala eksekutif muda ini saya lahap hanya dalam satu hari, meski klise banget di awal dan tahu ending nya bakal gimana, tapi saya teteup ingin menyelesaikan adegan adegan yang diracik pengarang dalam karyanya.

Terdiri dari 25 Bab, yang halaman tiap bab, beda-beda, ada yang hanya 2 halaman, tapi sekali banyak bisa 10 halaman :-D, pernah lagi baca, saya wanna pee, pas pula di Bab yang lagi banyak halamannya hahaha -_- gak sabar ingin menyelesaikan bab biar bisa ke toilet *maksa yah*

Well, dari segi pemaparan dan dialog para tokohnya Finally You , gak terlalu banyak narasi, lebih ke dialog, dan gaya penulisan ini saya temukan juga novel Ratna Dks , Benci Tapi Cinta, tap tap tap, bacanya ^_^ overall keren euy.

Apalagi dari novel ini saya dapat inspirasi joke baru:

‘Perut saya nggak bisa jaga image (hal.50)
‘Buat gantin air mata yang barusan keluar’ (hal.55)

Lumayanlah buat nambah bahan buat obrolan dalam pergaulan *halaaah hahahah* #plak

Selain itu saya suka dengan tweet-tweet galau Luisa, hihihi , jadi Luisa mengajarkan kepada pembaca sebenarnya, bahwa galau, gak mesti lari ke hal-hal yang buruk, nge-tweet kata seperti puisi lebih keren deh, apalagi kalau dikirim ke Koran hahaha, *mayan dapat honor bila diterbitkan*

Kita hanya 2 orang kawan yang bertemu kebetulan. Dipersimpangan jalan. Ingin kembali ke masa lalu yang nyaman atau sama-sama menatap ke masa depan. (hal.91)

Dan yang paling cetar membahana adalah dua Bab terakhir, ada dialog Luisa dan Mama, banyak nasihat tentang pernikahan yang mengalir dari Mama Luisa, cheessssss, adeem banget, ada di halaman 236 dan 238, yang paling jos banget nasihatnya adalah,

Menikahlah karena ingin dan yakin

Gimana? Penasarankan?

Meskipun begitu, novel ini tak terlepas dari beberapa kesalahan teknis:

Ukuran font yang tidak sama ‘Sent. Tak sampai semenit, email-nya dibalas’ ukuran font lebih kecil (hal.46)

Bentuk dan Ukuran font berbeda dengan font lain “Yup, makanan tanah air…”

Terlepas dari kesalahan teknis yang ada, novel ini pas banget dibaca buat kamu yang sedang ragu dengan pasangan kamu padahal waktu pernikahan sudah dekat, nah buat yang baru putus, novel yang diterbitkan Stiletto Book ini juga cocok, apalagi ada kisah Luisa dan Raka yang bisa jadi bahan pelajaran.

Well, kita gak akan pernah menemukan pasangan yang sempurna atau tepat, ntar bakal jadi begini,



Tapi kita hanya perlu menemukan orang yang mau sama kita *yaiyalah hahaha* dan kita nyaman bersamanya. Itu ajaah


luckty.wordpress.com/2014/11/17/finally-you-book-review-contest/

Tulisan ini diikutsertakan dalam Book Review Contest Finally You



2 comments

Masa lalu, aq jadi pingin baca buat healing luka masa lalu, eeaaaak. Mungkin ni novel ada tipsnya ya.

Kalau kata si Arie, gak mungkin gak ada cewek / cowok yg gak mau sama kita, kalau selama ini kita gagal, kita hanya salah sasaran. :D

Sasaran, mana sasaran?

Reply

Yup, Mak bener sekali, ada tipsnya, cari orang yang mau merangkai masa depannya denganmu #eaak

Berarti si Arie cukup menelaah saran dari Pak Dahlan Iskan juga yah, setiap orang punya jatah gagalnya masing masing (termasuk gagal dalam mendapatkan jodoh juga ternyata ya Rin :-D )

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.