Menu
/
Beberapa hari ini stok pisang melimpah ruah di rumah dan tetiba kangen dengan cemilan buatan Nenek, namanya Lempeng. Haha. Bukan lempeng sembarang lempeng, apalagi lempengan bumi, tapi ini Lempeng Pisang, sebut saja Lempeng Pisang Mas. Soalnya aku gak tahu namanya apa, si nenek yang asli minang setiap kali ditanya nama cemilan tersebut, dia pasti jawab ‘Lempeng’.

Pisang Mas ( Sumber Foto : www.andi.my.id)

Oke saking rindu dan kepengen banget makan Lempeng, aku pun berinsiatif membuatnya sendiri di rumah. Resepnya sederhana saja dan tradisional banget hehe.

Berhubung saya keluarga besar, jadi kalau buat cemilan dalam porsi banyak.

Bahan:

Daun pisang secukupnya

2 Sisir Pisang Mas, haluskan
6 sdm Tepung Terigu
6 sdm kelapa parut
Gula secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat:

Selagi kita menyiapkan adonan, sebelumnya keringkan daun pisang, untuk kemudian di lap bersih dengan kain lap kering tentunya, untuk menghilangkan debu dan serangga halus.

Haluskan pisang ( saya menggunakan gelas atau bisa juga botol bekas sirup) , masukkan tepung sedikit demi sedikit, kemudian masukkan kelapa parut, lalu gula dan garam, aduk adonan sampai rata.



Siapkan kuali, panaskan dengan api kecil, letakkan daun pisang kemudian letakkan adonan, bentuk bulat seperti adonan pizza, tutup adonan pisang dengan daun pisang lagi, kemudian tutup pakai tutup panci, tunggu 7 menit, setelah adonan bawah mulai matang, bersiap untuk membalikkan adonan, pelan pelan ya Bu, dan hati hati lengannya kena bibir kuali hehe, karena panas. Masak 7 menit juga. Kemudian angkat. Sajikan.

Kalau bisa diawasi terus ya Bu adonannya, jangan sampai gosong. Stok daun pisang kalau bisa agak banyak, satu helai daun pisang yang lebar itu cukup untuk buat adonan Lempeng Pisang Mas.

Gimana? Mudahkan. Selamat Mencoba ya Bu.

Cemilan saya ini, habis sekali hap, haha.

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.