Menu
/
Menanti bulan Ramadhan, saya sudah was was, seharusnya seorang muslim berbahagia akan kedatangan tamu agung ini, tapi saya malah was was, kecemasan yang saya maksud adalah kondisi saya yang tengah berbadan dua, puasa tentu mengharamkan kita untuk makan dan minum di siang hari, nah selama hamil, saya sehari bisa minum air putih bergelas
gelas, bolak balik minum, dan memang itu aktifitas favorit saya, MINUM. Kalau gak minum selama beberapa jam, gak senang hati ini rasanya hehe. 


Oleh sebab itulah, saya agak panik, bagaimana cara mensiasati tercukupinya kebutuhan cairan saya selama berpuasa, ditambah lagi saya tidak yakin, apakah saya sanggup berpuasa atau tidak, sementara ibu kandung saya mendukung, ‘puasa saja, puasa itukan menyehatkan’, suami? Suami malah tidak mengiyakan dan tidak menidakkan, dia justru khawatir dengan kondisi kami berdua ( saya dan janin ), tapi dengan keyakinan kuat, minta pertolongan Allah, pun kondisi saya dan janin Alhamdulillah sehat, maka saya stimulus janin saya untuk kuat karena bundanya akan berpuasa. Tapi, bagaimana dengan kebutuhan cairan saya agar tetap bisa dalam kondisi hidrasi walau seharian puasa?

Iklan Edukatif dari AQUA : Sebuah Tanggung Jawab Sosial
dancommunity.com
“Ayo, minum dulu” seru sang ibu kepada seluruh anggota keluarga

Terlihat anak perempuan sedang mengalirkan air minum dari dispenser ke dalam gelasnya, sedangkan si abang memilih menunggu sang adik sambil dalam keadaan terdesak juga.

“Ayo, buruan”, desak si abang

“Iya, tunggu sebentar”, kata sang adik

“Sudah mau imsak loh” si Ibu mengingatkan lagi

“Emang mau minum sekaligus?” tanya si ayah

Kemudian dari televisi layar datar mereka, muncul seorang presenter Ferdy Hasan,

“Saat puasa, kita tetap perlu 8 gelas air putih setiap hari, caranya dengan AQUA242 , 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas di saat sahur”

“Oo, jadi pas 2+4+2” si anak perempuan menyimpulkan

Wuaaa…cuplikan iklan AQUA 242 seperti angin surga buat saya, jarang-jarang loh ada iklan edukatif dan informatif mewarnai pertelevisian Indonesia, siang itu jelang seminggu atau beberapa hari puasa, saya tumben mampu bertahan lama menonton iklan, biasanya kalau sudah iklan pasti pindah ke channel lain yang gak ada iklannya.

Informasi tersebutlah yang saya perlukan dan Alhamdulillah menjawab tanya saya akan bagaimana pemenuhan kebutuhan cairan kita saat berpuasa, ternyata dengan pola minum 242. Gampang ya diingat. Hehe. Dan kebutuhan cairan kita tetap terpenuhi yakni idealnya 8 gelas per hari.


Ternyata kerja keras Pak Tirto Utomo selaku pendiri Aqua tidak sia sia, berawal dari air minum ia bisa menjadi pebisnis hebat di Indonesia bahkan pelopor Air Minum Dalam Kemasan di Indonesia, ya hanya air minum. Sekilas merupakan hal sepele ya, tapi ternyata
tidak sesederhana itu, sudah saatnya rakyat Indonesia mengonsumsi air minum yang layak diminum (steril), itulah tujuan utama Pak Tirto mendirikan perusahaan Aqua 42 tahun lalu.

Sekarang melihat sepak terjang Aqua sejak sahamnya dijual kepada grup Danone tahun 1998, semakin berkembang. Dulu sumber air dari sumur bor, sekarang sumber air  langsung dari mata air pegunungan ( self-flowing spring) wuih pantesan aja segeeerr banget kalau minum pakai AQUA saat melewati tenggorokan.

Kemudian banyak lagi inovasi  yang dilakukan DANONE AQUA, dari sekian banyak inovasi tersebut, DANONE AQUA tidak melepas tanggung jawab sosial untuk turut mengedukasi masyarakat, salahsatunya dengan menayangkan iklan iklan edukatif seputar edukasi pola minum yang baik, AQUA242.  Sukses terus untuk DANONE AQUA dengan bisnis AMDK-nya dan jangan berhenti meng-edukasi masyarakat tentang air bersih.

Hidrasi vs Dehidrasi

Hidrasi, hmm agaknya mesti belajar Kimia lagi nih hehe, pasalnya saya baru dengar kata hidrasi, selama ini yang famous cuma kata dehidrasi.

Menurut Wikipedia.com, Hidrasi adalah proses dimana ion dikelilingi oleh molekul-molekul air yang tersusun dalam keadaan tertentu.

Ion? Keadaan Tertentu?

Pusing? Saya juga, mari kita cari penjelasan sederhananya.

Hidrasi adalah istilah untuk menyebutkan seimbangnya cairan dalam tubuh kita, kebalikan
dari Dehidrasi, suatu keadaan dimana cairan dalam tubuh kita sedang tidak seimbang, jumlah cairan yang masuk lebih sedikit daripada jumlah cairan yang keluar.


Nah, jadi kondisi yang mesti dicapai adalah kondisi hidrasi sepanjang hari, jangan sampai dehidrasi, bahaya.


Berdasarkan penelitian tahun 2009 oleh The Indonesia Regional Hydration Study (THIRST) *duh untuk urusan hidrasi aja ada lembaga yang mikirin dan urusin, pasti penting bangetkan kondisi hidrasi seseorang heuheu, jangan sepele ya dengan masalah minum, intinya jangan malas minum*, sebanyak 47,1 %  dari 1200 remaja dan dewasa mengalami dehidrasi ringan. Hampir setengahnya. Gimana mau konsentrasi berkegiatan kalau minum saja kita masih malas.

Padahal, 80% dari tubuh kita terdiri dari cairan, terutama otak dan darah, pantesan saja kalau kurang minum, bisa sulit konsentrasi, lemas, keringat dingin, pusing bahkan bisa buat kita jadi gampang lupa, kalau untuk ngelupakan mantan jangan sampai ngorbankan diri dengan cara maksain diri gak minum yah, hihi. Rugi dong.

Sedangkan kalau ibu hamil yang dehidrasi, menurut americanpregnancy.org dapat sebabkan cairan ketuban berkurang sehingga risiko keguguran lebih besar, pertumbuhan janin jadi terhambat bahkan bisa memicu persalinan dini.

Tips Agar Tetap Hidrasi Selama Puasa Bagi Ibu Hamil

Sejak muda, Alhamdulilah teredukasi dengan gaya hidup sehat, apalagi saya hidup selain dengan didikan kedua orangtua juga dengan didikan nenek. Nenek saya orang yang paling memerhatikan kesehatan, dan di usianya jelang 80 tahun masih segar bugar.

Memasuki masa remaja dan kuliah , walau terkadang godaan untuk makan junk food tak terhindarkan tapi masih terkontrol, soalnya semua tergantung uang hihi.

Dan sekarang sejak menikah, menjaga kesehatan mesti ekstra ketat, gimana mau program hamil kalau gaya hidup sehat masih berantakan? Maka dari itu, hidup sehat penting banget, dan bisa dimulai dengan rutin minum air putih.

Air putih sudah jadi favorit saya sejak dahulu. Kalau pergi kemana pun, saya pasti selalu bawa botol berisi air putih, selalu, dan berasa aneh kalau gak bawa.

Nah, di masa kehamilan ini, minum air putih itu seolah gak berhenti, pengen lagi dan lagi bawaannya haus melulu.

Ternyata semakin kecil makhluk hidup bernama manusia, kebutuhannya akan air semakin besar, sedangkan ketika tua, kebutuhan air nya berkurang. Dewasa dan remaja bisa membutuhkan 50-60% air minum, bayi 80%, dan janin 90%.

Maka, sangat dianjurkan kepada ibu hamil untuk rutin minum air putih, bahkan bisa lebih dari 2 liter per hari, bisa mencapai 3 liter atau 10-12 gelas per hari. 

Adapun manfaat air putih bagi ibu hamil sangat banyak:
  1. Terhindar dari dehidrasi. Kalau ini sudah pasti, banyak konsumsi air putih, yang namanya dehidrasi, hush hush saanaaaah. Dan mengurangi sakit pinggang.
  2. Kurangi Sakit Kepala. Ibu hamil rentan banget sakit kepala, kalau sudah sakit kepala, berarti itu sinyal bahwa cairan dalam tubuh sedang tidak seimbang, sebaiknya segera minum.
  3. Cegah Muncul Strecth Mark, wah ini musuh besar ibu hamil, guratan tidak rapi pada kulit akibat kulit sudah mulai merenggang karena perkembangan janin, dengan rajin minum air putih membantu kulit jadi lebih elastis dan mengurangi stretch mark.
  4. Obat Sembelit, sembelit rentan sekali menyerang ibu hamil, dengan banyak minum, berfungsi sebagai pencahar, sehingga tidak susah saat BAB.
  5. Menghilangkan Racun, air putih membantu sekali sebagai penetralisir, karena se-steril apapun masakan yang diolah dan makanan yang dikonsumsi pasti yang namanya bakteri jahat ada mengikuti, sehingga dengan banyak minum, bakteri tersebut ikut mengalir keluar melalui urin.
Dan masih banyak lagi manfaat air putih bagi ibu hamil.

Lalu, bagaimana tips agar tetap hidrasi cantik selama berpuasa?

Kita tahu, 14 jam merupakan waktu yang lama untuk menahan lapar dan haus, dan tantangan terberat adalah menahan haus. Dalam hal ini, kondisi ibu hamil berbeda beda, saat berpuasa usia kandungan saya memasuki 27 weeks, dan termasuk usia yang diperbolehkan untuk berpuasa karena sudah mulai stabil, mual dan muntah sudah tidak ada lagi.

Sehingga keputusan berpuasa pun saya ambil, kemudian, ibu hamil mestilah sahur, jangan sampai tidak sahur, meskipun sahur itu sunnah, untuk kondisi lagi hamil, saya malah mewajibkan untuk sahur, saya paling tidak bisa berpuasa kalau tidak sahur. Lagi pula, puasa sebenarnya tetap minum 8 gelas sehari dengan pola 2+4+2, dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas di malam hari dan 2 gelas saat sahur, sedangkan makannya juga tetap 3 kali sehari, hanya saja sarapan/makan paginya agak maju hehe, di subuh hari, selebihnya makan saat berbuka, dan makan saat pulang atau usai tarawih.

Dan, puasa saya yang bersyarat ini, hehe, iya boleh puasa asaaaal bulannya cukup (tidak hamil muda)  kemudian sahur dan nutrisi cukup. Selama menjalani puasa, janin peroleh makanan dari cadangan makanan ibunya, sehingga apalagi kalau bukan sepanjang malam sampai sahur, ibu hamil mesti rajin memenuhi nutrisinya, agar siap berpuasa di siang hari. 

Detilnya seperti ini,

Sahur

Sebelum makan sahur, saya minum segelas air putih konsumsi buah, 2 pisang terkadang buah pepaya dan kurma, boleh buah yang lain juga.

Kemudian, saya makan berat, tapi ketika sahur, wajib ada sayur, makanya saya rajin sekali merebus sayur, apakah itu rebus bayam atau rebus sawi. Dua sayur favorit saya.

Terakhir jelang imsak, saya minum jus susu kurma, ini mujarab sekali, Alhamdulillah berasa gak puasa saya seharian, kita kuat berpuasa dibuatnya.





Resepnya dari Facebook Ummu Muhammad Al Maidaniyyah:

Bahan:
7 kurma, buang biji, ( untuk
satu porsi)
Air secukupnya
Susu UHT

Cara Membuat:

Rendam kurma dalam segelas air sampai menutup permukaan kurma selama satu malam, masukkan ke dalam kulkas

Saat sahur, semua bahan diolah, tuang kurma dan air rendamannya, tambahkan susu uht secukupnya, kalau saya seukuran gelas yang saya pakai, saya pakai gelas rendah.

Blender sampai halus dan minum setelah makan sahur.

Awalnya agak eneg, resep asli 7 kurma untuk satu porsi, saya mah bagi dua dengan suami hehe, namun setelah diminum, seger banget, enegnya hilang, pelan pelan saja diminum, niatkan untuk kesehatan dan agar kuat jalani puasa seharian.

Pas, 10 menit jelang imsak, saya usahakan minum air putih lagi 2 gelas.

Berbuka puasa

Biasanya kalau saya puasa, saya selalu berbuka dengan mengawali minum pakai teh manis, sejak hamil, saya hindari banget kopi dan teh. Maka, jadilah saya berbuka dengan segelas air putih hangat, kemudian makan buah (pepaya, pisang, semangka, atau kurma) terkadang minum air kelapa muda asli dengan daging buahnya, hmm, segaaarrr.

Kemudian saya istirahat sejenak, sampai keringatan saya, basah kadang daster yang saya pakai, bukti metabolisme tubuh sedang bekerja, lalu saya sholat maghrib.

Selesai sholat maghrib, saya makan, sama dengan saat makan sahur, wajib ada sayur, apakah itu direbus, ditumis atau digulai. Kemudian minum air putih lagi.

sumber: www.nurlienda.wordpress.com/2015/06/15/menyusun-menu-seimbang-ramadan-yang-sehat-dan-praktis
Jelang isya, saya masih terus minum sedikit demi sedikit, karena walaupun tidak disuruh, selama selesai berbuka bawaannya memang haus melulu. Jadi, terkadang, malam itu lebih dari 4 gelas saya bisa minum, hehe ketentuan pola minum AQUA 242 agak berlebih gak apa
ya, lebih banyak lebih baguskan yak.


Saya tarawih di rumah, jadi bisa diselingi dengan makan buah lagi atau ngemil roti, tidak makan nasi, dihindari banget, dan memang udah gak selera makan nasi, bawaannya mau ngemil aja. 

Ketika hendak tidur, saya minum susu dan minum air putih lagi. 
 
Semoga kiat hidrasi sehat saat berpuasa bagi ibu hamil versi saya bermanfaat. 

Oh ya the last but not least, ini penting banget saya sampaikan, dalam Islam untuk urusan minum juga ada adabnya loh, dan baik pula untuk kesehatan. Berikut adab minum yang dianjurkan Rasulullah SAW :


Kebiasaan  Rasulullah SAW saat minum setidaknya ada 6 :
  1. Hendaklah minum dalam posisi duduk. Kita sering cuek yah urusan beginian, mau cepat aja, dengan minum berdiri lebih praktis dan cepat hilangkan dahaga, padahal ada penjelasan ilmiahnya kenapa kita harus minum sehaus apapun itu dalam posisi duduk. Jadi, di dalam tubuh kita ada alat yang fungsinya seperti alat saring disebut penyaringan ( filter ), nah saat duduk,  alat saring ini terbuka, sehingga air yang kita minum sebelum sampai ke ginjal dan kantung kemih, disaring dahulu, sedangkan bila kita minum dalam posisi berdiri, penyaring ini justru tertutup, air yang kita minum langsung menuju kantung kemih tanpa disaring, sehingga bisa terjadi pengendapan di saluran ureter, inilah salah satu penyebab gangguan pada ginjal.   
  2. Minum dengan Tangan Kanan. Sebenarnya semua kegiatan baik diawali dari kanan ya, termasuk minum. Lalu bagaimana kalau pada saat yang sama tangan kanan kita lagi kotor? Kita bisa pegang dengan tangan kiri, namun dibantu dengan punggung tangan kanan. Dan ini hadisnya, "Jika salah seorang dari kalian hendak makan, hendaklah makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaklah minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya" (HR. Muslim) . Hiii...emang siapa ya yang adab minumnya meniru syetan? gak mau pastinya.
  3. Mulai minum dengan membaca Bismillah. Baik itu makan, minum juga harus dimulai dengan baca Bismillah, tanpa arrahman nirrahiiim juga gak apa. Rasulullah pernah bersabda, bila kita tak membaca Bismillah ketika makan atau minum, maka syetan pun akan turut makan dan minum bersama kita. Jadi, yang kenyang dan hilang dahaga adalah syetan, yang gemuk ya syetan, hehe.
  4. Sebelum minum, pastikan kita lihat kondisi air yang hendak kita minum baik itu di dalam gelas/teko. Makanya dianjurkan banget untuk menutup wadah minum atau makanan kita, karena khawatir masuk serangga , kuman serta debu dan itu bisa membahayakan kesehatan kita. Seandainya air minum kita ada semut berenang renang disana, sebaiknya kita ganti air minum saja.
  5. Minum dalam tiga tahap, dalam beberapa penjelasan, minum dalam tiga tahap bisa diartikan minum dalam tiga kali nafas, maksudnya, bernafaslah tiga kali di luar wadah minum kita, jangan bernafas di dalam wadah minum, karena Oksigen bertemu dengan Hidrogen , bisa jadi gas beracun yang gak baik buat tubuh. Nah, subhanallah ya ada kebaikan dalam setiap sunnah Rasulullah SAW. 
  6. Selesai minum ucapkan Alhamdulillah.
Alhamdulillah, ^_^ sekali lagi semoga bermanfaat. Selamat Berpuasa. Rutin minum air putih yaaaa... ingaat! 2+4+2 atau 8 gelas per hari.

Sumber:

http://aqua242.com/ (diakses tanggal 13 Juli 2015)

https://nurlienda.wordpress.com/2011/09/02/gizi-ibu-hamil/(diakses tanggal 13 Juli 2015)

https://infosehat09hartonoprasetyo.wordpress.com/2010/05/23/sudah-cukupkah-hidrasi-anda/ (diakses tanggal 13 Juli 2015)

http://inspirasisuksesmulia.blogspot.com/2013/05/kisah-sukses-tirto-utomo-pendiri-aqua.html (diakses tanggal 13 Juli 2015)

https://id.wikipedia.org/wiki/Hidrasi (diakses tanggal 13 Juli 2015)

https://nurlienda.wordpress.com/2015/06/15/menyusun-menu-seimbang-ramadan-yang-sehat-dan-praktis/ (diakses tanggal 13 Juli 2015)

http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/air.putih.untuk.ibu.hamil/001/001/1312/1/4 (diakses tanggal 13 Juli 2015)

https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=iKfs3u4j7PI ( diakses tanggal 12 Juli 2015)

http://muslimah.or.id/fikih/wahai-anakku-beginilah-cara-minum-rasulullah.html 

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Menulis Blog AQUA 2+4+2 2015

6 comments

Info nya lengkap sekali kak :D disimpan dulu deh untuk sekian tahun kedepan hehe
sehat-sehat ya kak, titip salam sama dedenya .v.

Reply

Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya Iyyaaak ^o^

Salam kembali aunt Iyyaaak :-*

Reply

Daebak !! Kalo begitu selamat meneguk(makna) AQUA :)

Reply

complit infomation

mantap sist

Reply

Makasi sayaang :-*

Reply

Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya kaka erna cantik ~♥~

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.