Menu
/

Percayakah Mak bahwa makanan mampu mengembalikan ingatan? Saya percaya, awal menikah dulu, sebulan saja saya gak makan masakan mamak, saya kangeen, akhirnya saya telpon mamak dan minta resepnya. Hehe

Beberapa film yang pernah saya tonton juga ada yang menggambarkan hal serupa. Ending film korea Hello Ghost yang gak ketebak itu membuat saya banjir air mata, Kimbap buatan Kang Sang Man untuk Suster Yeon mampu mengembalikan ingatan masa kecilnya saat makan Kimbap buatan ibunya.


Lalu konflik di film anak asal Prancis yang berjudul Ratatouille, yaitu pas adegan Ego si kritikus makanan terkenal, mencicipi Ratatouille buatan Remy, gigitan pertama jadi semacam tombol kenangan yang tertekan, Ego mendadak mengingat kenangan memakan Ratatouille buatan ibunya, wuaaa touchy banget kan Mak.

Begitu juga dengan sup krim labu kuning yang hari ini saya masak. Pertama kali masak dan makan sup itu saat ikut lomba memasak di sebuah kampus di Medan, sekitar tahun 2007 haha.

Saya,Bunda Puput dan Sahabat saya Dinda, kami bertiga jadi satu tim yang kompak untuk ikut lomba masak yang bertemakan Labu Kuning.

Waktu itu smartphone belum punya, internetan pun dari warnet hehe, lalu resep dapat darimana? Nah, Bu May, adik mamak saya adalah kolektor resep yang digunting dari tabloid dan majalah. Kalau perlu resep makanan, tinggal cari di buku tebal yang penuh dengan guntingan resep yang ditempel.
Dan dapatlah resep labu kuning itu. Guntingan kertas resep itu saya simpan, tapi waktu pindahan ke rumah mertua gak saya bawa, parahnya lagi saya gak ingat bahan dan cara membuatnya T_T Ketika tergerak hati untuk membuat sup krim labu kuning setelah 9 tahun, akhirnya saya googling ajah :-D

Niat buat sup krin labu kuning karena mau memanfaatkan sisa labu kuning  bahan MPASI Khalil, kemudian sisa bahan buat kaldu ayam bubuk juga masih ada, dan stok Kaldu Bubuk pun lagi banyak. Saatnya eksekusi.

Ini dia resepnya, copast dari sini .Ada beberapa perubahan yang saya buat.

Bahan:
- 300 gram labu kuning yang telah dikukus hingga lunak
- 1 sendok makan mentega atau minyak untuk menumis
- 1/2 bawang bombay, cincang kasar
- 3 siung bawang putih, cincang kasar
- 1 batang daun bawang, rajang kasar
- 500 ml air kaldu sapi/ayam
- 2 buah kentang ukuran sedang, belah menjadi 8 bagian
- 1/2 batang wortel potong melintang setebal 1/2 cm
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 2 sendok teh garam
- 1 batang Daun bawang

Nah karena sup krim labu kuning buatan saya versi rush hour alias keburu buru buatnya, maka saya khilaf sampe pake 2 kentang, syukurnya kentang kecil haha, pas pula stok susu cair juga gak ada, kalo pake susu bakal lebih lemak lagi, nyummy

Cara membuat:

Siapkan labu kuning yang telah dikupas dan kukus hingga lunak. Sisihkan.

Saat proses memasak bahan berikutnya saya lupa, sebaiknya menumis langsung dari hape eh maksudnya dari panci. Nah gue malah jatuhnya ngerebus haha, kentang dan wortel saya masukkin, terus saya guyur dengan 1 1/2 liter air, lalu ada kaldu bubuk homemade, saya pyuur 3 sdm haha. Rebus deh. Rempong kan -_-"

(Baca juga : Membuat Kaldu Ayam Bubuk Homemade Tanpa Oven )

Menumisnya? Ya terpaksa terpisah, saya menumis bawang bombay dan bawang putih cincang di teflon, aargh, jangan ditiru ya Mak.  Setelah tumisan harum, masukkan ke rebusan kentang wortel tadi, aduk aduk, hmm aroma kaldunya  menggelitik hidung saya. Kira kira rebusan udah empuk, masukkin deh labu kuning yang tadi udah dikukus. Aduk lagi.

Siapin blendernya. Padamkan api kompor, saatnya blender. Berhubung mau cepat cepat sebab Baby Khalil udah menunggu untuk nursing time, saya gak lama nge blend nya, dan jadilah teksturnya kayak bubur MPASI Khalil, haha bahkan agak kurang smooth.

Sup krim labu kuning kemudian masukkan lagi ke panci, masak sebentar, pyuur irisan daun bawang. Sup Krim Labu Kuning hangat siap disantap untuk sarapan.

Mudahkan Mak ;-) *mudah mudahan

Dulu bentuk sup krim labu kuning versi lomba, teksturnya haluuuss, kayak kuah gitu, *yaelah namanya sup, haha* terus kami makan supnya dengan roti Prancis (Baguette) yang panjang itu, maknyuuss, berasa makan di cafe deket menara Eiffel deh haha *langsung digusur satpol PP setempat :-P *

Saya makannya merem melek, haha itu sebab rasa sup itu terus menghantui saya selama 9 tahun ini.

Sebab itulah tim kami Juara 1 untuk Sup Krim Labu Kuning yang endeeuus dan maksimal itu. Alhamdulillah, jadi teringat perjuangan saya mencari Baguette. Alhamdulillah ketemunya di Hypermart. Bawa roti itu sampai ke rumah seperti bawa bayi baru lahir, haha, takut patah Mak, mana mehong lagi, dah gitu saya naik angkot kemana mana :-P

Walaupun banyak kegagalan dalam eksekusi sup krim labu kuning ala saya, tapi saya puaaass, kenangan itu bermain main dipeluuukk mata, sambil lidah saya menikmati sup krim labu kuning yang penuh kenangan.
12 comments

waaah...memorinya oke. Dan aku suka banget dengan pumpkin soup :)

Reply

wah mantap tuh resep labu kuningnya

Reply

Enak kan Mbak, gurih gurih cetar Hehe ^o^

Reply

Hu'um selamat mencoba mb Tira \( ö )/

Reply

bener banget mak, makanan bisa membangkitkan kenangan. aku selalu keinget alm. ayahku kalau lihat roti ketawa. soalnya ayahku suka roti ketawa dan kami dulu sering makan roti ketawa bareng.

Reply

Sampe skrg mah terasa itu flufy tasty nya sop krim labu kuning, lihat uul masak jd pengen masak lg kayak dulu. Sambil mengenang bawa2 panci sutil dkk naik angkot hahaha...

Reply
This comment has been removed by a blog administrator.

Labu kuning kan biasanya manis ya Mak. Belum pernah makan klo dibuay cream soup gini. Ahhh pengen coba

Reply
This comment has been removed by a blog administrator.

Diah: MasyaAllah,aku aja ketawa baca komenmu,makan roti ketawa memang buat ketawa dan rasanya juga manis, enak ;-) *Al Faatihah untuk Ayah Diah

Reply

Tu kan Bun, jadi baper hehe, seru banget dulu ya ^o^

Reply

Hu'um Mak, biasa di kita orang Indonesia, labu kuning dikolak, kalo di buat sup krim jarang ada yang suka, cocokan lidahnya, dan mindset, biasa dikolak,ini kok disup, aneh haha

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.