Menu
/

 Apa arti populer di mata mesin pencari kalau ternyata konten kita hanya jebakan betmen melalui judul yang mematikan

-Shintaries, Blogger-

Judul besarnya apa, yang dibahas apa hihi, gak apa yah, ada sesuatu yang penting dan mungkin sedikit remeh memang tapi efeknya besar  kalau kita mengetahui apa tujuan besar dari nge blog dan menguasai social media saat ini. Namun pada intinya di awal postingan ini saya mau curhat, haha. #plak

Sebenarnya saya udah sering ngebahas tentang konten di blog,

Dan disini

Tapi gak apa, saya sampein lagi secara sekilas, biar agak  banyak dulu postingan saya ini haha *minta disiram gule kepala ikan


Sebelumnya kita kenalan dulu dengan kata konten. Kata Konten berasal dari Bahasa Inggris, content, berarti informasi yang ada melalui media atau produk elektronik. Nah, sampe disini kita udah tau ya apa itu konten, sekarang coba kita sadari, hidup kita yang 24 jam ini praktis hampir dikelilingi oleh konten, bener apa bener? Berapa jam sekali cek smartphone? Hampir tiap menit, ya gak? Hu’um iya banget, pokoknya mulai dari buka mata sampai mau tidur, benda yang terakhir disentuh-sentuh adalah layar smartphone. Apa sih yang dicek atau dilihat di smartphone? Tentunya sosmed dong. Terus di sosmed ada apa? Informasi kan? Hu’um, itu masih di sosmed doang , belum lagi kalau kita nonton tivi, atau dengerin radio.

Menarik sekali ketika saya gugling jumlah penduduk Indonesia dan mendapati situs Indonesia-invesments.com. Selain dapat informasi tentang bertambahnya jumlah penduduk Indonesia menjadi 250 juta jiwa, dan menduduki peringkat keempat Negara yang memiliki penduduk terpadat di dunia, aku juga mencatat informasi bahwa pada tahun 2010, struktur usia penduduk usia dibawah 10 tahun sekitar 19%, di bawah usia 20 tahun sekitar 37%, selebihnya di bawah usia 30 tahun.

Sekarang, usia SD saja sudah bisa mengakses informasi melalui internet, konon lagi yang dibawah 20 tahun, sehingga kalau persentase anak-anak dan usia 20 tahun digabungkan, bisa dibayangkan betapa banyaknya orang yang membaca dan mengakses konten? Belum lagi yang namanya smartphone , penjualannya udah bak laris manisnya kacang goreng di musim piala dunia.

Lalu, konten yang seperti apa yang tiap detiknya berseliweran di sekeliling kita? Banyak positifnya atau negatifnya? Wallahua’lam, tergantung niat si pengakses sih menurutku. Namun mirisnya, tidak semua pegiat sosmed bijak dalam mengakses konten, terutama yang masih anak-anak dan remaja.

Sampai disini mah saya sedih, nyesek, dan merasa dunno wat tu du. Gimana ntar zaman anak guek, entah seperti apa zaman informasinya, secara sekarang udah diistilahkan dengan Big Data Era, nah di anak saya, zamannya mungkin Big Big Big Data Era. Hoho.

Jadi pernahlah suatu kali saya dapat ilmu search engine optimize atau SEO, dari Wahyu Blahe pendiri portal komunitas Medan yang tersohor itu apalagi kalau bukan ceritamedan.com. Tulislah konten yang positif agar menenggelamkan konten negatif di mesin pencari. Wah, bagi saya ini pesan yang mendalam sekali dalam dunia perbloggeran, ada misi luarbiasa yang kita emban sebagai blogger, sederhana memang, tapi kalau sifatnya massif dan semua blogger memahami misi ini, wah, mungkin anak atau adik remaja kita akan terhindar mengakses konten negatif.

Awal  Mula Nge Blog

Ketertarikan saya dengan computer dan internet itu sejak zaman Aliyah, hampir setiap pulang sekolah saya ke warnet di depan sekolah, selain dikarenakan ada tugas ya selebihnya browsing dan chatting hihi.

Tahun 2008, blog mulai dikenal, termasuk saya, akhirnya karena penasaran dan gak mau ketinggalan zaman, saya cari buku yang membahas bagaimana cara buat blog. Alhamdulillah ketemu. Kemudian betapa senangnya saya, ketika di depan rumah, ada warnet yang baru buka, tinggal nyebrang aja, nyampe deh. Demi buat blog saya hampir nginep di warnet. Rasanya puaaass banget bisa nemu template blog yang pas di hati, template itu awet selama 7 tahun, ketika nufazee pindah domain, maka untuk penyegaran, template pun diganti. 

Pertama kali punya blog, saya berasa orang keren deh, haha. Di Medan sendiri, waktu itu belum banyak yang punya blog *sombooong haha* hal ini dibuktikan pas saya menghadiri seminar di USU tentang computer, terus pembicaranya nanya, siapa yang udah punya blog, dari ratusan peserta, yang ngacung cuma 5 orang termasuk saya, dan disitu saya merasa keren, haha. 

Karena niat nge blog untuk seru-seruan dan keren-kerenan, postingan pertama kebanyakan curhat, hihi, kalau saya baca postingan lawas, ngikik sendiri, masih gak sadar kalau saya pernah posting begitu, ada alay-alaynya dikit, tapi ada juga posting yang serius dan sedih, serta bisa dijadikan bahan renungan hiks.

Seiring perkembangan dunia persilatan eh perbloggeran, makin banyak orang yang buat dan punya blog. Lomba menulis blog juga mulai wara wiri. Banyak perusahaan yang pakai jasa blogger untuk mempromokan produknya, pokoknya mah sekarang blogger udah bukan sesuatu yang biasa, bahkan sudah jadi profesi.   

Kemudian masuk tahun 2014 sampai hari ini, saya mulai makin serius menyelami dunia blog. Apalagi sejak berumah tangga dan praktis sehari-hari saya tinggal di rumah, maka kerjaan sambilan saya ya nge blog. Lalu saya juga gabung di komunitas blogger seperti Kumpulan Emak Blogger, Blogger Medan, Blogger Perempuan dan baru awal tahun 2016 saya diajak Sakinah Annisa Maariz, saya menyebutnya wanita seribu komunitas wekekek, untuk gabung di KOPI. 

KOPI? Minuman?

Bukan, bukan minuman, tapi Koalisi Online Pesona Indonesia. Awalnya sih gak ngeh, ini komunitas apa yak ada pesona pesonanya. Ternyata…



Koalisi Online Pesona Indonesia adalah komunitas blogger yang peduli dan cinta pada produk-produk Indonesia. Dibentuk pada 26 November 2015 yang digagas oleh Kak Arul dan Kak Aida. Kalau Kak Aida, saya kenal tapi Kak Aida belum tentu kenal saya haha. Saya tau dia dari novel-novelnya, sedangkan Kak Arul, sekilas saya baca biodata singkatnya di akun kompasiana miliknya, seorang wartawan online di situs www.kabarindo.com dan seorang yang menyeru good news  spirit of Indonesia. 

Wah, cakep nih komunitas, memang untuk menyebarkan kabar baik gak bisa main tunggal, ada kalimat bijak yang bunyinya kurang lebih begini, jika kau ingin berjalan cepat, maka berjalanlah sendiri, tapi kalau mau berjalan jauh, maka berjalanlah bersama-sama. Tentu misi menyebarkan kabar baik khususnya segala sesuatu tentang Indonesia bukan sesuatu yang bersifat jangka pendek dan dilakukan segelintir orang tapi keberlangsungan jangka panjang yang keroyokan sebab Indonesia ini luas was was was. Wong untuk nyebarin hoax aja bisa segitu rame dan kayaknya terorganisir rapih, masak untuk nyebarin kabar baik kita gak bisa lebih rame dan terorganisir lebih rapih, harus bisa dong. 

Makin bergetar lagi, karena KOPI mendeklarasikan hal ini pada saat kelahirannya,



Balik lagi ke  Koalisi Online Pesona Indonesia, bersebab bentuknya adalah koalisi, maka siapa saja bisa gabung, gak hanya blogger tapi juga jurnalis online. Selama ini kan saya gabungnya di komunitas yang bisa dibilang kheseuseus, yang emak, yang perempuan dan yang tinggal di Medan, di KOPI saya berpeluang menambah teman blogger se Indonesia, yeay!

Terus saya makin bangga gabung di KOPI, selain didukung oleh menteri pariwisata Indonesia, para penulis kece seperti Asma Nadia *mbaak I’m your big fan* , Dewi Lestari , penyanyi dan juga artis seperti Giring Nidji dan pemerhati anak seperti Kak Seto, bahkan Putri Indonesia 2016 pun adalah bagian dari KOPI, hal inilah yang menjadikan KOPI is Special. 

Gak hanya itu, warga Kopi atau Kopi-ers—sebutan untuk anggota KOPI, ntar dapat ID Card sebagai blogger, tujuannya sebagai tanda pengenal, juga agar dapat diajak kerjasama sewaktu-waktu.
Selain fokusnya mengabarkan hal baik tentang Indonesia atau jadi barisan terdepan dalam mendukung film nasional, KOPI juga ambil bagian dalam aksi social loh. Pantas saja tagline KOPI adalah SENYUM, SAPA dan SINERGI.

Tetiba saya pengen bila suatu hari nanti melahirkan buku, betapa senangnya kalau buku saya di promosiin rame-rame oleh Kopi-ers se-Indonesia. Aaamiin.   

Terus kalau mau gabung gimana caranya?

Mudah banget, KOPI sekarang udah ada di beberapa kota besar di Indonesia seperti di Medan, Padang, Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Jogja, Semarang, Cirebon, Makassar, Balikpapan, Samarinda, Papua dan di kota lainnya. 

Atau bisa juga follow akun sosmed KOPI di Twitter @kopikabarindo   , Instagram @koalisikopi dan fanpage facebook KOPI is Cinta . Nanti akan dihubungkan dengan admin KOPI yang ada di kota kamu.

Kalau saya pertama kali gabung mah gak ribet ya, diajak Kina, terus dimasukkan di grup wasap Kopi Medan is Asyik, lalu email biodata, udah deh chit chat di grup, berbagi link blogpost dan kabar baik lainnya seputar Indonesia, biasanya sih ngumpul kalau ada event nobar gitu, nah berhubung masih punya bayi, jadinya intip-intip keseruan chit chat temen-temen aja. Sempat minder juga, soalnya gak pernah kopdar, terus oleh Kak Al merespon dengan bijak, rajin nge blog berita baik dan pasang logo KOPI di blog kita mah udah kontribusi warbiasyak sebagai member KOPI. *huhu mamah mudah langsung terharu. 

Pesta Kopi 2016, Ajang Kopdar Anggota KOPI Se-Indonesia

Yang belum gabung, buruan gabung gih, karena ada ajang keren di Nopember 2016, KOPI mau kopdar, yeay!


Tepatnya di Jakarta, Pesta Kopi Sapa Dunia 25-27 Nopember akan digelar, ini pasti seru banget, dihadiri pembicara keren, seperti Asma Nadia *maaak, mupeng berharap kepilih biar bisa datang* , Dewi Lestari, Giring Nidji, Motivator terkenal sekaliber Tung Desem Waringin, dan muasih banyak lagi.

So¸the last but not least, jadilah blogger yang jujur, dengan semangat menyebar konten positif bukan berarti menjadikan kita blogger yang haus akan prestise menjadi yang pertama di mata mesin pencari.

Happy Blogging All! 
Semoga Bermanfaat.
19 comments

Wah baru tahu aku mba, ada komunitas blogger yg concern terhadap produk Indo. Jd pengen gabung, hehe... terimakasih banyak infonya mbaa ��

Kalimat terakhirnya jleb banget mba, kereen

Reply

Sama aku ngeblog juga sekitar 2007 2008.
Btw aku baru tau nih komunitas KOPI :)

Reply

Wuaa.. ngeblognya udah kama.. aku 2008 masih buta internet, ggpernah dpt tugas yg berhubungan sama internet... haha

Reply

Terimakasih informasinya mbak. Berguna sekali ...

Reply

Suka deh sama kata2nya mas wahyu, ceritamedan.com
Jadi pengen ikutan kopi juga mba.. Cuss ah ke twitternya :)
Makasih sudah share ya mba :)

Reply

Asyik nambah lagi temen KOPIers dari Medan..nambah juga bawaan bika ambon nya heheh

Reply

Kak Nufa Zee is kece. Love this blog
#KOPIIsCinta

Reply

Yuk mb gabung, daku juga baru awal tahun ini gabung hehe

Reply

Tos mb Lianny hehe, hampir sewindu ya kita ngeblog

Reply

Aku mah kerajinan mb, gak ada tugas pun aku ke warnet mb haha

Reply

Sama sama Mb Riri

Reply

Hu'um mb, Jleb banget kan yak heuheu

Reply

Haha mb Nurul bisa aja, :-D

Reply

Kamu juga kecee Kinaaah hehe

Reply

Wah..kayaknya seru nih, bisa gabung dengan KOPI. Sempat tertarik dengan misinya, menyebarluaskan hal-hal yang baik. Supaya yang jelek, bisa tenggelam. Happy Bloging, Mbak ! Gabung ah...Makasih infonya ya..

Reply

'Jadilah blogger yang jujur' setuju banget!

Reply

Salam kenal mba, makasih ya infonya.

Reply

Jleb banget quotes pembukanya haha..

Tengkyuh inpona, langsung cusss pengen gabung

Reply

Hi mba Salam kenal y :) pengen ikutan gabung jadinya ^^

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.