Menu
/

Pada postingan sebelumnya pernah bahas tentang eksplorasi disini. Dan sekarang membahas eksplorasi si kecil lagi tapi lebih mendalam *eaak.  Apalagi sekarang Khalil sudah masuk ke usia yang bukan lagi bayi tapi udah anak 1 tahun 7 bulan, kebayang dong ya gimana aktifnya anak lakik *lap keringet, ditambah dua bulan terakhir Khalil sedang senang-senangnya menikmati masa pandai berjalan sendiri.


Di masa Khalil lagi seronoknya pandai jalan, semua ingin dia tahu. Tiap kali jalan sore bersama saya dan si ayah, Khalil selalu mengutip batu-batu kecil padahal sudah mandi, biasanya kebanyakan orangtua akan melarang sebab akan mengotori tangannya, kalau saya malah saya beri kesempatan Khalil untuk mengutip batu, terkadang saya khilaf, tahu-tahu tangan kecilnya udah mengarahkan batu itu masuk ke mulut haha. Syukurnya gak sampai ketelen. Sesampainya di rumah Khalil wajib cuci tangan.

Dan masih banyak lagi pengalaman eksplorasi Khalil yang kadang buat saya pengen teriak dan membelalakkan mata serta mengeluarkan asap dari kepala haha. Walaupun saya punya ilmu memahami anak yang sedang dalam masa eksplorasi, tapi kadangkala ada masa dimana saya lupa sehingga muncul kekhawatiran seperti takut anak sakit karena berkubang kuman akibat eksplorasi yang berlebihan atau waswas bila ia terjatuh dan terluka saat beraksi. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan orangtua saat menemani dan mendukung eksplorasi si kecil?

Sabtu, 4 Maret 2017 di Atrium Plaza Medan Fair, saya berkesempatan menghadiri peluncuran produk terbaru Nestle DANCOW yakni Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+ yang mengandung bakteri Lactobacillus rhamnosus tiga kali lipat lebih banyak dari produk sebelumnya. Emang apa sih kehebatan bakteri ini? Nah ntar kita bahas lebih lanjut.

Dalam rangkaian acara peluncuran tersebut, menghadirkan pakar seperti Psikolog Ratih Ibrahim, lalu dokter spesialis tumbuh kembang anak dr. Bernie Endyami Medise, SpA (K) dan Riza Nopalas selaku Senior Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ Nestle Indonesia.

Pada sesi pemaparan dari sang ahli, saya selalu menjadi gelas kosong agar dapat menampung ilmu hari itu dengan maksimal. Dan inilah slide pembuka dari Bunda Ratih, satu hal yang harus diingat orang tua bahwa  Anak itu Berharga. Anak adalah karunia Allah. Menjadi orangtua adalah berkat dan amanah Allah. Saya setuju banget Bun, dengan begitu gak ada tuh di kamus ada orang tua yang menyia-nyiakan anaknya, seperti yang pernah disampaikan Psikolog Elly Risman, anak terlahir sempurna, maka kelak pun kita mengembalikan/mempertanggungjawabkan pengasuhan anak kita kepada Allah dengan baik pula bukan dengan keadaan otak dan jiwanya bonyok.



Adapun modal pengasuhan anak yang optimal ada tiga, Cinta yang utuh dari Ayah dan Bunda, Kecukupan Nutrisi dan Stimulasi.

Dan eksplorasi merupakan bagian dari proses stimulasi. Untuk anak usia setahun sampai tiga tahun mah eksplorasinya masih sederhana banget yakni lebih mendekatkan anak pada alam sehingga kegiatan stimulasi pun bisa dilakukan hanya dari lingkungan sekitar baik itu di rumah, ruang terbuka atau dengan melakukan kegiatan sederhana dan mudah.

Kuncinya adalah kegiatan tersebut mampu menstimulasi seluruh aspek perkembangan si kecil. Nah poin ini nih yang ilmu saya masih cetek, lagi ngumpulin bekal salahsatunya dari buku panduan, semoga bulan ini bukunya kebeli, aamiin ya Rabb. ^__^

Tahapannya, anak yang bereksplorasi maka anak belajar sehingga memungkinkan seluruh potensinya terbuka maksimal dengan begitu anak tumbuh menjadi pribadi yang utuh yang sehat, mandiri dan ceria.

Kemudian yang tak kalah pentingnya dari optimalnya eksplorasi anak adalah dukungan dan cinta dari Ayah Bunda. Memperbolehkan anak bereksplorasi merupakan wujud cinta orang tua pada si Kecil. Dan disini kepercayaan diri orang tua diuji untuk memperbolehkan dan melepas si Kecil bereksplorasi *yup diuji banget haha*  dengan begitu akan mendorong si Kecil untuk berani dan mandiri yang membuka kesempatan  anak kita belajar hal baru dan mengembangkan dirinya.

Mantap banget penjelasan Bunda Ratih, selanjutnya adalah penjelasan dari dr. Bernie mengenai nutrisi. Ciri khas anak pada dasarnya adalah tumbuh dan berkembang. Nah pastikan orang tua selalu up date  mengenai tumbuh kembang anaknya sehingga setiap kali ke dokter anak, jangan lupa minta data perkembangan anaknya baik itu berat badan, tinggi badan.

Memperkuat penjelasan Bunda Ratih, sepenting apa sih pemberian nutrisi, kasih sayang dan stimulasi untuk anak? Ya penting pake banget lah.

Pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang tentunya akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan serta memberikan perlindungan optimal bagi si Kecil. Sedangkan kasih sayang utuh dari kedua orang tua serta keluarga akan membentuk kepribadian yang baik pada diri si kecil seperti kelak dia akan jadi orang dewasa yang  ceria, percaya diri, berani bereksplorasi, ulet, tangguh, sabar, pemaaf, santun, penolong, dll.

Terakhir adalah stimulasi, stimulasi yang maksimal akan membantu kembangkan semua potensi si kecil seperti minat, bakat, fisik dan kecerdasan.

Balik lagi kepada pembahasan nutrisi, mengapa perlu nutrisi perlindungan? Tahukah Ayah Bunda bahwa 80% daya tahan tubuh ada di saluran cerna. Untuk itu perlu diperhatikan kandungan nutrisi dari makanan dan minuman yang akan masuk ke saluran cerna si kecil kita.

Lalu Nutrisi Perlindungan yang Seperti Apa yang Bantu Dukung Tumbuh Kembang Optimal?

Nutrisi dibagi menjadi dua, makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien adalah zat gizi yang diperlukan manusia dalam porsi besar seperti karbohidrat, protein, lemak. Sebaliknya, mikronutrien adalah zat gizi yang diperlukan tubuh manusia dalam jumlah sedikit seperti vitamin dan mineral. Meskipun sedikit tapi perannya sangat penting loh bagi tubuh, apalagi si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Kedua kelas nutrisi tersebut akan optimal diserap bila ada yang namanya nutrisi perlindungan salahsatunya dari bakteri baik Lactobacilllus rhamnosus keberadaan bakteri ini terbukti secara klinis membantu menurunkan risiko infeksi saluran cerna dan pernapasan, selain itu serat pangan dan inulis juga diperlukan tubuh sebagai makanan dari bakteri baik ini demi membantu menjaga kesehatan saluran cerna si Kecil.

Inovasi Baru Susu Pertumbuhan dengan Kandungan Bakteri Baik Tiga Kali Lipat

Mengetahui manfaat besar dari peran bakteri baik Lactobacilllus rhamnosus Nestle DANCOW pun langsung berinovasi menghadirkan Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+, susu pertumbuhan dengan mengandung lebih dari tiga kali Lactobacilllus rhamnosus di dalamnya dibandingkan produk sebelumnya.

Selain mengandung bakteri baik yang banyak, Riza Nopalas selaku SBM dari Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+ , produk DANCOW terbaru ini juga mengandung Vitamin A, C, D, Zat Besi, Zinc dan Selenium sebagai immunonutrients, juga ada minyak ikan, Omega 3 dan 6 untuk mendukung proses belajar si Kecil. Wow makin lengkap aja ya nutrisinya, pantes aja Khalil suka, pas event berlangsung mah Khalil nambah-nambah minum susunya, haha..

Untuk produk inovasi ini hanya ada 3 rangkaian produk yang disesuaikan dengan tahapan usia yakni 1-3 tahun, 3-5 tahun dan 5-12 tahun. Kemudian DANCOW gak hanya berinovasi di produk saja tapi juga mencoba menebar manfaat melampaui produk atau dikenal dengan istilah beyond the product dengan menyediakan program parenting di medsos DANCOW, hayuk Ayah Bunda follow dan like fanpage Facebook DANCOW Parenting Center ya, ada banyak informasi bermanfaat seputar tumbuh kembang anak yang seringnya melibatkan para ahli loh, kapan lagi konsultasi gratis langsung dengan ahlinya.

Serunya Wahana DANCOW Explore Your World

DANCOW mah kalau meluncurkan produk baru gak nanggung-nanggung, totaal malah, selain menghadirkan para pakar juga menggelar wahana bertajuk DANCOW Explore Your World, kegiatan yang mengusung tagline IYA BOLEH menjadi symbol kepercayaan diri orang tua melepas si Kecil bereksplorasi.

Wahana yang didukung teknologi canggih tersebut dilengkapi empat area utama, ada Art Center dengan hand painting dan storytelling. Central Park dengan teknologi Augmented Reality nya, lalu ada Smart City disini si Kecil bisa berkreasi membangun Kota DANCOW versi sendiri dan area terakhir ada Play Park dengan wall climbing dan monkey bar sarana untuk si kecil berpetualang.Seru banget kaaan!



Gak hanya di Medan, jadi Nestle DANCOW Explore Your World ini akan diselenggarakan di lima kota lainnya. Catet ya tanggalnya, yakni di Surabaya (1-2 April), Jakarta (29-30 April), Semarang (5-6 Agustus ), Solo ( 9-10 September ) dan Makassar (7-8 Oktober ).

Sekilas Tentang PT. Nestle Indonesia

Nestle S.A adalah induk perusahaan yang menaungi Nestle Indonesia, merupakan produsen makan dan minuman yang kantornya berpusat di Vevey, Swiss, telah beroperasi selama 150 tahun dan terkenal sebagai perusahaan terkemuka di bidang gizi, kesehatan dan keafiatan.

Di Indonesia sendiri, Nestle Indonesia berdiri tahun 1971, memiliki empat pabrik dengan total karyawan 3..400 orang. Dengan mengusung moto good food, good life Nestle Indonesia berkomitmen untuk menyediakan produk makanan yang aman, berkualitas, nikmat dan bergizi.

Sebagai perusahaan makanan dan minuman, Nestle di Asia memiliki pusat penelitian di Singapura dan Gurgaon.

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.