Menu
/

Taraaa…finally ditakdirkan bertemu dengan SO GOOD Ayam Potong setelah pencarian panjang *halaah, padahal baru ngiterin dua supermarketnya haha* , aku ketemunya di Kasimura Supermarket Jl. Krakatau Ujung, yeay.


Setelah aku memasak olahan ayam memakai produk SO GOOD Ayam Potong, aku nyeseeell, nyesel kenapa gak tau dari kemaren-kemaren kalau SO GOOD juga punya produk ini huhu.

Jadi, untuk olahan ayam buat dikasi ke si kecil oleh mamakku disarankan ayam kampung, nah ayam kampung kan mesti dibeli seekor dan dipotong ditempat, sementara sama aku buat apa ayam sebanyak itu, toh ntar bingung masalah penyimpanannya, khawatir jadi busuk lagi, lagian aku masak gak banyak-banyak, dan terpaksa masak karena buat si kecil haha. Iya karir memasakku dimulai sejak si kecil lahir,*eaaa

Emang apa sih kelebihan ayam kampung daripada ayam negri? Ayam kampung lebih sehat sebab gak pakai suntik hormon, sementara ayam negri disuntik hormon supaya cepat besar dan dipotong. Coba aja bayangkan betapa besarnya konsumsi harian kita pakai ayam, jelas saja peternak ayam memilih cara cepat demi untung banyak.

Kalau saja aku tahu ada produk SO GOOD Ayam Potong yang kualitasnya seperti ayam kampung yang segar dan pastinya sehat, tentu aku bakal beli, apalagi untuk bahan MPASI Khalil. Selama ini makan ayam kampung kalau mamakku sedang mood pengen makan ayam, tinggal pilih aja di kandang, soalnya ayahku ternak ayam kampung nan hitam dari ujung paruh sampai kakinya, haha.

SO GOOD Ayam Potong : Kualitas Ayam Segar yang Praktis

Pas ketemu SO GOOD Ayam Potong, pertama kali nyoba aku lebih memilih SO GOOD Ayam Potong  Paha dan Dada, karena bagian dari ayam yang aku suka adalah dagingnya daripada tulangnya haha, (kan ada tuh orangnya yang doyan ayam sampai sak tulang-tulangnya dikunyah jadi serbuk, saluuutt), setelah foto-foto  bayar di kasir dengan harga 46K, maka sudah bermainlah di pikiran hendak ku apakan lah ayam ini.

Ayam Goreng ala Nufazee

Aku punya resep ayam goreng yang praktis, resep ini aku peroleh dari mamakku. Setiap kali menggoreng ayam atau sekadar diungkap, aku pasti ngulek pake bahan-bahan berikut ini,

Bahan:

3 ons SO GOOD Ayam Potong
Jahe sebesar ibu jari
3 siung bawang putih
Ketumbar secukupnya
Garam secukupnya
Air secukupnya
Minyak makan secukupnya

Cara Memasak:

Haluskan semua bumbu, campurkan ke SO GOOD Ayam Potong yang sudah bisa langsung diolah, beri sedikit air dan tunggu sampai ayam tampak setengah matang dan air habis.

Setelah air agak kering dan ayam sudah kelihatan agak setengah matang, panaskan minyak goreng, masukkan ayam, goreng hingga kuning kecoklatan.

Hmm…mudahkan? ^^ by the way, sisa bumbu ayam ungkepnya jangan dibuang, tapi disimpan pada wadah plastic dan diletak di kulkas. Bumbu tersebut dapat dipakai untuk campuran tepung saat ingin menggoreng tempe goreng tepung, brokoli goreng tepung, atau bahkan untuk campuran telur dadar, dijamin lezat.

Soto Ayam Sederhana Non MSG ala Nufazee

Psstt… aku adalah seorang penggemar soto tapi gak berani buat sendiri, takut kecewa haha. Seringnya kalau pengen soto aku pasti beli soto siap di warung makan, etapi rasanya kok aneh, kebanyakan MSG kali yak.



Nah sejak itulah aku bertekad untuk buat soto ayam sendiri *singsingkan lengan daster. Maka, Ramadhan ke tujuh aku eksekusi soto ayam, Alhamdulillah enak, semua anggota keluarga suka ^^, lalu pas stok SO GOOD Ayam Potong masih ada, aku pun eksekusi lagi tuh Soto Ayam. Ternyata buat sendiri itu lebih nikmat.

Resep aku contek dari cookpad dari akun Monik Behel dengan beberapa perubahan ^^. Cekidot,

Bahan:

2 ons Ayam, bagian dada dipotong dadu
Bumbu halus :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 ½ kemiri
1 ruas kunyit
Ketumbar secukupnya
½ sdt merica
Garam secukupnya
1 batang serai
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
Kelapa separuh, peras santan dua kali ( air kurang lebih 1000ml)

Bahan pelengkap:

Berhubung ini soto ayam sederhana, jadi bahan pelengkapnya pun sederhana haha, hanya kentang, tauge dan tomat serta irisan daun sop dan daun bawang

Cara Memasak:

Ayam dibalur dengan perasan jeruk nipis dan  garam, rebus sebentar dengan sedikit air sampai keluar kaldunya. Lalu goreng sampai kering dan tiriskan.

Haluskan duo bawang, kemiri, garam, ketumbar serta kunyit. Batang serai dimemarkan lalu diikat. Tumis bumbu halus sampai harum, jangan lupa masukkan merica dan ketumbarnya, lalu masukkan batang serai, daun jeruk dan daun salam, kemudian masukkan ayam goreng, aduk rata.

Siramkan santan, aduk perlahan, masukkan sisa air kaldu rebusan ayam tadi, kemudian masukkan kentang. Aduk lagi sampai kentang dirasa empuk, setelah itu masukkan  tomat dan tauge, terakhir taburkan daun sop dan daun bawang. Siap disantap hangat-hangat ^^.

Sop Ayam Sederhana Tanpa MSG ala Nufazee

Masih betah menyimak pemaparan resep olahan ayam ala akuh haha, kalau mulai agak gak betah, kali mau jalan ke mol sebentar lalu balik lagi baca postinganku ini haha.

Suatu hari pernah iseng browsing resep sop ayam tanpa penyedap, alhasil yang kutemukan adalah sop ayam dengan penyedap rasa semuanya haha. Baiklah aku jadi pede membuat sop ayam sederhana namun tetap lezat walau gak pakai penyedap pabrik.

Bahan :

2 ons Ayam, potong dadu, balur dengan jeruk nipis dan garam, sisihkan
4 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih
1 ruas jahe
Pala secukupnya
Merica secukupnya
Garam secukupnya
1 batang kecil kayu manis
2 biji cengkeh
2 biji kapulaga
2 biji bunga lawang
Daun Sop dan Daun bawang secukupnya
1500 ml air
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bahan pelengkap:

2 buah wortel, potong serong
2 buah kentang, potong dadu
Separuh tomat, iris kasar

Cara Memasak :

Rebus potongan ayam dalam 1500ml air. Sembari menunggu air kaldu mendidih, mari kita ulek bumbu sopnya. Haluskan bawang putih, pala, jahe dan merica serta garam..

Setelah air kaldu mendidih, buang buih yang mengapung dipermukaan air, sampai air terlihat bening, setelah itu masukkan wortel dan kentang, rebus sampai keduanya lembut.

Sembari itu kita bisa menumis bumbu yang telah dihaluskan tadi, setelah harum masukkan daun sop dan daun bawang serta tomat. Kemudian masukkan ke dalam sop ayam yang sedang mendidih, hmm pasti aromanya sudah nyebar ke seantero rumah. Koreksi rasa. Sop ayam pun siap disajikan hangat ^^.

Well, setelah dipakai untuk tiga resep di atas, SO GOOD Ayam Potongku tinggal berapa ya haha.

Nah dua resep terakhir ini, aku jembrengkan sebagai resep penutup dan berikutnya aku jelasin spesialnya SO GOOD Ayam Potong ini serta ada informasi kece yang wajib tahu dan ikut serta didalamnya ^^, penasaran? Hayuk aku lanjutin yak….

Ayam Semur Bumbu Bali ala Nufazee

Asal menghadiri undangan pernikahan, aku selalu kepo gimana sih buat semur  ayam tapi gak ada kuahnya, dan sewaktu main ke rumah Kyo, si junior di organisasi yang tomboy tapi jago masak dan punya usaha bernama Kyo Kue, pas pulak masak Ayam Semur Bumbu Bali, aku pun jadi semangat untuk mengeksekusinya di rumah, tentunya dengan bantuan Mbahe Gugel, haha.



Jadi resep ayam semur bumbu bali ini aku kreasiin berdasarkan sumber dari dua resep di situs cookpad,, yakni resep milik Mb Noe Vha Suhardi dan Erliza Rizky Hasibuan.

Bahan :

3 ons SO GOOD Ayam Potong, balur jeruk nipis dan garam, sisihkan
1 batang sereh, geprek
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
Kapulaga, bunga lawang, cengkeh secukupnya, kalau aku masing-masing kuambil 2 biji
Garam, gula merah dan Kecap secukupnya
Bumbu yang dihaluskan :
5 buah cabe merah, bisa diganti saos cabe
5 bawang merah
3 bawang putih
2 butir kemiri
1 sdt merica
 ½  buah tomat
½ bawang bombay,  dirajang
1 batang daun bawang, dirajang

Cara Memasak :

Pertama SO GOOD Ayam Potong direbus atau kalau rajin diungkep dengan bumbu kayak yang aku jembrengkan resepnya diawal, Kemudian goreng SO GOOD Ayam Potong sebentar.

Tumis bumbu hingga harum beserta sereh, daun jeruk dan daun salam, lalu masukkan gula merah, kecap manis, cabe giling, irisan tomat garam, gula, tambahkan air sedikit. Koreksi rasa. Kemudian masukkan ayam goreng, setelah tercampur rata masukkan bawang Bombay dan irisan daun bawang.  Selesai deh ^^, nyummy, kalau bumbu semurnya bersisa banyak dan ayamnya habis, digadoin pake nasi hangat pun udah sedap amboi.

Ayam Pop Corn SO GOOD 

Ketemu resep ini saat nyasar di blognya kyo dan langsung kepikiran untuk eksekusi, pas pula stok SO GOOD Ayam Potong sudah mau habis. Ayam pop corn ini aku persembahkan untuk Khalil yang lagi bosan makan ayam dengan cara gitu-gitu aja haha.



Bahan :

2 ons SO GOOD Ayam Potong, diungkep atau direbus sebentar. Karena SO GOOD Ayam Potong tekstur dagingnya udah lembut dan juicy, jadinya gak aku ungkep, hanya aku balur dengan jeruk nipis dan garam

Adonan pencelup :
1 sdm tepung terigu
1 sdm tepung beras
Air , Garam dan merica secukupnya
Kalau ada sisa bumbu ayam ungkep mah bagus banget, menambah kelezatan Ayam Pop Corn

 Adonan kering :
1 sdm tepung terigu
1 sdm tepung beras
Garam dan merica secukupnya

Cara Memasak :

Potong dadu SO GOOD Ayam Potong,. Karena SO GOOD Ayam Potong tekstur dagingnya udah lembut dan juicy, jadinya gak aku ungkep, hanya aku balur dengan jeruk nipis dan garam.

Masukkan SO GOOD Ayam Potong yang telah dipotong dadu ke dalam adonan basah, lalu gulingkan ke adonan tepung kering. Banting-banting agar gak bergerundul-gerundul.

Panaskan minyak goreng, setelah panas, atur nyala api sekecil mungkin agar ayamnya matang sempurna ^^
Sajikan dengan saos cabe atau mayonnaise. Betapa senangnya hatiku saat Khalil lahap makan Ayam Pop Cornnya. Alhamdulillah ^^.

Sekilas Tentang SO GOOD Ayam Potong

Apa yang gak membuatku ragu mengonsumsi SO GOOD Ayam Potong ini? Hal itu dikarenakan SO GOOD Ayam Potong berasal dari peternakan sendiri milik perusahaan agri-food terbesar dan tersohor di Indonesia, PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk dan sudah jadi kebanggaan Indonesia sejak 1975. WOW!

Ayam-ayam yang diternak disana dibiakkan secara selektif yakni dipastikan pertumbuhannya efisien, daging yang dihasilkan banyak, dan yang paling penting gak mudah sakit, selain itu spesialnya lagi ayam tidak disuntik hormon.

Proses pemotongan ayam dan rumah pemotongan ayam juga telah disertifikasi NKV yakni Nomor Kontrol Veteriner, sertifikat sah yang dikeluarkan karena telah memenuhi persyaratan hygiene, tentunya proses dari awal hingga akhir dilakukan secara halal.

Setelah dipotong dan dibersihkan, ayam-ayam potong kembali melewati proses ketat, yakni proses IQF atau individually quick frozen, proses dimana potongan ayam tidak melekat satu sama lain, lalu dibekukan sempurna  dalam waktu 45 menit. Proses IQF ini ternyata juga punya fungsi melindungi 4 kualitas ayam, kesegaran, gizi, rasa dan kebersihan.

Dengan melewati keseluruhan proses tersebut, jadilah SO GOOD Ayam Potong, produk ayam potong praktis, tinggal olah, gak perlu lagi dipotong, kalau pun mau dipotong lagi bisa disesuaikan dengan keinginan kita, dan terakhir nih gak dicuci pun gak apa-apa ^^.

Oya, berhubung kulkasku bagian freezernya sudah lelah dan ini semacam kode untuk beli kulkas baru, maka SO GOOD Ayam Potong ku gak bisa bertahan lama-lama di kulkas, seminggu paling lama, mungkin kalau freezer kita oke maksimal, maka stok SO GOOD Ayam Potong kita di kulkas bisa lebih dari seminggu daya tahannya

Yuk Ikutan Lomba Kreasi Masak ala SO GOOD

Gimana? Pada ngilerkan dengan resep-resep olahan ayam ala akuh? *semoga yah aha*, nah kali aja para emak dan bapak pembaca blogku disini punya resep olahan ayam andalan keluarga, hayuk diikutsertakan dalam lomba kreasi masak ala SO GOOD.

Lomba ini diselenggarakan oleh SO GOOD bersama Blogger Perempuan Network, info lengkapnya ada https://bloggerperempuan.co.id/sogood/

Biar semangat nih, aku bocorin hadiah buat para juara utamanya, ada 1 unit Mirorless Camera EOS M3( *mupeeng ) , 1 unit Pocket Camera Canon SX620 dan 1 unit smartphone Samsung Galaxy J5 Prime. Mantaaab!

Ayo segera beli produk SO GOOD nya dan ramein lombanya! Oya batas akhir lomba  hanya sampai 23 Juli 2017 ini loh.

Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba ^^
8 comments

waah.... menu ayamnya pastinya enak2 nih... :)

Reply

Ayam semur bali the best kayaknya tuh.....

Reply

Wah banyak resepnyaa, asyikk..so good ini ayam kampung ya, bisa atuh aku makan..

Reply

Enyaaak mb hehe

Reply

The best banget , yang 😚

Reply

Dipilih2 resepnya kak 😍

Reply

MPASI pakai ayam potong So Good enak juga ya. Mau bikin ayam pop corn aja deh

Reply

yes mb, ayam popcorn juga endeeuss loh

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.