Menu
/

Penyakit jantung, satu penyakit yang cukup horor menurutku. Apalagi kalau yang menderita penyakit tersebut adalah orang-orang terdekatku. Baru-baru ini betapa kagetnya aku saat mendengar kabar suami dari seorang teman yang sudah kuanggap kakak sendiri terkena serangan jantung. Aku yakin penyebabnya karena tekanan dan beban pekerjaan di tempat kerja dan pola makan blio yang gak sehat, padahal si mas masih muda, seingatku usia blio belum masuk kepala empat.

Gak hanya itu, barusan emak meneleponku dan mengeluh sakit di dada, tangannya kram, kedua kaki juga sudah mulai susah dibawa berjalan, badan pegal-pegal dan mudah lelah. Namun emak masih takut-takut mau untuk diajak periksa. Aku jadi cemas T_T

Tapi kecemasanku ini beralasan soalnya aku baru saja mengikuti acara Gerakan Jantung Sehat :  ‘Yuk Ubah Gaya Hidupmu dan Turunkan Risiko Jantung Koroner’ Bersama Nutrive Benecol pada Minggu, 30 Juli 2017 di Santika Premier Dyandra Hotel & Convention Center Medan.

Pada acara tersebut menghadir banyak praktisi yang ahli dibidangnya seperti Dr. Vito A Damay, Sp.JP, M.Kes, FIHA, FICA-spesialis jantung dan pembuluh darah, Siloam Hospitals Lippo Karawaci,  dr. Lidya Heryanto, Sp.KJ, atau spesialis kesehatan jiwa, kemudian ada dr.Ida Gunawan, M.S, Sp.GK (K) seorang ahli gizi dan  menghadirkan Chef Surya.

Komplitkan pembicaranya, nah sebelum keempatnya tampil, peserta sudah tampak memadati ruang convention pada pukul Sembilan pagi. Aku kebagian paling belakang huhu, syukurnya ada banyak TV LCD tambahan di setiap sudut yang memudahkan peserta yang berada di ujuuung tetap focus menyimak penjelasan para ahli *dalam hati pasti EO nya keren nih hihi*

Oya, menunggu acara inti, sebenarnya event ini sudah dimulai sejak pukul tujuh pagi loh dan diramaikan oleh booth-booth bermanfaat yang dijembrengkan sepanjang koridor di luar ruang convention seperti booth kelas memasak, cek kolesterol, cek jantung koroner, klikdokter, booth foto-foto, dan terakhir booth senam B-Fit 2.0. Pesertanya buanyak, meski didominasi para lansia, anak muda kayak akuh lupakan umur kan aku masih 17th  juga banyak tampak hadir. Aku aja sampai berkali-kali antri untuk ikut cek kolesterol dan cek jantung koroner. Biasanya di event kesehatan yang aku hadiri adanya cek kolesterol, namun di event yang pernah sukses di tahun 2016 ini mengadakan cek jantung koroner juga loh, cakeeep ^^, jadi makin melek kesehatan  nih, walau awalnya takut-takut cantik gitu pas mau diambil darahnya hihi. Psstt…penasaran dengan hasil cek aku? Ntar aku bisikin di akhir tulisan ya haha.

Setelah puas foto-foto >.< aku buru-buru ke dalam sebab acara akan dimulai, soalnya para penari selamat datang sudah mulai beraksi. Usai penampilan tari, pembawa acara mempersilahkan Donny Bambang Iryanto selaku Senior Brand Manager Nutrive Benecol untuk menyampaikan kata sambutannya. Dalam sambutannya Donny mengajak masyarakat Indonesia untuk terlibat dalam kampanye Gerakan Jantung Sehat dengan cara mengenal, menurunkan dan mengontrol kolesterol serta menerapkan gaya hidup TANGKAL, yang merupakan singkatan dari  tahap menangkal kolesterol,

Teratur periksa kolesterol
Awasi asupan dan pola makan
Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol
Giat berolahraga dan senam B-Fit
Kendalikan berat badan dan hindari stress
Awasi tekanan darah
Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari

Wah lengkap banget dalam satu tagline udah mencakup semuanya, tinggal prakteknya aja nih yang rada syulit tapi bisa, ya gaaaak!

Kemudian sambutan dilanjutkan  oleh Dr. Mia Ardiyanti selaku pimpinan klikdokter.com. Dalam permulaan sambutannya Mia bercerita bahwa pada usia 36 tahun, sang suami telah dipasang satu ring pada jantungnya, dan ini menjadi cambuk untuknya agar semakin gencar mengampanyekan gerakan jantung sehat kepada masyarakat apalagi melalui situs klikdokter.com, sebuah portal kesehatan yang dibentuk tahun 2008 dan pada tahun 2017 situs ini telah berada dalam naungan SCTV group, dengan begitu diharapkan program edukasi tentang kesehatan jantung semakin tersebar luas.

Terakhir kata sambutan disampaikan oleh Ibu Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, Ketua Cabang Utama Yayasan Jantung Indonesia Sumatera Utara dan Tim penggerak PKK, eit sampai disini aku baru tahu kalau Sumut punya yayasan jantung, *kemana aja gueh*. Dalam sambutannya blio menyampaikan bahwa Yayasan Jantung Indonesia Sumut hadir di tengah masyarakat untuk turut mengedukasi bahaya dan  pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah dengan mengampanyekan Lima Panca Usaha yang disingkat dalam slogan SEHAT ( Seimbang Gizi, Enyahlah Rokok, Hindari dan hadapi stress, Awasi Tekanan Darah, Teratur dan Terukur dalam Berolahraga ), kampanye tersebut juga diiringi dengan program pengadaan olahraga setiap minggu pagi di lapangan merdeka Kota Medan, nah program ini menjadi contoh bagi kota lain di provinsi Sumut. Program senam pagi ini udah lama banget, aku beberapa kali sering ikut saat masih tinggal di rumah nenek.


Waspada Kebiasaan Mager alias Malas Gerak

Mager singkatan dari malas gerak, istilah tersebut heits belakangan ini dan aku punya fakta tentang efek dari si mager. Siap-siap ya, pegang jantungnya agar gak kaget pas tau faktanya.

Fakta tentang efek mager aku awali dengan data dari Survey Sample Registration System (SRS) tahun 2014 bahwa penyakit jantung, kini telah menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia bahkan dunia, persentasenya sekitar 12,9% kematian di Indonesia. Lumayan tinggi itu mah, wajar banget Kementerian Kesehatan RI yang diwakili dr. Lily S Sulistyowati, MM, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular sibuk menghimbau seluruh komponen bangsa agar terlibat dan mendukung upaya pencegahan dan pengendalian faktor risiko penyakit jantung koroner agar persentase kematian menurun.

Penyakit Jantung Koroner?

Kapan nih jelasin tentang fakta mager nya? Haha tenang, pelan-pelan aku paparkan yah. Oke, penyakit jantung koroner, sering baca atau dengar kan yak nama penyakit ini, tapi gak tau detilnya seperti apa, taunya penyakit jantung doang wkwkw, padahalkan penyakit jantung cakupan penjelasannya luwaaasss.

Jadi, penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang paling umum terjadi dan penyebab utamanya apa sodara-sodara? Kebiasaan M.A.G.E.R! Dalam istilah lain meningkatnya penyakit jantung koroner disebabkan karena perilaku SEDENTARI.

Perilaku sedentari adalah perilaku duduk atau berbaring dalam keseharian kita baik di tempat kerja yakni di depan komputer atau membaca, di rumah apakah sambil nonton tv dan bermain game online, di perjalanan seperti saat naik bis, mobil, kereta dan motor, tapi tidak termasuk waktu tidur. Simpulannya sedentari adalah gaya hidup modern yang minim aktivitas dan gerak fisik. Ternyata, kebiasaan tersebut akan berasa dampaknya setelah bertahun-tahun.

Berdasarkan fakta tersebut, oleh Dr, Vito mengungkapkan bahwa penduduk Indonesia adalah penduduk yang hobi bersantai >.< haha, antara mau bahagia dan pengen ngenes rasanya saat dengar ungkapan pak dokter.

Belum lagi kalau gaya hidup sedentari diiringi dengan pola makan yang kacau balau, maka jumlah kematian akibat kebiasaan mager bisa dua kali lebih besar dibanding karena kegemukan ( Data dari European Prospective Investigation Into Cancer dan Nutrition, 2008)

Salah satu yang bisa memperbesar peluang penyakit jantung koroner adalah tidak stabilnya kolesterol dalam tubuh kita. 

Tentang Kolesterol

Sering dengar yak tentang kolesterol dan kebanyakan memusuhinya sebelum kenal lebih lanjut. Kolesterol berasal dari bahasa Yunani, Chole : empedu dan Stereo : padat, Ditemukan pertama kali pada abad ke 18.

Kolesterol sering disebut lemak, tapi bukan lemak, dan dia masih masuk dalam keluarga lemak. Sehingga sampai disini terpatahkan ya bahwa orang gemuk disebabkan karena banyak kolesterol, padahal belum tentu hehe, begitu sebaliknya dengan orang kurus.

Kolesterol adalah komponen utama pada susunan selaput sel bahkan selaput otak dan saraf bahkan merupakan komponen penting dalam pembentukan semua jaringan dan organ tubuh. Gileee ternyata kolesterol itu ‘horang penting’, saking pentingnya, aku jadi mulai paham  keterkaitan serangan jantung dengan stress. Lanjut yaaa…

Kemudian kolesterol adalah tipe komponen dalam tubuh yang sulit larut dalam air sehingga dalam proses pendistribusian dalam tubuh, kolesterol dibantu sistem metabolisme tubuh. Dalam proses tersebut, kolesterol bekerja sama dengan protein, sehingga membentuk senyawa bernama lipoprotein dengan begitu kolesterol jadi mudah disebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Wah berasa balik belajar biologi lagi nih hihi, aku seneng deh, ini semacam cita-cita jadi tenaga kesehatan yang terpendam, huahaha.

Yang jadi masalah adalah kalau kolesterol berlebihan dalam tubuh. Tubuh sendiri memproduksi kolesterol pada organ hati sekitar 70-75% dan 25-30% berasal dari asupan makanan. Nah, jadi sebenarnya kolesterol itu gak jahat, kitanya aja ya membuat kolesterol jadi jahat dan merusak sistem dalam tubuh kita. Ya ampun, disinilah petuah you are what you eat bereaksi. Huhu, yuk ah jaga kolesterol agar tetap baik dalam tubuh karena jantungmu jantung keluargamu.

Balik lagi ke penyakit jantung koroner, meskipun ada banyak penyebab yang memicu penyakit ini, namun yang paling mendasar disebabkan karena penumpukan kolesterol ( setiap orang punya kolesterol dong pastinya di dalam tubuh, sehingga merokok atau gak nya, dan punya riwayat keturunan sehat pun bisa punya peluang kena penyakit jantung koroner ) nah kolesterol yang numpuk pada dinding pembuluh darah selanjutnya disebuk plak. Plak tentunya sudah akan ada saat kita masih muda. Nah jika tidak dijaga kolesterol dan gaya hidup serta pola makan, maka seiring usia plak akan menumpuk di lokasi yang sama yaitu arteri koroner atau pembuluh-pembuluh darah yang mengangkut oksigen ke otot jantung.

Selanjutnya plak yang menumpuk itu membuat sempit pergerakan arteri koroner sehingga pasokan darah yang kaya oksigen ke jantung semakin menipis. Horornya lagi plak yang membesar dapat pecah dan turut kembali menyumbat hampir semua pembuluh darah. Bila ini terjadi, maka aliran darah ke arteri koroner akan terhambat dan muncullah serangan jantung dan stroke.

Selengkapnya tentang penjelasan dr. Vito bisa dilihat di video ini,



Hati-Hati dengan Stress yang Tidak Diselesaikan

Usai Dr.Vito membahas seputar penyakit jantung dan kolesterol serta seluk beluknya, saatnya dr. Lidya Heryanto, Sp.KJ, seorang spesialis kesehatan jiwa berbicara tentang Hidup Bahagia dengan Jantung Sehat.

Ketika dr.Lidya ngomong, aku lebih banyak mengangguk dan ber ooo ria dibanding pemaparan Dr.Vito haha, soalnya aku banget ini yang suka emosian jiwa wkwkw. Perasaan kata dr.Lidya dapat mempengaruhi reaksi tubuh,

Kalau kita bahagia, maka diri akan lebih bersemangat dan aktivitas banyak, dengan begitu kondisi jantung lebih stabil. Bila sedih, tubuh jadi mudah lelah, gangguan makan, dalam arti makan lebih banyak dari biasanya , gangguan tidur dan malas bergerak *ih aku banget -_-“*, belum lagi dengan perasaan cemas, maka jantung akan berdebar-debar, gangguan pencernaan, sulit konsentrasi dan kadang sampai timbul keluhan fisik.

Hadeh ternyata pikiran positif, jiwa yang bahagia pengaruuuuuh banget terhadap kesehatan fisik ya kan Mak. Karena meskipun kita gak sakit, tapi perasaan kita kacau balau seperti komunikasi yang berantakan dengan suami, anak yang rewel, semua bisa jadi pemicu stress yang berujung pada penurunan daya tahan tubuh, sehingga penyakit mudah hinggap.

Sebenarnya stress itu ada dua, stress baik ( eustress ) dan stress buruk (distress ). Stress baik diperlukan agar kita termotivasi untuk bangkit dan berbuat sesuatu yang positif sedangkan stress buruk, nah itulah yang kita pendem, gak dihadapi.

Hal tersebut menyebabkan keluarnya hormone di otak yang bernama epinefrin dan norepinefrin, kedua hormone ini dapat membuat kerja jantung lebih cepat begitu juga pernapasan, lalu mendorong kita makan atau ngemil lebih banyak sehingga membuat penumpukan gula dan lemak, kadang disertai nyeri.

Maka, dengan dapatnya ilmu ini, aku himbau semua pada emak di seluruh dunia untuk BERBAHAGIALAH! BUAT DIRIMU BAHAGIA! Selain itu, bila masalah tidak kunjung selesai, segera cari pertolongan apakah dengan curhat ke suami atau ke psikolog. 

Jelang siang, acara dipending makan siang dan sholat  sebab pukul satu acara akan dilanjutkan dengan pemaparan dari dr.Ida Gunawan, M.S, Sp.GK (K) seorang ahli gizi. Nah, pas jadwal rehat ini aku manfaatin untuk cek kolesterol, mau cek jantung koroner masih ruammee.

Oleh kakak petugasnya banyak dikasi informasi seputar kolesterol, sambil mempersiapkan alat untuk mengambil sampel darah, kakaknya nyambi ngobrol nih. Simpulan obrolan kami, untuk menormalkan kolesterol, setelah makan-makanan berkolesterol tinggi, dianjurkan untuk makan 15 pisang atau 15 apel secara bersamaan. WOW! Namun ada cara asyik turunkan kolesterol, yakni rutin minum Nutrive Benecol 2x sehari selama 2-3 minggu. Nutrive Benecol? Nah, ntar aku jelasin yak hihi. Well, Alhamdulillah kolesterol ku normal, berada di angka 176 mg/dl ^^, yeaay! Sedangkan hasil pemeriksaan jantung koroner, score ku adalah -7 Alhamdulillah masih jauh dari kemungkinan kena jantung koroner, meskipun begitu hasil lain menunjukkan bahwa tensi darahku rendah, oleh nakes nya aku disarankan banyak makan lemak baik dan protein. Oke deh, kalau sarannya disuruh makan mah aku semangat kali, haha.

Untuk Gaya Hidup Sehat, Ubah Pola Makan dengan Cara Ini

Biasanya ngantuk kan yak abis makan siang, namun pada event ini aku hampir ngantuk haha, tapi gak jadi, soalnya dr.Ida ngomongin makanan wkwkw. Masyarakat selalu menganggap bahwa jaga pola makan dengan diet, sampai banyak bermunculan mazhab diet. Mulai dari diet golongan darah, diet food combining sampai yang sekarang ini booming adalah diet keto dan mayo.

Diet keto sebenarnya adalah diet karbohidrat, namun jangan kebablasan. Tubuh kita tetap perlu karbohidrat sebab otak memerlukannya, efek kekurangan karbo dapat menyebabkan kepikunan.

Sedangkan Diet Mayo, adalah diet rendah garam, lagi-lagi jangan berlebihan yang membuat kita gak makan garam sama sekali. Garam diperlukan agar kerja saraf tetap berjalan baik. Idealnya perhari tubuh hanya perlu 1 sdt garam per hari. Lagian kandungan garam sebenarnya juga banyak di saos tomat, micin, vetsin dan acar.

Asyik deh pemaparan dr. Ida, para artis Indonesia banyak yang menggunakan jasa blio untuk program diet. Ntap deh Buk! Belum lagi bu dokter juga menyarankan bahwa untuk menurunkan berat badan gak usah pakai cara instan, sebaiknya jaga pola makan dan rajin berolahraga, itu ajah ^^

Saatnya masak-masak dengan chef surya, jadi ada beberapa tips masak rendah kolesterol nih Mak, hindari menggoreng makanan, kalaupun pengen nge goreng gunakan minyak zaitun *kesehatan itu emang mahal, apalagi minyak zaitun hiks* , Sebaiknya ngukus atau merebus makanan saja, konsumsi buah dan gandum serta kacang-kacangan. Oya ada satu lagi tips, untuk daging, sebaiknya konsumsi daging berwarna putih sebab kaya akan Omega 3, kemudian ada info nih, ternyata tomat akan lebih berkhasiat kalau dimasak, sebab ada zat bernama likopen, kaya akan antioksidan. Pas banget nih, aku suka masak sayur pakai tomat hehe, nyambal juga pakai tomat.

Kemudian, dr.Ida juga menjelaskan tentang kotak makanan.  Loh kok kotak makanan? Iya  kotak makanan versi dr.Ida telah didesain sesuai untuk mengontrol kolesterol kita. Kotak makanan  tersebut terdiri dari empat bagian yang diatasnya ada gambar. Isilah kotak tersebut sesuai gambarnya dan porsinya ^^. Pada kotak makanan tersebut porsi sayur dua kali lipat hehe.

Selanjutnya acara ditutup dengan senam B-Fit 2.0, senam ini dapat dilakukan dimana saja loh ^^, saat senam aku melipir sholat zuhur hehe. Ntar aja kalau pengen senam, aku buka instagram Nutrive Benecol.

Setelah senam, kita para peserta diajak sama-sama berkomitmen menangkal kolesterol. MasyaAllah seru dan bermanfaat sekali acaranya. Trims Nutrive Benecol ^^.

Psssttt…keseruan acara ini juga bisa dirasakan di empat kota lainnya loh, jangan sampai ketinggalan ya Mak, Surabaya ( 5 Agustus ), Makassar ( 27 Agustus ), Bandung ( 23 September ), Jakarta ( 8 Oktober ).

Nutrive Benecol : Minuman Enak yang Efektif Turunkan Kolesterol

Kebayangkan harus makan 15 pisang atau 15 apel bersamaan saat tahu kolesterol sedang naik haha, membayangkannya saja aku dah kenyang. Nah dengan Nutrive Benecol, kolesterol bisa turun dengan cara praktis dan sehat.

Jadi, Benecol mengandung Plant Stanol Ester yang berasal dari kedelai yang molekul organiknya mempunyai struktur serupa kolesterol dan  jika rutin meminumnya dua kali usai makan berat selama 2-3 minggu, efektif menurunkan 10-17% kolesterol.

Nutrive Benecol sendiri terdiri dari dua varian, yakni dalam bentuk minuman dan minuman serealia. Yang bentuk minuman terdapat 2 rasa isi 100ml, jeruk dan blackcurrent yang rasanya asem asem manis mirip rasa yoghurt, sedangkan yang serealia belum aku coba hehe. Oya info lanjut tentang Nutrive Benecol bisa langsung follow akun sosmednya Facebook : Nutrive Benecol, Twitter : @NutriveBenecol, IG : @nutrievebenecol_id dan di situs www.nutrivebenecol.com . 

Tentang KALBE Nutritionals

KALBE Nutritionals adalah salah satu anak perusahaan farmasi PT. KALBE Farma yang fokus pada bidang bisnis makanan dan minuman kesehatan. Dengan misi we provide wellness to millions , KALBE Nutritionals semakin berkomitmen untuk menghasilkan produk dan memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Indonesia dan dunia.

Terbukti KALBE Nutritionals banyak melakukan perbaikan layanan, aku sendiri sudah gabung di KALBE Family loh, ada banyak promo dan kemudahan belanja yang bisa aku dapetin dengan jadi member, soalnya hampir sebagian besar produk cemilan sehat Khalil ( 23 mos ) produksi KALBE ^^.

Selain program KALBE Family, juga ada KALBE Customer Care 0800-140-2000 (bebas pulsa ) , layanan pesan antar KALBE Home Delivery 500880, layanan pesan online KALBE e-Store di www.kalbestore.com . Sukses selalu KALBE Nutritionals!
10 comments

asyik ay ikut acaranya, pola hidup sehat dan olahraga harus ya, dan tambahan dari luar yang bisa membantu.

Reply

Tiga kali baca kata sedentari...brati awaknya yg gak nyimak waktu narsumnya bilang ini ni.

Curhatnya sama suami atau psikolog. Apalagi kalau suaminya psikolog ya ka...wkkk..aamiin


Reply

Yes harus banget mb ^^ waaah trims mb sudah singgah

Reply

Jd nambah kosakata baru kan yak, SEDENTARI hihi.

Hayuk kak, semoga dapat suami psikolog ya kak *eaak

Reply

Aku termasuk yang suka ngemil dan males gerak,, kombinasi yang lengkap buat kolesterol naik huhuhuuu

Reply

Mesti lebih banyak makan sayur2an nih biar makin sehat. Kurangi makanan berlemak juga dan diimbangi dg olahraga ya mbak Nufa. Tapi alhamdulillaah ada Nutrivr Benecol dari Kalbe ya turut membantu menjaga kesehatan kita. Nice info.

Reply

Memang harus berusaha utk jaga pola hidup ya mak, terutama jaga makanan, harus ekstra keras kayaknya buat aku yang dari orok udah doyan gorengan

Reply

yuk olahraga kita mak ^^

Reply

iya mb nurul, betul sekali dibarengi dengan gaya hidup sehat dan pola makan yg terjaga

Reply

aku pun mak, tapi sekali-kali boleh lah ya kan wkwkwk

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.