Menu
/

sumber: kitania.id
Bagi masyarakat Solo, Taman Sriwedari adalah tempat hiburan legendaris yang sudah berdiri sejak puluhan tahun silam. Ibaratnya, kita itu gak sah liburan ke Solo kalau gak mampir ke Taman Sriwedari yang dibangun oleh Paku Buwono X.

Tempat wisata di Solo ini adalah sebuah kompleks taman yang terletak di Kecamatan Lawiyan, Kota Solo. Dahulu, Taman Sriwedari adalah pusatnya hiburan kaum muda setiap akhir pekan. Seorang warga Solo sudah bisa dibilang keren kalau sudah pernah nongkrong di Taman Sriwedari.

Tempat Malam Selikuran

Selain menjadi tempat wisata di Solo, Taman Sriwedari juga menjadi lokasi peringatan malam selikuran bagi masyarakat setempat. Setiap malam menjelang tanggal 21 atau yang dalam bahasa Jawa disebut selikur, masyarakat berkumpul disini dan memanjatkan doa.

Gedung Wayang Orang



Di dalam kompleks Taman Sriwedari terdapat Gedung Wayang Orang yang dulu rutin menggelar pertunjukan seperti kisah Mahabharata dan Ramayana. Tempat ini menjadi pusat berkumpulnya para seniman wayang orang dari berbagai daerah, tidak hanya dari Solo saja.

Seniman-seniman dari Surabaya, Jakarta, Semarang dan berbagai kota lainnya berkumpul untuk membuat pertunjukan di Gedung Wayang Orang Taman Sriwedari. Dan dulu pertunjukan mereka selalu dipenuhi oleh penonton yang juga datang dari berbagai kota.

Gedung ini berbentuk unik, dengan batas yang terbuat dari kaca alih-alih tembok batu bata. Hal ini ditujukan tidak hanya sebagai sarana untuk menghemat konsumsi listrik, namun juga sebagai fasilitas untuk masyarakat kurang mampu agar bisa menikmati pertunjukan wayang orang meski mereka tidak memiliki uang untuk masuk ke dalam gedung.

Taman Hiburan Rakyat

Masuk ke Taman Sriwedari tidak dipungut biaya. Kecuali kamu masuk ke dalam Gedung Wayang Orang, yang dipatok harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu saja per orang. Sangat terjangkau untuk semua kalangan.

sumber : flickr.com/ARIAMAN

Pernah Jadi Lokasi PON

Tepatnya pada tahun 1948, Taman Sriwedari menjadi lokasi penyelenggaraan PON pertama Indonesia. Luas taman ini memang cukup besar, sehingga bisa dipergunakan sebagai tempat Pesta Olahraga Nasional di Indonesia.

Wisata Kuliner

Di dalam Taman Sriwedari terdapat banyak penjual makanan khas Solo yang dikenal lezat. Warung-warung yang berdiri di sekitar taman biasanya ramai dikunjungi wisatawan yang lapar setelah seharian travelling di Taman Sriwedari.

Kamu yang ingin mencicip selat solo, sego liwet dan berbagai makanan lainnya bisa menikmatinya di Taman Sriwedari. Ada banyak pilihan untuk menikmatinya, tak hanya satu atau dua warung saja yang menyediakan makanan lezat disana.

Sengketa

Sayangnya, saat ini Taman Sriwedari sudah dinyatakan tutup permanen oleh pengelola. Penyebabnya adalah sengketa kepemilikan antara Pemerintah Kota Solo dengan pihak ahli Warus dari KRMH Wirjodingingrat yang merupakan adik ipar dari Pakubuwono X, pemilik lahan Taman Sriwedari yang pertama.

Sumber : flickr.com/ARIAMAN
Sengketa ini berlangsung selama bertahun-tahun dan membuat Taman Sriwedari tidak terurus selama bertahun-tahun. Meski demikian, pengunjung masih tetap berdatangan, meski tidak seramai dahulu ketika Taman Sriwedari masih jaya-jayanya.

Penutupan Taman Sriwedari ini sangat disayangkan oleh banyak pihak. Karena tempat wisata di Solo ini sangat legendaris dan selalu jadi jujugan wisatawan yang sedang liburan ke Solo.

Belum diketahui kapan Taman Sriwedari bakal dibuka lagi untuk umum seperti dulu. Tentu sekarang doa dari para pengunjung adalah agar taman ini kembali dibuka dan ditata rapi agar lebih menarik pengunjung.

Semoga saja ya Mak, btw Mak pernah punya pengalaman berlibur di Solo, ceritain dong ^^.

Semoga bermanfaat.







1 komentar:

Saya sering ke Solo ikut paksu ngaji di sana tapi belum sampai ubek2 wisata yg ada di solo. Pdhl asline sudah pengen blusukan di solo.

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.