Menu
/

Awal tahun banyak resolusi salahsatunya buka usaha, dan usaha yang paling mudah dijalankan apalagi tanpa harus buka toko beneran ya bisnis online.

Tapi, menjalankan sebuah bisnis tidaklah semudah yang dibayangkan, begitu pula dalam menjalankan bisnis online. Banyak kendala yang terjadi ketika kita membuka dan menjalaninya, oleh karena itu antisipasi diperlukan agar kita selalu siap menghadapinya. Berikut beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan:

1.    Lack of Focus. Alasan mengapa 90% pebisnis online gagal adalah mereka tidak fokus. Inilah memang penyebab utama orang berbisnis online gagal karena ini. Kenapa kurang fokus, sebabnya adalah Shiny Objek Syndrome, yaitu rumput tetangga selalu lebih hijau. Ini adalah sebuah sindrom dimana Anda selalu melihat ada peluang bisnis online lagi yang lebih bagus lagi daripada yang sedang di kerjakan sekarang ini. Jadi setiap kali ada sesuatu yang baru yang dilihat lebih bersinar pindah lagi dan lagi.

Dari 10% pebisnis yang sukses, mereka percaya there is no get rich quick, sesuatu yang berharga selalu butuh waktu dan proses untuk membangunnya. Tidak ada jadi kaya cepat tanpa berusaha dan berjuang, tidak ada. Jadi apapun itu, bisnis yang benar-benar bisnis yang akan berjalan panjang dan besar selalu akan perlu waktu dan proses dalam membangunnya.

Jangan memilih bisnis hanya berdasarkan jumlah uang yang bisa didapatkan atau dijanjikan. Kalau berbisnis berdasarkan iming-iming seperti itu, nanti ada bisnis yang lebih bersinar lebih terang kita akan pindah lagi. Jadi berhentilah, jangan seperti itu. Yang lebih tepat adalah kita harus lebih mengenal diri kita. Tidak ada bisnis yang bagus dan cocok untuk semua orang.

Pada saat kita sudah menemukannya, pilih satu, dan fokus. Kalau kita punya beberapa pilihan menarik, pilih satu dulu. Setelah berjalan, baru ekspansi. Ini adalah sebuah kekuatan fokus. Setelah berjalan, baru pikirkan tentang ekspansi usaha.

Ungkapan orang-orang bule adalah if you chase two rabbits you will lose them both ( kalau kita mengejar dua kelinci sekaligus , maka Anda akan kehilangan dua-duanya ).

2.    Information Overload atau kebanyakan informasi. Orang-orang yang terkena penyakit ini mereka selalu merasa ada hal yang selalu belum tahu, merasa selalu ada yang kurang, merasa perlu belajar ini itu, kita merasa perlu tahu semua hal. Setelah itu apa hasilnya? Kita akan jadi bingung, karena terlalu banyak yang harus dilakukan. Akhirnya no action, tidak ada tindakan yang dilakukan. Maka yang harus dilakukan adalah do information diet. Menghentikan sebagian besar yang ingin dipelajari.

Action selalu membawa hasil jauh lebih besar dari pada in action. Action, akan menjadi tahu mana yang bisa membawa hasil, dan mana yang tidak membawa hasil. Kejarlah progress sedikit itu lebih baik daripada 1-2 hari lembur setelahnya tidak berbuat apa-apa. Lebih baik konsisten setiap hari melakukan progress.

3.    No mentor or guidance. Mereka mengikuti air yang mengalir saja, tanpa ada yang membimbing. Akhirnya kehabisan waktu. Apa yang harus dilakukan terlebih dahulu, seringnya kita tidak tahu, oleh sebab  itu sebaiknya orang yang memberi masukan dan saran.

Apabila dalam berbisnis punya mentor, kita bisa menghindari bahaya dan kesalahan fatal, dan kita pun tidak kebingungan sendiri.

Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk bisnis online nya ya. Doakan aku menyusul juga ^^
5 comments

Aku yang poin ketiga mba. Follow the flow. Dapet margin, jajan. Dapet margin, nonton. Akhirnya gak nabung. Boro-boro ngembangin modal. Huhu

Reply

Kalau online sih sebenarnya sekarang sudah semakin mudah. Bisa gunakan email marketing atau internet marketing... jadi bisa sedikit meminimalisir adanya kegagalan dalam bisnis online.. ��

Reply

Informasi yang bermanfaat banget Mbak, aku lagi tertarik banget nih pingin nyobain bisnis online.. menjanjikan ya

Reply

Jadi ingat dulu pernah jualan cardigan online begitu sama adikku. Sayangnya nggak jalan karena kurang pintar mengelolanya

Reply

Penting banget ini dibaca dan dipelajari dengan seksama. Moga ga gagal lagi

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.