Menu
/

Menjadi ibu hamil adalah kondisi yang paling membahagiakan dan unik yang aku dan tubuhku pernah alami selama 9 bulan.

Alhamdulillah selama 3 bulan pertama kehamilan semua berjalan indah bak film India, memasuki bulan ke empat dan kelima, guncangan itu datang, tapi tidak diselesaikan dengan menari dan menyanyi di taman bunga, *film india lagi wkwkw.

Usia kandungan memasuki trimester kedua memang belum begitu mendesak kandung kemih yang membuat faktor risiko anyang-anyangan jadi lebih besar, tapi aku rutin ke toilet bila rasa ingin pipis mendera, namun apakah cukup dengan kebiasaan baik itu? Ternyata tidak.

Guncangan yang aku  maksud adalah aku divonis terkena condiloma, suatu penyakit kelamin yang menyebabkan tumbuhnya kulit seperti jengger ayam di daerah sekitar kelamin bahkan bisa menyebar sampai ke dubur.

Malam itu sepulang dari kontrol di dokter spog langganan, dalam perjalanan, kami berdua hanya bisa saling diam.

‘Kalau condiloma tidak hilang sampai saat melahirkan, ibu terpaksa operasi’

Kata-kata dokter itu terus membayangi, tangisku pecah saat kami sampai di rumah dan masuk kamar.

Belum lagi membayangkan ekspresi dokter yang memandang curiga suamiku saat menjawab pertanyaanku apa penyebab condiloma.

‘Penyebabnya adalah aktifitas seks yang bergantian’

Ya kali suami gue selingkuh, huhu, Naudzubillah

Menyikapi hal ini, suami tampil di garda depan. Sekuat tenaga dia mencari info, menghiburku, sampai aku kuat cari info sendiri dan flashback.

Ternyata kami ada berhubungan intim saat aku hamil muda. Bisa jadi, kondisi suamiku oke, namun daya tahan tubuhku yang up and down  meskipun kelihatannya saat hamil muda aku baik-baik saja, namun hormon yang bergejolak dalam tubuh mana ku tahu kan?

Sehingga virus condiloma itu muncul, ditambah kebiasaan buang air kecil yang tidak baik, yakni area genital aku biarkan lembab usai cebok sebab langsung pakai celana dalam. Sejak itulah sampai detik ini, tak lupa usai buang air kecil, aku lap kering dengan tisu.


Cara Buang Air Kecil yang Dianjurkan dalam Islam

Selain 4 tips di atas, aku punya info tentang buang air kecil yang dianjurkan. Ada satu hadis Nabi Muhammad SAW yang bunyinya seperti ini,

Hati-hatilah dalam masalah kencing karena kebanyakan siksa kubur dikarenakan tidak berhati-hati dalam kencing

Bahkan urusan buang air kecil pun di dalam Islam pun diatur dan telah terbukti secara klinis serta medis aktivitas BAK yang sempurna bemanfaat untuk tubuh. Gk hanya itu aja, kalau BAK kita benar, maka akan mempengaruhi kualitas wudhu dan sholat kita loh, sehingga terbitlah hadis Rasulullah SAW mengingatkan kita agar berhati-hati dalam BAK.

Kemudian gimana sih cara BAK yang benar dan sehat?

Oleh Habib dr. Musthofa bin Alwi Syahab dalam sebuah ceramah mencoba menjelaskan hal tersebut secara teknis.

Kindly watch this video ^^



Jadi, kebiasaan BAK jongkok gak berlaku buat perempuan saja tapi laki-laki juga sehingga tidak ada air seni yang tertinggal dalam tubuh.

Lalu Bagaimana Cegah Anyang-Anyangan Ketika Hamil ?

Anyang-anyangan atau rasa ingin pipis lagi dan lagi tapi yang keluar hanya sedikit bahkan disertai rasa nyeri, jika disepelekan, khususnya ibu hamil akan berakibat infeksi saluran kemih.
 
Potensi terkena Infeksi Saluran Kemih gak hanya milik perempuan, tapi bisa anak-anak dan pria.
Kenapa bisa terjadi Infeksi Saluran Kemih? Ternyata hampir 80% kasus ISK disebabkan bakteri E-coli yang hidup di saluran cerna.

Ketika hamil, seperti yang aku jelaskan sebelumnya, daya tahan tubuh yang gak stabil jadi sasaran empuk bakteri dan virus jahat. Maka hamil adalah keadaan yang spesial banget, bener-bener harus dijaga huhu.

Adapun cara paling efektif selain menjalankan tips yang aku sarankan, adalah minum jus Kranberi.

Tentang Buah Cranberry

Cranberry  adalah buah yang masih dalam keluarga beri dan termasuk makanan sehat. Pada hari raya tertentu Cranberry  dijadikan hidangan pelengkap di Amerika. Cranberry  yang asli dari Amerika ini, selalu dipanen hanya pada September dan Oktober saja.

Adapun vitamin yang terkandung dalam Kranberi adalah vitamin E, kalau aku bilang ini mah vitamin awet muda hihi. Lalu vitamin C, tau dong manfaat vitamin C seperti apa, salahsatunya bisa meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh. Selain itu kranberi kaya akan fiber yang bermanfaat jaga sistem pencernaan. Bahkan ada kandungan asam folat juga loh.

Dengan kandungan sebanyak itu tentu manfaatnya apalagi, ada beberapa penyakit yang bisa diobati dengan mengonsumsi kranberi seperti, Penyakit kanker, Infeksi Saluran Kemih, Menurunkan Tekanan Darah dll. Hmm...

Khusus Penyakit Infeksi Saluran Kemih, ada zat bernama Proanthocyanidin dalam Kranberi yang dapat menghambat bakteri E.coli menempel pada saluran kemih.

Prive Uri-Cran plus Ekstrak Cranberry

Alhamdulillah sekarang gak perlu jauh ke Amerika untuk peroleh buah ini. Combiphar selaku perusahaan farmasi di Indonesia, berinovasi mengemas buah Cranberry  menjadi suplemen yang siap dikonsumsi yakni Prive Uri-Cran plus Ekstrak Cranberry.



Tersedia dalam bentuk kaplsul ( mengandung 250 mg ekstrak kranberi) ada juga dalam sediaan bubuk yang tiap sachetnya diisi 375 mg ekstrak kranberi. Satu box berisi 15 sachet dan dihargai 94-121K.



Aku udah cobain yang bubuknya. Praktis banget, travelable, dicampur air dingin mantab segernya plus ada asem-asemnya juga, pasti ibu hamil bahagia banget dah, kan asem ngebantu mengurangi rasa mual, plus ada asam folatnya lagi.



Selain untuk mencegah infeksi saluran kemih, Prive Uri-Cran plus Ekstrak Cranberry bermanfaat menjaga kesehatan saluran kemih juga.

Untuk hasil maksimal, konsumis Prive Uri-Cran plus Ekstrak Cranberry 2 gelas per hari, atau 150 ml per gelasnya, selama 10 hari.

Sehat selalu kehamilannya ya Bunda dan lancar sampai proses persalinan. Aamiin.

Semoga bermanfaat ^^

6 comments

Hamil perlu waspada anyang-anyangan juga ya mba, saya baru tau juga kalo anyang-anyangan bisa bahaya bagi wanita hamil.

Reply

Semoga selalu sehat yq Mba selama kehamilannya dan gak anyang2an krn sedia Uricran ya..

Reply

Aamiin, moga yang pada hamil sehat selalu ya, dijauhkan dari anyang anyangan.

Tapi beneran, noted niy ganti Cd kalo dah lembab dan ga nyaman ya.

Reply

Rasa prive uri cran saschet seger banget yaa, udah nyobain jadi ketagihan, btw tfs yaa baru tau tentang condiloma

Reply

Anyang-anyangan memang sangat menyiksa mbak , Untung ada uri cran yaa dan Alhamdulillah aman juga untuk ibu hamil

Reply

Anyang-anyangan bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali ibu hamil. Untung udah ada Prive Uri-Cran yang bisa membantu mengatasi anyang-anyangan

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.