Menu
/

Wah, tidak terasa sebentar lagi Lebaran. Walau puasa Ramadhan aja belom hehe.  Meskipun begitu beberapa teman sudah mulai mudik.

Mudik Lebaran menjadi momen yang dinanti-nanti karena selain bisa bertemu dengan sanak saudara, juga jadi ajang melepas kangen dengan kampung halaman.

Perjalanan mudik pun mesti disiapkan bahkan jauh-jauh hari terutama jika kita menggunakan moda transportasi umum, apalagi jika harus membawa serta bayi dan balita.

Repot? Pasti! 😂

Tapi karena kita sudah memiliki persiapan , segala kerepotan  akan jadi hal yang menyenangkan.

Persiapan Mudik

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah alat transportasi. Pilihlah alat transportasi yang nyaman dan mudah diakses.

Jika kita menggunakan alat transportasi umum, sebaiknya pilih kendaraan yang dapat sekali jalan sehingga tidak perlu berganti-ganti kendaraan.

Bus salah satu moda transportasi yang banyak dipilih saat mudik Lebaran.

Beragam Perusahaan Otobus (PO) melayani berbagai rute perjalanan dari dan menuju kota-kota di Indonesia. Untuk mendapatkan tiket bus kini juga tidak sulit. Kita bisa memesan tiket bus secara online, salah satunya melalui aplikasi Traveloka. Di aplikasi tersebut selain dapat memesan tiket, kita juga bisa mendapatkan detail informasi dari PO tersebut.

Nah, bersiap untuk mudik bareng si kecil dengan bus? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat mudik nanti.

Tips Mudik

Buat Daftar Bawaan yang Diperlukan

Membuat daftar bawaan yang diperlukan sangat penting. Dengan membuat daftar, kita bisa menghemat ruang koper.

Segera coret daftar barang yang tidak  diperlukan. Semakin sedikit barang bawaan, semakin leluasa perjalanan mudik.

Segera Kemasi Barang

Setelah membuat daftar bawaan, jangan menunda untuk segera mengemasi barang.

Kita akan mempunyai cukup waktu jika melakukan packing jauh-jauh hari dan meminimalisir  kemungkinan barang bawaan yang tertinggal.

Baca juga : Latih Kendali Diri Anak Sejak Dini

Memilih Jadwal Keberangkatan

Sebaiknya jadwal keberangkatan ini disesuaikan dengan jadwal tidur anak.

Dengan begitu kita harus memilih bus malam, karena malam hari merupakan waktu tidur yang panjang bagi anak.

Perjalanan di waktu malam sangat singkat dan anak pun gak begitu rewel.

Pilih Bus dan Posisi yang Nyaman

Memilih bus yang nyaman menjadi faktor penting kala mudik. Pilihlah bus ber-AC sehingga bayi tidak kegerahan. Jika memungkinkan, pilihlah bus dengan kursi yang bisa disandarkan. Ini akan membuat kita nyaman saat harus duduk dengan si kecil. Tinggal perhatikan fasilitas bus saat membeli tiket bus melalui aplikasi Traveloka.

Pilih tempat duduk yang nyaman sekaligus aman. Duduk di bagian tengah bus karena pada posisi ini guncangan tidak begitu terasa. Hindari duduk berdekatan dengan toilet agar bayi tidak terganggu aroma toilet dan lalu lalang orang.

Kenakan Pakaian yang Nyaman untuk Si Kecil

Pakaian berbahan kaos mungkin bsa menjadi pilihan tepat. Jika kita menaiki bus ber-AC, sebaiknya si kecil mengenakan pakaian yang panjang, untuk menghindari kedinginan selama perjalanan.


Siapkan Cemilan dan Barang Favorit

Pas sekali Khalil masuk masa MPASI, jadi aku bawakan tepung bubur bayi, snack berupa puff, biskuit atau buah.

Barang favoritnya juga gak boleh ketinggalan seperti mainan, buku atau boneka. Barang ini bisa menjadi solusi saat anak mulai bosan dalam perjalanan. Atau kita bisa mengajak si kecil menikmati pemandangan dari kaca jendela.

Nikmati Momen

Yang terpenting saat mudik Lebaran adalah bertemu dengan sanak saudara dan berlibur ke kampung halaman, maka yang perlu kita lakukan adalah menikmati semua momen termasuk perjalanan dengan buah hati.

 Jangan panik atau stres saat anak mulai rewel, karena saat ibu stres bayi akan merasa tidak nyaman dan semakin rewel.


Demikian beberapa tips mudik dengan bus saat membawa bayi atau balita. Semoga bermanfaat. Selamat mudik!


2 comments

Jangan panik dan stress penting banget ya mba. Soalnya pengalaman mudik tahun lalu sama baby, rewel dan emak bapaknya panik karena pengalaman pertama juga sih.

Reply

Kalo saya mungkin lebih milih pakai kereta kalau mudik bawa anak kecil. :D

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.