Menu
/
 Sekarang orang lokal suatu tempat sudah mulai kreatif, karena melihat kebutuhan orang kota yang hobi foto selfi. Bermodalkan setting spot kece, lalu didekor seapik mungkin, taraaa...jadi deh objek wisata, seperti yang terjadi di Bukit Mojo Gumelem, Jogja.

Kawasan Dlingo yang secara geografis wilayahnya berbukit-bukit seolah tidak pernah kehabisan spot foto seperti Kebun Buah Mangunan atau Bukit Panguk dan juga Bukit  Mojo.

Di Bukit Mojo ada banyak model spot foto lucu seperti berbentuk bunga matahari, sarang burung, hingga tempat yang seperti kupu-kupu. Itu pulalah yang menjadi tempat ini unik dan bisa mendapatkan foto yang ok.

Sarang burung sendiri merupakan adaptasi Gardu Pandang yang kemudian dibuat seolah seperti sarang burung. Hasilnya, jika foto di spot Bukit Mojo tersebut terlihat sangat bagus. Ada juga spot bunga matahari yang sangat keren. Jika kita foto disana seolah sedang hinggap di bunga raksasa. Lalu ada lokasi foto  love shape pod (spot foto selfie berbentuk hati), wah spot foto ini pas banget untuk pasangan muda  dan pengantin baru *eaak, atau yang jomblo juga boleh foto disana, mana tahu ketemu jodoh disana, hehe.

Oiya kemunculan Bukit Mojo terinspirasi dari  ketenaran bukit yang gak jauh dari Bukit Mojo yakni Bukit Panguk.  Dan Bukit Mojo Gumelem ini baru diresmikan sekitar tanggal 24 Juli 2016. Tempat wisata ini dikelola oleh warga sekitar dan sangat membantu perekonomian mereka. Lokasi pun ditata seapik mungkin dan jalan setapak dibuat bebatuan.

Pemandangan yang ditawarkan disini adalah Sungai awan yang khas daerah Mangunan dan pemandangan alam bukit hijaunya. Selain itu jika cuacanya mendukung Anda dapat juga menikmati sunrise yang indah ataupun sunset di bukit ini. Lokasi yang cukup tinggi dan bersih dari polusi kota tentu membuat sunrise atau sunset disini tidak kalah dengan di pantai.

Bukit Mojo ini terletak di Gumelem, Mangunan, Dlingo, Bantul. Rute untuk sampai ke bukit Mojo ini hampir sama kalau mau kearah Bukit Panguk, jalannya pun masih searah, ketika kita melintasi pertigaan, tanda arah kalau ke kiri ke Bukit Panguk, nah ambil jalan ke kanan kearah Bukit Mojo. Kurang lebih 1 Km masuk melewati jalan desa dan ikuti petunjuk arah yang ada hingga nanti sampai ke bukit Mojo.

Berbeda dari medan yang harus dilewati ke Bukit Panguk, sebagian jalan menuju Bukit Mojo  masih berbatu dan rusak, sehingga kita harus lebih berhati-hati. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik, khususnya sepeda motor, sebab tukang tambal ban  masih langka. Oiya kita bisa menggunakan alternatif lain seperti menggunakan jasa sewa mobil OMOcars Jogja untuk dapat sampai ke Bukit Mojo Gumelem.

Bila kita kelaparan dan haus, di sekitar Bukit Mojo ada beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman. Fasilitas lain juga tersedia seperti toilet, tempat duduk dan musholla.

Di bukit Mojo ini disediakan tiga anjungan atau semacam gardu panjang kecil yang tersebar di barat, tengah dan timur bukit. Karena ukurannya kecil jadi perlu hati-hati ya. Pemandangan dari ketiga anjungan juga sedikit berbeda.

Anjungan sebelah barat kita bisa melihat jelas Sungai Oyo dan bukit sekitarnya. Anjungan tengah ini ada pohon disisi kanan dan kirinya, nah ambil angle fotonya berdiri di tengah anjungan dengan pohon di kiri dan kanan sebagai bingkai.

Kalau anjungan sebelah timur terbuat dari pagar bambu dan lantainya dari batu, jadi berbeda dengan dua anjungan lain yang terbuat dari kayu. Di sekitar Bukit mojo ini juga disediakan gubuk-gubuk untuk beristirahat dan menikmati pemandangan.

Untuk bisa menikmati pemandangan alam di Bukit Mojo, pengunjung tidak perlu membayar biaya masuk, kita hanya perlu membayar biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sedangkan untuk berfoto di spot selfie dikenakan tarif Rp 3.000/spot. Waaaah muraaah *_*

Semoga tempat wisata ini semakin terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara ya, sehingga dapat membantu perekonomian warga. Wisata Bukit Mojo di Gumelem ini termasuk sangat murah sekali jika kita hendak berlibur ke Yogyakarta.

Bagaimana apakah tertarik untuk mengunjungi Bukit Mojo di Gumelem ini? Sangat disarankan untuk membawa kamera atau tongkat selfie biar gak nyesel hehe, dan semoga cuaca cerah ya, sehingga momen sunrise dan sunsetnya dapat.

Happy Travelling!


Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.