Menu
/
Assalamualaykum,

Hari ini adikku dan suaminya mau bukber di rumah. Masak apa yaaaa? Kepikiran sih masak sayur lodeh, ikan gembung sambal dan risol.


Baiklah tanpa berlama-lama langsung eksekusi eitdah belanja dulu lah haha. Berhubung sayur lodeh ini macam ragam sayurnya, aku sampai nyicil belanja, sebab lihat kondisi bos kecil yang ngintilin emaknya belanja dan ia pun tak mau kalah, sibuk emaknya, lebih sibuk dia merengek mintak stoples kuker coklat kurma yang didisplay ya kali bisa beli sebijik haha.

Resep Sayur Lodeh Ala Nufazee

Ada banyak resep di cookpad tapi aku lebih tertarik yang sayur lodeh putih, artinya gak pake kunyit. Soalnya terkenang olehku nenek pernah masak hal yang sama, bahkan ada kacang tanahnya dan daging cincang.

Kalau sayur lodehku ini adalah sayur lodeh ala-ala *eaak

Bahan :

4 kacang panjang
1/2 batang wortel, potong serong
1 Terong Ungu
1 buah jagung muda
2 labu jipang mini
1 genggam melinjo
1/2 butir kelapa, sisihkan santan kental perasan pertama, perasan berikutnya akan dimasukkan usai bumbu ditumis

Bumbu yang Dihaluskan :

7 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 kemiri
1 lbr daun kunyit
1 btg sereh
2 lbr daun salam
Lengkuas geprek 
Jahe secukupnya
Garam secukupnya
Merica secukupnya 

Kalau mau pedas, bisa tambahkan cabe merah diiris serong.

Cara Membuat :

Berhubung masaknya ekspress, biasa bumbu giling manual, nah ini giling blender aja haha. Setelah semua bumbu halus, masukkan bersama santan dan sayur-sayuran yang agak keras. Sambil sesekali diaduk, khawatir pecah santan. Jika tampak mendidih, masukkan sayuran yang mudah lembut, sekalian santan kentalnya. Aduk lagi sampai mendidih. Masukkan garam dan mericanya.

Oiya pernah nonton film Sweet 20, kata nenek Fatmawati, kalau masak sayur lodeh pakai gula merah, biar rasanya meresap, wkwkw. Oke sip Nek!

Nah teman makan sayur lodeh ini cocoknya memang ikan bakar, kalau gak punya ikan sambal juga dah enak, apalagi sambalnya sambal belacan, alamaaak!

Selamat Memasak!

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.