Menu
/
Assalamualaykum,


Wahai pecinta soto ayam dimanapun kalian berada, sudah sampai mana perburuan merasakan lezatnya soto ayam dari berbagai daerah di Indonesia?

Aku baru sampai di Padang aja tepatnya di Bukittinggi. Nah soto ayam di Bukittinggi itu unik seperti soto ayam betawi, bening euy kuahnya hehe.

Kalau di Medan soto yang paling terkenal itu adalah di warung Sinar Pagi, masyaAllah itu warung heits banget dari jaman dulu dah sampai sekarang. Terakhir nyobain soto Sinar Pagi itu tahun 2014 apa ya, lupa aku haha.

Pokoknya sempat beberapa kali beli deh, memang aku akui sotonya lezat kaya akan rempah-rempah, hanya saja rada mahal sih haha, dah gitu daging ayamnya dikit,  mungkin karena dia dah terkenal kali ya wkwkw

So, kalau pengen soto ayam dagingnya banyak, cus masak sendiri hihi. Dulu aku sempat gak pede masak soto ayam, huhu, yang buat aku beli, beli dan beli. Kalau disini beli 5000 udah banyak, tapi ya gitu, penyedapnya banyak kali kurasa sampai aku harus minum air putih beberapa kali barulah rasaku lidah ini netral.

Finally, aku telepon mamak untuk nanya resep soto ayam andalannya, abisnya kalau ke rumah mamak terus mamak masak soto, ish anakku lahap banget makannya, aku kan jadi pengen masak soto huhu.

Langsung aja yuk kita bahas resep nya,

Resep Soto Ayam Medan Ala Nufazee

 Bahan :

1/2  kg ayam, aku lebih suka pilih paha, dada dan sayap, cuci bersih, balur dengan air jeruk nipis, taburkan garam, lalu ungkap dengan air secukupnya, atau ayam agak sedikit tenggelam, tutup, dan tunggu sampai air menyusut
1/2 butir kelapa, peras menggunakan kurang lebih 1 liter air, atau 3 kali peras. Sisihkan

Bumbu yang Dihaluskan :

7 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 kemiri
1 ukuran jari kelingking
1/2 sdt jintan
Jahe secukupnya
Lengkuas geprek 
Ketumbar secukupnya ( aku pakai ketumbar bubuk)

Merica secukupnya
Garam secukupnya

Rempah dan Daun  Penguat Aroma :

1 biji kapulaga
1 bunga lawang
Pala secukupnya
Kayu manis secukupnya
2 Lbr daun jeruk
2 Lbr daun salam
1 btg sereh
1 batang daun sop dan daun bawang

Bahan tambahan :

Bahan tambahan ini sesuai selera ya, kalau aku biasa pakai kentang atau wortel, bisa juga toge. Mihun pun sah sah saja.

Bahan taburan :

Bawang goreng. Kalau gak sempat atau tak ada bawang goreng. Irisan daun bawang dan daun sop sedikit adalah hal yang wajibbb. Biar makin harum dan soto ayamnya gak polos banget wkwkw
 

Cara Membuat :

Tempo hari pernah masak soto ayam juga tapi gak sekomplit ini resepnya, dan ayamnya malah aku goreng lebih dulu. Pada resep kali ini, agak berbeda.

Baca : Sekilo SO GOOD Ayam Potong Paha dan Dada, Bisa Buat 5 Resep Ini Loh!

Setelah air menyusut dan yang tersisa adalah minyak ayamnya, maka jangan dibuang, sisihkan kuali atau teflon bersisakan kaldu atau semacam minyak ayamnya.

Suwir-suwir daging ayam, tulangnya jangan dibuang ( kalau ini sih mamak mamak gak mau rugi banyak haha, tapi tulang ayam juga bisa jadi penguat rasa kaldunya loh hehe ) sisihkan.

Tambahkan sedikit minyak goreng pada sisa minyak ayam tadi, setelah panas dan sepertinya bakal ada letupan manjah haha, masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Setelah harum, masukkan suwiran ayam. Tunggu beberapa menit sampai bumbu meresap.

Kemudian masukkan wortel atau kentang, lalu santan. Aduk aduk jangan sampai pecah santan. Oiya dedaunan dan rempahnya masukin juga ya, garamnya juga, koreksi rasa.

Hmmm...harum. Coba tes apakah kentang sudah empuk dan santan sudah mendidih, barulah padamkan api. Sajikan hangat.

Selamat Memasak!


Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.