Menu
/

Menurut data yang dikeluarkan Wateraid tahun 2016, Indonesia merupakan negara yang sekitar 32 juta penduduknya tidak memiliki akses air bersih, sehingga berada pada peringkat 6 dari 10 negara yang kesulitan air bersih.

Miris sekali hati ini ketika mengetahui fakta seperti itu, padahal Indonesia adalah negara tropis, yang musim hujan dan musim kemarau masih sering stabil, walau belakangan agak labil efek si pancaroba, serta Indonesia juga merupakan negara kepulauan, yang idealnya air mudah diperoleh, namun kenyataannya tidak. Akses air bersih masih belum merata, apalagi bagi penduduk di sekitar Danau Toba.

Danau Toba adalah danau terbesar se-Asia Tenggara, bahkan air Danau Toba diketahui memiliki kualitas nomor satu  yang artinya, air Danau Toba layak dikonsumsi.

Jujur, setiap kali melakukan perjalanan yang mengharuskan melewati Danau Toba, entah kenapa danau ini seperti memiliki magnet, agar mata ini tak bosan memandang, senantiasa kagum melihat pesonanya yang eksotis, menenangkan, dan seolah menyimpan berjuta rahasia yang belum terpecahkan. Ibarat gadis pemalu, Danau Toba begitu misterius.

Dibalik tenangnya Danau Toba tersimpan manfaat dahsyat untuk masyarakat sekitar, selain menggunakan airnya untuk kebutuhan sehari-hari, juga jadi mata pencaharian sebagian warga sekitar untuk beternak ikan.

Hampir 5 tahun kesulitan air bersih, berakhir sudah penderitaan masyarakat di Nagori Tambun Raya saat ini. Selama ini masyarakat disana hanya mengharapkan mata air, belum lagi lokasi mata air juga jauh dari tempat tinggal bahkan seringkali kering. Ya Allah, itulah ya kan terkadang, terpikirkan juga tentang nasib orang lain yang kesulitan air, maka senantiasa perbanyak bersyukur dan saling mendoakan.

Sistem Filtrasinya Bagaimana?

Sekilas, Air Danau Toba tampak bersih, padahal ukuran bersih atau tidaknya air bukan bergantung pada penampakan air dari permukaan saja  tapi harus diteliti lebih lanjut sampai ke partikel terkecilnya hingga dapat simpulan bahwa air tersebut aman dikonsumsi.

Dengan luas Danau Toba melebihi luas negara Singapura, teknologi filterisasi bernama Ultra Filtration Water Treatment sangat efektif menyaring air hingga layak minum

Kemudian secara berkala, alat filter air dilakukan pemeliharaan, agar senantiasa bekerja optimal dan dapat memenuhi syarat layak jadi air minum. Selanjutnya fasilitas ini akan dikelola pemerintah daerah dan masyarakat.

Duh, jadi rindu jalan-jalan ke kawasan Danau Toba, singgah ke Tigaras, Kebun Teh Sidamanik sambil berfoto pakai hanbok di tengah hiijaunya pucuk daun teh. Apalagi air Danau Toba sudah layak konsumsi, makin cantik pemandangan Danau itu dibuatnya. Amboi~

Semoga bermanfaat 😉
12 comments

Memang perlu banget ya akses air bersih, hehe

Reply

Alhadmulillah sudah punya air bersih, cz perihal air ini penting banget

Reply

Iya Kang, perlu sekali, karena ketersediaan air bersih vital banget uktun keberlangsungan hidup huhu

Reply

Alhamdulillah mb 😍

Reply

Dari dulu aku pingin bener jalan-jalan ke Danau Toba tapi belom kesampean... Danau Toba cantik banget ya

Reply

Ini yang disebut, teknologi berfaedah. Jadi bisa memberikan solusi air bersih untuk warga alhamdulillah

Reply

Alhamdulillah, kalau akses air beraih mudah, semoga taraf kehidupan masyarakat juga lebih meningkat krna berkurangnya risiko penyakit yg diakibatkan oleh kurangnya pasokan air bersih.

Reply

Semoga makin sehat dan nyaman ya masyarakat dengan berlimpahnya air bersih

Reply

Kemarau kayak ini, jumlah air juga berkurang...sumur banyak yang mulai kering. Susah nyari air

Reply

Alhamdulillah..... turut berbahagia

Reply

waaah jadipengen jalan2 ke danau toba

Reply

Saya pikir tambun yang di bekasi. Ternyata di danau toba ya. Hehe. Memang penting banget ya air bersih untuk kehidupan kita

Reply

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.