Menu
/
Durian, siapa sih yang gak suka durian? Pasti adalah ya gak mungkin gak ada, tapi bersyukur aku dapat memiliki rasa suka pada durian wkwkw. Aku terlahir dari keluarga durianholic, kalau udah beli durian itu bisa sampai 5 buah, lalu dikupas rame-rame.

Ketika belum tahu aku hamil, aku pernah melahap sendiri 20 potong pancake durian, seminggu kemudian testpack eh positif bahaha, setelah itu aku gak makan durian selama 2 tahun pemirsaaah sampai anakku selesai menyusui.

Selama 2 tahun menahankan gak makan durian itu syalalala rasanya etapi gak 2 tahun penuh sih, sesekali si Aa bawa pancake durian tapi hanya boleh makan satu. Dan kabar buruknya malah anakku gak doyan durian, trus suamiku yang tadinya gak doyan durian eh jadi penyuka durian, ckckc.

Sebagai penyuka durian tentu segala hal yang berkaitan dengan durian tidak akan aku lewatkan termasuk menghadiri event YOUVIT Media & Community Foodpedia bersama Rachel Olsen seorang ahli nutrisi YOUVIT pada 28 Maret 2019.


Tepat jam setengah 10 pagi lewat dikit aku sudah berada di Laurance House, baru tahu kalau di Jalan Petula ada cafe kece seperti Laurance House ini.


Tempatnya minimalis, tapi instagrammable. Pas sampai ke dalam cafe, aku langsung disambut  begini


Dan acara yang aku hadiri berada di tengah dalam cafe dan disambut iringan lampion pink ini, lucu kan?


Nah ini sekilas tentang Laurance House ya gaes,


Sekitar jam setengah 11 teman media dan blogger mulai banyak yang hadir, dan tampak sebagai MC ada @ginaafe ex-runner up Miss Global Indonesia tahun 2018 bersiap membuka acara.


Kemudian sebagai narasumber ada Brigiv Aditya selaku PR Manager YOUVIT dan Rachel Olsen sebagai YOUVIT Nutrition Specialist.


Dalam pemaparannya saat sampaikan kata sambutan, Brigiv bertanya kenapa sih tema acaranya Foodpedia?

Foodpedia sekilas seperti ensiklopedia ya yang kalau kita membacanya kita jadi pintar, sedangkan foodpedia maksudnya agar kita jadi pintar dan tahu kandungan dari satu bahan makanan. Seperti yang kita tahu, Medan termasuk daerah yang sering disebut sebagai surga kuliner. Salahsatu kuliner terkenal dari kota Medan adalah durian.

Banyak orang yang menghindari makan durian sebab mitos-mitos yang kadung tersebar di masyarakat, padahal ada kandungan zat baik pada durian loh. Itu sebab tema Foodpedia yang dibahas pada event ini adalah tentang durian, yeay.

Peserta yang hadir nantinya gak hanya dapat pengetahuan seputar durian loh, tapi juga bakal diajak demo buat smoothie durian, fun games berhadiah dan makan siang bersama, seru kan ?

Selanjutnya acara diserahkan pada Rachel selaku Nutrition Expert YOUVIT yang menjelaskan lengkap mengenai fakta buah durian.


Fakta Durian yang Harus Kita Tahu


Durian disebut juga The King of Fruits, hal ini terlihat fisik buah durian yang besar dan kulitnya seperti mahkota. Penamaan durian pun dari  kata duri-an artinya buah yang berduri banyak dan tajam.

Berikut mitos tentang buah durian yang sering berseliweran di alam bawah sadar pikiran kita :-D

Mengapa Durian Dianggap Tinggi Kolesterol? 

Sifat dari buah durian ketika masuk ke dalam pencernaan membuat suhu tubuh naik, kemudian tekstur dagingnya yang berlemak dapat membuat angka kolesterol kita bertambah dan berbau alkohol.

Ternyata itu semua mitos, pemirsaaah.

Menurut riset US National Library of Medicine, durian sama sekali gak mengandung kolesterol, tapi durian tinggi akan karbohidrat mencapai 30gr per 3 biji durian.

Durian juga mengandung protein, serat, lemak baik, vitamin dan mineral. Itulah kenapa durian disebut the king of fruits, selain karena ‘gagah’ fisiknya, tapi juga kandunga nutiri makro dan mikro-nya yang komplit.

Kita seharusnya, ujar Rachel tidak usah khawatir kalau mau makan durian, karena gizinya cukup lengkap untuk kebutuhan harian kita. Ada vitamin A, B kompleks, C. Mineralnya juga beragam seperti kalium, kalsium, zat besi, mangan, sodium, zinc dan fosfor.

Dan fakta durian yang cukup buat aku tercengang adalah durian ternyata memilik zat anti oksidan yang tinggi. Zaman sekarang zat anti oksidan cukup jadi primadona sebab dapat mencegah kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, dan insomnia.

Tapi ya itu tadi, makan duriannya bukan sebanyak 3 karung ya per hari, tapi cukup 3 biji dan sudah mencukupi jumlah kalori sebanyak 160 kkal.

Terapkan Pola Makan Sehat dan Gaya Hidup Sehat agar Tubuh Senantiasa Fit

Lambung manusia itu tempatnya segala penyakit, sedangkan pencegahan itu pokok dari segala pengobatan –Rasulullah SAW-

Dalam agama Islam, perkara hal yang masuk ke perut pun diatur, masyaAllah, tapi terkadang nafsu mengalahkan segalanya ya huhu, sampai akhirnya kita sakit.

Jadi hal pertama yang harus dilakukan mengawali hidup sehat adalah mengubah isi piring kita dengan pola makan seimbang.

Departemen Kesehatan RI telah menganjurkan agar kita mengonsumsi aneka makanan atau paling tidak kitamakan 4 kelompok bahan makanan, dengan presentasenya:

1.    35% Karbohidrat, bisa dari satu sumber atau lebih
2.    15% Protein, dari satu sumber atau lebih
3.    15% buah
4.    35% sayuran

Betapa pentingnya tubuh kita makan makanan yang beragam dengan begitu kita tidak kekurangan vitamin dan mineral. Nah, meskipun begitu, kita juga bisa usaha menambah kebutuhan vitamin dan mineral kita dari luar dengan mengonsumsi suplemen yang tepat.

Mengapa kita perlu konsumsi suplemen? Karena semakin banyak umur manusia, semakin berkurang kerja organ tubuh yang memproduksi vitamin dari makanan yang kita makan, sehingga kita perlu konsumsi suplemen seperti YOUVIT 

Q&A Tentang Durian

Karena banyaknya mitos yang terpatahkkan tentang durian pada hari ini, maka banyak pertanyaan dibenak pecinta durian.

Ibu hamil makan durian, amankah?

Aman, asal 3 biji saja ya Buk, jangan kalap.

Biasa kalau makan durian, orang tua selalu bilang untuk minum air langsung dari kulit duriannya untuk menetralkan efek dari durian itu,mitos atau fakta?

Ternyata ini mitos, gak ada yang perlu dinetralkan sih, cukup minum air putih saja. Sebenarnya aku masih gregetan dengan jawaban Rachel, tapi bisa jadi dulu gak ada gelas atau wadah air ya pas belah durian di hutan, jadinya karena haus ya minum pakai wadah kulit durian

Bagaimana jika makan durian, minumnya kopi atau teh, dan disandingkan di pelaminan dengan makan nasi pakai udang misalnya?

Konsumsi durian bagi yang punya keluhan maag dan asam lambung sebaiknya hati-hati, secukupnya saja. Jangan dibarengi dengan minum kopi atau teh karena dalam kopi dan teh ada zat tanin. Zat ini dapat mengurangi daya serap sel darah terhadap zat besi padahal zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah, sehingga berisiko anemia.

Kalau ada rencana minum teh atau kopi, sebaiknya berjarak saja konsumsinya, jangan pada saat bersamaan.

Saatnya Buat Smoothies Durian


Ahai, momen ini nih yang juga ditunggu peserta. Dan aku jadi tahu cara buat smoothies durian.


Bahan yang diperlukan:

-Daging durian beku
-Skim milk ( Susu yang 99% kadar lemaknya sudah dikeluarkan)
-Topping Smoothie sesuai selera ( stroberi, sereal, anggur, nata de coco, ceres)


Cara Membuat:

Blender daging durian setengah beku tambahkan susu skim secukupnya. Setelah halus sajikan pada gelas. Hiasi dengan topping. Smoothie siap disantap.

Wah mudah bangeettkan?!

Makan durian dimana kita? 😂

Semoga Bermanfaat!




Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat. Mohon jangan masukkan link hidup saat mengisi kolom komentar. ^^ Biar gak capek kali ngapus broken link, ini kenapa jadi curhat haha

Powered by Blogger.