Menu
/

Bismillah,
Assalamualaykum Pembaca Nufazee yang hobi makan

Pucuk Coolinary Festival adalah event yang paling aku tunggu sejak tahun lalu. Ini efek lihat liputan teman-teman di Jakarta yang lebih dulu menghadiri Pucuk Coolinary Festival.

Alhamdulillah banget tahun 2019 Medan jadi kota berikutnya yang disinggahi. Aku senang kali pastinya ditambah dapat kesempatan meliput keseruannya.

Sebelum event berlangsung pihak Pucuk Coolinary Festival mengadakan Media Gathering dulu nih pada Kamis, 29 Agustus 2019 bertempat di Warung Kudeta, Jl. Hang Tuah, Medan.


Ini kali pertama aku ke Warung Kudeta, dari luar warungnya tampak luas, pas masuk ke dalam ya memang luas syekaleee.

Situesyen di Warung Kudeta
Ada banyak area posisi duduk di warung ini, mau lesehan ada, mau duduk di kursi ada, mau duduk di kursi yang ada sangkar gede nya juga ada haha. Oiya, area khusus untuk ahli hisap alias merokok pun ada.

Sayangnya belum ada musholla, syukurnya Musholla dekat yaitu Musholla yang ada di Taman Beringin, persis di sebelah Warung Kudeta.

Oke sekilas tadi review singkat tentang Warung Kudeta. Sekarang kita bahas situesyen saat media gathering yak.

Sebaik sampai di Warung Kudeta, para media dipersilahkan makan siang dulu nih dan minumnya pakai Teh Pucuk Harum ya. Aku kemarok dong, dah lama gak minum teh pucuk yang rasanya ngagenin, karena rasa teh terbaik aaaada di pucuknya *aseeek dah bisalah ni jadi brand ambassador lokal wkwkw

Sekitar jam satu siang, MC Ketty membuka acaranya dan memperkenalkan dua pembicara yang sudah hadir ada Mas Kitto Kristanto selaku Junior Brand Manager Teh Pucuk Harum dan Leonarce selaku co-founder akun IG @makanmana.

Ngobrolin Medan pasti gak bakal  jauh deh dari kulinernya. Potensi dari warganya yang multietnis menjadikan Medan istimewa, jadi gak salah kalau Medan disebut destinasi wisata kuliner favorit.

Maka dari itu, Teh Pucuk Harum sebagai produk RTD ( ready to drink ) no. 1 kategori non-cup Jasmine berdasarkan riset AC Nielsen tahun 2018, sangat paham kalau Medan kaya akan kulinernya dan layak diapresiasi.

Hal inilah yang melatarbelakangi hadirnya festival kuliner terbesar yaitu Pucuk Coolinary Festival ‘Temukan Rasa Favoritmu’ di Medan khususnya setelah sebelumnya diadakan di Yogyakarta pada Maret 2019.

Pucuk Coolinary Festival mengusung konsep unik karena menghadirkan lebih dari 80 ribu tenant, yang sebulan sebelumnya sudah disurvei oleh tim PCF. Jadi gak heran produk yang diundang ke PCF serba enaaaak semua huhu.

Serunya lagi ungkap Bang Leo panggilan akrab Leonarce,  pihak tenant gak ada dikutip biaya sepeser pun oleh pihak Teh Pucuk Harum, sampai kepada laba penjualan, kereeen banget gak seh.

Aku jadi kepikiran kalau event gini tuh wajib banget diadakan rutin apakah 3 bulan sekali misalnya, wah aku yakin kali akan meningkatkan penjualan UMKM di bidang kuliner, yang beli juga gak berat di kantong tapi tetap bisa jajan dan mencicipi semuanya, bahagia sekaliiii.

Entah kenapa salahsatu kebahagianku adalah makan, makanan yang enak dan dibuat sepenuh hati pakai doa lagi, masyaAllah ^^ karena hal itulah akhir-akhir ini aku lebih suka jajan produk buatan teman sendiri.

Nah, 80ribu tenant itu terbagi dalam 3 zona rasa, ada gurih, manis dan pedas. Dengan pembagian zona ini, pembeli lebih cepat memutuskan mau kemana ya kan, lebih rapih juga, lidah juga gak tekejot-kejot wkwkw, habis makan manis langsung ke pedas, kan gak nikmat, :-D


Melalui Pucuk Coolinary Festival ujar Mas Kitto, para foodies diajak untuk merasakan pengalaman wisata kuliner seru dan berbeda serta gak akan bosan, karena ada lebih 80ribu tenant dihadirkan dan dinikmati langsung dalam satu tempat tanpa perlu menempuh jarak jauh dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Kuliner yang dihadirkan gak hanya yang legendaris tapi yang kekinian juga ada loh, lengkap kap kap.

Saking semangatnya aku cerita tentang Pucuk Coolinary Festival, sampai lupa aku cantumkan kapan dan dimana event ini digelar haha.

Pucuk Coolinary Festival digelar hanya dua hari saja, dari tanggal 31 Agustus – 1 September 2019, gate di buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Bertepat di pelataran parkir Plaza Medan Fair, Medan. Masuknya GRATIIISSS!

Selain Jajan, Ada Apa Saja di Pucuk Coolinary Festival?

Pucuk Coolinary Festival adalah festival yang sangat memanjakan para penjual dan pembeli haha. Kenapa? Karena ada…

Happy Hour, yang berlangsung dari jam 1 siang sampai jam 3 sore. Di happy hour foodies akan mendapatkan diskon 10K all item dengan syarat beli produk Teh Pucuk Harum dulu seharga 20K nah nanti bakal dapat struk yang dapat ditukarkan dengan voucher discount deh.

Beli teh pucuk dulu

Antrian mi balap gratis 


Di Happy Hour juga ada pembagian 5000 mi balap Bang Mail setiap harinya, cukup tunjukkan 2 botol Teh Pucuk Harum ke petugas, foodies sudah bisa menikmati seporsi mi balap Bang Mail yang endes surendes, pedas pedas gurih dan bikin nagih.

Spicy Noodle King Contest
Kontes raja dan ratu juara makan mi pedas, apakah kalian berani ikut kontes ini? Oh aku katakan NO, haha. Tapi saat event berlangsung, banyak juga loh yang ikutan, aku saluuut, bakal sanggup ya sampe final dan memenangkan hadiah utama uang tunai 3 juta rupiah?



Lomba Foto Instagram
Pokoknya event Pucuk Coolinary Festival ini didesain untuk para milenials kota Medan lah, makanya diadakan juga lomba foto di booth yang disediakan. Ayo bergaya seheboh dan seunik mungkin yah.



Pemilihan Tenant Favorit Berhadiah Sepeda Motor
Foodies yang hadir gak hanya cuma bahagia makan dan minum doang sepuasnya loh tapi juga bisa ikutan berpartisipasi untuk nge-vote tenant favorit loh. Nah partisipasi vote ini bagi pembeli yang ikutan bakal ada kesempatan memenangkan sepeda motor Yamaha NMAX yang amat sangat aku inginkan huhu




Sedangkan bagi tenant yang terpilih jadi paling favorit akan dapat uang tunai puluhan juta rupiah yang nantinya bisa dijadikan modal untuk mengembangkan usaha kulinernya. MasyaAllah mantab syekaleee eventnyaaa.


Hadirkan Hiburan Musik dari Band Lokal
Biar saat berpetualang rasa makin nikmat, Pucuk Coolinary Festival menghadirkan musik yang asyik dan hiburan dari band lokal seperti The Fame.

Gimana? Masih mager mau kesini? Aku jamin nyesaaaal haha.

Tips Berpetualang Rasa di Pucuk Coolinary Festival

Sabtu siang, 31 Agustus 2019, aku bersiap menuju Pucuk Coolinary Festival, sebelumnya di rumah aku sudah masak agar-agar santan gula merah, sambal ikan biji nangka dan rebus sayur bayam.

Jam 10 lewat 2 menit pakai muterin pelataran parkir Plaza Medan Fair entah kenapa aku lupa lokasinya wkwkw. Alhamdulillah sampai di booth Media. Sembari menunggu Pak Wakil Walikota datang, kami ngadem dulu di booth. Sinar matahari semakin menggigit soalnya huhu, berkuah Maaakk.


Setelah beberapa menit menunggu sambil nenggak Teh Pucuk Harum untuk meredakan dahaga, acara di panggung utama pun dimulai. Seperti biasa pada setiap acara pembukaan tentu akan dimeriahkan dengan tari persembahan.

Lalu dilanjutnya dengan kata sambutan pertama ada Pak Henry David Kalangi selaku National Sales & Promotion Head PT. Mayora Indah Tbk.


Dengan adanya event ini jelas Pak Henry semoga dapat memberikan pengalaman tak terlupakan dalam mencicipi aneka kuliner lokal dan dapat meningkat daya beli sehingga mendorong penjualan UMKM di kota Medan.

Berikutnya kata sambutan dari Bapak Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si selaku Wakil Walikota Medan yang menceritakan betapa Medan memang kaya akan kulinernya apalagi yang tradisional kalau Melayu khas dengan Kue Rasidah, lalu ada Holat makanan khas dari Padang Bolak, dan masih banyak lagi makanan tradisional di Sumatera Utara.

Dan acara yang ditunggu adalah saat Pak Henry dan Pak  menyalakan sirine tanda Pucuk Coolinary Festival resmi dibuka di Medan yeay!


Sumpah di momen ini cuaca Medan terik kali huhu, aku yang tadinya mau foto sama ulat pucuk gak jadi deh huhu. Akhirnya aku lanjut ke booth media lagi untuk mendengarkan media gathering.

Oiya media gathering masih diisi oleh Mas Kitto, nah aku ada nanya fasilitas nih. Jadi selama event Pucuk Coolinary Festival disediakan toilet, westafel untuk cuci tangan di sepanjang koridor, dan tong sampah, namun untuk fasilitas sholat harus melipir ke mall huhu.

Aku sungguh tak sanggup ke mall lagi, tapi lebih memilih ngadem di masjid Yasamin ^^

Usai menghadiri media gathering singkat, aku cus sama Kak Fuji keliling vanue lalu foto di booth, ambil foto informasi jadwal event dan peta, serta info ketentuan perlombaan yang diadakan.

Jelang siang dan memang juga udah lapar, Aku, Kak Molly, Kina dan Kak Fuji memutuskan untuk ngaso di depan booth Mie Ayam Jamur H. Mahmud. Ya Allah setelah beberapa purnama pengen makan mi ayam ini akhirnya terwujud, ku kan jadi terharuuu. Aku pun makan dengan pennnuhh penghayatan haha.



Oiya aku ada tips nih cara asyik berpetualang rasa di Pucuk Coolinary Festival tanpa harus nyakitin bumi :

  • Bawa kantong belanja sendiri
  • Bawa wadah untuk tempat jajan sendiri ( kalo bisa lebih dari satu, kalau mau repot cuci kering juga gak apa hihi)
  • Bawa sendok garpu sendiri
  • Bawa sedotan stainless sendiri
  • Hindari jajanan yang memakai wadah stereofoam yah atau request pakai daun dan pincuk aja 
  • Buang sampah sisa konsumsi pada tempat yang disediakan panitia yak
  • Terakhir nih, beli jajan secukupnya biar gak mubazeeerr, mantab? Sedap? Bungkooss! Dan bersyukurnya, jajanan di  Pucuk Coolinary Festival disediakan dalam porsi secukupnya makan ^^ Alhamdulillah

Hampir lupa, aku mengingatkan pas event begini pastikan juga bawa payung kecil dan topi ya, biar gak gosong.

Lanjut lagi yok keseruanku berpetualang rasa, berhubung sudah azan zuhur, aku hentikan dulu berpetualang, dan lanjut sholat sekalian mengademkan diri. Saat jalan menuju masjid sempat lihat Mak Beti lagi shooting, mau disinggahin kok ya capek, yoda lanjut ke masjid aja haha lagian hapeku udah lobet berat menunggu diantar sama abang gosen.

Jelang ashar, MasyaAllah Allah turunkan nikmat hujan. Allah keren banget emang ih, panas terik diganti sama yang sejuk sejuk. Jam 4 saatnya saksikan Spicy Noodle King Contest.

Dan what a surprise si Kina ikot, haha, luarbiasa. Di tengah hujan yang masih rintik, beberapa peserta Spicy Noodle King Contest sudah ready dan melahap mi pedas yang levelnya naudzubillah kata Kina haha, gak tanggung-tanggung panitia sediakan 3 kotak mi pedas yang harus dilahap seketika.

Saat lomba berlangsung, semangat peserta begitu membara, aku lihatnya aja udah kenyang dan berasa ikut kepedasan juga, syukurnya disediakan minum Teh Pucuk Harum *eaaak

Usai lihat lomba, aku lanjut berpetualang loh, secara masih ada 5 lembar voucher lagi yang harus kuhabiskan huahahaha.

Akhirnya aku beli Donat Donita yang memang endulita lembut donat kentangnya trus filling coklatnya yang semena-mena, aku nyesal cuma beli sebungkus huhu, lalu aku beli Sate Kerang Rahmat yang legendaris, kemudian Sate Terang Bulan.


Aku sempatkan juga singgah di tenant milik temanku namanya Yaseer, dulu pas zaman Aliyah dia dijuluki juragan onta wkwkw, dan jiwa dagangnya aku akuilah tahan banting. Dia buka 2 tenant, Basoka jual aneka bakso bakar dan Yaki Yaku jual aneka cemilan ala food street gitu. Sukses ya kawan awak.


Dan barokallah Yaseer, akhirnya Basoka terpilih jadi tenany favorit di zona Pedas, masyaAllah. Di zona gurih ada Viz Dimsum sedangkan zona mania ada Bakpau Muslim yang jadi pemenang, kereeen semoga usahanya semakin berkembang.


More info tentang event Pucuk Coolinary Festival cek websitenya di tehpucukharum(dot)com, like Facebook, Instagram dan Twitter di @pucukharumid. YouTube Channel Pucuk Harum.

Semoga event Pucuk Coolinary Festival ada lagi tahun depan huhu.

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat. Mohon jangan masukkan link hidup saat mengisi kolom komentar. ^^ Biar gak capek kali ngapus broken link, ini kenapa jadi curhat haha

Powered by Blogger.