Menu
/


Bismillah,
Assalamualaykum

Apa yang terlintas pertama kali dalam pikiran seorang emak sebelum pulang ke rumah? Hayooo apaa?

Kalau aku adalah oleh-oleh, meskipun hanya sepotong roti *eaaak. Alhamdulillah jika aku berkegiatan ke luar rumah, ada Uci, Neneknya Khalil yang jadi support system untuk jagain Khalil.
Nah, oleh-oleh yang kubawa ini pastinya untuk Uci dan Khalil serta Ayahnya kalau lagi di rumah.

Namun, seringnya aku keluar rumah dalam keadaan cashless wkwk.

Suatu hari aku berkegiatan di pusat perbelanjaan tepatnya di Center Point Medan. Usai acaranya, window shopping dong, terus ketemu gerai roti, Bread Talk. Cek dompet, cash aku gak cukup, cek saldo GoPay, Alhamdulillah aman.

Inilah kali pertama aku memanfaatkan teknologi Transaksi Lancar Pakai QR Standar. Dan emang praktis dan cepat, trus riwayat transaksi lebih mudah direkam untuk keperluan catatan pengeluaran rumah tangga.

Kali kedua aku pakai QR Standar adalah waktu jajan di Pizza Hut, ketiga kali saat jajan di Texas lalu terakhir jajan di Fountain Ice Cream, Sun Plaza.

QR Standar  Itu Apa?

Sebelum sampai ke pembahasan apa itu QR Standar, kenalan dulu dengan QR Code yok atau yang disebut kode QR ( Quick Response ) . QR code menurut file yang disusun oleh kemenperin.go.id adalah bentuk evaluasi dari barcode sebuah produk.

Kode QR berbentuk jajaran persegi berwarna hitam berbentuk seperti barcode:



Dengan kode QR kita dapat memasukkan banyak informasi seperti alamat URL, teks, gmaps, hingga nomor telepon. Pada produk, pencatuman kode QR bertujuan menunjukkan informasi tambahan dari produk tersebut. Kita juga bisa mencantumkna kode QR pada kartu nama atau kartu undangan pernikahan mungkin. 

Untuk membaca QR Code, perlu smartphone berkamera dan aplikasi pembaca QR.

Informasi QR Code ada kemenperin.go.id

Manfaat dari keberadaan QR Code di dunia perdagangan, produsen tak perlu lagi mengatakan ‘untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi situs ini’ tapi dengan mencantumkan QR Code, sudah dapat memuat informasi tambahan sebuah produk, seperti proses produk itu dibuat hingga sampai ke tangan konsumen. 

Canggih banget kan!

Dan memang kalau aku perhatikan beberapa tahun belakangan aku sudah merasakan keberadaan QR Code ini, seperti pada undangan pernikahan seorang teman, pada produk jajan anakku, sehingga memaksaku untuk unduh aplikasi scanner QR Code haha. 

Sekarang kita masuk ke pembahasan QR Standar, apakah sama dengan QR Code?

 QR Code Indonesian Standard  ( QRIS ) adalah standar kode respon cepat yang dikeluarkan Bank Indonesia pada 17 Agustus 2019 lalu untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik atau mobile banking.

Dalam peluncuran QRIS waktu itu, Perry Warjiyo selaku Gubernur Bank Indonesia menyampaikan semangat UNGGUL yang dibawa QRIS ini:

UNiversal, penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh masyarakat dan transaksi pembayaran dapat digunakan di domestik dan luar negeri.

GampanG, masyarakat dapat bertransaksi aman dan mudah hanya dari smartphone-nya

Untung, transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual, sebab transaksi berlangsung efisien hanya melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.

Langsung, Transaksi dengan QRIS langsung terjadi sebab prosesnya cepat sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Secara nasional, pelaksanaan QRIS akan efektif berlaku mulai 1 Januari 2020, wah welcome to the cashless world

Oiya QRIS sendiri merupakan salahsatu implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) tahun 2025 yang telah dicanangkan pada Mei 2019.

Nah, para pebisnis, udah bisa dari sekarang kembangkan cara pembayaran dengan QR Standar, soalnya waktu yang tersisa hanya 5 tahun saja untuk membantu sekaligus mendukung Visi SPI loh. 

Hmm…agaknya blogger perlu punya QR Standar juga nih, demi pencairan invoice yang lancar dan haqiqie, haha

Tutorial Jajan Memakai QR Standar di Aplikasi GoPay

Biar makin paham nih, aku sebagai pembeli, mau kasih tahu cara jajan ya catet cara jajan wkwkw. Jajan aja pake ada tutorialnya segala *plak

1. Buka Aplikasi Gojek kamu
2. Buka menu inbox, disana ada info Gratis Ongkir McDelivery. Info lengkapnya eh ada GoPay Promo, yeay

13.  Manfaatkan promo McDonald’s cashback 20%, khusus pembayaran di tempat


4
1.     4. Cus ke McDonald’s terdekat
Kebayangkan untungnya, cuma makan seharga 50K ada cashback 20%, berarti hanya bayar 40K, yeay :-D


1.   
5           

5. Saat pembayaran, pastikan kuota aman ya. Nanti bagian kasir meminta aplikasi Gojek kita stand by, oiya saldo Gopay full dong ya haha. Lalu ketika struk QR Standar keluar, baru deh kita scan barcode

UNGGUL banget gak sih QRIS iniii ^^ 

Buruan dieksekusi sebab promonya hanya di bulan Oktober 2019

Itu masih dari promo salah satu dompet elektronik, gimana dengan promo di dompet elektronik yang lain gaeeess? Bisikin aku ya kalau ada promo-promo lain haha.

#feskabi2019
#gairahkanekonomi
#pakaiQRstandar
#majukanekonomiyuk

1 comment:

  1. Iyah juga udah mulai sering pake dompet2 online gini kak. Mulai dri pake link aja, ovo, dan langaung oake m bankingnya bni. Klo gopay ada kena cash klo tf dri bni makanya jarang pake hehe. Cashback semua dompet online memang lumayan kk, tp apakah sesuai syariat? Masih bimbang gitchu.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat. Mohon jangan masukkan link hidup saat mengisi kolom komentar. ^^ Biar gak capek kali ngapus broken link, ini kenapa jadi curhat haha

Powered by Blogger.