Menu
/
-Ketika Emak Belajar SEO di Kelas Blogger Medan- Mak, pernah terpikirkah bakal sejauh ini otak atik blognya? Sampai sempatkan belajar SEO, trus menerapkan hasil belajar SEO ini, yakin bisa lo Mak?

belajar SEO di Kelas Blogger Medan


Dulu aku super santai banget nge-blog, belakangan gak bisa santai lagi haha, kudu lebih rajin, sebab sudah memang mengarah profesionalkan, ya udah sekalian aja totalitas.

Alhamdulillah, inilah keuntungan gabung di komunitas blogger. Komunitas Blogger Medan, pada Sabtu, 9 Nopember 2019, bertepat di Kantin Netizen, menggelar Kelas Blogger Medan yang bertajuk Basic Optimize Blog: Google Search Engine dengan pembicara kece, Rudi Hartoyo, owner platform medanwisata.com.

Sebelum pergi tadi ada yang minta ditemani bobok siang, sehingga emaknya ini telat setengah jam gaes. Alhamdulillah masih bisa ikutin.

Pas sampe udah membahas perbedaan Google Console dan Google Analytic. Udah jauh juga sih huhu.

Sebelumnya aku pernah otak atik SEO pelan-pelan, jadi masih agak nyambunglah, walau agak oleng sikit haha.

SEO itu Apa?

 

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Singkatnya SEO adalah Teknik agar tulisan kita berada pada halaman pertama di mesin pencari atau search engine.

Secara teknis, SEO ada dua nih, SEO on Page dan SEO off Page.

Sebagai dasar, baiknya belajar yang SEO on Page dulu, begitu kata Cikgu Rudi Hartoyo.

Teknis SEO on Page

 

Alhamdulillah ya bekal belajar SEO tempo hari kepake banget pas belajar SEO di Kelas Blogger Medan, soalnya nufazee.com udah terdaftar di Google Console dan Google Analytics, yeay.

Aktifkan Google Console dan Google Analytics 

 

Google Search Console adalah layanan gratis dari Google yang bertujuan membantu kita memantau, mempertahankan dan memecahkan masalah keberadaan situs kita, maka penting banget mendaftarkan blog kita kesini.

Kalau Google Analytics, juga layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung kita secara detil. Aku pernah pasang Google Analytics sendiri tapi kacau haha, akhirnya aku minta tolong ke ahlinya deh.

Aman ya Google Search Console dan Google Analytics, next

Cek Setelan Dasar Blog Emak

 

Lengkapi kolom Judul dan Deskripsi blog Emak ye, isi spesifik, blog emak itu arahnya kemana? fokusnya apa.

Kalau aku Alhamdulillah pencarian niche itu perlu 7 tahun yah haha. Finally, Blogger Parenting.

 

belajar SEO di kelas blogger medan
 

 

Cek Meta Content Emak

Mak, ini aku kasi step secara super teknis, kalau ditanya apa hikmah di dalamnya, kenapa begini begitu, kok di kode html aku gak ada. Mohon Mak konsultasikan lebih lanjut pada penyedia jasa template emak ya, jangan tanya aku, sungguh aku baru belajar dasaaar banget perkara SEO ini, ini pun modal nekad, sekali disampaikan guru, udah aku tulis aja disini, selain sebagai pengingat juga sih hehe. Oke Mak, semacam disclaimer yang terlambat yah haha.

Kita lanjut yak,

Isi meta content, seperti saat nulis deskripsi di awal tadi yaaa...

Lebih ringkas, saran aku Mak segera cari template yang SEO friendly, nah kalau mau cek apakah template blog kita udah SEO friendly di situs seositecheckup

Belajar SEO di Kelas Blogger Medan

Keyword

Nah saat menulis di blog pertama kali mikirin apa sih? judul? atau langsung menulis? sebaiknya jangan judul tapi keyword. Kalau Rudy, mencari keyword berdasarkan feeling.

Ada teknis mencari keyword :

Google Trend

Kelemahan pakai google trend, artikel kita gak evergreen , gak lekang dimakan waktu gitu, setiap musim masih asyik dibaca.

Google Search  

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat. Mohon jangan masukkan link hidup saat mengisi kolom komentar. ^^ Biar gak capek kali ngapus broken link, ini kenapa jadi curhat haha

Powered by Blogger.