Menu
/
-Respimer Baby Nasal Hygiene: Solusi Alami Untuk Hidung Tersumbat Pada Bayi-

Bismillah,
Assalamualaykum



Hidung tersumbat, suatu kondisi yang pasti gak nyaman banget, apalagi bagi bayi yang belum bisa ngomong. Betul gak Mak?

Khalil yang udah 4 tahun aja, baru-baru ini melewati lagi masa hidung tersumbat. Entah kenapa tiap kali naik taxi online yang AC mobilnya beraroma, pasti hidung Khalil gak nyaman, dan aku gak ngeh kirain gak bakal berujung jadi batuk pilek, ternyata malam harinya hidung Khalil tersumbat.

Maka malam itu, keluarlah segala aroma minyak, salep dan essential oil, barulah Khalil bisa tidur, meskipun gak nyenyak huhu.

Beberapa hari kemudian, aku menghadiri event Talkshow ‘Tips Mengatasi Hidung Tersumbat pada Si Kecil’ Bersama dr. Agenius Manurung di Tiara Convention Center pada 7 Nopember 2019 yang disponsori oleh Mombee dan Respimer.

respimer baby nasal hygiene


Pas kalilah pikirku, pas Khalil lagi meler hidungnya, pas emaknya dapat edukasi beginian. Alhamdulillah.

Kenali Penyebab Hidung Tersumbat


Penyebab hidung tersumbat, ujar dr. Agenius, ada tiga, yaitu, alergi, virus dan bakteri.

respimer baby nasal hygiene 1

Di dalam hidung kita ada selaput lendir lembap yang tertutup rambut-rambut halus. Rambut dan  permukaan lendir inilah yang menahan bakteri dan debu halus, yang biasanya akan menuju kerongkongan dan tertelan tanpa sadar.

Nah, saat kita pilek, selaput ini akan bekerja keras mengeluarkan lendir lebih banyak untuk membuang kuman. Jadi, ingus itu memang harus dikeluarkan. Lendir atau air yang mengalir dari hidung saat pilek merupakan cara alami hidung untuk mengusir kuman dan menyembuhkan jaringan.

Maka, saat pilek, sebisa mungkin biarkan sembuh alami, jangan dibantu dengan obat-obatan pabrik, kecuali dalam kondisi tertentu yang memang perlu penanganan dokter.

Solusi Hidung Tersumbat Pada Bayi


Lalu bagaimana jika hidung bayi tersumbat? Pasti heboh ya kan, secara bayinya pasti terus menangis, ASI pun gak lepas, orangtua juga panik. Kebayang terus wajah dokter anak langganan huhu, pengen cepat hari berganti pagi. Itulah drama yang aku lalui saat Khalil masih bayi dan hidungnya tersumbat.

Solusi hidung tersumbat ya cuci hidung, jelas dr. Agenius, singkat, padat, dan tepat haha.

Cuci hidung bagus untuk perawatan hidung sehari-hari. Dalam Islam, cuci hidung ada pada kegiatan berwudhu, istinsyaq, masyaAllah ^^

Masalahnya bayikan gak bisa cuci hidung, meskipun dilakukan oleh dia sendiri, *ya kali haha

Maka, perlu alat bantu, bernama Respimer Baby Nasal Hygiene.

Review Respimer Baby Nasal Hygiene


Jujur, aku baru tahu kalau ada produk sekeren Respimer Baby Nasal Hygiene sebagai solusi hidung tersumbat pada bayi, dan beruntunglah kalian para orangtua yang udah tahu sejak sekarang, gak kayak aku huhu.

Usia Khalil 5 bulan sempat ke dokter THT, karena pileknya gak sembuh, dan ternyata malah telinganya yang infeksi, karena hidung ini satu saluran dengan telinga juga mata. Lalu usia 2 atau 3 tahun, akhirnya harus ke THT lagi, sebab telinganya ada aroma tidak sedap. Semoga seterusnya THT kamu sehat terus ya Nak, Aamiin ya Rabb, dan kita lakukan perawatan pakai Respimer Baby ini.

Respimer Baby adalah cairan semprot hidung, berfungsi menjaga kebersihan hidung dan membantu keluarkan ingus atau lendir pada bayi dan anak.

Produk Respimer ini baru ada dua jenis di Indonesia, kalau dari negara asalnya Prancis, produk Respimer ada juga untuk orang dewasa.

Jenis Respimer


respimer baby nasal hygiene 2


Respimer Nasal Hygiene 115 ml ( 0,9 %) atau kemasan berwarna pink, dipakai saat awak flu dan sehari-hari

Respimer Decongestan 60 ml ( 2,2 %) atau kemasan berwarna orange, dipakai ketika flu berat dan setelah dianjurkan oleh dokter, bukan pande-pande mamaknya yah, catet!

respimer baby nasal hygiene 11


Kelebihan Respimer

respimer baby nasal hygiene 6

Sebelum tahu Respimer, dokter THTku meresepkan pakai produk NaCl yang biasa dijual di apotek dengan kemasan botol isi 5 atau 10 ml gitu aku lupa. Produknya dipakai ya kalau lagi pilek aja, lalu anaknya lamaaa baru pilek lagi, eh produk NaCl keburu expired hehe.

respimer baby nasal hygiene 9


Sedangkan Respimer ini, buanyak kelebihannya, seperti :

1.    Mengandung 100% air laut yang diambil dari tempat terbaik di dunia yang pantai dan kualitas airnya dijaga sama UNESCO, tempat itu ada di St. Malo, Prancis.
2.    Mengandung 80 mineral yang baik untuk kesehatan hidung.
3.    Lebih cepat atasi hidung tersumbat
4.    Mengurangi risiko komplikasi dan penggunaan obat-obatan

Sekarang kita lihat dari fisiknya :

1.    Bentuknya seperti tabung dengan tip yang terpisah agar mudah dicuci dan disterilkan usai dipakai
2.    Kemasan steril tanpa gas propelan ( gas yang biasa ada produk yang mudah terbakar, seperti semprot nyamuk )
3.    Desain tip-nya nyaman banget, lembut, daya tekan tip-nya pun selow
4.    Expired produk cukup lama, 2 tahunan.
5.    Perawatan produk usai dipakai juga mudah, cuci tip pakai air hangat, keringkan, simpan deh.

Kekurangan Respimer hanya ada 2 pada ketersediaan produk di Medan yang memang langka, ada di jual di baby shop tertentu atau paling mudah ya beli online, dan pada harga yang memang lumayan, secara berisi air laut Prancis, aku auto memikirkan ongkos ke Prancis cuma buat ambil air lautnya doang. Bhaique!

Cara Pakai Respimer Baby Nasal Hygiene


Kondisi hidung Khalil masih meler, wah kesempatan bagus pikirku untuk menguji kesaktian Respimer Baby Nasal Hygiene.




respimer baby nasal hygiene 10


Reaksi pertama Khalil saat aku semprotkan Respimer Baby, anaknya kaget bentar, setelah itu, dia bilang rasanya asin. Iyalah Nak, Namanya juga air laut, yang manis itu kan es teler :-D

Nah, karena NaCl dalam Respimer ini udah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh manusia, maka, insyaAllah tidak menyakitkan. Lagi pula kalau flu belum parah, berarti selaput hidung masih aman, beda kalau udah parah, dan selaput hidung terluka, tentu saat disemprot menimbulkan rasa sakit, huhu. So, rawat dan cegah sebelum parah.

Kemudian bagaimana reaksi orangtua, usai menyemprotkan Respimer? Pasti yang dicari itu adalah ‘mana ingusmu Nak? Kok belum keluar?’, ciyeee…udah jadi orangtua, saat anak meler, ingus anak kayak berharga gitu ya Mak haha.

Kata dr. Agenius, jangan persoalkan lendirnya. Udah disemprot ya udah, perkara air Respimer-nya keluar juga ya gak apa-apa, nanti selang 1-2 menit, ingus akan mencair, elap pelan-pelan agar anak nyaman.

Untuk efek samping dari Respimer ini adalah, ingus anak jadi keluar banyak dan itu memang hasil yang diharapkan bukan?

Lalu jika sudah 5 hari melakukan perawatan dengan Respimer untuk hidung anak yang tersumbat, dan sembuh, maka teruskan cuci hidungnya rutin. Jika sudah parah, jangan langsung aplikasi pakai Respimer Decongestan, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter. Sebab, kondisi hidung bayi juga masih perlu banyak penyesuaian, kasihan jika harus dipaksakan pakai pengobatan tertentu tanpa tahu ilmunya.

Alhamdulillah, sekarang stok perawatan kesehatan di rumahku bertambah, ada Respimer Baby Nasal Hygiene.

More info tentang Respimer, silahkan kunjungi instagramnya di @respimerindonesia.

respimer baby nasal hygiene 8


Semoga bermanfaat!

31 comments:

  1. Udah lama nyari2 nasal utk hidung bayi tersumbat yg rekom, semoga yg ini bgus ya

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Mamaknya harus tenanglah pulak dek saat mengaplikasikannya hehe

      Delete
  3. Selalu tertarik dgn produk sediaan farmasi yg baru.. Perlu dicoba ni kak.. Thanks infonya kak.. 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih dikomen langsung sama apotekernya :-D iyes dek cobalah ^^

      Delete
  4. kemarin daku yang semprotkan bapaknya. Belum pernah pakai yg begini kan, jadi kami pun deg2an., tapi karena memang aman dan diperuntukkan utk bayi, Alhamdulillah oke. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, agak lega ya Mak, apalagi kalau hidung bayi tersumbat, duh sedihnya

      Delete
  5. Aku suka kali baca tulisanmu, Kak Ul. Apalagi soal kasih tips begini. Jelas, mudah dipahami. Jadi nambah informasi.

    ReplyDelete
  6. Emang ya hidung tersumbat itu bener2 membuat kita gak nyaman apalagi so si kecil ya. Untung ada respimer baby, jadi si kecil bisa sembuh lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, Alhamdulillahnya untuk orang dewasa juga bisa pakai, sekeluarga bisa pake, yeay

      Delete
  7. Tiba-tiba jadi bayangin gimana kalau hidung bayi tersumbat pas lagi diasuh sama bapaknya. Auto panik kali ya. Tapi kalau ada produk seperti Respimer ini jadi lebih mudah mengatasi hidung tersumbat pada bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. redakan panik bapaknya dulu, baru bisa aplikasi respimer bang hehe, kadang ada yang gak tega juga masukkin benda ke hidung bayi, padahal kalau aja kita tenang, insyaAllah bayi juga tenang

      Delete
  8. Makasih udh mau berbagi informasinya kak. Salam kenal 😊

    ReplyDelete
  9. banyak juga yang ngulas baby nasal ini ya. dari kemaren mo nanya ke apotek ga jadi jadi :D buat stok di rumah jaga-jaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, biar semua pada tau ada produk kece soalnya hehe

      Delete
  10. Memang kalo bayi udah tersumbat hidung nya, tidur nya pun jadi terganggu. Kadang Kasian liat si baby cari posisi yang pas biar bisa enak tidur sambil bernafas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dah pengalaman lah pokoknya mamak satu ini :-D

      Delete
  11. Sangat membantu kak terimakasih atas rekomendasinya.

    ReplyDelete
  12. Dan ini enak banget pake nya,aman dan buat nyaman si kecil ketika hidung tersumbat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak Uut, bagian spray itu lembut banget ya kan

      Delete
  13. Wahhhh...baru tau setelah Arkan 9 th ada produk kece penghalau hidung mampet ini. Teknologi pengobatan semakin canggih saja ya mak. Lumayan ngurang ngurangi nebul ke RS ya kan..jd bisa ikhtiar pake respimer ini dulu di rumah

    ReplyDelete
  14. Ketika bayi akan flu itu, biasanya bayi sering rewel. Gimana caranya mengetahui kerewelan bayi itu disebabkan karena hidungnya yang tersumbat?

    ReplyDelete
  15. Wah, ini nih yang wajib ada di rumah. Sampai sekarang kalau anak mengalami hidung tersumbat rempong saya. Ini membantu sekali....

    ReplyDelete
  16. Respimer ini terbantukan sekali untuk atasi flu anak, pakai malam besoknya anak dah segar kembali, oya saya pun sudah coba dan jadinya nagih bersih2 hidung hehe

    ReplyDelete
  17. Pingin punya juga ah,, buat Rausyan,, kasian kl lg meler asik dilapin tisu aja bolak-balik sm emaknya nih wkwk. Tfs yaa Zee

    ReplyDelete
  18. Kadang suka bingung kalau anak dah pilek dan ngeluh hidungnya buntuh. Sekrang bisa pake nasal ya kk

    ReplyDelete
  19. Ini rekomen buat anak kalau lagi flu, biarpun bakal drama kalau mau dipake, tapi kudu 'tega' biar si kecil bisa cepat sembuh

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat. Mohon jangan masukkan link hidup saat mengisi kolom komentar. ^^ Biar gak capek kali ngapus broken link, ini kenapa jadi curhat haha

Powered by Blogger.