Menu
/
 -Bengkulu, Siap Jadi Tuan Rumah International Coffee Day 2020-

International Coffee Day 2020

Bengkulu, provinsi yang dijuluki Bumi Refflesia tengah bersiap untuk jadi tuan rumah dalam ajang internasional. Ajang apakah itu? International Coffee Day 2020, yeay!

Adapun salahsatu komoditas unggulan daerah yang terus dikembangkan dan digenjot adalah kopi Bengkulu. Bengkulu ternyata provinsi ketiga dengan penghasil kopi terbesar di Indonesia setelah Sumatera Selatan dan Lampung.

Bahkan Bengkulu masuk dalam istilah ‘Segitiga Emas Robusta’ dan beberapa tahun terakhir sudah mulai diperhitungkan keberadaan kopi Bengkulu ini.

Secara kopi dewasa ini sudah menjadi minuman berkelas, bahkan kebiasaan minum kopi sudah jadi trend di abad ini. Jadi, wajar bangeeet, warung kopi kekinian mulai berjamur di kota-kota besar di Indonesia.

Baca juga :
(Perjalanan D’Raja Coffee: Berawal Dari Bisnis Kedai Kopi Kecil, Meroket ke Waralaba Coffee 
Shop )

Tapi memang, bagi seorang a coffee person, minum kopi bukan sekadar, namun lebih dari itu. Maka, pemilihan biji kopi terbaik, penggilingan, seduhan, aroma, menjadi bukan hal sederhana, semua proses ada filosofinya.

Duh, aku jadi pengen minum kopi, haha tapi sedikit saja, soalnya ada kopi yang saat diminum, membuat aku kembung setelahnya huhu.

Meskipun pencernaanku lemah dengan kopi, entah kenapa filosofi kopi turut merasukiku, seakan kalau minum kopi itu yang penuuuh kesadaran haha, dihirup dulu aromanya, diicip dikit dikit, sambal baca novel mengenai kopi, abis tu ditabok netijen bahaha.

Baca juga :
( Saat Aroma Kopimu Menjauh )

Dukungan Penuh Pemerintah Provinsi Bengkulu Terhadap Kopi Bengkulu 


Terkait pesona kopi Bengkulu yang naik daun ini tentu pemerintah provinsi Bengkulu khususnya Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah terus berupaya mendukung penuh mulai dari branding, perluasan pemasaran hingga kerjasama dengan berbagai pihak.

International Coffee Day 2020 3


Upaya tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada dunia luar, bahwa Bengkulu punya loh kopi dengan citarasa khas berbeda dari daerah lain.

Gak cukup dengan langkah di atas, pemerintah bahkan melakukan sertifikasi demi melindungi potensi kopi Bengkulu sehingga tahun 2018, Bengkulu sudah peroleh sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu (HAM) Republik Indonesia.

International Coffee Day 2020 1


Jadi, udah gak bisa daerah lain ngaku-ngaku mana kopi Bengkulu yang asli atau palsu ya kan. Wah keren juga ya upaya pemerintah Bengkulu, totaaaalll!

Satu biji saja biji kopi Bengkulu keluar ujar Rohidin, maka harus disebutkan nama Bengkulu. Untuk itu, kita perlu melindungi hak para petani kopi Bengkulu agar tidak di klaim daerah lain.

Ini baru sikap pemerintah daerah, tegas!

Bahkan, mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan ini juga telah berhasil membranding Kopi Bengkulu dengan merek Bencoolen Coffee hingga Jakarta, dan puncaknya berbuah MoU Kerjasama Pemasaran Kopi Bengkulu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

International Coffee Day 2020 2


“Kita bangun kerjasama agar kopi rakyat bisa sampai ke Jakarta, karena kopi ini saya rasakan memiliki kualitas yang bisa dibanggakan di skala nasional dan internasional. Jadi sudah saatnya jadi tuan rumah di ibu kota,” ungkap Anies.

Jakarta, menurut Anis sebagai salah satu kota yang memiliki pasar kopi yang sangat besar dengan permintaan yang tinggi, sehingga dapat menjadi wadah Kopi Bengkulu yang berkualitas baik, untuk dipasarkan.

“Harapannya nanti kopi dari Bengkulu bisa dirasakan oleh warga Jakarta, dengan harga terjangkau, serta kualitas kelas atas,” pungkasnya.

Betul sekali Pak, jadi dapat memangkas ongkos kirim kopi Bengkulu dari Bengkulu ya kan sebab udah dikirim sekali banyak ke Jekardah hehe. Pasti kopiholic Jakarta bakal happy.

Prestasi Internasional Kopi Bengkulu 


Pesona kopi Bengkulu ternyata udah sampai ke luar negeri, hal ini terjadi di akhir tahun 2019, kopi Bengkulu berhasil pemberoleh penghargaan di 3 kategori awards pada Kejuaraan Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) di Perancis.

International Coffee Day 2020 4


Bahkan presiden AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products), Philippe Juglar mengapresiasi langkah Gubernur Rohidin dalam mengembangkan komoditas kopi Bengkulu sehingga dapat bersaing dengan kualitas dan kuantitas dengan kopi negara produsen lain.

Kita ucapkan terimakasih ungkap Phillipe, kepada Gubernur Bengkulu yang telah mendedikasikan kinerja, usaha, dan waktunya dalam mengembangkan kopi Bengkulu. Langkah yang dilakukan pak gubernur sampai saat ini sudah sangat tepat.

Mari Sambut International Coffee Day 2020 di Bengkulu


Bersebab upaya dan kerja keras Gubernur Rohidin branding kopi Bengkulu yang gak setengah-setengah, maka Bengkulu secara resmi ditetapkan sebagai tuan rumah International Coffee Day pada tanggal 01 Oktober 2020.

Wah, aku turut bangga!

Peresmian tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI Gati Wibawaningsih pada Gubernur Rohidin di penguhujung tahun 2019 lalu.

"Masyarakat Bengkulu mestinya bersyukur punya gubernur seperti Gubernur Rohidin ini, karena sangat visioner, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan komoditas lokal hingga ke kancah internasional. Apalagi event besar ini diadakan di benteng terbesar yang memiliki nilai historis," jelas Dirjen IKMA.

Tentu International Coffee Day 2020 pada bulan Oktober menjadi momentum besar bagi petani dan pelaku kopi Bengkulu dan gak bole disia-siain. Semangat ya para petani dan pelaku kopi Bengkulu, semoga jadi tuan rumah yang bikin betah dan event-nya sukses. Aaamiin.

International Coffee Day 2020 5



International Coffee Day 2020 6




International Coffee Day 2020 7



Ada yang berencana ke event International Coffee Day 2020 di Bengkulu? Aku titip ya kopinya hehe.

26 comments:

  1. Wow...... Jadi pengen nyeruput kopi bengkulu hangat sambil baca Buku di bawah mentari pagi nih.... hihihi😍😍

    ReplyDelete
  2. Memang usaha para petani kopi harus diapresiasi, semoga saja kopi bengkulu ini tetap bertahan dan betah di skala internasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betol dek, jgn pulak kopi nya go internesyenel eh petaninya sengsara huhu, semoga petani kopi makin sejahtera ya

      Delete
  3. Baru tau Bengkulu punya kopi yg bisa di andalkan, selama ini di sumatra yg populer kopi Aceh, kopi Lampung dan kopi Mandailing dan sidikalang
    Sukses buat Bengkulu hehe

    ReplyDelete
  4. Wonderful Indonesia ya, banyak daerah yang juara kopinya kayak Sidikalang, Lampung, Aceh, Lereng Merapi Jogja dan Bengkulu ini juga yaa... selamat n sukses yaa Bengkulu jadi tuan rumah International Coffe Day, dari Indonesia untuk dunia ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak pilihan jadinya ye kan kak 😍

      Delete
  5. Sebagai penikmat eh peminum kopi, semoga kopi Bengkulu ini dijual lebih luas lagi merambah pasar yang lebih lebar lagi.. penasaran ini pengen nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya kak, jadi bisa dinikmati seendonesah

      Delete
  6. Kopi Sumatra memang ajib ajib.. pernah ikutan international coffee festival Di serawak beberapa tahun lalu sambil ngenalin kue Dari kopi Arabia sidamanik asli. Kalau ke bengkulu ikut lagi unyu Kali yaaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooomaaaak, udah ikut festival kelas International nya di Serawak pulak tu, 👍 ikot lagi kk yg di Bengkulu 😁

      Delete
  7. hmmm belum pernah ke bengkulu apalagi nyobain kopinya. tp perbedaan rasanya jauh gak sih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau juga dek 🤔, mari kita rasakan sama sama 😁

      Delete
  8. MasyaAllah baru tau ada kopi juga diBengkulu, atau mungkin udah tau tapi ga ingat. Hehe. Selama ini paling tau nya dari Gayo, Aceh. Makasih infonya..

    Saya termasuk yang suka aroma kopi jenis apapun namun ga bisa minumnya. Kecuali dikit dan memang udah pengeeeeeeen banget. Setelah itu berusaha keras minum air putih banyak banyak dan buah buahan untuk netralin pencernaan dan tubuh dari kafein ini. hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laaaah sama kita, lemah sama kopi tapi suka aromanya ya kan haha

      Delete
  9. Dunia kopi semakin selalu menarik utk di bahas, apalagi variannya lucu2 haha,, eh koq nambah lagi di bengkulu yaa, ,eventnya juga keren,, semoga merambah ke medan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopi kalau diolah jd kuliner lain memang sedap utk dicoba

      Delete
  10. Aku pernah dengar istilah Segitiga Emas Robusta ternyata itu julukan untuk Bengkulu ya..
    Semoga pelaksanaannya berjalan sukses. Dan komoditi kopi dalam negeri kian melambung di jagat internasional

    ReplyDelete
  11. Internasional coffee day ini acaranya apa aja? Pasti menarik, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kukurang tau juga acaranya seperti apa yg jelas para pengusaha petani jd tukar, pikiran, ide Kak, sehingga makin berkembang deh kopi Bengkulu

      Delete
  12. Wah Bengkulu sudah peroleh sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu (HAM) Republik Indonesia. Perlu itu, supaya tidak ada yang mengklaim ya. Good step.

    ReplyDelete
  13. Maju terus Bengkulu, semoga kopi indonesia tambah mantul mendunia, karena rasanya gak kalah sama luar negeri punya hehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat. Mohon jangan masukkan link hidup saat mengisi kolom komentar. ^^ Biar gak capek kali ngapus broken link, ini kenapa jadi curhat haha

Powered by Blogger.