Menu
/
Akhirnya, HokBen Hadir di Medan

Bismillah,
Assalamualaykum


HokBen di Medan

Judul di atas mewakili respon beberapa teman yang mampir di direct message Instagram. Dalam hati ya ampun mereka se-happy itu ya haha. Ternyata banyak juga penggemar HokBen di Medan.

Penggemar HokBen di Medan, adalah mereka yang udah pernah merasakan menikmati HokBen yang lebih dulu ada di kota lain dan langsung dibuat rindu haha, sedangkan di Medan baru ini adanya, makanya warga kota Medan pada antusias ni, secara store pertama gitu loh yang dibuka hehe dan menjadi store HokBen ke 168, WOW!

Namun, seingatku dulu pernah ada store-nya.  Hoki Hoki Bento namanya jelas Bu Irma selaku, Communication Division HokBen. Dan resto tersebut memakai nama merk sedikit mirip dan tanpa izin brand HokBen aslinya. Oooo pantes ya, pun memang resto tersebut udah lama tutup sih.

Tentang HokBen


Balik lagi nih membahas HokBen, segala tentang Jepang memang menarik ya untuk diambil inspirasinya termasuk ranah kulinernya. Nah, ternyata HokBen adalah resto yang mempelopori makanan bergaya Jepang karya anak negeri loh tepatnya milik Hendra Arifin, pengusaha asli Warga Negara Indonesia.

HokBen sendiri singkatan dari Hoka Hoka Bento yang dalam Bahasa Jepang artinya makanan hangat dalam kotak.

Pertama kali berdiri resto ini bernama Hoka Hoka Bento di Jakarta pada 18 April 1985 dan berada di bawah lisensi PT. Eka Bogainti.

Lalu berkembang, hingga menjadi ratusan cabang sampai saat ini. Cabang loh ya bukan franchise.
Dan akhirnya HokBen membuka store pertama di Medan, store ke 168 se-Indonesia. Sun Plaza lt. 4 menjadi lokasi strategis store HokBen karena mudah dijangkau warga Medan.

Sungguh beruntung aku bisa hadir dalam event Blogger Gathering pada Senin, 27 Januari 2020 dan menjadi yang pertama mencicipi kelezatan menu HokBen, yeay!

Sebelum mencoba menunya, aku dan rekan blogger berkumpul untuk mendengarkan pemaparan mengenai HokBen dari Irma Wulansari selaku Communication Division HokBen.

HokBen di Medan 2


Ada banyak informasi istimewa dari HokBen yang kuterima dari Bu Irma, seperti sejarah HokBen.

Sejarah HokBen



Visi Misi HokBen


HokBen di Medan 3


Bring goodness to nourish people’s life through creating and providing food with intergrity yang artinya

Membawa kebaikan untuk memelihara kehidupan masyarakat dengan menciptakan dan menyediakan makanan yang berintegritas.

Perkara makanan bukan perkara sekadar memenuhi organ tubuh kita yang sejengkal itu, tapi more than that menurut aku, dan aku salut dengan visi HokBen yang seperti ini, mereka memikirkan detil persiapan bahan berkualitas sehingga terciptalah menu spesial yang membawa kebaikan, gak cuma kenyang doang ye kan.

Kemudian, apalagi ya informasi mengenai HokBen?

Dulu Bukannya Hoka Hoka Bento Ya?


Iya, kita rebranding kaka.

Mengenai brand HokBen sekarang, merupakan hasil rebranding dari brand Hoka Hoka Bento. Efek dari anak gaul juga, kalau ada rencana mau ngumpul pasti ribet ya ‘Yok, nongkrong di Hoka Hoka Bento’, kepanjangaaan haha, secara anak gaul bilangnya gini, ‘Nongkrong di HokBen yok, Gaes’. Maka, jadilah HokBen sejak 2013.

Gak hanya brand yang ganti tapi juga logo. Dulu logonya dua anak Jepang berdiri gitu, sekarang hanya tampak kepala mereka saja. Siapa mereka? Mereka adalah Taro dan Hanako. Mungkin bisa jadi inspirasi nama anak kalian kelak? *eaaak

HokBen di Medan 4


Taro digambarkan seorang anak lelaki dengan karakter ramah, rasa ingin tahu tinggi, suka berpetualang. Sedangkan Hanako, anak perempuan yang pendiam, rajin dan taat aturan serta peduli pada temannya *kok kayak aku banget ya, ( dan lalu dihujat netijen wkwkw )

HokBen Halal Gak Sih ?


Alhamdulillah, tahun 2008 HokBen resmi mengantongi sertifikat halal MUI.

HokBen di Medan 5


Selain halal untuk bahan seperti sayuran. HokBen menggandeng petani sayur lokal di Berastagi. Wah jadi turut mensejahterakan petani sayur ya, masyaAllah!

Gak hanya petani sayur yang kecipratan rezeki keberadaan HokBen tetapi juga membuka peluang kerja sehingga para pelayan HokBen direkrut dari pemuda lokal yang dibina selama 3 bulan.

Berhubung HokBen mau buka 2 store lagi di Medan, semoga kamu yang lagi cari loker gak ketinggalan info ya, mana tau bisa bergabung jadi bagian dari HokBen. Dan memang peluang karir di HokBen juga jelas, ada jenjang karirnya, sehingga kita bisa berproses jadi lebih baik deh.

Oiya, dalam proses masak, jelas Bu Irma, menu HokBen non MSG jadi aman banget dikonsumsi ibu hamil kayak akoh, busui dan anak-anak.

Pantas ya HokBen jadi resto favorit keluarga Indonesia.

Community Pattern HokBen


Apa sih alasan kita balik lagi ke suatu tempat khususnya restoran? Selain menu enak pasti pelayanan yang ramah dong ya.

HokBen di Medan 6


Untuk itu HokBen membuat community pattern, agar bisa diingat semua staf, karena mengandung filosofi yang keren, gak heran di setiap dinding di store HokBen ada lukisan berwarna kuning dengan bentuknya yang berbeda-beda.

Full Service Mulai dari Layanan Delivery HokBen 24 Jam, Website sampai Aplikasi


Entah kenapa makanan bisa menjadi kenangan, benar gak? Iya benar, hanya makan rendang mamak kita aja, kita bisa rindu, trus minta dimasakin hehe.

Nah, sepertinya HokBen memang dibuat agar yang pernah makan HokBen bisa rindu. Buktinya salahsatu temanku ngaku di DM IG ku, dulu waktu ia hamil, ngidam-nya HokBen sampai diimpor dari Bandung padahal dia di Medan wkwkw.

Sebab rindu itu, HokBen gak mau jahad, rindu seseorang tuntaskan dengan bertemu, rindu makan sesuatu tuntaskan ya dengan makan lah, maka HokBen hadirkan layanan Call Center dan HokBen Delivery pada tahun 2007.

1-500-505

HokBen di Medan 7


So, kalau pengen order HokBen untuk kesayangan yang nun jauh di mata, bisa banget di-order dari lokasi kamu untuk dikirimkan ke lokasi yang tersayang ituh. Tentunya pastikan HokBen di lokasi si Cintah ada store HokBen yang 24 jam yaaaa!

Kalau di Medan belum ada, kabarnya akan dibuka 2 store HokBen lagi loh di Medan, hmm penasarankan! Salah satu store HokBen di Medan, pastinya yang 24 jam.

Sementara kalau kamu mau order online via ojol, baru bisa diakses seminggu ke depan ya, jadi puaskan dulu nikmati promo makan HokBen di store nya langsung, karena sampai tanggal 31 Januari, ada banyak promo bagi 100 pembeli pertama hoho.



Lalu kalau mau intip-intip menu terbaru HokBen, bisa main-main ke website-nya di hokben.co.id , oiya ternyata ada fasilitas pesan online juga loh.

Order HokBen via Call Center bisa, website juga, etdah ada aplikasi pula.

Pada, 17 Agustus 2016, HokBen Apps hadir tapi untuk pengguna Android, sedangkan pengguna iOS baru ada pada November 2016.

Banyak cara ya agar bisa menikmati HokBen, suka deh!

HokBen dan Program CSR


Informasi lain yang bikin HokBen keren di mataku *tsaaah, program CSR-nya itu loh yang punya slogan Share to Love, Love to Share. Corporate Social Responsibility HokBen fokus pada dua pilar utama: HokBen Cinta Pendidikan dan HokBen Berbagi dengan Sesama.

Dengan dua fokus ini HokBen berkomitmen menjadi perusahaan yang konsisten bertanggungjawab dalam membangun masyarakat sekitar.

Adapun dukungan diberikan dalam bentuk bantuan dana program pendidikan contohnya beasiswa bagi anak petani sayur.

Saat pembukaan store HokBen di Medan aja pada tanggal 28 Januari 2020, di hari pertama store di buka untuk umum, HokBen mengadakan kegiatan darah.

HokBen Dukung Kampanye Lingkungan #UselessPlastic

HokBen di Medan 8

Mengetahui informasi bahwa HokBen dukung kampanye #uselessplastic , aku senang banget.

Pasti gak mudah mendukung dan menjalankan kampanye tersebut apalagi bagi resto sebesar HokBen tentu akan mengguncang keuntungan bisnis, tapi sepertinya gak, soalnya malah buka store dimana-mana hehe.

Sampah plastik sudah sangaaat meresahkan, maka jika semua resto kayak HokBen pasti makan gak pake rasa bersalah lagi pada lingkungan huhu.

Di Bali, kampanye #UselessPlastic sudah mulai total dijalankan, bahkan ojol sekalipun sampai bawa tas sendiri.

Jadi, untuk store HokBen di Medan gak disediakan sedotan, namun plastik masih disediakan sebab belum keluar peraturan daerah mengenai hal itu, semoga segera ya pemerintah kita menetapkan peraturan penggunaan plastik.

Jika mau take away, store HokBen di Medan melayani pembelian minuman pakai tumbler dan kotak makan, lebih bagus yang ada 3 sekat, jika tak ada, wadah satu satu juga gak apa sih.

Oiya kalau mau dine in, masih disediakan sendok plastik sih, saran aku kita bisa menolak, asalkan kita bawa sendok dari rumah. Tempo hari aku gak bawa sendok huhu, jadi terpaksa pakai soalnya kan mau menyeruput sup udangnya hehe, tapi setelah itu sendok dan sumpitnya aku bawa pulang.

Suasana Store HokBen di Medan

HokBen di Medan 9

Pertama kali masuk store HokBen di Medan, di lantai 4, Sun Plaza. Store didominasi warna putih dan kuning, menepati area seluas 260 m2 dengan kapasitas kursi dine in  sebanyak 126 kursi.

Dengan dominasi warna putih dan kuning, suasana store jadi terkesan terang dan hangat.

Di pintu masuk disambut, westafel cuci tangan, kemudian display menu, lalu sebelah kiri ada lokasi untuk antrian. Biar gak lama antri sebaiknya pelanggan udah tahu menu apa yang mau dinikmati jadi gak perlu pakai cap cip cup hitung kancing pilih menu apa, kelamaan haha, kasian yang ngantri di belakang.

After this aku jembrengkan menu dan harganya ya, pasti udah gak sabar wkwkw.

Rangkaian Menu HokBen di Medan


Hayo siapa yang dari tadi menunggu bahasan ini? Haha

Aku pun menuliskannya sambil menahan ludah, aku mau makan menu HokBen lagi huhu.
Seperti resto pada umumnya, ada display neon box yang memudahkan pelanggan memilih menu favorit.












Total ada 31 menu yang dimiliki HokBen beberapa sudah punya sertifikat merk loh, sehingga jika ada yang berani meniru menunya bisa dikenakan pasal hukum.

Dua diantara menu itu ada Ekkado dan Tori No Teba. Menu ini terinspirasi dari Jepang pastinya. Yang unik adalah menu Ekkado. Ekkado merupakan produk otentik HokBen. Berasal dari kata Egg ( telur ) dan Kado, telur yang dibungkus kayak kado, jadilah Ekkado, haha, unik ya.

Sedangkan Tori No Teba adalah sayap ayam yang kulitnya diisi daging ayam berbumbu gurih, asal menu ini dari daerah Miyazaki, Jepang.

Menu khas HokBen itu ada Ekkado, Tori No Teba, Chicken Roll, Ebi Furai, Kani Roll, Beef/Chicken Teriyaki dan Yakiniku.

Lalu ada set Menu HokBen seperti Bento Special, Paket ABCD, Simple Set Teriyaki.

Saat sesi icip-icip HokBen, aku pilih menu Bento Special 2. Ada nasi, Tori No Teba, Kani Roll, Beef Yakiniku, dan Salad.

Untuk Sop aku pilih Drumpling Shrimp Soup, sedangkan minumannya aku pilih Ocha hangat.

Penampakan menu di display




Lengkap bangetkan menunya, karbo, sayur, protein, hmm. Rasanyaaa, aku suka Kani Roll, huhu. Tori No Teba, agak aneh di lidahku, rempah apa aja yang ada didalamnya, tapi abis juga sih haha. Beef Yakiniku-nya empuk banget, ada irisan paprika hijau dan bawang bombai juga, namun sayang di kehamilan kali ini aku anti bawang bombai, padahal biasanya aku adalah pemakan segala, wkwkw.

Ngantri situesyen


Untuk salad, ya ampun kriuk kriuk wortel dan kol nya, segeeerr, dipadu dengan mayones lezat.
Drumpling Shrimp Soup-nya pas di lidah aku, memang gak pakai MSG, gurih didapat dari udangnya, makin nikmat dipadu nasi hangat.



Setiap order di resto aku menghindari es, jadinya menikmati Ocha hangat sebagai pelengkap icip-icipku malam itu di store HokBen Medan, ah berasa di Jepang deh, bunga sakura aslinya aja yang kurang *semacam kode

Biar kayak kaka yang di video ini haha


Alhamdulillah super kenyang, saking kenyangnya, aku gak sanggup menghabiskan supnya haha, akhirnya dibawa pulang pakai wadah yang aku bawa dari rumah.



Selain menyediakan menu untuk porsi dewasa, ada juga loh menu untuk anak-anaknya, Kidzu Bento namanya.



Next time, aku mau bawa Khalil dan sekeluarga untuk menikmati menu di HokBen.

Thanks HokBen udah undang kamiii
Kalian kapan ke HokBen? ^^

More info mengenai HokBen, cus follow akun sosmed HokBen ya!

Facebook : Hoka Hoka Bento
Twitter : @HokBen
Instagram : @hokben_id

22 comments:

  1. Duluuu makan hokben pas ke Jakarta Aja. Hahahahhaha...

    Sekarang Ada dimedan juga.. tqu infonya MBA zee, ntar kalo kesana pen belajar kurang kurangin plastik deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jauhnya ke Jekardah haha, iya kak jan lupa bawa wadah 😍

      Delete
  2. wah asyik ya bisa kulineran hokben

    ReplyDelete
  3. aku paling suka beef teriyakinya hokben & salad nya. jadi kalau ke Sun Plaza udah tau deh mau makan dimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaka juga dek, tapi tak tekunyah ku bawang bombay nya biasa kaka pemakan segala huhu

      Delete
  4. Saya sempat bela-belain jalan jauh di bandara cengkareng demi makan di hokben. Sekarang udah nggak perlu gitu lagi. Udah ada di Medan, yeayyyyy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, puas puaskan makan di Hokben Medan ya kak eee

      Delete
  5. Yah.. Setelah gak di medan. Hokbennya baru muncul.. Sedih

    ReplyDelete
  6. Kebal hokben sejak th 2000 an, wahh udah sampe Medan.. lama juga yaa
    Mantabs, kita wajib ciba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Medan ketinggalan ya haha tapi gak apa, biar banyak yg makan di Hokben

      Delete
  7. Ya Aamou udah harus bawa anak-anak ke sana nih.. bukan ngenalin ke orang itu.. tapi emaknya yang udah ngencesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus kak wkwkw, meriah lah bocah tu pasti

      Delete
  8. Wah, asik nih. Bisa banyak pilihan resto siap saji. Kapan sempat mau ke sana ah

    ReplyDelete
  9. Sunplaza Level 4 ya.. Okay dwehh insyaallah kapan pas jalan ke sana bareng anak² mampir makan di Hokben. Pastinya yummie yaa Zee...

    ReplyDelete
  10. Kadang kalau makan di restoran cepat saji, agak ragu. Halal atau kagak sih. Eh tapi liat ini tulisan, ternyata ada label halalnya. Wajib nyoba nih.... Mau plesir kuliner di sana. Apalagi Hokben yang pertama di Medan

    ReplyDelete
  11. Etapi kan mba nurul, seingat saya emang pernah kok hokben ini di Medan, pas jaman aku smu, bkn hoki tapi hoka, gambar ikonnya sepasang muda mudi tuh sama.

    Aku plg suka sam saladnya, walopun seuprit hihi

    ReplyDelete
  12. Ini aselik enak, ,rela lah nunggu antri sejam hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat. Mohon jangan masukkan link hidup saat mengisi kolom komentar. ^^ Biar gak capek kali ngapus broken link, ini kenapa jadi curhat haha

Powered by Blogger.