-->
Menu
/

- Mengoptimalkan Peluang Nge-Blog dengan Miliki 3 Kemampuan Ini -

Bismillah,
Assalamualaykum


Blogger, saat ini jadi profesi yang semakin dilirik banyak orang, namun apakah cukup jadi sekadar blogger?

peluang blog

 


Pada tahun 2015 aku memutuskan untuk fokus membangun blog Nufazee dan branding diri sebagai momblogger. Hal pertama yang aku lakukan adalah pasang niat, niat untuk jadi blogger yang jujur dan semangat menyebarkan konten positif. 


Selanjutnya, aku bergabung di beberapa komunitas blogger untuk menjalin relasi, memperbanyak teman, dan terakhir aku mencoba untuk selalu upgrade ilmu. 


Beberapa kali pernah diundang untuk isi pelatihan tentang blogging, sebelum mulai materi, aku akan menyampaikan sebuah nasihat. Nasihat ini aku dapatkan dari seorang kaka, Kak Haya Aliya Zaki, cintai dulu kegiatan menulis blog, kalau udah cinta, nanti bonus dari blog akan mengikuti, dan kita gak jadi sekadar blogger.


Blogging sama seperti sosial media lain tiap saat mengalami perkembangan, maka penting banget bagiku untuk terus memperbarui informasi seputar blog dan mengasah kemampuan yang terkait profesi blogger. 


Alhamdulillah salahsatu komunitas yang aku ikuti yaitu Ibu Ibu Doyan Nulis bekerjasama dengan IM3 Ooredoo menghadirkan webinar series yang menyajikan parade ilmu blogging secara gratis. Event yang bertajuk Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog, berlangsung sebulan lebih sejak 29 Agustus sampai 3 Oktober 2020, total ada 25 webinar! Happy banget akutuh huhu. 


Adapun webinar yang aku ikuti lebih dari 5, namun dalam tulisan ini, aku akan berbagi informasi mengenai 3 kemampuan yang penting dimiliki blogger zaman now!


Kemampuan Pertama, Belajar SEO On Page


Apa sih niat kita nge-blog? Di awal tulisan sudah aku sampaikan niatku nge-blog, dan niatnya suci banget, masyaAllah Tabarakallah. Namun, niat suci tanpa strategi tampak lambat sekali mencapai target, betul?


Tulisan baik yang kita posting di blog, tentu berada dalam rimba konten di internet, sedangkan niat kita tadi salahsatunya ingin menenggelamkan konten negative di mesin pencari, tentu untuk mencapai hal tersebut perlu ilmu, disinilah pentingnya belajar SEO On Page.



peluang blog 1



peluang blog 2


Sebelumnya aku pernah belajar SEO On Page tapi gak kelar tulisannya wkwk, jadi aku lanjutkan di sini aja yah.


( Baca juga : Ketika Emak Belajar SEO DI Kelas Blogger Medan )

 

Belajar SEO gunanya tidak hanya mendatangkan trafik banyak ujar Mas Angga, SEO bisa di’konversikan’ seperti klik Iklan Google Adsense, Jasa Review dan lain-lain. Selain itu optimasi SEO semacam investasi jangka panjang, ungkap Mas Angga.



peluang blog 3


Lalu, belajar SEO nya mulai darimana? Mulai dari baca tulisanku yang diatas hehe, kemudian lanjut baca part ini.


Riset Kata Kunci

 

Ada tiga tools yang dapat digunakan secara gratis untuk mencari kata kunci :

 

Google Trends

 

Ketik situs https://trends.google.com/trends/?geo=ID, lalu ketik 1 kata yang ingin dicari

peluang blog 4

Ganti lokasi pencarian dengan Indonesia

Ganti rentang waktu terbaik pada past day, past 7 days, past 30 days, past 90 days

peluang blog 5

peluang blog 6


Google Suggest

peluang blog 7


peluang blog 8


Uber Suggest

 

Ketik https://neilpatel.com/ubersuggest/



peluang blog 8


peluang blog 9


Advanced On-Page SEO

 

Lah ini kok udah advanced aje, basic nya mana. Basic SEO on Page, ada di artikel aku sebelumnya, aku persingkat aja di part ini, bahwa pastikan template blog kamu udah SEO friendly, cara cek-nya bisa di googling, cara cek template SEO

Selanjutnya, ada 5 langkah lagi yang harus dilakukan :


1. Jumlah kata minimal 1000 kata atau lebih lengkap dari kompetitor


Poin pertama mengingatkan aku pada quote dari Mb Shintaries, founder Blogger Perempuan Network, 

 

Apa arti populer di mata mesin pencari kalau ternyata konten kita hanya jebakan betmen melalui judul yang mematikan

Tulislah dengan niat baik dan memberikan informasi utuh pada pembaca. Tampaknya 1000 kata banyak ya, bahkan bagi pemula pasti sulit, namun percayalah jika banyak berlatih, insyaAllah bisa!

2. Permalink sama dengan keyword utama


Dulu aku gak ngerti mempreteli permalink, sekarang semakin paham, oiya contoh aku buat dalam platform blogspot ya ^^



peluang blog 9


3. Internal link ( ke artikel lain yang berhubungan atau ke brand utama )


Sebelum belajar, aku cuek banget perkara menyisipkan internal link, ternyata penting ya.

4. Optimasi Gambar


Pada gambar turut sertakan kata kunci, jadi saat user mencari dengan fitur gambar pada mesin pencari, situs kita bisa terangkut juga, syukur-syukur di page one

peluang blog 10

 

5. Subjudul H1, H2, H3, H4

 

Dulu waktu sebelum belajar SEO, menulis blog ya copas dari word ke dashboard tanpa pedulikan fitur paragraph di blogspot haha, ternyata manfaatnya banyak, selain tulisan kita lebih rapi, mesin pencari pun senang.

peluang blog 10

 

Demikian tentang SEO on Page, saran aku sering-sering diterapkan biar mahir dan gak lupa. 


Kemampuan Kedua, Merawat Sosial Media


Instagram, menjadi platform sosial media yang saat ini begitu digemari hampir semua kalangan.

Bagi blogger, Instagram sangat membantu dalam menjangkau pembaca. Nah, bagaimana caranya agar Instagram bisa dukung hobi nge blog secara optimal?

Pada Jum'at 25 September 2020, aku hadir dalam webinar series episode 17 yang diadakan IIDN dan Im3 Ooredoo Jabotabek dengan Mb Pungky Prayitno sebagai pemateri.

 


 




Jadilah Manusia Saat Bermain Instagram


Perkembangan platform Instagram makin kesini emang kencang banget dah, perasaan baru update aplikasinya eh dah minta update lagi, ngerasa gak sih?

Seperti apa belantara dunia Instagram? Berikut resume dari webinar yang aku ikutin.

Sore itu Mb Pungky tampil dengan kaos kuning khas colour image-nya Indosat.

Sekilas tentang Mb Pungky, dulu tu aku sering ikutin postingan Mb Pungky di Facebook, lalu lama-lama gak pernah lagi hehe.

Nah pas tau Mb Pungky jadi pembicara dalam rangkaian webinar ini, wah aku semangat daftar dong.

Dan memang gak nyesel somplak banget dah Mb Pungky, sampe gak berasa kalau sore itu aku harus mandiin si bayi.

Sebelum Mb Pungky menyampaikan materi para peserta webinar kena kultum dulu wkwkw 

 

Sebelum main sosmed, pastikan niat kita baik! 



Makjleb banget kan? Kadang kita lupa hal sederhana itu, gak ingat kalau main sosmed itu sekali posting kita seakan menyetor kepada semesta *eaak

Gak bakal bisa dihapus, netijen selalu ingat, bahkan langsung di-capture bagi netijen yang terniat

Maka dari itu kurasi dulu konten produksi sebelum kita posting. Layak apa gak dilihat orang? Ada jemuran onderdil gak di belakang kita saat ambil foto? Bahkan jika konten itu cuma selfie, tetap harus melewati kurasi.

Ada Apa dengan Instagram di Tahun 2020?


Ada 3 hal yang dibahas Mb Pungky tentang Instagram 2020:



Engagement, Instagram sekarang itu gak hanya pamer karya, gak sekadar untuk eksistensi kita semata, tegas Mb Pungky tapi Instagram ingin kita hidup didalamnya.

Instagram mau kita interaksi dengan follower, bukan sekadar posting setelah itu berharap dapat love dan komen sekian juta tanpa kita respon?

Elu siape? Justin Bieber? Kan kagak?

Kalau mau Engagement Rate bagus, Instagram mau kita aktif love postingan orang, komen balik, beri respon instastory orang, dan lalalala

Interest, Instagram  akan menampilkan konten sesuai kebiasaan kita. Jika kita suka buka postingan memasak, ntar secara otomatis, fitur explore akan menampilkan postingan masakan, gitu juga yang suka konten drama korea.

Timeline, alogaritma Instagram saat ini sangat cepat berubah. Instagram sekarang itu udah gak peduli kalau kita posting konten saat orang lagi tidur maksudnya teteup gak ngaruh ke engagement rate.


Jadi saat ini main Instagram ribet banget, komen kudu 4 kata, biar kehitung engagement ratenya.

 

Sakit Pala Lo Mikirin Engagement Instagram. Instagram akan terus update alogaritmanya. 


 


Lalu caranya gimana biar happy dalam merawat Instagram?


Postinglah untuk manusia, Postinglah sebagai manusia


Rasanya capek kalau main Instagram dengan mental selebgram, lelah berharap love dan comment tapi jadilah instagrammer yang inspiratif.


Menjadi instagrammer bisa dimulai dari menentukan saya siapa? audience saya siapa? bangun personal branding dan kenali audiencemu


Manfaatkan data audience yang disediakan Instagram pada fitur insights, berapa usia audience, tinggal dimana, interestnya seperti apa, kapan waktu online nya. Data ini jadi patokan kita saat posting konten. 


Bangun hubungan dengan audience, dengan cara:


 

Instagram Trend 2020


Setelah paham mengenai audience saatnya kenalan dengan yang disenangi Instagram tahun 2020 ini, yaitu:


Konten Cepat, Saat ini konten video sangat diminati daripada konten foto, apalagi jika videonya versi cepat, baik itu tutorial masak maupun merias. Orang gak punya waktu lihat konten video yang lama.


Konten Real ( Story ), Siapa disini yang tim menulis caption feed IG panjang sepanjang jalan kenangan? Yes, ternyata itu jadi tren.


Adaptasi Tiktok, Instagram terus update dan mengadaptasi tiktok


Microblog ( Carrousel ), Sekarang emang tren banget konten feed Instagram berupa text dan dalam format carrousel, jadi semacam microblog, tinggal geser-geser feed, informasi singkat dan padat sudah diperoleh


Support Small Bussiness, Masa pandemi begini, banyak user Instagram yang beralih jadi online shopper, dan Instagram support itu


IGTV, Instagram TV pun turut laris sebab masa pandemi banyak yang mengadakan live IG sebagai sarana sharing ilmu pada follower. 

 

Trus Mb Pungky menyarankan untuk kolaborasi, salahsatunya saling jadi pembicara saat live di akun IG teman, begitu sebaliknya. 


Di atas semuanya, pesan Mb Pungky, jangan lupa bersenang-senang, ^^ yeay tentu dong mbak 


Optimalisasi Twitter Untuk Blogger


Twitter, hari gini siapa yang belum memiliki akun disana?


Semua mungkin sudah punya ya, nah ternyata Twitter dapat jadi sarana optimasi blog juga asal tahu caranya.


Pada hari yang sama dengan Mbak Pungky, hanya berbeda jam saja, hadir Kartika Putri Mentari, Campaign Operation Manager, HIIP Inovasi Indonesia sebagai pembicara.


 


 

Berdasarkan data dari Hootsuite We are Social Digital Report 2020, platform peringkat kelima yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Twitter. 


Manfaat Twitter untuk Blogger


Ada empat manfaat twitter untuk blogger, lagi-lagi salahsatunya personal branding ya.




Maka, penting banget sebelum menarik banyak trafik blog dari Twitter, kita lebih dahulu tahu, branding kita apa, audience siapa, dan konten blog kita apa. Cara cek data audience, bisa pakai situs https://analytics.twitter.com


Setelah itu, lakukan hal ini di Twitter untuk blog kita :

1.    Tweet blogpost kita lagi dan lagi tapi dijeda jangan kesannya nyepam
2.    Gabungkan tweet kita dengan text dan gambar
3.    Sebutkan akun twitter orang/brand yang ada di blogpost kita
4.    Gunakan teks yang clickable terkait blog kita, agar warga twitter tertarik buat klik dan baca
5.    Retweet tweetnya teman, nah ini bagian interaksi, sama kayak kita di Instagram
6.    Gunakan hestek yang nyambung atau pakai hestek yang lagi trending juga gak apa-apa
7.    Pin postingan tweet blogpost kita yang terbaru
8.    Lakukan blogwalking dong dan sebutkan teman / brand yang ada di blogpost kita
9.    Bagikan tweet ke komunitas blogger, kalau aku mention akun twitter komunitas


Kelihatannya sederhana ya main twitter itu dan aku beneran baru tahu setelah ikutan webinar yang diisi Kak Putri ini


Oiya, selain memaksimalkan twitter untuk blog, maksimalkan juga blog agar bisa sekalian optimalkan twitter, caranya dengan gunakan judul blogpost yang unik dan pasang plugin social media share di blog kita, jadi pembaca saat ingin main ke akun twitter kita ya tinggal klik plugin.


Kemampuan Ketiga, Belajar Jadi Public Speaker


Blogger zaman now kayak dituntut serba bisa, termasuk bisa public speaking atau minimal punya kemampuan berkomunikasi dengan baik.   





Blog disebut juga mother of content, kenapa? Karena dalam blog ada teks, gambar bahkan video.


Nah, membuat video tentu memerlukan kemampuan public speaking agar pesan dapat tersampaikan kepada audience. 


Beruntung banget pada Minggu, 27 September 2020, aku dapat menghadiri webinar episode 21 tentang Public Speaking for Blogger yang diisi oleh Mb Sara Neyrhiza.


 


 

Kemampuan public speaking, jelas Mb Sara Neyrhiza dapat jadi peluang tambahan bagi blogger, seperti menawarkan postingan video pada client sehingga harga kerjasama menjadi lebih tinggi. 


Minggu sore mendengarkan webinar dengan Mb Sara sungguh asyik dan betah, soalnya audience diajak latihan ngomong juga loh, ditambah penyampaian Mb Sara menggunakan suara khas penyiar radio, bahkan sesekali suara Mb Sara bisa berubah-ubah haha.


Sebenarnya materi dari Mb Sara gak banyak, yang banyak adalah latihan dan sesi tanya jawab.


Hal yang harus dilakukan untuk jadi Public Speaker


 

Poin pertama sampai tiga, full practice ya, baru deh poin berikutnya berisikan tips. Mengenai smiling voice, merupakan teknik menciptakan kesan baik pada audience, tersenyumlah saat berbicara, maka pendengar akan merasakannya juga.

 

Tips agar intonasi tidak monoton adalah dengan memberi tanda baca titik pada naskah, sehingga kita bisa menggunakannya sebagai pengingat untuk menstabilkan intonasi, jadi gak terkesan datar. Tanda baca juga berfungsi mengatur tempo agar saat kita berbicara tidak terlalu cepat atau lambat.


Lalu mengenai cara menghilangkan aksen medhok, caranya dengan mencontoh penyiar nasional atau pembaca berita TVRI, banyakin latihan, ntar lama-lama aksen jadi netral dan menyesuaikan. 


Mengenai Filler Words itu kayak gini, kalau ngomong kita suka blank dan secara otomatis menggumam, hmm…atau mengeluarkan bunyi eee…, nah sebaiknya dihindari.


Singkatnya untuk tampil jadi public speaker, poin pentingnya ada pembukaan, sebut pengisi acara atau siapa yang berhadir, perhatikan acaranya apa, langsung fokus pada isi acara dan terakhir penutup.


Gak kerasa udah mau azan magrib aja di tempat Mb Sara, dan akupun mau bersiap sholat pula. 

 

aku pada salahsatu webinar ^^


 


IMpreneur for Family, Program Promo Kuota dari Indosat


Masa pandemi menjadikan kebutuhan akan kuota internet meningkat pesat, baik untuk keperluan anak belajar daring, juga keperluan orangtua yang WFH ataupun menjalankan usaha online shop dari rumah, bahkan untuk kegiatan blogging.

Oleh karena itu, Im3 Ooredoo meluncurkan program paket Sharing Kuota yang bisa dibagi hingga 20 orang loh, wow ini mah kuota untuk sekomplek ya haha



Sharing Kuota dari Im3 Ooredoo terdiri dari 3 pilihan, yang paling gede ada Sharing Kuota Max, seharga 1 juta dengan kuota 320GB. 

 

Nah, gak hanya ada Program Paket Sharing Kuota aja nih, yang terbaru dan fresh from the oven ada program Freedom U.

Freedom U dengan tagline Untukmu Internet Terus Terusan merupakan program yang membebaskan pengguna memakai kuota utama saat kuota untuk aplikasi habis.

Seperti apa programnya bisa dilihat disini




Oiya, untuk pemasangan Sharing Kuota gak bisa di outlet ya, jadi harus menghubungi CS Indosat langsung, seperti Mb Fajar. Dan gak hanya untuk wilayah Jabotabek saja, Sharing Kuota juga berlaku di luar Jabotabek, silahkan hubungi CS Indosat di kota masing-masing. 

 


More info bisa ke IG @im3squad

Kece ya progam Indosat, sukses terus. 


Demikian beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang blogger, sebenarnya masih banyak, kira-kira apa lagi kemampuan yang harus dimiliki seorang blogger, ditunggu sharingnya ya di kolom komentar.


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging



8 comments:

  1. Mba Nufa Zee.. artikelnya bergizi tinggi. Penting untuk newbie seperti saya ^^

    ReplyDelete
  2. Waaaaah mantep tenan mbak ulasannya, lengkap! Jadi tertarik untuk belajar SEO Juga.
    Walaupun prosesnya nampak tdk simple, tapi insyaAllah bisa dilakukan siapa saja kan ya mbak :)
    Semangat terus bagi emak2 macam saya yang baru mau belajar SEO ya :D

    Makasih mbak zeee, btw saya juga pake paket Freedom U indosat loh, recommended pokoknya.

    Semoga lombanya juga menang ya mbak, sukses mbak zeee aamiin

    ReplyDelete
  3. enak ya jadi blogger, kerja dari rumah duitnya banyak.
    kata orang ... wkwk!

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah Teh, artikelnya muantul bener. Langsung bookmark dan ambil catatan, loh, aku. Hahaha, tapi paling sulit menurutku ini yang poin terakhir, si public speaking, lagi belajar rapi ngomong. Kadang suka belepotan, dan nggak sesuai sama apa yang bakalan kita ucapkan di kepala. Ibarat, mikir apa, keluarnya lain. Makasih banyak ilmunya Teh

    ReplyDelete
  5. Mau nih upgrade diri dengan belajar SEO on Page. Tapi mata kayaknya butuh kacamata baru nih, hahaha. Btw busuinsehat ya

    ReplyDelete
  6. Woowww keren banget yang dibahas mana detail dan lengkap bingit.. bener-bener bermanfaat buatku mbaak. Makasih yaa sharingnya tentang SEO tentang instagram twitter..daging banget gaess.. l

    ReplyDelete
  7. memang ya sekarang ngeblog itu nggak sekadar nulis lagi tapi sudah merambah ke media sosial lainnya. pr banget nih buat saya membenahi instagram dan twitter biar bisa memberikan peluang juga

    ReplyDelete
  8. masya Alla lengkap banget ulasannya, ini keren juara deh catatannya lengkap. Super sekali semoga menang ya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat. Mohon jangan masukkan link hidup saat mengisi kolom komentar. ^^ Biar gak capek kali ngapus broken link, ini kenapa jadi curhat haha

Powered by Blogger.