-->
Menu
/

- Ciri-ciri Hamil yang Sehat Di Trimester Pertama -


Assalamualaykum, Pembaca Nufazee!

 



Ada yang lagi hamil atau sedang program hamil?

Wah, selamat dan semangat yah. Beberapa bulan lalu aku baru melewati indahnya menjalani kehamilan ketiga, anak kedua. Kehamilan kedua sempat keguguran, huhu.

Hamil sendiri adalah kondisi yang bukan sakit, namun ada beberapa kondisi kehamilan yang dapat membahayakan calon ibu dan janin.

Meskipun begitu, untuk mengetahui kehamilan kita sehat atau tidak, ada baiknya langsung konsultasi ke dokter obgyn kesayangan.

Kondisi ibu hamil pada trimester pertama, umumnya payudara jadi lebih sensitif, plus nyeri.

Selain itu pada ibu hamil akan mengalami morning sickness atau mual dan muntah di pagi hari yang membuat sulit makan.

Namun ada juga loh yang tidak mengalami mual muntah, nah kondisi ini dianggap tubuh ibu siap menerima perkembangan yang saat ini terjadi di rahim dan segala perubahan hormon.

Sewaktu aku hamil trimester pertama, aku mengalami mual muntah, meski gak parah tapi cukup mengganggu, sampai-sampai dokter obgynku mempermasalahan tubuhku yang kurus huhu, sedih sebenarnya disinggung secara fisik, ditambah ada garis senyuman di bibir dokternya, aaarrrgghh, aku jadi tambah panik - _-

Setelah aku pelajari, keadaan mual muntah itu tanda bahwa tubuh calon ibu gak siap. Itu sebab, super penting menyiapkan kehamilan, bahkan sebelum mengalami hamil itu sendiri, dengan cara menyiapkan tubuh ibu untuk siap menerima calon janin yang istimewa.

Akhirnya oleh dokter, aku diberikan obat mual muntah. Jika sudah tidak mual muntah lagi, segera hentikan minum obat.


Tips Alami Atasi Mual Muntah Saat Ciri Ciri Hamil Muda Melanda


1. Minum Air Nabeez

Rendam 3 kurma pada malam hari lalu masukkan ke kulkas. Di pagi hari, buang kurma, lalu tambahkan 2 sdm madu dan 2 sdm minyak zaitun pada air rendaman kurma, lalu minum dalam keadaan dingin. Dijamin segeeer banget! Dan di pagi hari energiku berasa full, kayak gak hamil haha.

2. Makan buah


Usai minum air nabeez, aku lanjutkan dengan makan buah. Buah yang aku suka selama hamil adalah semangka dan pepaya, setelah itu baru deh makan berat seperti risol, kebab, nasi. Intinya makan dikit dikit tapi sering, agar tidak mual dan perut begah.

3. Hirup Aroma Peppermint Essential Oil dan Lemon Essential Oil serta Lavender Essential Oil


Aroma Peppermint Oil dan Lemon Oil juaraaak banget hempaskan rasa ingin muntah. Oiya, aroma Lavender juga bantu ibu hamil yang susah tidur menjadi cepat lelap, dan memiliki tidur berkualitas

4. Minum Suplemen Kehamilan


Disini bagian beratnya, yaitu disiplin minum suplemen kehamilan. Pas banget kapsul suplemenku itu sizenya gede, mana diminum sekali 2, apa gak ingin muntah saat menelannya huhu.

 

Maka aku berusaha kenal dengan kondisi ku, kapan ingin mual, kapan saatnya minum suplemen. Minum suplemen membantu sekali mencukup kebutuhan vitamin, mineral, dan zat besi ibu hamil, karena ibu hamil rentan sekali anemia defisiensi besi. 

 

Wajib minum suplemen ya Bu selama hamil. Jika bumil kurang darah, efek jangka panjang dapat pengaruhi 3 generasi loh, yaitu, ibu, anak dan cucu. Program pemberian TTD ( Tablet Tambah Darah) juga diinsiasi pemerintah.



Semoga tips diatas membantu ya.


Ciri ciri hamil sehat di trimester pertama selanjutnya adalah ibu akan sensitif pada bau bau an.

Kalau aku dulu sensitif pada bau sabun cuci piring, bau bawang merah, praktis aku gak masak haha, rebahan dan order makanan secara online

Kemudian akan mengalami mood swing atau perubahan mood, mudah lelah, apalagi jika hari sudah siang dan jelang sore.

Terakhir, kondisi kehamilan sehat di trimester pertama yang perlu sekali diperiksa lewat USG adalah adanya denyut jantung janin yang baik.

Aku jamin deh mau itu kehamilan ketujuh sekali pun entah kenapa selalu terharu mendengarkan denyut jantung janin huhu.

Lalu bagaimana dengan trimester berikutnya? Yes, tiap trimester, tubuh ibu hamil akan terus beradaptasi seiring perut bertambah besar. Saranku, sebaiknya banyak mengikuti event-event mengenai kehamilan, agar lebih siap dan tahu harus ngapain, sehingga ibu lebih berdaya dan bisa menikmati kehamilannya, janin pun bahagia, sebab ibunya happy.


Sekilas Tentang Halodoc


 

Saat pertama tahu aku hamil dari tespack, ditambah kondisi mual muntah yang mengganggu, aku sempat bertanya kepada dokter obgyn via Halodoc

Aplikasi yang dikembangkan Jonathan Sudharta tahun 2016, membantu sekali dalam mempertimbangkan kapan saat tepat ke rumkit, apalagi saat pandemi begini.

Aku sendiri sengaja tidak langsung ke rumkit untuk bertemu dokter pasca testpack, namun aku menunggu agar kondisi janin agak lebih besar dan kuat sehingga dapat dilihat lewat pemeriksaan USG tanpa harus diperiksa via transvaginal.

Di Aplikasi Halodoc ini selain bisa interaksi online dengan dokter, user juga bisa pesan antar vitamin dan obat. Sungguh mudah sekali.

Halodoc dapat diunduh di Google Playstore, lalu isi data dan verifikasi, terus langsung bisa deh chat dengan dokter sesuai kebutuhan kita.

Stay safe and health ya Bumil!

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat. Mohon jangan masukkan link hidup saat mengisi kolom komentar. ^^ Biar gak capek kali ngapus broken link, ini kenapa jadi curhat haha

Powered by Blogger.