Menu

your blog banner

Tips Mengenalkan Alat Transportasi Umum Pada Anak

/ / 0 Comments
Tips Mengenalkan Alat Transportasi Umum Pada Anak
Bismillah,
Assalamualaykum



Salahsatu bahan ajar dalam kurikulum pendidikan anak usia dini adalah pengenalan alat transportasi.

Khalil ( 4 tahun ) senang banget jika sudah berkaitan dengan alat transportasi, kayak takjub gitu dia lihat roda yang berputar, belum lagi hasil nonton dari film kartun favoritnya yaitu kisah Tayo, si bus kecil atau Thomas The Train.

Lalu bagaimana tips cara mengenalkan alat transportasi umum pada anak? Apakah cukup dengan mengenalkan saja dan mencoba alatnya satu satu, atau hal lain apa yang bisa dipelajari anak dari edukasi alat transportasi umum, yuk berikut tipsnya!

1. Kenalkan alat transportasi sesuai jenisnya

Pengenalan alat transportasi berdasarkan jenisnya ini aku lakukan melalui buku, karena belum tentu juga akan mencoba semua alat transportasi dalam satu waktu pada Khalil. Alat transportasi berdasarkan jenis ada transportasi darat, laut dan udara



2. Kenalkan konsep kecepatan pada setiap alat transportasi yang dicoba atau dikenalkan

Tips kedua ini bisa dikenalkan dengan mencoba alat transportasinya, lalu tanyakan pendapat anak mengenai kecepatannya, barulah orangtua masuk pada konsep pengenalan kecepatan alat transportasi.

Misal pergi ke pasar naik motor dengan naik angkot, mana yang lebih cepat.

Sejauh ini Khalil baru mencoba alat transportasi darat, seperti motor, becak motor, mobil, bus, kereta api. Semoga segera mencoba naik pesawat ya Nak, seperti yang Khalil impikan




3. Ajak Anak Mencoba Berbagai Alat Transportasi dan Rasakan Bedanya

Cara ketiga ini memberikan pengalaman berbeda-beda pada anak. Misal kalau naik becak motor, lebih banyak pemandangan yang dilihat dan banyak angin dibanding naik mobil



4. Kenalkan Kelebihan dan Kekurangan Fungsi dari Tiap Jenis Alat Transportasi

Jika anaknya udah lebih gede dikit, konsep kelebihan dan kekurangan ini boleh dijelaskan oleh Ayah Bunda.

Bagaimana jika ingin cepat sampai di suatu tempat sebaiknya naik apa? Apakah becak motor atau motor? Kalau ketempat yang beda kota, sebaiknya naik apa? Jika beda pulau, alat transportasi apa yang dinaiki?

5. Kenalkan Aturan Main Tiap Alat Transportasi

Pada poin lima Ayah Bunda memberikan pengetahuan pada anak tentang aturan naik masing-masing alat transportasi.

Misal naik angkot, harus perhatikan nomor angkotnya agar gak kesasar, lalu aturan duduk yang aman dan nyaman di posisi mana, sebab kondisi angkot di Medan ya tahulah ya

6. Bepergian Menggunakan Alat Transportasi, Ajarkan Pendidikan Karakter Pada Anak

Semacam paket komplit ya saat mengenalkan alat transportasi pada anak, sebab didalamnya orangtua secara gak langsung juga bakal mengajarkan gimana caranya mengantri tiket, disiplin waktu agar gak ketinggalan kereta api, bus atau pesawat, budaya jujur, taat aturan sampai pada mandiri jaga diri, bawa bekal selama perjalanan.

Pada poin ini aku mengenalkan pada Khalil rambu-rambu lalu lintas dengan cara bermain seperti permainan Lampu Hijau-Merah.

( Bisa baca disini lengkapnya : Inilah 15 Aktivitas Motorik Untuk Anak 3 Tahun )





Semangat mencoba ya Ayah Bunda pasti jadi momen mengesankan yang akan selalu diingat anak.

Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan Transportasi Saat Ini Bagi Anak dan Wanita


Berdasarkan data kepolisian di atas yang menyebabkan rata-rata 3 orang setiap jam meninggal akibat kecelakaan jalan, terbanyak adalah karena karakter pengemudinya, dan terbanyak kedua adalah faktor prasarana dan lingkungan terakhir karena faktor kendaraannya layak jalan atau gak.

Oleh sebab itu, pemerintah sejak tahun 2017 gencar adakan kampanye Keselamatan Transportasi Darat dengan tagline Sayangi Nyawa, Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan yang berarti keselamatan di jalan itu terwujud jika semua orang mau peduli keselamatan dan disiplin berlalu lintas

Kemudian pada 2018, Polisi merilis ada setidaknya 197 kecelakaan lalu lintas sepanjang Januari – Oktober 2018 yang melibatkan anak di bawah umur, mayoritas usia 11-17 tahun dengan moda kendaraan roda dua. ( CNNIndonesia.com)

Lalu bagaimana dengan korban kecelakaan dari kelompok pejalan kaki? Menurut Global Health Report on Road Safety 2018 yang dikeluarkan WHO, pada tahun 2016 jumlah korban meninggal akibat kecelakaan lalu linta mencapai 31.282 orang dan pejalan kaki jadi urutan kedua yang memakan korban terbanyak.

Kok bisa, pejalan kaki jadi korban?

Bisalah, secara trotoar dipakai juga sama pengendara sepeda motor. Hal ini jadi fokus komunitas @koalisipejalankaki di Instagram yang mengampanyekan #BergerakUntukKeselamatan dan berjuang menyuarakan serta mendorong upaya peningkatan keselamatan bagi pejalan kaki.

Kebayang ya kalau aku dan Khalil sedang jalan-jalan di trotoar, huhu  wajar banget korbannya itu kebanyakan perempuan dan anak.

Berharap banget nih pada pemerintah, selain fokus mengembangkan transportasi canggih baik di darat, laut dan udara, maka keselamatan, keamanan dan kenyamanan juga jadi prioritas sebab itu semua bagian dari kebutuhan dasar masyarakat.

Alhamdulillah di Medan sendiri, pengembangan trotoar yang layak sudah mulai diperhatikan dan dibangun.

Tapi ya gitu, kadang warganya sendiri yang belum teredukasi. Di Medan kursi besi trotoar yang tadinya cantik, bagus, kokoh, hanya bertahan beberapa bulan saja, selebihnya sudah tinggal kerangka demi kerangka besi, sebab ada oknum yang mempreteli dan mengkilokan besinya.

Atau  ada oknum pengendara yang enggan menunggu lampu merah, lebih memilih lewat trotoar. Subhanallah wkwkw. Jadi, banyak warga luar kota Medan pasti bakal sport jantung dan tercengang setiap kali jadi bagian pengguna jalan di Medan untuk pertama kali.

Aku sendiri sebagai wanita, cukup terbantu dengan keberadaan alat transportasi online, apalagi aku gak bisa bawa kendaraan apapun kecuali sepeda wkwkw.

Untuk transportasi online apalagi karya anak bangsa, semoga pemerintah juga bisa bersinergi dan menetapkan kebijakan serta regulasi yang win win solution bagi keberadaan transportasi online. Saran aku sih, jangan ada lagi transportasi online yang bukan karya anak bangsa masuk ke Indonesia, ketegasan pemerintah mengenai hal ini sangat dinanti.

Namun, harus optimis ya kan!

Strategi Sistem Transportasi Ramah Anak

Suka deh dengan jargon Pak Anies Baswedan, Gubernur Jakarta, bahwa saya akan membangun kota yang

MAJU, LESTARI, WARGA BERBUDAYA, WARGA TERLIBAT PERADABAN

Karakter warga jadi fokus Pak Anies, MasyaAllah.

Dalam membangun transportasi di Jakarta, Pak Anies memakai 3 fase:

GAGASAN
NARASI
KARYA

Ketika membangun transportasi, fase ini dipakai Pak Anies. Gagasan apa yang dikeluarkan ?

Apa alat transportasi yang dimiliki setiap orang?

Bukan sepeda motor, tapi

KAKI

Fokus Bangun Trotoar

Karena itu yang harus dibangun pertama kali adalah tempat pejalan kaki atau trotoar lalu, kendaraan bebas emisi, kendaraan umum dan kendaraan pribadi.

Maka bisa dilihat sendiri, wajah transportasi Jakarta kini. Kemudian sistem transportasi pun dilakukan secara integrasi, setiap moda tersambungkan, persis kayak sistem transportasi di luar negeri ya, dengan 1 kartu bisa beberapa kali pakai moda transportasi dan bisa kemana aja.

Untuk kendaraan pribadi, benar-benar diatur secara ketat baik dari harga sampai keperizinan, sehingga tak banyak kita lihat pengguna kendaraan pribadi di Jepang, sebab pemerintahnya membuat transportasi senyaman dan semurah itu gaes.

Selain trotoar, dalam trotoar dibangun juga jalur khusus pengendara sepeda.

Fokus Mengembangkan Kendaraan Bebas Emisi

Tahukan gimana keadaan bumi kita huhu? sungguh malang. Ada baiknya memang pemerintah juga fokus dalam pengembangan kendaraan bebas emisi, sehingga mendukung kota yang bebas polusi.

Penanaman Pohon Pada Tiap Ruas Jalan

Sebagai solusi mengatasi polusi juga dengan menanam pohon pada tiap ruas jalan

Adakan Strategi Penurunan Kecepatan

Pada pemukiman penduduk, sebaiknya ada himbauan untuk penurunan kecepatan yang berdampak pada suasana aman bagi anak-anak untuk gunakan jaringan jalan tersebut.

Ini masih baru urusan transportasi darat, lalu bagaimana dengan transportasi udara dan laut? MasyaAllah tugas Kemenhub pasti buanyak banget ya, apalagi Indonesia terdiri dari pulau-pulau, pastinya gak mudah menghubungkan semuanya.

Maka, menghubungkan pulau satu dengan pulau lain masih jadi visi Kemenhub, sehingga Program Indonesia Sentris jadi program unggulan pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Program ini membuka akses keterisolasian dan berharap dapat meningkatkan perekonomian suatu daerah, hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkenaan dengan Capaian 5 Tahun Kementerian Perhubungan Periode 2014-2019.

Kemenhub dan Capaian 5 Tahun Kinerja Transportasi Indonesia ( 2014-2019) 


Kemenhub atau Kementrian Perhubungan mempunyai visi :

Terwujudnya pelayanan transportasi yang handal, berdaya saing dan memiliki nikai tambah

Pelayanan transportasi yang handal diindikasikan dengan penyelenggaraan transportasi aman, selamat dan nyaman, tepat waktu, terpelihara, mencukupi kebutuhan, menjangkau seluruh pelosok tanah air serta mampu mendukung pembangunan nasional dalam wadah NKRI.

Pelayanan transportasi yang berdaya saing diindikasikan oleh penyelenggaraan transportasi yang efisien, dengan harga terjangkau (affordability) oleh semua lapisan masyarakat, ramah lingkungan, berkelanjutan, dilayani oleh SDM yang profesional, mandiri dan produktif.

Pelayanan transportasi yang memberikan nilai tambah diindikasikan oleh penyelenggaraan perhubungan yang mampu mendorong pertumbuhan produksi nasional melalui iklim usaha yang kondusif bagi berkembangnya peran serta masyarakat, usaha kecil, menengah dan koperasi, mengendalikan laju inflasi melalui kelancaran mobilitas orang dan distribusi barang ke seluruh pelosok tanah air, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi percepatan pertumbuhan ekonomi nasional serta menciptakan lapangan kerja terutama pada sektor-sektor andalan yang mendapat manfaat dari kelancaran pelayanan transportasi.

Perwujudan visi Kemenhub semakin paripurna ya apalagi dengan pendekatan Indonesia Sentris ini, yakni dengan memberikan dukungan aksesibilitas terhadap Daerah 3TP ( Terluar, Terdepan, Tertinggal dan Perbatasan)

Apa saja langkah yang udah  dilakukan Kemenhub?



Dengan penyediaan prasarana 18 rute tol laut yang bertujuan menekan disparitas harga di Indonesia Timur, 891 trayek angkutan perintis ( angkutan jalan, SDP, KA, laut dan udara) dan pembangunan serta pengembangan 131 bandara di daerah rawan bencana, perbatasan dan terisolir.

Gak hanya menyediakan prasarana, Kemenhub juga melakukan pembangunan infrastruktur transportasi supaya membuka ruang ekonomi baru di daerah-daerah seperti dukungan atas pengembangan kawasan wisata dengan penyediaan akses transportasi menuju kawasan wisata, lengkap dengan dukungan sarana juga prasarana.

Untuk capaian di sektor Perhubungan Darat ada pembangunan BRT ( Bus Rapid Transit), Rehabilitas Terminal, Pembangunan Pelabuhan Penyebrangan dan Pembangunan Kapal.

Kemudian Kemenhub juga telah melakukan pengembangan transportasi perkotaan, nah ini yang kita bahas dari awal tadi. Pengembangan angkutan massal di wilayah perkotaan yang bertujuan memindahkan sebagaian pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum. Di Jabodetabok pengguna angkutan umum terus meningkat seiring perbaikan layanan apalagi sudah ada MRT dan LRT, berharap di Medan juga ya kan dan memang pembangunannya juga nampak.

Lalu untuk capaian Sektor Perhubungan Laut ada Pembangunan Pelabuhan Non Komersial sebanyak 118 lokasi dan pengembangan pelabuhan diantaranya pengembangan Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Kuala Tanjung dan proyek tol laut.

Sedangkan untuk peningkatan bidang logistik, Kemenhub telah menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan Hubungan Internasional. Terbukti dari arus bongkar muat ( troughput) petikemas di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok mencapai 7,5 juta TEUs pada tahun 2018, berharap terus meningkat hingga 12 juta TEUs di 2019, sehingga ke depan perdagangan ke luar negeri dari Indonesia dapat ditangani Pelabuhan Tanjung Priok.

Pada sektor Perhubungan Udara capaiannya yakni Pembangunan Bandara Baru di 15 lokasi bertujuan meningkatkan konektifitas antar wilayah dan peningkatan pariwisata 5 Bali Baru Indonesia.

Terakhir capaian pada Sektor Perkeretaapian ada Pembangunan proyek Double-Double Track (DDT), Reaktiviasi jalur KA, Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung dan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya.

MasyaAllah luarbiasa ya pencapaian-pencapaian transportasi oleh Kemenhub, semoga barokah dan kadang masyarakat mempertanyakan darimana duit untuk mewujudkan segala pencapaian itu?

Nah cek laporan keuangan ada lengkap di situs Kemenhub dan segala informasi Kemenhub boleh deh kita kepoin di semua sosmednya

Website : http://dephub.go.id
Twitter : https://twitter.com/kemenhub151
Facebook: https://facebook.com/kemenhub151
Instagram : https://instagram.com/kemenhub151

Yok siapkan diri jadi warga yang berbudaya dan beradab, sambut Transportasi Unggul, Indonesia Maju!

Semoga Bermanfaat!

Wakaf dan Kemudahan Melakukannya Di Era Digital

/ / 10 Comments
Wakaf dan Kemudahan Melakukannya Di Era Digital
Bismillah,
Assalamualaykum, 




Generasi milenials kalau dengar kata wakaf pasti ingatannya gak jauh dari tanah perkuburan ya, tanah yang bakal di bangun masjid atau sekolah di atasnya. Namun itu masih mending sih, yang bahaya, kalau generasi milenials nanya, wakaf apaan? Sejenis bubble drink baru ya? *gubrak

Wakaf adalah…



Defenisi wakaf juga udah ada 15 tahun lalu dalam UU kita loh, yang bunyinya begini, 
perbuatan hukum wakif ( pihak yang mewakafkan harta benda miliknya) untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah.

Idealnya, kalau saja masyarakat lebih melek literasi, seharusnya udah gak dipakai lagi makna wakaf seperti yang aku jabarkan di awal tulisan ini. 

Dasar Hukum Wakaf

Lalu, apa yang mendasari hukum adanya wakaf ? Jadi, hukum wakaf adalah sunnah, yang wajib bayar zakat ya gaes. Nah, zakat belum tau juga? Cus baca atau ngaji lagi, bahaya kalau gak tahu, Rukun Islam yang keempat soalnya. 

Dalam Al Qur’an, secara umum gak ada yang menerangkan konsep wakaf dengan jelas, yang ada adalah bunyi ayat keutamaan menafkahkan harta  atau infaq fi sabilillah, sedekah untuk dapat pahala dari Allah.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir. Pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi sesiapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. al-Baqarah (2): 261)

“…kecuali kalau kalian mau berbuat baik kepada saudara-saudara kalian (seagama)”. (Q.S Al Azhab:6)

Sedangkan dalam hadis, yang jadi dasar dan dalil wakaf adalah saran Nabi dalam sepotong kisah Umar bin Al Khathab.

Usai penaklukan Benteng Khaibar yang kokoh, setiap pejuang muslim mendapatkan hadiah termasuk Umar bin Al Khathab. Umar mendapat sebidang tanah yang luas.

Betapa bahagianya Umat mendapat hadiah itu, saking senangnya, Umar gak tahu hadiah itu mau diapakan, kalau kita mungkin udah jadi ladang sawit ya haha. Nah, untuk itu Umar minta saran kepada Rasulullah SAW

‘Aku belum pernah dapat hadiah tanah hingga aku sebahagia ini. Apa yang kau perintahkan kepadaku wahai Rasulullah?’ tanya Umar


‘Jika kau mau, olahlah tanah itu lalu kau sedekahkan hasilnya” saran Rasulullah SAW

Umar pun dengan segera mengolah tanah itu jadi ladang pertanian. Setiap panen, dia segera sedekahkan sebagian hasilnya. Banyak fakir miskin menikmati hasil panen dari ladang Umar.

Setelah Umar wafat, putranya Abdullah bin Umar mewakafkan tanah beserta isinya, mulai dari pohon, air, hewan dan lainnya untuk kepentingan umat Islam, terutama fakir miskin dan yang memerlukannya. 

MasyaAllah!

Kemudian dalil lain yang menguatkan dasar hukum wakaf ini adalah hadis yang disampaikan Imam Muslim dari Abu Hurairah.

“Apabila seorang manusia itu meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya kecuali dari tiga sumber, yaitu sedekah jariah (wakaf), ilmu pengetahuan yang bisa diambil manfaatnya,  dan anak soleh yang mendoakannya.”

Gak kebayang pahala Umar yang mengalir sampai sekarang . Gendut banget rekening kebaikannya di akhirat.

Di Indonesia sendiri pelaksanaan wakaf mah udah berjalan bahkan sejak sebelum merdeka,  waktu itu dilakukan masyarakat muslim Indonesia pastinya. Maka lahirlah Undang-undang khusus yang mengatur perwakafan di Indonesia. Tepatnya UU No. 41 tahun 2004 tentang wakaf seperti yang aku jelaskan diawal. 

Jadi, pas banget ya dengan pemikiran John L Esposito dalam Ensiklopedi Oxford: Dunia Islam Modern bahwa keberadaan wakaf itu sama tuanya dengan usia manusia.

Syarat-Syarat Wakaf

Apa aja sih syarat-syarat wakaf? Nah ini dia,


Macam-Macam Wakaf

Menurut beberapa Ulama, wakaf ada banyak jenisnya, dan aku rangkum seperti ini, 

Saat ini wakaf gak lagi terbatas pada harta tidak bergerak seperti tanah tapi juga bisa harta bergerak yang bisa diproduktifkan, seperti uang, saham,asuransi, deposito, bahkan sampai ke hak paten pun dapat diwakafkan.

Hmm, kira-kira kamu mau wakafkan apa ni? Mantan? *plaak

Tujuan dan Fungsi Wakaf

Apa sih tujuan kita wakaf? Ini dia jawabannya, semoga semakin menguatkan keyakinan untuk berwakaf ya.



Adapun tujuan besar berwakaf, berdasarkan perkataan Allah,

Dan carilah apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu ( kebahagiaan ) Negeri Akhirat dan janganlah lupakan bagianmu dari dunia “ (QS. Al-Qasas: 77)

Untuk kebahagiaan kita di Akhirat, sebuah negeri yang kita kekal disana selama-lamanya dan wakaf jadi pemberat timbangan amal kebaikan. Dunia ini hanya sementara  aja, sekedipan mata ibaratnya.

Tindakan wakaf juga bentuk dari doa sakti berikut ini,

Ya Allah perbaikilah bagiku agamaku sebagai benteng urusanku, perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku, perbaikilah bagiku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku! Jadikanlah ya Allah, kehidupan ini mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan jadikanlah kematianku sebagai kebebasanku dari segala kejahatan” (HR. Muslim No. 2720)

Indonesia dan Potensi Wakafnya Yang Besar

Program wakaf kembali digencarkan pemerintah salahsatunya karena demi mewujudkan misi menjadikan Indonesia pusat ekonomi syariah se-Asia. Indonesia cukup ketinggalan jauh dari Malaysia yang ekonomi syariahnya mulai bergeliat sejak 1985 sedangkan Indonesia baru merintis pada tahun 1992.

Selain atmosfer industri halal mulai dari makanan, kosmetik, wisata, trend fashion dan keuangan syariah, semakin tebal beberapa tahun terakhir, hal ini ditandai banyaknya penganut agama Islam dari seluruh dunia, bahkan pertambahan ini diprediksi akan terus berlangsung dua kali lipat sampai 2050

Kerennya lagi berdasarkan survei lembaga Charities Aid Fund’s World Giving Index tahun 2018, Indonesia ada pada peringkat teratas sebagai negara paling dermawan sedunia. Barokallah Indonesia!

Berdasarkan fakta ini pemerintah langsung membentuk KNKS atau Komite Nasional Keuangan Syariah, lembaga ini sebagai wujud nyata dari komitmen pemerinta dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah tentunya dengan melibatkan presiden dan wapres serta beberapa anggota Dewan Pengarah. Ketentuan ini ada pada PerPres No.91 tahun 2016.

Target mewujudkan itu semua gak lama, hanya 5 tahun, huhu duh bisa gak kita ya, semoga saja!

Lalu terkait dengan wakaf, efek dari perkembangan industri halal termasuk Islamic Finance¸menurut Badan Wakaf Indonesia ( BWI ) , potensi wakaf masyarakat Indonesia naik pesat, hal ini terlihat dari data tanah seluas 2700 kilometer persegi di lebih 366 ribu lokasi adalah wakaf masyarakat.

Itu masih wakaf tanah ya, barang tak bergerak, trus gimana dengan potensi wakaf tunai atau wakaf uang? Diperkirakan mencapai 180T per tahun. Dengan dana segitu banyak, amat sangat mungkin dipakai untuk membantu korban bencana alam, maksimalkan pemberian beasiswa, atau memberikan modal kerja pada UKM.

Cara Wakaf di Era Digital

Gimana sejauh ini udah makin kenal dengan wakaf kan ? Dalam Islam, gak ada yang sia-sia, bahkan barang gak bergerak aja dipikirin gimana supaya produktif dan gak mubazir, masyaAllah.

Nah, untuk kamu yang berencana berwakaf sudah bisa diancang-ancang, benda apa yang mau diwakafkan.

Kalau mau mewakafkan uang, calon wakif ( pelaku wakaf ) datang ke Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang ( LKS PWU ). Saat ini sudah ada 17 LKS PWU yang juga merupakan bank-bank syariah yang ada di Indonesia.

Kemudian sampaikan bahwa kita mau mewakafkan uang, nanti pihak bank akan meminta calon wakif isi Akte Ikrar Wakaf ( AIW ) dengan melampirkan fotokopi kartu identitas, lalu wakif menyetorkan dana wakaf pada bank, nantinya oleh bank, dana itu akan masuk pada rekening wakaf milik BWI.

Itu kalau wakaf uang, wakaf asuransi juga ada.

Sekarang banyak juga lembaga wakaf profesional, seperti Dompet Dhuafa.

Ragu Nih, Ntar Hasil Wakaf Kita Gak Transparan

Kalau wakaf sosial, wujudnya gak diragukan lagi, seperti bangunan sekolah, masjid atau tanah pemakaman, lalu gimana dengan wakaf produktif seperti wakaf uang?

Menurut Ahmad Sonhaji, penulis buku Bahagiamu Lengkap dengan Wakaf, rerata masyarakat Indonesia hanya mengenal wakaf seperti bangunan…sedangkan sedangkan sosialisasi wakaf produktif masih kurang.

Salahsatu kendalanya adalah karena masih kurangnya pengusaha yang dapat membantu pengembangan wakaf produktif ini, selain itu masalahnya ada pada regulasi wakaf di pemerintah yang masih tarik ulur dan belum sepenuhnya mendukung.

Beruntung sekarang ada lembaga sekaliber Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, unsur pelaksana yang berada di bawah dan bertanggung jawab pada Menteri Agama.

Unsur pelaksana BIMASISLAM inilah yang diantara tugasnya yakni merumus segala kebijakan bimbingan masyarakat Islam. Kemudian BIMASISLAM menanggungjawabi 6 susunan organisasi atau direktorat, salahsatunya Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf yang dipimpin oleh Muhammad Fuad Nasar.

Dalam perjalanannya nanti, Menteri Agama, Badan Amil Zakat Nasional dan Badan Wakaf Indonesia bersinergi untuk kebangkitan zakat dan wakaf, ditambah dengan adanya platform literasizakatwakaf.com , diharapkan masyarakat makin teredukasi untuk berzakat dan wakaf.



Oiya untuk Badan Wakaf Indonesia ( BWI ) sendiri, merupakan lembaga negara independen, dibentuk bukan untuk ambil alih aset-aset wakaf yang selama ini dikelola nazhir, justru BWI ada untuk membina nazhir agar aset wakaf dikelola lebih baik dan produktif sehingga bisa memberikan manfaat lebih besar pada masyarakat baik dalam bentuk pelayanan sosial, pemberdayaan ekonomi maupun pembangunan infrastruktur publik.

Jadi, insyaAllah dana wakaf produktif kita, dikelola dengan transparan, sebab ada banyak lembaga yang mengawal dana wakaf di negara ini. Dan pastinya regulasi pemerintah sudah semakin baik.

Semoga bermanfaat!

Sumber bacaan :

Al Qur'an Al Kariim
Syamsu Arramly, Ayah Bunda, Bimbing Aku Pintar Berzakat
Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza iri, Minhajul Muslimin
Situs BWI
Situs Bimasislam
Situs literasizakatwakaf

Review Film Joker dan Kaitannya dengan Pola Asuh

/ / 4 Comments
Review Film Joker dan Kaitannya dengan Pola Asuh
Bismillah,
Assalamualaykum,


Udah berapa lama ya gak nge-review film, terakhir terniat nge-review Avanger Endgame tapi gak tertulis tulis haha.

Dan review kali ini emang aku sempatin banget ditengah-tengah deadline tulisanku yang padat merayap *lalu dikeplak netijen wkwk

Senin lalu, minggu pertama Joker tayang di bioskop, eh tiba-tiba si Aa’ ngajak nonton, ya aku gak nolaklah haha. Bisa diitung lah kami moviedate. Trus langsung cek aplikasi, yaelah masih sepi penonton, cus lah pesan di tempat aja. Sore jam 4 kami berangkat, film tayang jam setengah lima haha, Alhamdulillah bioskop cuma lima langkah agak naik motor 5 menit, sampelah.

Gak ada ekspektasi apa-apa nonton film ini, cuma penasaran aja kok bisa dia jadi tokoh antagonis di serial komik Batman. Memang pande kali lah penulis naskah film ini ya *cari duit*, tokoh komik mulai diangkat satu per satu kisah hidupnya, ckckc, awak tukang beli tiket dan duduk syantik aja ya kan di depan layar bioskop yang gede itu trus nonton filmnya deh haha.

Scene dibuka dengan setting kota Gotham tahun 70-an apa 80-an gitulah dalam suasana ruangan perusahaan Haha, yang memperkerjakan para badut dan komedian, tampak Arthur Fleck sedang duduk di depan cermin dengan riasan wajah badut menatap kosong dan lalu melebarkan mulutnya, seolah membuat senyum.

Kalau aku praktekkan, sakit kali buat senyum yang dipaksakan itu, ketarik total mulut kita kiri kanan, macam dikoyakkan.

Lalu Arthur beraksi di sebuah jalan di kota Gotham sambil bawa papan iklan dirinya, kemudian datang sekelompok anak berandalan yang merebut papan iklannya. Arthur mengejar mereka setengah mati dengan kostum badut lengkap sepatu gede badut, terjatuh-jatuhlah Arthur mengejar anak berandalan ini. Sampai di sebuah lorong, mereka sembunyi dan menghantam papan itu ke tubuh Arthur. Arthur rebah dan ramai-ramai mereka menendangnya.

Kebayang ya, adegan pembukaan aja udah menyedihkan kayak gini, aku udah gelisah aja menanti adegan malang lainnya yang menimpa Arthur.

Kemudian Arthur pulang naik bus, dengan wajah masih bersisa riasan badut di pinggir-pinggir pipinya. Dia duduk di belakang seorang ibu yang bawa anak. Anaknya senang sama Arthur, jiwa badut Arthur terpanggil dong, eh mamak si anak nge-gas, Arthur dituduh mengganggu anaknya.

Dan kondisi kota Gotham saat itu memang sedang krisis, penduduk miskin dimana-mana, tapi ya gitu, negara mengurus mereka seperti setengah-setengah, dan kesenjangan ekonomi antara si kaya dan si miskin tampak jelas, belum lagi pas dimomen pemilihan walikota.

Bisa jadi, kondisi kota dan penduduk yang kayak gitu membuat semuanya saling curiga, merasa gak aman dan nyaman.

Pas Arthur di gas mamak gardam versi kota Gotham di dalam bus itu, Arthur malah ketawa-tawa. Tertawanya itu beda, bukan ketawa bahagia, tapi ketawa menyiksa. Aku aja yang nonton lihat Arthur ketawa, ya Allah, menyedihkan sekali orang ini huhu.

Dan memang Arthur sedang dalam kondisi yang dinamakan efek pseudobulbar (PBA) penyakit yang membuat penderitanya tertawa dan menangis tiba-tiba, dan di Arthur kondisi terbalik, yang seharusnya sedih, dia tertawa, dan yang seharusnya lucu dia malah sedih.

Karena keadaan anehnya inilah, dia sampai bawa kartu kemana-mana yang bertuliskan bahwa dia ada sakit mentalnya, dan mamak yang nge gas tadi akhirnya minta maaf, sebab udah tau kondisi Arthur.

Untuk sakitnya ini, Arthur udah emang berobat, kalau di Indonesia dia pakai BPJS lah gitu ya haha. Efek PBA ini gak bisa sembuh, sebab yang kacau adalah saraf di otak, solusinya jadi ketergantungan obat, semacam obat penenang lah gitu dan buku catatan. Jadi, Arthur bawa buku catatan kemana-mana. Mungkin saran psikiater dia juga.

Ketika sampai di lokasi yang udah dekat rumahnya. Dia tinggal di apartemen kumuh, yang jalan ke apartemennya itu melewati 1000 anak tangga haha, ya Allah aku aja yang lihat dia jalan dengan lemah lunglai itu capek, apalagi Arthur ya huhu.

Setiap dia sampai di apartemen, dia wajib lihat loker, berharap ada surat disana, namun tidak pernah ada.

Arthur tinggal bersama ibunya yang sudah tua dan sakit, sakit mental pula. Ibunya ini selalu menyuruh Arthur mengirimakan surat untuk Thomas Wayne.

Siapa Thomas Wayne ini?

Duh reviewku mengandung spoiler parah kayaknya haha, bakal kena kiriman martabak bertubi-tubi ini dari para netijen tercintah.

Aku balik lagi menceritakan mamak si Arthur yang bernama Penny Fleck. Karena sakit mental, Penny ini selalu memaksa anaknya pasang wajah bahagia, kalimat sakti mamaknya itu

Always put on a happy face

Jadi, Arthur ini gak dikasi kesempatan sama mamaknya untuk merasakan emosi lain selain happy, apakah itu emosi kesal, marah, kecewa, dll. Nah itu sebab mamaknya punya panggilan istimewa ke Arthur, Happy.

Ketika di rumah pun, mamaknya gak nanya kondisi anaknya, apakah lelah, kabar anaknya gimana? Yang ditanya tau apa?

Apakah ada balasan dari Thomas Wayne? Dia harus tahu kalau kita hidup susah dan miskin, ayahmu itu hartanya banyak, lalalala

Dalam hatiku pas lihat mamak Arthur, ya Allah, ini mamak kok egois kali lah, kenapa dia menghabiskan sepanjang sisa hidupnya, dengan terus mempertanyakan balasan surat orang yang sedetikpun gak pernah memikirkan kehidupan mereka, apalagi balas surat, gaes -_-

Kenapa mamaknya gak berjuang untuk fokus memberikan pengasuhan, perlakuan dan kondisi terbaik pada anak satu-satunya?

Eh diujung cerita aku baru paham kenapa mamaknya begitu, huhu.

Singkat cerita, di tempat kerja Arthur punya kawan yang kayaknya baik tapi pengkhianat, bos perusahaan Haha yang menuduh dia dan memecatnya, lalu ada pembawa acara tv favorit Arthur dan mamaknya, Murray Franklin Show, yang ternyata juga licik, yang paling menghujam jantung saat dia beranikan diri bertemu Thomas Wayne, sang calon walikota yang ternyata adalah … adalah…adalah…, Thomas Wayne ini pun licik juga.

Terus ada wanita di lift, yang memotivasi Arthur untuk membunuh apa bunuh diri gitulah, soalnya wanita itu hanya kasi kode tangan seperti pistol dan diletakkan di sisi kening, lalu mulut seolah mengucap 'boom'

Pokoknya Arthur hidup di lingkungan penuh orang yang mencap dia jahat, pengkhianat, pecundang. Udahlah Arthur sakit mental, lingkungan kayak gitu pula, punya mamak sakit jiwa. Paket komplit pake telor lah kehidupan Arthur ini.

Malangnya lagi saat dinas sosial tempat dia menebus obat dan melakukan konseling, eh ditutup karena bangkrut, konselor kesayangannya yang selalu mendengar cerita dia pun terpaksa berhenti, begitu juga obat-obatannya.

Kemudian sampailah kita pada adegan bunuh membunuh ala Arthur, aku auto tutup mata dan berpegangan tangan sama si Aa’ *eaaak

Jelang film berakhir, terungkap fakta bahwa Penny Fleck juga sakit jiwa, pernah dirawat di RSJ.

Menurutku dan menurut penggemar serial Batman. Penny ini memang punya sakit jiwa, suka berdelusi. Parahnya dia mengadposi anak pula. Anak inilah si Arthur.

Arthur kecil selalu dapat perlakuan kasar dari pacar Penny, dan Penny gak berbuat apa-apa.

Kondisi Penny yang delusi aku jadi teringat film Tully, seorang ibu yang mengalami delusi, bagus filmnya 👍 duh mamak mamak ini memang harus sehat jiwa raganya ya huhu

Akibat perlakuan kasar Penny, Arthur
banyak menderita benturan di kepalanya, sehingga efek cedera dirasakan ketika sudah dewasa, trauma apalagi.

Arthur juga mengalami delusi-delusi, yang aku pikir itu adegan nyata atau flashback, tapi itu adegan delusinya dia, oh my…

Wajar banget, pada akhrinya Arthur menyimpulkan bahwa hidupnya,

Aku gak pernah bahagia semenit pun dalam hidupku

Aku pikir hidupku adalah tragedi tapi ternyata komedi

Kalimat sakti yang paling makjleb kali adalah saat Arthur tampil di Murray Franklin Show,

Sistemlah yang membuat kalian memilih dengan sesuka hati mana yang benar dan salah menurut kalian, sama seperti kalian memilih tertawa atau tidak saat mendengarkan lelucon

Adegan pembunuhan Arthur pertama di kereta api, pas pula yang dibunuh adalah dua pemuda kaya, menjadi epic gitu dimata orang-orang miskin, padahal kan Arthur membela diri saat disituasi itu.

Ketika melakukan pembunuhan itu Arthur masih stelan badut. Sejak saat itu kostum badut jadi symbol pergerakan di kota Gotham dan menginspirasi lahirnya Joker.

Kondisi terakhir yang difilmkan, adalah fakta dari negara penganut sistem kapitalis, gaes, pemilik modal lah yang berkuasa. Aku jadi bercermin dengan kondisi hari ini, belum lagi pasca demo lalu huhu.

So, kalau ada muncul pernyataan bahwa orang jahat ada karena orang baik yang tersakiti, plis itu statement bahaya banget.

Bahaya bagi yang gak nonton Joker dari awal sampai akhir, parahnya jika statemen itu dibenarkan oleh anak remaja dan dewasa muda kita, trus auto jadi jahat, ya gak gitu juga lah.

Rasulullah SAW aja, dijahatin sedemikian rupa oleh kaumnya, tetap aja teguh pendirian jadi pribadi baik dan terbaik. 

Oiya aku mau ingetin juga, hati-hati dengan OST That’s Life, isi liriknya, kok ya kayak ngajak hidup pesimis. Begitulah hidup, deritanya tiada akhir, ini kenapa jadi kalimat sakti Tipatkai haha.

Kamu Bukan Joker, Pahami Siapa Dirimu Sebenarnya

Sekaliber Arthur aja, sadar dia sakit, dia sampe berobat loh, rutin temui psikiater. Nah kita, kalau udah mentok, merasa gak ada jalan keluar, semua orang menyalahkan, membully, dan melakukan hal negatif lainnya, udah sampai ke usaha jumpai ahli untuk cek mental kita belom?

Belum tentu kan?

Didukung pula dengan artis korea yang baru-baru ini bunuh diri. Se-gak pedulinya kita sama orang di sekitar kita saat ini loh, sampai merasa gak ada lagi orang yang mau dengar keluh kesah kita?

Sejatinya membangun self esteem atau ketahanan diri itu memang dari pola pengasuhan di rumah. Jika kita gak dapat pola pengasuhan itu, yok berlatih untuk menciptakannya.

Jika sadar diri ini banyak sampah mentalnya, ayok berusaha sembuh, temui ahli bila perlu, lakukan self healing.

Aku pernah dalam kondisi yang dialami Arthur, dan terapi menulis sangat membantu merilis jiwaku, namun ternyata gak cukup, usia awal menghadapi Khalil rewel yang saat itu dua tahun, inner childku muncul, aku merasa kayak monster T_T

Alhamdulillah sekarang jauhhh lebih baik, aku belajar, aku berlatih, ikut workshop self healing, ikut pelatihan sana sini, berkumpul dengan para guru parenting.

Bahagia itu pilihan loh, kita yang memilih.

Misal, kita pilih mendengarkan omongan orang lain tentang kita, atau kita lebih memilih gak mendengarnya?

Untuk kesehatan kewarasan jiwa, ya pilih gak mendengarkanlah.

Ketika dapat chat whatsapp yang gak enak, tinggal kita delete for me kan?

Ketika ada orang yang gak menyenangkan di sosmed , tinggal hide post kan?

Simpel gaes, simpel! Ya sekarang simpel, dulu haha, kepooo

Dan baper itu, bawa perasaan, kalau bisa jangan lebay, biar gak baper, kumpulkan data, apa yang buat kita baper, dengan data itu, gak ada yang perlu dibaperkan sebenarnya.

Yang harus kita lakukan adalah,

FOKUS

Fokus memperbaiki kualitas diri kita, dengan begitu kita sibuk dengan diri, tak sempat lagi melihat diri orang lain yang begini yang begitu, yang kurang ini, kurang itu.

Fokus memperbaiki kualitas diri bisa dengan mulai memahamkan lagi pemahaman agamanya, kajian tauhid dikencangkan, kajian memahami bacaan al qur’annya digaskan.

Terus, hati-hati menasihati orang lain, karena bisa jadi, kondisi dia saat itu hanya perlu didengarkan, bukan dinasehati. Mulut ini kadang payah pulak direm ya kan, tiba-tiba sok bijak kita.

Banyak-banyak berdoa, doa mempermudah urusan, yakni doa yang dilafalkan Nabi Musa saat menghadapi Fir’aun.

Sungguh, film Joker ini berat, pulang nonton, kami berdiskusi panjang selama perjalanan. Yuk ah bep, nonton apalagi kita after this? Haha

Semoga bermanfaat ^^

Belajar Mempertanyakan Cinta Ala Ara di Novel Hijrah Asmara

/ / 0 Comments
Belajar Mempertanyakan Cinta Ala Ara di Novel Hijrah Asmara
Judul Buku : Hijrah Asmara
Pengarang : Madun Anwar & Sukma El-Qatrunnada
Halaman : 213 halaman
Cetakan : I , Januari 2019
Penerbit : Loka Media

Bismillah,
Assalamualaykum,


Kapan ya terakhir kali bahas cinta-cintaan? Hmm…hmm… *gak cocok jadi Nisa Sabyan nih haha

Duluuu sekali zaman baru beberapa bulan tamat Aliyah, lalu teman-teman pada mempersiapkan masuk kuliah, lah aku malah sibuk melamar kerja, tapi aku masih sempat memikirkan perasaanku pada seseorang *eaaak

Nah daripada gak jelas, akhirnya aku menghubungi orang itu, minta bertemu dan pas ketemu langsung tanya ke inti masalahnya, ‘apakah dia mencintaiku dan berniat melangkah ke jenjang selanjutnya?’, ternyata dia hanya ½ mencintaiku *ada gitu setengah mencintai?, bisa jadi juga sik, dan dia belum siap, baiknya ini semua diselesaikan sampai sini.

Ah betapa leganya perasaanku waktu itu, meski sakit, tapi jauuuh lebih baik daripada gantung ya kan mana talinya gak Nampak lagi haha.

Dan saat baca Novel Hijrah Asmara, aku auto flashback ke masa lalu, ya ampun Ara, kamu itu aku banget loh dulu. perihal mempertanyakan cintanya loh ya.

Hijrah Asmara ini berkisah tentang seorang mahasiswi bernama Ara, jatuh cinta pada Fatih teman sekelompok saat OSPEK masuk kuliah. Lalu mereka jadian dan backstreet sodara-sodara dari Papa Ara, kalau Mama Ara, agak santuy, tapi gak janji juga kalau urusan Ara berpacaran malah ketahuan Papa.

Di kampus, Ara punya sahabat, namanya Denia. Denia ini sahabat yang baik menurutku sih, tapi sungguh dilema jadi sahabat yang punya pacar, serba salah.

Suatu hari, Ara ketahuan Papanya karena pacaran, dan meskipun marah, tapi Papa Ara keren loh cara marahnya ( hlm. 79)

Seperti apa kisah Ara dan Fatih selanjutnya, lalu bagaimana Denia memposisikan diri sebagai Sahabat baik Ara, lalu siapakan Arman dan Arum?

Cus baca novelnya yah, hehe.

Hijrah Asmara, Bukan Sekadar Novel Cinta


Menjadi remaja zaman sekarang luarbiasa tantangannya, betul gak? Yang remaja mana suaranyaa? Etdah jangan-jangan yang ngacung adalah remaja kelahiran tahun 80-an wkwkw

Tantangan yang paling luarbiasa adalah menolak berbeda untuk gak pacaran. Kalau gak pacaran, gak gaul, gak keren, begitulah pola pikir yang dibangun.

Dulu, aku sempat juga pacaran tapi zaman kuliah, zaman Aliyah sekadar surat-suratan aja haha. Zaman kuliah semester akhir, aku pacaran dengan niat menikah, dan pola pikir ini juga salah huhu. Alhamdulillah, kami gak menikah pada akhirnya. Aku tobat dan berhijrah.

Madun Anwar dan Sukma El-Qatrunnada, dua pengarang novel Hijrah Asmara mencoba mengangkat kisah cinta yang berbeda.

Tidak mudah menulis novel duet, dan itu udah aku rasakan bersama Sahabatku, Ririn, sewaktu mengerjakan proyek novel. Pada novel Hijrah Asmara, aku hampir bisa merasakan, mana yang ditulis siapa dan bagian mana yang ditulis siapa.

Aku gak tau bagian siapa yang menulis narasi deskripsi mengalun-alun seperti pada prolog dan siapa yang menulis bagian dialog singkat-singkat, meskipun begitu novel ini tetap asyik dibaca, aku seolah gak sabar untuk sampai ke bagian akhir, kira-kira Ara jadian sama siapa sih? Atau nasib membawa Ara pada suatu perubahan yang luarbiasa?

Kemudian untuk setting, aku merasakan kurang pada penceritaan  setting, padahal ada banyak dari setting Lombok yang bisa dieksplor. Lombok terkenal dengan pantai dan pemandangan lautnya yang indah. Namun, aku paham apa yang membuat setting Lombok kurang diangkat, mungkin karena perbedaan lokasi kedua penulis kali yak.

Meskipun begitu pada hal. 179, penulis ada mengangkat lokasi wisata Gili Sulat. Wisata ini menyediakan rumah sebagai tempat istirahat dan makan-makan, serta jalan terbuka yang berujung memperlihatkan laut.

“Sayang sekali tempat seindah ini terkadang digunakan untuk niat salah” ujar Arman tiba-tiba

Dari dialog Arman, aku jadi sepaham dengan Ara, sedih melihat fenomena tempat wisata jadi tempat maksiat. Kadang azab itu datang karena ulah sebagian orang tapi efeknya gak memandang orang, huhu. Semoga Lombok segera pulih ya dan potensi gempa semakin berkurang, Aamiin.

Oiya, terlepas dari kekurangan yang ada, aku ada kutip kalimat sakti dalam Novel Hijrah Asmara ini,

Orang yang diabaikan, akan   tetap berusaha lagi ( hal. 140 ) , hal ini berlaku untuk orang yang emang terniat sih haha.

“Kalian tahu, Bapak tidak suka pacaran ala anak zaman sekarang. Terlalu berlebihan….Padahal Allah telah menjelaskan larangan pacaran dalam Alqur’an surah Al-Isra’ ayat 32, jangan mendekati zina sesungguhnya itu adalah perbuatan nista dan sejelek-jelek jalan. Bukankah pacaran itu adalah jalan mendekati zina?” (hal. 158)

Menurut aku novel ini layak dibaca siapa aja yang udah menginjak remaja dan dewasa awal, soalnya pasti gak mudah menghadapi masa penuh gejolak asmara. Fitrahnya rasa gejolak asmara itu memang harus dirasakan tapi bagaimana cara mengolah rasa gejolak itu yang harus punya ilmunya.

Jadi, sebenarnya Ara dalam novel Hijrah Asmara, pada akhirnya dituntun untuk belajar mempertanyakan cinta padaNya, pada Allah.

Semoga bermanfaat!
Selamat Membaca ^^

Ini Dia 3 Cara Jadi Emak Blogger Aktif dan Percaya Diri Bebas Anyang-Anyangan

/ / 0 Comments
Ini Dia 3 Cara Jadi Emak Blogger Aktif dan Percaya Diri Bebas Anyang-Anyangan
Bismillah,
Assalamualaykum,

Aku kadang suka dapat inbox di Instagram, kaka kamu kok aktif kali sih? Tipsnya apa?

Jadi momblogger atau emak blogger tampak dari luar kayaknya bahagia terus ya haha. Alhamdulillah kalau semua yang lihat pada begitu, padahal ya gak juga sih wkwkw.

Baru-baru ini aku habis meliput acara dua hari secara full, dan gak nyangka kalau di tanggal segitu adalah jadwal datang bulan, kirain kan hamil juga hihi, ternyata belum rezeki, dan kondisinya aku gak bawa pembalut, oh nooo.

Pernah juga datang ke event yang ruangannya super dingin, dulu pas gadis kondisi badan masih okelah, sekarang sudah jadi emak, aku agak melambaikan tangan dengan suhu ruangan yang dingin.

Lalu, aku pernah mengalami gak bawa uang cash pas ke event, padahal banyak jajanan yang aku suka, akhirnya menahan selera. Ini sih derita gue ya kan wkwkw.

Trus apa dong tips jadi Emak Blogger yang aktif ?

1. Izin dan ridho suami 

Percayalah dibalik instastoryku yang seperti semut itu sekali dua kali berkat memantau event demi follower, itu semua karena izin dan ridho suami, sehingga tampaklah istrinya ini aktif jadi momblogger. Alhamdulillah, makasi ya Suami ^^

2. Jaga Pola Makan dan Gaya Hidup

Sadar kalau umur udah berkurang, kondisi tubuh juga pasti gak se-macho dulu dong wkwkw, *berasa auto jompo deh* , nah karena modal tahu diri itu, sejak setahun terakhir aku dan suami praktis ubah pola makan ke arah yang lebih sehat dan juga gaya hidup, mulai rajin olahraga, jalankan prinsip zero waste

3. Selektif Hadir di Event

Seaktif-aktifnya emak blogger pasti dia akan lebih sering di rumah haha. Sejak jadi emak ada banyak prioritas termasuk selektif untuk hadir ke event, dan fokus hadir ke event parenting, sesekali di selingi dengan event kecantikan, keuangan, dan lain-lain. Jatah keluar sebulan itu paling banyak 3 kali.

Selebihnya aku aktif di sosmed aja, sharing info-info berpaedah.

Lalu tips percaya dirinya apa Mak?

Tips percaya diriku adalah fokus pada perbaikan kualitas diriku Mak. 

Tapi kalau urusan anyang-anyangan, apalagi pas meliput event, waduh itu bisa membuat rasa percaya diriku porak poranda juga Mak. Bayangin kalau udah anyang-anyangan, bisa buat bolak-balik ke toilet, meliput event pun jadi gak maksimal berimbas pada hasil tulisan liputan yang gak optimal huhu.

Kenali Penyebab Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan adalah keadaan nyeri dan tidak nyaman saat buang air kecil.

Penyebab anyang-anyangan juga dapat bervariasi seperti menahan pipis, area miss V gak bersih, pengaruh hormon, pola makan dan minum yang salah, penggunaan sabun pembersih kewanitaan, dll

Nah, kalau diingat-ingat, penyebab aku kena anyang-anyangan, karena menahan pipis dan area miss V gak bersih.

Sehingga dalam sehari untuk mencegah anyang-anyangan, aku bisa beberapa kali ganti celana dalam.

Di area kewanitaan kita itu ada bakteri baik, nah kalau kita gak jaga kebersihan dan pola hidup sehat, bakteri ini berubah jadi jahat, itu sebab 80% kasus anyang-anyangan disebabkan bakteri Escherichia coli atau dikenal dengan singkatan E.Coli.

Bakteri E.Coli suka berada di kloset jorok atau pada air yang gak bersih, sehingga kemungkinan besar bakteri itu masuk dan menempel pada dinding sel epitel saluran kemih, akibatnya pipis gak tuntas dan sebabkan nyeri saat pipis.

Jika sudah begitu, sungguh tak nyaman sekali kalau dalam suasana meliput event huhu.

Prive Uri-Cran plus Ekstrak Cranberry: Solusi Atasi Anyang-Anyangan



Sebagai Emak Blogger profesional, sebisa mungkin kewajiban meliput event dipenuhi dong, lalu gimana disaat yang sama eh anyang-anyangan datang.



Alhamdulillah ada Prive Uri-Cran plus Ekstrak Cranberry, suplemen alami produksi Combiphar, yang mengandung ekstrak Cranberry. Tersedia dalam bentuk  kapsul  ( 250 mg Cranberry extract per Capsule ) dan bubuk yang tiap sachetnya berisi 375 mg ekstrak Cranberry. Isi per box terdapat 15 sachet, dan satu box dijual dengan kisaran harga 94-121K.

Praktis banget ya!



Pertama kali ngerasain Prive Uri-Cran plus Ekstrak Cranberry, warna cairannya pas dituang air dingin, pink kemerahan, rasanya segeeer dan ada asem-asemnya.

Agar khasiatnya maksimal, sebaiknya konsumsi jus Cranberry 2 gelas perhari, yang per gelasnya sekitar 150ml, selama kurang lebih 10 hari.

Ada Apa dalam Cranberry ?

Buah Cranberry udah lama diteliti dan diketahui kaya akan zat proantocyanidin (PAC) yang mampu cegah bakteri E.coli menempel di dinding saluran kemih.

Cranberry sendiri  adalah buah yang masih masuk dalam silsilah keluarga beri dan katergori makanan sehat. Di Amerika, pada hari raya tertentu Cranberry  dijadikan hidangan pelengkap. Cranberry  yang asli dari Amerika, selalu dipanen hanya pada bulan September dan Oktober saja.

Jadi, kalau mau Cranberry asli kudu jauh ke Amrik dulu ya, jika mau yang impor, pasti udah dalam keadaan kering, dan harganya selangit.

Cranberry mengandung  vitamin E semacam vitamin awet muda, dan ada vitamin C, yang bermanfaat meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh. Selain itu Cranberry juga kaya fiber yang bermanfaat jaga sistem pencernaan. Bahkan ada kandungan asam folat juga .

Sekarang kalau udah mulai terasa gejala anyang-anyangan, langsung minum
Prive UriCran plus Ekstrak Cranberry.

Dimana bisa beli Prive UriCran plus Ekstrak Cranberry? Di lokasiku belum merata dijual di apotek terdekat, tapi dapat ditemukan di Guardian atau beli online ^^.

Semoga Bermanfaat ^^.

Rasakan #XperienceSeru Liburan Bersama Keluarga Kecil dengan Traveloka Xperience

/ / 2 Comments
Rasakan #XperienceSeru Liburan Bersama Keluarga Kecil dengan Traveloka Xperience
Bismillah,
Assalamualaykum,

Aku dan suami paling suka jalan-jalan *yaiyalah hampir semua orang kaleee* wkwkw, nah itu waktu kami mash berduaaa, sekarang udah ada Khalil, 4 tahun. Kami masih maju mundur cantik ini ajak dia jalan-jalan, apalagi mau ajak Khalil merasakan naik pesawat terbang.

Biasa dia hanya jadi pendengar sejati Ayah Bundanya saat menceritakan pengalaman seru naik pesawat, belum lagi pengalaman menghabiskan waktu di daerah yang dikunjungi dari hasil melihat galeri foto smartphone kami.

Tapi sepertinya aku bakal amat sangat terbantu dengan aplikasi Traveloka, apalagi setelah ada produk layanan terbaru bernama Traveloka Xperience.


Traveloka sebelumnya hanya kita kenal sebagai aplikasi OTA atau online travel agent yang hanya menyediakan tiket transportasi umum dan hotel, nah dengan produk layanan Traveloka Xperience yang pastinya masih dalam satu aplikasi Traveloka, kita dapat mem-booking atau paling gak men-searching buanyak aktivitas seru loh.

Oiya senangnya lagi nih, Traveloka sebagai perusahaan teknologi terdepan pertama di Indonesia, sudah semakin melebarkan sayapnya ke enam negara di Asia Tenggara dan Australia loh, wah jadi lebih pede ya jalan-jalan ke luar negeri, gak kagok lagi ntar mau ngapain aja di negara orang.

Pengembangan produk ini ujar Christian Suwarna selaku CEO Traveloka Xperience berdasarkan hasil studi, dimana lebih dari 70 persen,generasi milenial memilih habiskan duit untuk sebuah pengalaman ( experience ) daripada benda.

Jadi, udah gak zaman ya, jalan-jalan demi beli oleh-oleh semata, wkwkw tapi demi   sebuah pengalaman, kepuasan batin, dan ketenangan pikiran *haseeek.

Traveloka Xperience dengan 12 Layanan yang Dapat Dipilih

Penasaran layanan apa saja yang ada dalam sub-brand Xperience nya Traveloka ini?

Menurutku layanan ini sangat ngebantu saat buat jadwal perjalanan dan pos keuangan selama liburan. Waaah…kujadi gak sabar untuk liburan sekeluarga huhu.

Total ada 12 layanan,

Atraksi, semua yang seru ada disini. Layanan produk atraksi menyediakan tiket masuk ke banyak wahana rekreasi baik dalam dan luar negeri. Kita dapat memesan tiketnya online di negara sendiri loh, kalau berencana masuk ke wahana luar negeri yang mau kita singgahi dan ada program easy access yang buat pengunjung bebas antri dan gak perlu cetak tiket, super praktis sekaleee.

Aku gak perlu repot cari wahana bermain untuk Khalil biar anaknya gak bosan dan jadi liburan yang mengesankan buat dia huhu.

Spa dan Kecantikan, nah biasa pegal dan lelah selama perjalanan panjang gak terhindarkan yah, Traveloka Xperience menyediakan layanan spa dan kecantikan juga loh. Aku jadi teringat waktu suami liburan ke Lombok mereka kesulitan cari tukang pijat haha.

Bioskop 
Pas liburan etdah pas ada film terbaru yang saying banget kalau gak ditonton, di Traveloka Xperience disediakan juga nih layanan pesan tiket nonton bahkan sampai ke pemilihan kursi loh.

Taman Bermain
Bosan dan menguras kantong juga ya kan kalau target liburan ke wahana bermain melulu haha, nah di Traveloka Xperience juga menyediakan pilihan Taman Bermain di lokasi tempat kita liburan.

Hiburan 
Kalau ada kesempatan menghabiskan waktu berdua, dapat gunakan layanan hiburan di Traveloka Xperience, di layanan ini ada pilihan aktivitas liburan seperti karaoke, ice skating.

Event
Event di tempat liburan kadang gak terduga ya, kadang bisa juga kita rencakan liburan bersamaan tokoh favorit isi acara disana. Traveloka Xperience menyediakan fitur memesan tiket di Event ini deh.

Tur
Buat kamu yang super sibuk sehingga saat liburan gak punya waktu buat agenda perjalanan, dapat memanfaatkan fitur Tur di Traveloka Xperience. Kita bisa pilih destinasi wisata, kota sampai ke durasi perjalanan.

Pelengkap Travel
Amunisi saat liburan yang wajib dibawa pastinya adalah paket internet dong haha. Aku saat ke Malaysia, cukup rempong dengan paket internet ini huhu. Di Traveloka Xperience disediakan layanan pembelian paket internet dan penyewaan WiFi untuk perjalanan domestic dan international, bahkan sampai ke pemesanan jasa fotografer loh, masyaAllah, udah bisalah nih liburan ala selebriti bahaha.

Olahraga
Pengen tetap bergaya hidup sehat saat liburan, wuidih bisa kali lah. Di Traveloka Xperience dalam fitur olahraga menyediakan jenis olahraga seperti berenang, fitness, panja dinding, bela diri pokoknya yang melatih otot dan konsentrasi sampai ke yang menguji adrenalin seperti loncat trampolin haha.

Makanan dan Minuman
Biasa nih buat traveler yang berpaham mencari experience tadi, suka gak ngeh dengan oleh-oleh bahkan menit terakhir mau pulang baru kepikiran oleh-oleh. Traveloka Xperience membantu kita nih untuk menemukan oleh-oleh khas saat travelling.

Kursus dan Workshop
Agar liburan semakin seru dan mengesankan, menambah agenda hadir dalam kursus dan workshop pasti sangat menarik apalagi di luar negeri ya, belum lagi kalau yang disediakan kursus untuk anaknya, pasti senang bangetlah.

Dalam fitur Kursus dan Workshop Traveloka Xperience menyediakan kategori kegiatan mulai dari melukis, memasak, menari sampai mengendalikan pesawat terbang pakai mesin simulator canggih, kebayang anakku bahagia kali ikut kegiatan begini.

Transportasi
Bagian ini super penting juga ya kan, nah Traveloka Xperience menyediakan layanan pembelian tiket transportasi umum, beda kalau di Bali, pasti kita memerlukan layanan penyewaan mobil.

Gimana, super komplit gak seeeeeh Traveloka Xperience inih?! Super ya supeeerr bikin #XperienceSeru…huhu

Mencoba Traveloka Xperience Kategori Taman Bermain di Medan

Aku semangat kali mencoba hal baru dan mengandung banyak kemudahan serta potongan harga di dalamnya haha.

Dalam seminggu membersamai Khalil, kami biasa sempatkan bermain di luar, hiburan bagi kami berdua juga sebenarnya wkwkw.

Biasa pesan tiket offline, tapi sekarang kita coba pakai aplikasi Traveloka Xperience di Traveloka.

Pertama, unduh dulu aplikasi Traveloka di Google Playstore




Kedua, tap Xperience yang terletak di sudut kanan warna coral, kedua dari kanan


Ketiga, tap kategori Taman Bermain


Keempat, tap Tiket Cocoland Medan Fair



Wah muraaah, ada potongan harga juga, dulu aku pernah ajak Khalil juga main di Cocoland tapi yang di Centre Point apa di Cambridge yak, kayaknya di Cambridge, dan ini lokasinya lebih dekat dari rumah dan murah pulak tiketnya.

Sip, aku tau mau kemana habiskan waktu bersama Khalil minggu ini, yeay.

Sukses selalu ya Traveloka Xperience idola emak anak baru satu haha.

Tips Memilih Coklat Bubuk Untuk Minuman

/ / 0 Comments
Tips Memilih Coklat Bubuk Untuk Minuman

Coklat, yeay makanan favorit keluarga kami, selain enak dimakan gitu aja, coklat juga nikmat dijadikan minuman.


Minuman coklat pun sedap baik dalam keadaan panas atau dingin, makanya aku selalu stok bubuk coklat di rumah. 

Bubuk coklat ada beberapa macam, ada yang untuk bahan kue ada juga yang khusus untuk minuman, tapi ada juga yang bisa dibuat kue dan minuman.

Biasanya harga coklat bubuk untuk membuat minuman lebih mahal dibanding harga coklat bubuk khusus untuk kue, sebab yang bubuk coklat untuk minuman pastinya gak banyak bahan campuran dong, sedangkan yang coklat bubuk untuk bahan kue udah banyak  ada bahan tambahannya, sehingga kandungan coklat aslinya gak banyak huhu.

Bagi penyuka coklat, kadang suka rindu minum coklat, apalagi aku tim coklat hangat duh, nyes banget kalau udah minumnya, trus ngebayangin minumnya di teras rumah memandang hamparan salju *plak, kejauhan mimpinya haha

Sekarang udah banyak café yang menyediakan menu minuman coklat ya, tai gimana dong kalau mager maksimal sampai mau order makanan online pun malas?

Solusinya adalah stok coklat bubuk di rumah, jadi bisa buat minuman coklat kapan aja, tapi gimana sih memilih coklat bubuk untuk membuat minuman?

Aku punya nih tips memilih bubuk coklat yang pas untuk membuat minuman:


  1. Cek kemasan, jika ada tertulis untuk minuman berarti memang bubuk coklat tersebut dibuat khusus untuk minuman
  2. Pilih yang sachet atau yang kemasan curah. Kalau aku lebih baik beli kemasan curah, karena lebih hemat dan tidak banyak menghasilkan sampah plastic, biasa kalau beli sachet, duh sampah kemasan sachetnya gak baik untuk bumi huhu. 
  3. Kelebihan yang sachet selain mudah dibawa kemana-mana, kita gak perlu banyak berkreasi lagi dengan bahan penambah nikmat saat minum coklat, sebab yang minumam coklat sachet pastinya udah ditambah bahan lain yang buat enak, seperti pemanis 
  4. Beli yang bermerk, emang sedikit mahal, tapi untuk kualitas rasa dan aroma, coklat bubuk bermerk yang juarrraak.
  5. Pilih coklat bubuk yang harganya tidak terlalu murah dan sesuai dengan berat kemasan. Untuk melihat harga rata-rata coklat bubuk, kita bisa langsung cek di TokoWahab.com , toko yang menjual berbagai bahan makanan dan minuman online.


Jadi gak sabar kan pengen stok coklat bubuk di rumah? Aku juga, semalam baru berkreasi dengan coklat bubuk dibuat untuk campuran agar-agar.Alhamdulillah penyelamat banget saat pengen ngemil tapi pengen sehat juga.

Coklat bubuk asli tanpa campuran bahan apapun banyak manfaat untuk tubuh seperti menurunkan kolesterol, mencegah sakit jantung, menghambat penuaan. Minum coklat bikin awet muda euy.

Dengan memilih coklat bubuk yang tepat, minuman coklat nikmat pun dapat dirasakan.

Aku mau cek-cek harga coklat bubuk lagi ah di Toko Wahab yang varian bubuk coklatnya banyak dan harga terjangkau, terus mau lihat bahan-bahan kue juga ah disana.

Selamat minum coklat yaaa ^^


Powered by Blogger.