Menu

your blog banner

Keseruan Little Superman Jelajahi Luar Angkasa di OIF UMSU Bersama IIP Sumut

/ / 0 Comments
Keseruan Little Superman Jelajahi Luar Angkasa di OIF UMSU Bersama IIP Sumut

Pas membaca informasi bahwa komunitas Institut Ibu Profesional Sumut mengadakan fieldtrip ke OIF UMSU, langsung lah aku daftar, daftar dulu, 😁 bayarnya tadi malam, Alhamdulillah masih diterima sama Kak Yessy dan pihak OIF.


Sejak nonton film Petualangan Sherina, sejak itulah keinginan untuk bisa ke Observatorium di Lembang begitu menggebu-gebu, sampai sekarang sudah punya anak impian itu masih menyala.

Entah kenapa pula, seperti ada kesenangan tersendiri mengenal benda-benda luar angkasa, ilmu astronomi, dan profesi seorang astronot. Kelihatannya WOW gitu. Dan tanpa sadar kesenangan ini aku tularkan ke Khalil, *semoga kesenangan yang positif ya Nak, bukan bagian dari hasrat terpendam emaknye.

Maka, berangkatlah kami dari rumah jam 9, lupa tadi bilang sama uwak supir taxi onlinenya supaya lewat tol mabar, akhirnya kami sampai di OIF UMSU jam 09.45, huhu.

Meskipun begitu, syukurnya belum begitu ketinggalan nonton simulasi alam semesta dan pemutaran film astronominya, apalagi penjelasan tentang Apa Itu Hilal, yang merupakan tema dari Fieldtrip IIP Sumut.



Tentang OIF UMSU

OIF UMSU adalah singkatan dari Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. OIF UMSU merupakan lembaga tersendiri di UMSU yang fokus pada bidang observasi benda-benda langit dan mengkaji ilmu falak atau astronomi islam.

Memotret semesta demi iman dan peradaban, begitulah bunyi tagline dari OIF UMSU yang berdiri pada tahun 2014 dan diresmikan Prof. Dr. H. Syamsul Anwar MA selaku Ketua MTT PP Muhammadiyah. Pada tanggal 23 Mei 2016 di Yogyakarta, OIF UMSU kembali diresmikan Presiden RI Jokowi tepat diacara Konverensi Nasional Indonesia Berkemajuan ( KNIB ).

Wah ternyata masih baru ya, pantes aku pun juga baru tahu wkwkw. Penasaran dengan OIF ini muncul ketika ramai fenomena super moon dan gerhana beberapa waktu lalu, nah OIF UMSU mengadakan event itu untuk masyarakat umum, GRATIS!

Kalau sekarang mah berbayar hehe. Jadi, keberadaan OIF adalah alternatif wisata pendidikan bagi masyarakat di Kota Medan.

Lalu tadi kita ngapain aja ?

Bertempat di Kampus Pascasarjana UMSU, Jl. Denai, No.217 Medan tepatnya di lantai 7, disinilah OIF berada.

Biasa Khalil seronok lihat tangga, sehingga tadi dia puas naik tangga sampai ke lantai ke 7 wkwkw, mana gak ada lift lagi. Terus ketika acara selesai, kan harus turun tangga lagi, nah little superman tampak kelelahan gitu, dikit-dikit duduk di tangga, haha.



Sesampai di OIF, kami langsung masuk ke Planetarium. Di dalam ruangan, kami masuk sudah dalam kondisi gelap, maklum telat huhu. Dan sedang diputar simulasi alam semesta.

Kemudian Kak Pita dan Kak Widya menjadi orang dibalik layar yang menjelaskan proses simulasi, mereka adalah tim planetarium-nya yang juga jadi guide kami selama beberapa jam tadi.

nonton di planetarium, ruangan suejuk
 Melalui penjelasan kakak tim planetarium ini barulah aku paham hilal itu apa,

Ayah, Bunda, Hilal Itu Apa?

Hilal merupakan bulan sabit yang saaaaaaaaangat tipis. Untuk mengamati hilal dilakukan pada sore hari sekitar jam 6 sore, saat matahari di sebelah barat dan pastinya sedang proses terbenam. Setelah posisi bulan berada pada ketinggian 12 derajat, baru deh perlahan hilal nampak, itu pun haluuus banget, kalau aku mungkin gak ngeh bahwa itu hilal, soalnya hampir seperti tak nampak saking tipisnya.

Selain tahu tentang hilal, mamak cupu ini pun jadi tahu kalau menghitung posisi jarak bulan dari bumi, bukan pake m apalagi cm 😁   tapi derajat ya Buibu, *ini emak pas pelajaran fisika dan geografi kemana aja sih, baca novel Harry Potter ya di belakang? wkwkw

Usai pemutaran video simulasi tentang pengamatan benda angkasa dan Hilal, kami menonton Film Astronomi, disini diperlihatkan bagaimana alat bernama voyager, berupa piringan emas berisi suara dan gambar yang diluncurkan sejak tahun 1977  dalam dua penerbangan pesawat luar angkasa.

Voyager sampai sekarang bertahan mengirimkan gambar keanekaragaman makhluk hidup dan benda-benda langit di luar angkasa, masyaAllah. Dan gak ada yang tahu juga akan bertahan sampai kapan dan sejauh apa dia berjalan menembus misterius dan luasnya angkasa raya.

Melalui Voyager diperoleh informasi bahwa ada benda langit yang ternyata lebih besar dari matahari, seperti Betelgeuse, Aldebaran ( seperti nama ringtone di smartphone) , Rigel, Arcturus dan Capella ( seperti nama perusahaan produksi angkot di Medan ) .

Kalau sudah begitu, bumi segede apa ya dari luar angkasa, huhu, tak lebih seumpama sebutir pasir. Allahu Akbar! Terus kalau bumi segede pasir, kita seperti apa kalau dilihat dari luar angkasa? Betapa kerdilnya diri ini ya Allah, lalu untuk apa sombong T_T





Di luar angkasa nun jauuuuh disana tetap terjadi pergerakan yang menimbulkan banyak perubahan, contohnya saja Pluto. Pluto dulunya disebut sebagai planet terkecil, namun setelah diamati, Pluto sudah keluar dari orbit planet, sehingga Pluto tidak lagi disebut sebagai planet.




Lalu jika belum puas dengan pemutaran video tentang astronomi, kita bisa mengunduh aplikasi astronomi yang ada di google playstore. Ada beberapa infonya disitus pusatgratisdotcom dengan judul 10 Aplikasi Gratis Android untuk Pecinta Astronomi. *emak modal googling hihi

Setelah dibekali informasi dasar seputar tata surya selama kurang lebih setengah jam, anak-anak dan orangtua diajak ke ruangan sebelah, tempat dimana, dipamerkan alat-alat yang membantu mengobservasi benda-benda langit, seperti berbagai macam jenis dan bentuk teleskop, hasil pemotretan matahari menggunakan teleskop, globe, dan lain-lain.



Hanya saja, anak-anak harus hati-hati di area ini ya, huhu, Bunda terlupa mengedukasi Khalil, kalau ada sesi kita diajak ke gallery instrumen planetarium, sehingga saking semangatnya eksplorasi, semua alat pengen disentuh. Emak parno lah, khawatir ganti bisa, beli tak bisa, wkwkw.

Tak begitu lama berada di ruangan ini, sesi berikutnya adalah demo meluncurkan roket. Jangan dikira roket beneran yak hihi, tapi roket air. Hmmm...Kakak planetarium, kapan-kapan ngadain playdate ya cara buat roket air ^^.



Roket rakitan, diluncurkan dengan media air dan pompa, ketika dipompa beberapa kali, wussssh, maka roket meluncur ke langit tinggi. Khalil sampai terkaget-kaget saat momen peluncuran haha.

Habis dari seru-seruan meluncurkan roket, para pengunjung boleh ikut Kak Pita dan Kak Widya di wahana Sliding Roof Ahmad Dahlan.


Disini kita bisa melihat matahari menggunakan teleskop. Nah beruntungnya, aku dapat kesempatan melihat matahari saat cuaca sedang oke, setelah itu awan tebal kembali menutup matahari. Matahari yang terlihat olehku, berbentuk bulat penuh berwarna orange tua. Maha besar Allah!

Oya, untuk bisa berada di ruangan ini, kita harus menaiki anak tangga yang curam, jadi harus hati-hati. Di dalam ruangan mini itu,  selain ada teleskop, ada juga AC dan kipas angin, guna menjaga teleskop agar tetap sejuk dan awet kayak nugget di kulkas hehe. Kemudian awas kepala, agar tidak kejedut kena printilan dari teleskop.


Pada sesi berikutnya, pengunjung udah berpencar nih, wkwkw, mencari kesenangan tersendiri dengan foto-foto di miniatur planet dan berfoto ala astronot.

Sambil menunggu antrian di sliding roof,  kita dapat menikmati pemandangan kota Medan Denai terhampar sejauh mata memandang. Dengan alat yang namanya binokular. Binokular memudahkan kita melihat menara yang jauuuuh, seolah berada di depan mata.



‘Wah, maunya teleskop ini ada di rumah ya’, celetuk ku

‘Lah untuk apa Buk? Lihat tetangga ya?’ sambung Kak Widya

BAHAHA, bisa jadi Kak

Jadi, pas aku nyobain meneropong pakai binokular itu, berasa ala-ala intelijen gitu deh, yang bisa intip keberadaan sniper, penembak jitu. Efek kebanyakan nonton film mafia nih.

Sudah puas berfoto dan foto bersama dengan keluarga besar IIP Sumut,  Aku berkesempatan mengelilingi spot yang lain.

Ada Apa Saja di OIF UMSU? 

OIF UMSU tidak begitu luas, gak begitu lelah lah mengelilinginya, yang lelah adalah naik tangga dari lantai 1 sampai 7 wkwkw. Sebaik menginjakkan anak tangga terakhir di lantai tujuh, pengunjung langsung disambut bangunan bentuk segitiga, bertuliskan Observatorium Ilmu Falak.

akhirnya sampe juga di lantai 7, huhu

disambut bangunan segitiga ini, momen foto bersama dengan keluarga besar IIP Sumut

dan replika jam matahari zaman dulu

keren visi misinya
Di sebelah kanan, ada planetariumnya yang menyatu dengan ruang gallery peralatan. Di depan planetarium ada toko OIF UMSU, disini dijual aksesoris astronomi, seperti kaos, mug, pin, dll.
Di samping toko OIF UMSU, ada miniatur tata surya, astronot dengan latar belakang seolah lagi mendarat di bulan.


Pokoknya seru deh buat aku dan Khalil yang memang norak-norak bergembira disana wkwkw.

supermen cilik gak jadi mudik ke Krypton, jauuh, entah pun dimana wkwkw, jadinya mendarat di bulan aja dah




Supermen ngaso dulu ah, panas bro mana puasa lagi wkwkw
suasana di OIF UMSU
 Gak semua wahana kami kunjungi dan masuki, seperti wahana dibawah ini :

Apa ya di dalam kubah ini
dan ini, bentuknya seperti kapsul ya
Selain miniatur planet, ada juga miniatur instrumen pengamatan benda langit yang digunakan ahli astronomi zaman dulu, selain gambar jam matahari di awal, ada juga yang ini.

Dalam Bahasa Arab, instrumen ini namanya Mizwala, sedangkan dalam Bahasa Inggris, Sundial yang artinya jam matahari, fungsinya menentukan waktu menggunakan bayangan dari sinar matahari. MasyaAllah, untuk menentukan waktu saja ada berbagai inovasi alat yang ditemukan, namun sumbernya hanya satu, adanya sinar matahari yang gonjreng.

Mizwala

Tiang Rashdul Kiblat

Rash al-Qiblah  artinya adalah istilah bahasa arab yang artinya peristiwa astronomi saat matahari berada tepat di atas Ka'bah.

Nah tiang ini yang dilengkapi bandul segitiga menggantung terbalik, berguna banget saat mengamati momen Rashdul Kiblat tersebut. Momen Rashdul Kiblat umumnya terjadi setiap tanggal 28 Mei dan pertengahan bulan Juli dengan begitu kita bisa memverifikasi arah kiblat kita.

Biasanya pada momen Rashdul Kiblat, tim OIF UMSU akan mengundang pengurus masjid untuk edukasi dalam menentukan arah kiblat dengan menggunakan alat sederhana seperti digambar itu.

Kabarnya tanggal 28 Mei ini, Tim OIF UMSU akan turun gunung ke masjid yang telah ditentukan untuk langsung mengedukasi masyarakat.
 

Nah, bagi yang penasaran dan ingin merasakan keseruan kami, OIF UMSU membuka paket kunjungan untuk pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dengan tarif dan ketentuan sebagai berikut:







Kemudian bila ingin mengetahui seputar OIF UMSU yang dikepalai oleh Dr.Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, MA ini, dapat like fanpage Facebook nya di Observatorium Ilmu Falak UMSU atau ke situs oif dot umsu dot ac dot id.


Semoga bermanfaat dan berselancar di luar angkasa!
Terimakasih Institut Ibu Profesional Sumut yang sudah memfasilitasi fieldtrip ini, ditunggu fieldtrip berikutnya ^^
Sukses terus ya OIF UMSU ^^


Hal yang Ditunggu Saat Lebaran bagi Nufazee

/ / 0 Comments
Hal yang Ditunggu Saat Lebaran bagi Nufazee
Ketika masih kecil, lebaran menjadi momen yang paling ditunggu, namun semakin dewasa, kok makin membosankan yaaa T_T

Akhirnya malah pilih travelling di Lebaran ketiga, haha

 Baca : Piknik di Pulau, Kenapa Gak?

Sebelum menikah dan pindah ke rumah suami, aku tinggal di rumah nenek. Setiap kali lebaran hari pertama, aku belum bisa kemana-mana, maklum sibuk, nyuci piring gak siap-siap wkwkwk.

Nenek adalah orang yang paling dituakan di keluargaku, momen lebaran menjadi hal wajib untuk mengunjungi nenek terlebih dahulu, apakah adiknya, sepupunya atau bahkan cucunya.

Rumah nenekku jadi ramai sekali, pada saat itu sulit dibeda kan mana rumah nenek dan mana playgroup haha, sepupu kecil pada ngumpul, bahkan istilahnya kumpul bocah atau pecahan botol, *nasib banget dah ya, kayak gak ada sebutan lain wkwkw

Semakin dewasa, momen tersebut jadi biasa aja. Paling banter, yang ditunggu saat lebaran adalah,

Kumpul Keluarga Buessaaaarr

Pasti bangetlah ini ya, dari yang jauh beda, pulau malah, yang dari Australia beberapa kali pulang kampung ke Medan setiap lebaran, bahkan yang rumahnya di seberang jalan rumah nenekku haha, semua pada ngumpul.

Kalau ngumpul mah, ketawa-tawa, nonton tv, buka album foto, makan kueh, udah gitu doang. Anak-anak? khususnya sepupuku, pada obrak-abrik ruangan tamu, *helep Maak, itu aku pel setengah mati, eh mereka asyik menghambur-hamburkan serpihan kue, bahkan ada yang lempar batu ke kolam ikan nenek, atau nyabutin tanaman suplir nenek, aaarrrgghhh....

Lebaran tahun ini, aku yakin banget, para sepupu kecil yang baru menetas ini pasti mainannya gadget, yakin banget akuh -_-“

Nyicip Kuliner Khas Lebaran

Kuliner berikut keluarnya hanya pas lebaran, bakal nyesel kalau gak nyobain haha, seperti kolang kaling, kari ayam dengan roti jala, acar, tape pulut, dan kue lebaran kayak cornflake, kue salju, semprong, dan lain-lain, MasyaAllah, godaan banget dah nulis beginian pas puasa wkwkw

Duduk Manis Menanti Tamu Pulang Lalu Berbaris Supaya Dikasi Amplop Lebaran

Yang terakhir adalah pualing aku tunggu bersama keempat adikku, dan biasanya kita bakal banding-bandingkan hasil siapa yang paling banyak isi amplopnya haha.

Ya Allah, seru banget lebaran masa kecil *_*

Sekarang, Alhamdulillah tahun ini Khalil masuk usia 32 bulan, 2 tahun lebih 8 bulan, itu artinya, pelajaran adab sudah bisa diajarkan sedikit demi sedikit, termasuk adab bertamu saat lebaran nanti.

Aku punya tips mengajarkan adab bertamu pada batita :

1.    Jelaskan Makna Silaturahim

Tentu menjelaskan makna silaturahim kepada anak harus sederhana tapi gak juga mengurangi pesan yang hendak kita sampaikan.

“Sudah menjadi kesenangan makhluk Allah untuk hidup berkelompok, berjama’ah, sebab kita tidak bisa hidup sendiri, kita perlu bantuan orang lain sehingga sesekali kita rencanakan untuk mengunjungi orang lain, Nak, seperti mengunjungi Oma Opa, kan?”

Dialog di atas bisa dijadikan contoh kalimat sederhana, kalau ada yang lebih sederhana lagi lebih bagus, 15 kata kalau bisa mah, hehe. Bisa juga sampaikan makna silaturahim dengan media cerita dan berkisah.

Ntar si Khalil lebih gede lagi, penjelasannya tentu berbeda, 'Yok Nak kumpul keluarga, biar tau mana saudara, ntar gak tau saudara, eh malah jadi menantu Bunda, bisa repot nasabnya ntar'

2.    Briefing Anak Tentang Who-Where to go-When

Beri anak informasi dasar tentang siapa yang akan dikunjungi, dimana tempatnya, deskripsikan tempatnya, disana ada siapa saja, lalu akan ngapain disana, kemudian kapan perginya.
Informasi tersebut berguna agar anak tidak kaget dan ketakutan bertemu orang baru.

3.    Buat Perjanjian dengan Anak

Sampaikan do n’ don’t sebelum dan ketika sudah sampai di rumah tamu. Kalau perlu praktek di rumah ala-ala role play gitu, anak sebagai tuan rumah, orang tua sebagai tamu. Atau bisa praktek langsung dengan mengunjungi rumah teman anak kita.

Pastikan kita mengabarkan kepada si tamu bahwa kita akan bersilaturahmi, kemudian ketika bepergian hendaklah berpakaian yang rapi dan sopan.

Ketuk pintu dan salam saat sudah tiba, tidak boleh mengintip ke dalam rumah, kemudian bila sudah dipersilahkan masuk dan duduk, maka anak haruslah duduk sopan.

Bila dihidang makan dan minum, tentu adab makan dan minum sudah selesai diajakan, seperti mengambil makan dan  minum dari yang paling dekat, jika jauh maka sangat diperbolehkan untuk minta tolong ambilkan, kemudian makan dan minum diawali baca do’a, lalu pakai tangan kanan, dan duduk tenang.

Pada saat orangtua ngobrol, sampaikan kepada anak bahwa tidak boleh menyela, tunggu sampai selesai.

Jika sudah saatnya pulang, ajarkan anak untuk berpamitan dengan tuan rumah, ucapkan terimakasih dan salam.

4.    Anak Paham Gunakan 4 Kata Dasar Sopan Santun

Empat kata dasar sopan santun yakni, Terimakasih, Permisi, Tolong, dan Maaf. Nah keempat kata dasar ini sudah menjadi kata yang digunakan sehari-hari, sehingga ketika berada dimana saja, anak sudah terbiasa menggunakannya.

Perkataan sopan santun, dipakai ketika meminjam mainan tuan rumah cilik, izin ke kamar mandi, bila diberi sesuatu oleh tuan rumah maka ucapkan terimakasih, dan jika anak melakukan kecelakaan kecil di rumah sang tamu, nah gunakan kata maaf.

Dengan begitu, semoga kebiasaan baik ini bisa melekat hingga ia dewasa.

5.    Saatnya Praktek

Khalil beberapa kali home visit ke rumah temannya, Alhamdulillah kebanyakan lupa apa saja yang sudah disampaikan dari rumah, wkwkw, tapi jika disampaikan terus menerus dan dipraktekkan langsung, perlahan anak akan mengingat adab bertamu dengan baik.

Oiya, anak juga bisa diajarkan untuk membuka obrolan dengan sebayanya ketika bertamu ke rumah temannya, seperti menanyakan kabar, kegiatannya, kesukaannya atau mengajak bermain bersama.

Bila terjadi persengketaan kayak rebutan mainan, anak boleh diajak untuk pulang segera dan menenangkannya di perjalanan atau di rumah, sebaliknya jika semua berjalan dengan sempurna, jangan lupa beri pujian pada anak secara privately, karena pujian akan efek disampaikan bila dalam suasana intim, dan akan buruk akibatnya bila disampaikan di depan banyak orang, anak menjadi mudah sombong.

Bagaimana, siapkan bawa bocah untuk silaturahim? Ready dong ^^

Terus Lebaran Tahun Ini Apa yang Paling Dinanti?

Lebaran tahun ini yang paling aku tunggu adalah momen kumpul bocah, nah agar anak-anak dapat dikondisikan di rumah nenekku, termasuk anakku, aku akan buat gebrakan baru haha.

Aku akan mengadakan storytelling, yeay!

Storytelling tentang Hari Raya Idul Fitri, belum ada gambaran sih konten atau buku yang bakal dibaca akan seperti apa, aku cari dulu yang cocok.

Setelah storytelling, aku akan bagi-bagi amplop lebaran. Amplop lebaran ini agak unik, selain diisi duit, aku pengen amplop lebarannya berisi hadis-hadis singkat, apakah tentang larangan tidak boleh marah, anjuran untuk sedekah senyum, berkata lembut atau bisa juga amplop lebaran didesain dengan do’a-do’a harian, seperti do’a naik kendaraan, do’a masuk masjid, dan lain-lain.

Dengan begitu, anak-anak tetap ada kegiatannya, jadi para saudara gak sekadar kumpul, ada hikmah dan pengalaman yang dibawa pulang atau kenangan bahagianya menyambut Idul Fitri dengan bersilaturahim.

MasyaAllah!
Semoga bermanfaat ^^

Pengalaman Mencari Alamat Distributor K-Link Di Medan

/ / 2 Comments
Pengalaman Mencari Alamat Distributor K-Link Di Medan

Beberapa hari ini aku begadang dan efeknya badan mulai mengirimkan alarm, tenggorokan terasa tidak nyaman huhu. Biasanya kalau sudah begini, aku biasa minum multivitamin, biar badan tetap fit dan setelah itu balas dendam menambah jam tidur hehe, plis jangan ditiru ya Mak.

Nah adapun baru-baru ini aku punya senjata dalam menjaga daya tahan tubuh, yakni K-Vit.C

( Baca : Yakin, Kebutuhan Vitamin C Harian Kita Sudah Terpenuhi? )

Pas sekali, jelang bulan puasa, stok K-Vit.C ku habis. Berhubung hari ini aku memang sekalian keluar menjelajah Ring Road, maka sekalian lah singgah ke distributor K-Link di Medan.

Tanya punya tanya dan berbekal google maps, distributornya itu di dekat Resto JM. Bariani, Ring Road, ternyata pas kesana gak ada apa-apa T_T, mana hari gerimis pula itu. Akhirnya, aku bertanya pada bapak keturunan tionghoa kayaknya, Alhamdulillah dapat petunjuk.

Berdasarkan petunjuknya, aku harus berjalan lagi sekitar 1 kilo -_-“, mau naik angkot, eh ndilalah uang cash gak ada. Syukur bawa payung, ya udah deh, kapan lagi jelajah RingRoad bak none belande, dibawah hujan gerimis wkwkw, belum lagi ranselku beraaat HUWAAAA...

Sambil jalan, eh sampe juga ke Ringroad City Walk, dan ketemu lokasi resto terbaru milik Irwansyah,  Ayam Meletup. Sekalian deh aku ambil penampakan resto nya dari seberang jalan, karena ntar sorenya aku singgah disini buat menghadiri soft launching-nya hehe.

Setelah ketemu, ternyata kantor K-Link di depan RCW itu adalah warehouse alias gudang T_T ya gak mungkinlah dia jualan perbiji haha, yang ada perkardus. Dari gudang inilah aku dapat petunjuk yang benar dimana kantor distributor K-Link.

Letaknya itu di Jl. Perjuangan, kalau tahu Kede Wak Jenggot, nah maka agak kesononya lagi wkwkw, tepatnya aku gambar aja dah ya denahnya,




Taraaa, ini dia tempatnya, K-Cafe, namanya aja sih cafe, tapi gak ada tanda-tanda orang pesan makanan, setelah aku tanya, cafenya off, namun tempat ini sering dipakai buat meeting-nya para member K-Link. Ooo, jadi begitcu, padahal aku dah niat banget pesan makanan wkwkw, lafaaarr.

Jadi, buat mentemen nih yang perlu produk K-Link cepat selain belanja online di K-Mart nya, boleh langsung kesini yah, dan semoga gak kesasar lagi kayak akoh haha.

Semoga bermanfaat!

Agar Tetap Slim & Fit Tanpa Harus Pakai Cara Rumit bin Medit

/ / 0 Comments
Agar Tetap Slim & Fit Tanpa Harus Pakai Cara Rumit bin Medit

Aku cukup kaget melihat perubahan yang terjadi pada komposer, Tya Subiakto. Sesekali aku mengikuti perkembangan artis tanah air sih, jadi ceritanya suatu malam aku duduk-duduk sambil browsing terus yang mengarah untuk lihat youtube.

Nah biasa kalau buka youtube, aplikasinya menawarkan untuk menonton video lain, sehingga saat scroll-scroll, hap, ketemu rekaman tayangan Sarah Sechan di Net TV yang ngobrol dengan Tya Subiakto.

Terkejut banget saat Tya tampil di Sarah Sechan, sumpah langsing banget ckckc. Dari beratnya 92 kg berhasil menurunkan berat badan sebanyak 40kg. WOW! Padahal setiap kali selintas melihat kemunculannya di televisi, aku suka komen ‘wah ni tipe orang yang gampang naik berat badannya’, persis kayak artis penyanyi satu jam saja, Audy, istri dari Iko Uwais, *kok gue tau banget yak haha.

Audy pernah diwawancarai apalagi zaman dia putus nyambung dengan mantannya Tyo Nugros, anggota grup band Dewa, *hafal ya Sis, generasi tahun 90-an pasti wkwkw, beneran deh dulu aku aktivis penonton infotainment, sekarang mah tobat huhu.

Audy kalau udah putus, pasti bawaannya makan melulu, yang berimbas kepada berat badannya, tapi kalau dilihat, Audy lebih lucu kalau gemukan yak hehe.

Begitulah sekelumit anggapanku terhadap segenap fenomena artis dan berat badannya. Sekarang ngobrolin berat badan aku yuk, wkwkw, semoga masih meneruskan baca postingan ini ya hehe.
Zaman masih remaja dan gadis, berat badanku susaaah banget naik. Perlu disebutkan merek suplemen apa yang belum aku coba? Semua sudah hampir aku coba, tapi tetap aja berat badanku segitu doang, kisaran 37-38 kg, pernah lagi mendekati angka 35kg huhu.

Sampai akhirnya banyak komen berdatangan, ‘kok tetap imut aja’, ‘kok makin kecil’, ‘kok makin kurus?’, dan kok-kok lainnya. Rasanya aku pengen nyontek trik ngebalas mereka yang usil banget mengomentari fisik orang lain ala Sarra Risman,

‘Lo kurus banget sih sampai keliatan tulang begini’

‘Yoi, kadang kalo lagi lowong, biasanya gue nyambi jadi papan penggilesan’

HAHA

Atau kalau ada orang yang komen kita gemukan, mari balas begini,

‘Zee, lo gemukan banget ya sekarang?’

‘Iya nih sebelas duabelas sama kuda nil, ketiup angin dikit udah nge gelinding’

Alternatif jawaban kedua

‘Iya nih, nyium aroma menu di restoran padang aja, berat badan gue langsung nambah’ 

BAHAHA

Jadi itu flash tips bila kita dibully ya Sis, intinya tetap berprasangka baik dengan segala komen yang mungkin buat gak nyaman, lalu balas dengan cara semakin menghinakan diri wkwk, dijamin manjur deh, membuat suasana cari juga kan yak ^^

Sampai akhirnya aku pasrah, jika sudah begini jatah berat badan dari sononya, mau gimana lagi, nikmatin dan disyukuri saja. Lagian ada orang gemuk yang justru ingin kayak aku, meski makan banyak, lambung tipe truk pasir, tetap aja langsing, bahkan ada yang niat pengen transfer lemak ke aku haha, *ya kalik bisa

Kemudian aku pun menikah, yang kata orang, kalau menikah ntar bisa buat gemuk, hmm, semoga ya. Setahun  aku menikah, belum nampak kali, masuk tahun kedua dan keempat. Alamak, begini rasanya kalau udah duduk, payah berdiri lagi, lalu bisa pula bokongku beradu dengan bokong mamak mertua kalau sedang berpapasan di dapur. Aku hendak ambil piring, dengan posisi berlawanan, emak ingin menyendok nasi dari penghangat nasi. Main bola lima menitan sama si kecil pun, awak udah ngos-ngosan. Belum lagi tiap nimbang, angka pada timbangan digital itu malah bertambah banyak.

MasyaAllah, begini rasanya gemuk itu yah!

Tapi, bila berat badanku bertambah dan bisa diistilahkan gemuk, apakah keadaan ini menyehatkan? Bahkan olah raga aja jarang -_-“

Diet, Haruskah?

Dalam suatu kesempatan, aku pernah mengikut event seputar kolesterol dilanjutkan dengan pembahasan pola hidup sehat yang dibawakan oleh dr. Ida Gunawan, M.S, Sp.GK (K) seorang ahli gizi ternama.

Baca juga : Melek Kesehatan Jantung Melalui Gerakan Jantung Sehat

Beberapa artis Indonesia menjadikan dr. Ida sebagai konsultan gizi dan semacam penasihat untuk mengatur serta menjaga berat badan artis agar tetap ideal dan proposional.

Zaman sekarang banyak bermunculan program diet, mulai dari diet golongan darah, hingga diet keto dan mayo.

Sebenarnya itu semua harus diikuti gak sih?

Nah, jawaban dr. Ida cukup menenangkan dan mencengangkan, untuk menurunkan berat badan, hindari cara instan. Jaga pola makan dan rajin berolahraga, itu saja kuncinya.

Singkat, padat, dan cadas sekali jawaban Bu Dokter.

Dan sama halnya seperti yang dilakukan Tya Subiakto, berawal dari peristiwa ia tidak sanggup berdiri saat namanya dipanggil seseorang, dan riwayat kesehatan keluarga yang memiliki penyakit diabetes serta diagnosa dokter bahwa Tya mengidap Fatty Liver, semacam penyakit dimana lemak telah menyelimuti liver sehingga liver tidak berfungsi dengan baik. Tya  pun memutuskan untuk diet sehat.

Kebiasaan buruk yang berkaitan dengan profesinya, seperti makan gorengan sambil kerja, ngemil ini ngemil itu tak ada hentinya. Ia tinggalkan dan ubah dengan menjalankan gaya hidup sehat selama satu tahun setengah. Oleh dokter ia disarankan untuk berjauhan dulu dengan gorengan, minyak, santan dan gula.

‘Awal-awal merasa tersiksa gak?’ Tanya Sarah Sechan yang seolah mewakili ke kepoan akuh

Ternyata Tya menerapkan enam hari full menjalankan program dietnya, nah pada hari ketujuh ia merayakan ‘cheating day’ yang artinya all you can eat on that day wkwkw. Seru juga ya diet ala Tya ini. Gak tersiksa banget gitu meskipun diet.

Karena pola makan yang lumayan ekstrim itu secara lagi dieman dengan yang minyak, santan dan gula, bahkan nasi bok, untuk olahraga sendiri, Tya menerapkan yang ringan saja. Seperti threadmil 15 menitan setiap hari, yoga, dan olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah dengan alat seadanya.

Diet sehat yang dibarengi olah raga ini membantu banget dalam mengencangkan kulit juga loh, agar kalau jadi nih kurusannya, lemak di kulit kemarin itu gak membuat kulit bergelambir ^^
Sepertinya apa yang dilakukan Tya tampak mudah ya, yang susah dan berat adalah konsistennya, teteup mah ya.

Pola Makan Sehat Ala Tya Subiakto

Lalu, waktu satu setengah tahun itu ia isi menu pagi dengan terapi minum perasan jeruk lemon langsung gak pakai dicampur air putih, hal ini bertujuan untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Ya Allah, aku ngebayangin betapa sepetnya minum air lemon tanpa kamuh eh tanpa air putih, huhu tapi demi diet ya.

By the way, terapi minum air lemon ini juga harus atas sepengetahuan dokter sih menurut aku. Karena ada orang yang punya riwayat asam lambung, nah itu gimana? Gak bisa sembarangan terapi ini juga kan yak?

Lalu Tya minum air putih 3 gelas, baru kemudian mengonsumsi tomat, wortel, nanas, pepaya, dan apel, kesemuanya di jus dan dibuat dalam porsi 1 mug, lalu diminum bergiliran. Hmm...tips ini berguna banget biar kita gak keblenger juga ya kalau mengonsumsi sayur dan buah itu dalam keadaan utuh, huhu. Total Tya setiap paginya mengonsumsi 5 mug jus sayuran dan buah yang berbeda. Oke bingit menu diet Tya di pagi hari ya, hmm.

Sedangkan menu siang dan malamnya, tetap no nasi tapi lauk pauknya diolah dengan pilihan tiga cara, dikukus, direbus dan dibakar.

Saluuut banget sama Tya dan memang hasilnya memuaskan ya, Tya tampak lebih segar dan awet muda *_*

Pola Makan dan Hidup Sehat Ala Nufazee

Mungkin dalam menjalankan pola makan sehat belum seekstrim Tya, habisnya belum sanggup untuk berjauhan dengan nasi huhu.

Tapi aku dan Aa adalah pasangan yang peduli dan mendukung banget gerakan hidup sehat. Dulu waktu menjalan program hamil, kami konsisten jaga pola makan, sekarang entah kenapa semakin lalai, efeknya berat badan menambah, perut mengalami kemajuan yang signifikan, dan ngerasa banget, baru sebentar joged-joged sama si kecil, emaknya udah engap huhu.

Makanya ini mau mulai lagi diet.

Yeay!

Slim & Fit : Partner Diet Kamu 

Hari gini hidup mudah banget, diet aja bisa dibimbing loh hehe, seperti tagline-nya Slim & Fit, Partner Diet Kamu.

Slim & Fit adalah susu tinggi protein dan serat yang bermanfaat banget dalam melengkapi program diet kita. Namun, susu ini tidak untuk dikonsumsi oleh anak dibawah 5 tahun, busui dan bumil ya. Lagi pula lagi hamil dan menyusui pun gak bisa diet, yes!

Berikut kandungan lengkap dari Slim & Fit


Nah, seperti yang aku sebutkan di awal, diet bukan berarti mengurangi porsi makan, tapi menjaga pola makan. Dari yang selama ini piring kita dikuasai oleh karbo, ketika diet, porsi sayur dan buah lebih dibanyakin.

Lebih jelasnya aku jembrengkan jadwal diet yang dianjurkan adalah sebagai berikut,



Jadwal diet udah mulai diterapkan, barengi dengan olahraga. Olahraganya gak perlu yang pake alat berat juga sih, wkwkw yang ringan asal konsisten.



Kemudian lengkapi dengan minum susu. Ada beberapa orang yang diet gak minum susu sama sekali, tapi menurut aku minum susu tetaplah penting. Kalau kebutuhannya untuk diet, susu protein dan serat cocok jadi partner, seperti Slim & Fit.

Aku udah cobain Slim & Fit yang coklat dan vanilla. Aku minum di pagi hari dan dibarengi dengan makan buah, masyaAllah, memang merasa kenyang dibuatnya, bahkan lihat nasi aja aku ogah, seperti ada signal yang mengirimkan pesan ke otak untuk cuekin nasi dulu, tapi kalau lihat buah, aku ngiler bukan main *_*

Dan ternyata menurut penelitian, warna dalam makanan kita mempengaruhi nafsu makan juga.




Balik lagi ngebahas Slim & Fit, produknya dikemas dalam kotak. Satu kotak berisi 6 bungkus Slim & Fit sachet. Jadi praktis dibawa kemana dan dikonsumsi dimana saja, membuat program diet lantjar jaya.

Dalam kemasan bercorak merah dan putih, Slim & Fit perkotaknya dibandrol 74K, kalau di Supermarket Irian Marelan, Medan.



Jika kesulitan mencari Slim & Fit di tempat kita tinggal, bisa pesan online di official store-nya, KALBE Store. Apalagi lagi ada diskon 20% untuk pembelian minimal 3 box Slim & Fit dengan menggunakan unique code

fauziah20

Hayuuuk belanja mumpung diskon, dan berasa banget kalau kita minum Slim & Fit saat sahur, puasa jadi gak berasa puasa, senantiasa fit selalu, dan jelang lebaran, tetap slim, gak begitu LEBAR-an hihi, soalnya godaan lebaran banyak, cyin.

Untuk mengetahui info seputar diet sehat, cus kepoin akun sosmed Slim & Fit yah,

IG : @slimfitid
FB : SlimnFitDietSolution
Web : slimandfit.co.id

Semoga bermanfaat, semangat sehat untuk keluarga kita!

Yuk Menutup Aurat, Jangan Sampai Terlambat!

/ / 0 Comments
Yuk Menutup Aurat, Jangan Sampai Terlambat!
Alhamdulillah rentang tahun 2013 hingga kesini terjadi gelombang besar para pemuda yang berhijrah, majelis-majelis ilmu di masjid penuh dengan jema’ah yang haus nasihat dan ilmu, ustadz-ustadz muda tamatan Universitas Al-Azhar Kairo bermunculan memenuhi siaran live hampir di seluruh sosmed.

Efek positif ini berdampak pada banyaknya selebgram berhijab mendadak jadi desainer dan pebisnis, dengan bermodalkan follower hingga berpuluh juta, jadi awal membangun bisnis fashion, baik itu baju muslim pria maupun baju muslim wanita. MasyaAllah!

Semoga jika kita termasuk dalam gelombang besar itu termasuk aku, tidak menjadi sekadar ngaji dan sekadar berhijrah, terkhusus pada saudariku, muslimah.

Ada beberapa contoh kasus di lapangan, seperti tetiba si kawan ini bercadar, ternyata setelah ditelusuri, niat ia bercadar karena abis putus cinta dan ingin menghindari sang mantan, ada juga yang bercadar karena ikut-ikutan, terinspirasi dari bahan bacaan kisah para shahabiyah, sahabat-sahabat perempuan di zaman Rasulullah. Dan ada yang bercadar, namun ketika menikah, memutuskan untuk melepaskan cadarnya, karena sama seperti halnya berhijab, memakai cadarpun harus konsisten, tidak boleh pakai lepas-pakai lepas. Dan itu masih urusan cadar doang.

Namun bagaimana dengan para muslimah, namun belum tergerak hatinya untuk berhijab? meskipun pilihan dan model baju muslim wanita hari ini terpampang nyatah? tidak seperti keadaan muslimah saat pertama kali perintah menutup aurat turun dari Allah.

Aurat itu Apa Sih?

Iya, apa sih aurat itu?



Kemudian disadur dari ceramah Ustadz Adi Hidayat,Lc, seorang Ustadz muda nan cerdas asal Banten, dalam kajiannya kali ini mengupas tuntas QS. An.Nur-24  asal muasal perintah berhijab itu karena salahsatunya situasi dan kondisi di Madinah yang belum kondusif.

Masjid Nabawi waktu itu  baru dibangun. Base-nya masih tanah, atapnya masih dari susunan pelepah kurma, dan banyak preman di sekitar Madinah yang bisa menimbulkan fitnah setiap kali wanita keluar dari rumahnya. Kalau sekarang mungkin istilahnya, preman itu godain cewek Madinah deh, apalagi jika si cewek mau ke toilet, karena belum ada toilet umum, sehingga buang hajat harus ke kebun kurma. Nah kasus ini akhirnya sampai ke telinga Rasulullah, maka turunlah perintah berhijab.

Tujuan berhijab termaktub pada QS. Al-Ahzab : 59 yakni supaya mudah dikenal, artinya, hijab adalah ciri-ciri seorang muslimah, kemudian tidak diganggu. Nah tujuan kedua hukumnya jadi wajib bagi lelaki muslim, jika melihat muslimah yang sedang diganggu, agar dilindungi dan dibantu. 

Kemudian, adapun ayat perintah menutup aurat yang turun pertama sekali adalah QS. An.Nur: 31.


Sumber foto : Kutipan Gambar Islami
Ayat ini dibuka dengan sapaan Allah kepada Nabi Muhammad untuk menyampaikan perintah kepada seluruh wanita yang beriman. Dalam pembelajaran tafsir, jika Allah membuka perintah dengan panggilan hambanya yang beriman berarti isi ayat ini bukannya hanya perintah tapi iman kita sedang dipertaruhkan disini.

Simpulannya, jika kita melanggar perintah ini, bukannya hanya dosa, tapi merupakan indikator lemahnya iman kita. Eng ing eng...MJJ ( mak jleb jleb) banget tausiah Ustadz Adi.

Melanjutkan lagi ayat tersebut, Allah perintahkan kita para muslimah untuk menjaga pandangan, artinya diminta untuk melihat hal-hal yang baik saja, lalu menjaga kehormatan kita sebagai wanita. Jika kita lemah dalam perintah ini juga, belum sampai loh ya pada pernyataan menutup aurat, masih seputar menjaga pandangan dan kehormatan, berarti iman kita bermasalah ini. Huhu

Ibaratnya nih dalam Islam, perempuan beriman sebanding dengan Ratu. Sebab ada prosedur untuk menyentuhnya, untuk melihat dan berinteraksi dengannya. MasyaAllah, berarti selama ini aku Ratu ^^.

Pada ayat berikutnya, Allah perintahkan jangan sembarangan membuka, meskipun terbukanya dikit doang Sis, kecuali yang boleh dan terbiasa dibuka. Nah yang tertutup sekalipun ada atau tidak ada orang, teteup harus ditutup  karena fitrahnya manusia adalah nyaman ketika berpakaian, kecuali hewan, nyamannya ya dengan kondisi hewan tersebut yang tanpa busana.

Ternyata perintah berhijab kalau ditelisik lagi, Allah tidak ujug-ujug langsung perintahkan menutup aurat seluruhnya, tapi bertahap. Perhatikan pada kelanjutan ayat tersebut ada kata ‘juyuuubihinna’, artinya, tutup dengan kerudung yang sampai melewati leher. Bedakan kata tutup dengan bungkus, kata ini terkait erat dengan model hijab yang beraneka ragam, apakah memakainya seolah membungkus atau beneran menutup?

Jadi, pada hadis riwayat Bukhari no. 4759, direkamlah bagaimana reaksi para wanita mu’min ketika perintah menutup aurat turun. Apakah mereka bertanya, kok ditutup sih ya Allah? Tetapi betapa mereka berlomba-lomba untuk membuktikan siapa yang paling beriman dihadapan Allah dengan sibuk mencari kain-kain yang bisa menutup aurat, bahkan sampai merobek kain selimut mereka. MasyaAllah! Duh kita kebanting banget ya sama muslimah zaman dulu.

Tutup Aurat, Jangan Sampai Semuanya Terlambat!

Biar mantab lagi niat saudariku untuk berhijab bagi yang belum berhijab, dan yang sudah berhijab namun masih setengah-setengah, semoga menutupnya bisa naik peringkat.

Ini dia beberapa tujuan berhijab, dari Bunda Helvy Tiana Rosa.



Cara Menutup Aurat Sesuai Syariat Islam

Seperti yang aku sampaikan diawal, sekarang beragam desain baju muslim wanita dijual baik online maupun offline, tinggal pilih yang sesuai syariat islam pastinya. Kalau perlu referensi, aku juga buka toko online di instagram, boleh kepoin di @nufazeeshop, hehe.


Tutuplah aurat, sebelum kelak aurat kita ditutup di saat terakhir hidup kita di dunia

Semoga bermanfaat!

Colour To Life dari Faber Castell : Kegiatan Mewarnai Jadi Lebih Seru dan Kekinian

/ / 2 Comments
Colour To Life dari Faber Castell : Kegiatan Mewarnai Jadi Lebih Seru dan Kekinian

Menggambar merupakan kegiatan aku sehari-hari saat menemani si kecil bermain. Sejak jadi ibu aku mendadak berprofesi sebagai tukang gambar si Khalil. Menggambar apapun mau tak mau harus bisa, kalau tidak bos kecil akan kesal.

Khalil paling suka memintaku menggambar makhluk di laut, seperti ikan hiu dan ikan paus. Beberapa hari lalu rumah kami dikepung ikan paus wkwkw. Sebab ada Bunda Ikan Paus, Ayah Ikan Paus, Khalil Ikan Puas, Uci Ikan Paus dan Atok Ikan Paus di lantai rumah. Lantai adalah media menggambar kami yang paling asyik karena bisa dipel setelah itu hihi.


Sebenarnya aku menyenangi kegiatan menggambar tapi paling stress kalau menggambar tangan dan jari-jemari manusia, salut atuh sama desainer-desainer dan para jago gambar.

Benar kata Pak Yandramin Halim, Managing Director PT. Faber –Castell International Indonesia, semua wujud dari benda-benda di sekitar kita, bermula dari sebatang pensil.

Hanya saja sekarang, beberapa desainer ternama jelas Pak Halim lagi yang mengeluh tentang banyaknya anak muda yang ahli menggambar secara digital tapi lemah saat menggambar secara konvensional yakni memakai media sebatang pensil tadi.

Perkembangan teknologi sungguh tak bisa kita bendung, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua yang telah memiliki anak.

Keseharian orangtua pasti sangat bergantung  pada smartphone, apalagi aku huhu. Meskipun begitu, cepat atau lambat anak akan mengenal benda canggih tersebut, dengan tidak diajarin pun anak lekas pandai menggunakannya. Ckckc itulah hebatnya anak milenial.

Namun, bukan berarti kita melepaskan anak sendirian dengan smartphone, tetap ada batasan dan pendampingan ekstra, sebab usia yang disarankan para pakar parenting untuk anak memiliki dan bersentuhan aktif dengan smartphone dan teknologi yang memakai layar lainnya ada 17 tahun.

Jadi, bukan anaknya yang candu smartphone, kata Pak Halim justru orangtuanya. Wkwkwkw, disini aku makjleb banget, makasi Pak udah disadarkan kembali.

Lalu bagaimana agar anak dan orangtua tidak berperang rebut-rebutan smartphone tiap hari atau bagaimana belajar mengenalkan sesi bermain dengan teknologi tapi dengan tetap menyentuh dunia seni dan digital pada saat yang sama?

Secara kemampuan menguasai seni harus ada pada diri anak kita, agar tertanam jiwa menghargai karya orang lain, agar terbiasa menjadi pencipta, pemain, dan bukan sekadar konsumen, apalagi penonton.

Colour to Life, jawabannya.


Faber Castell Luncurkan Produk Colour To Life di Medan

Alhamdulillah pada Sabtu, 5 Mei 1988, pas hari ulang taon akuh *eaaak, bertepatan di Gramedia Sun Plaza, Medan. Aku berkesempatan menghadiri peluncuran produk Faber Castell terbaru, Colour To Life.


Aku sengaja datang satu jam lebih awal, niat hati mau lanjut mengetik kerjaan eh ndilalah kalau udah meet up dengan sesama blogger pasti buanyak ceritanya wkwkwk.

Oiya bagi yang udah lama gak main ke Sun Plaza kayak aku hihi, pasti pusying nyari-nyari Gramedia yang biasa terletak pas di atas Maxx Coffee, sepertinya itu Lantai 1 ya. Pokoknya dari lobi yang ada air mancur itu, trus naik eskalator, langsung ketemu Gramedia deh biasanya.

Nah, karena udah entah berapa purnama aku gak kesana, sejak terakhir kali menghabiskan voucher belanja yang berjuta-jutak itu, wkwkw baru beberapa hari lalu lah aku kembali kesana lagi.
Gramedia Sun Plaza sekarang terletak di lantai 2, dan taraaaaa ini dia penampakannya,


Balik lagi ke cerita tentang peluncuran produk Faber Castell terbaru nih. Sebaik datang aku dan temanku langsung registrasi dan duduk syantik di depan. Tepat jam 11 acara pun dimulai.

Aneka produk Faber Castell di Gramedia Sun Plaza
Hadir sebagai narasumber pertama adalah Mb Ang Lilyana selaku Produk Spv PT Faber-Castell Internationa Indonesia.

Mb Lily tampak manis dengan atasan coklat muda ini tampil menyampaikan secara lengkap apa sih Colour To Life itu.

Colour to Life adalah produk terbaru dari Faber-Castell yang dikemas menarik dalam sebuah Gift Set Box.

Gift Set Box ini berisi 15 halaman buku mewarnai Augmented Reality, 20 warna connector pen yang fungsional. Kenapa aku bilang fungsional, kalau warna pen sudah habis, bisa dibuat mainan anak, layaknya lego, hehe. *mamak gak mau rugi ya, teteup.

Selelah kita memiliki Gift Set Box Colour to Life, langkah berikutnya adalah download aplikasi Colour to Life via Google Apps atau Iphone Apps, bisa juga via QR Code yang bisa discan di cover depan Gift Set Box nya.

Bagaimana Menggunakan Aplikasi Colour To Life?

Caranya mudah banget, setelah download, kita bisa bermain dalam keadaan data off loh, sehingga aman sekali untuk dimainkan anak, jika kita khawatir dengan paparan signal internet yang berimbas negatif bagi perkembangan otak anak.

Berikut langkah menggunakan aplikasinya,

1.    Colour The Picture

Warnai gambar di dalam buku dengan menggunakan connector pen yang ada di set.

Saat demo kami diminta mewarnai gambar Safe Flight. Warning nih, hindari menggambar bingkai yang ada disekeliling gambar, karena dapat membuat gagalnya proses scan.

Pada buku gambar, terdiri dari 5 karakter, yakni ada Giddy Up, Pogo Boy, Dress Up Challenge, Balance Your Brain dan Safe Flight. Nah tiap karakter memiliki 3 gaya yang berbeda.

2.    Scan

Dalam melalukan pemindaian, ada beberapa tips nih,

-    Pastikan kamera berjarak kurleb 30 cm tepat di atas gambar
-    Posisikan kamera agar bisa memuat keseluruhan halaman buku gambar termasuk frame.
-    Paskan fokus kameranya, lalu tunggu sampai layar berwarna hijau, dan lihat  karakter sudah jadi hidup.

3.    Interact in 3D

Wah sekarang kita sudah bisa berinteraksi dengan karakter dalam versi 3D. Kita bisa menyentuh karakter atau area sekitar dan lihat apa yang akan terjadi. Seru banget kaaaan hehe. Oiya setiap karakter memiliki reaksi berbeda-beda ketika disentuh.

4.    Take Selfies

Produk Colour to Life ini kekiniannya pake komplit ya, selain kita bisa berinteraksi, kita juga bisa selfi dengan si  karakter tersebut. Hal ini menjawab kebutuhan orang milenial, yang hidup tidak lengkap tanpa selfie *eaaak


Cara melakukan selfie, sentuh ikon kamera dan nanti akan masuk pada mode foto. Cubit layar HP kita pada karakter agar bisa diperbesar dan diperkecil, sentuh sesuka hati agar karakter bisa bergerak dan berputar. Tapi tidak bisa digelitikin wkwkw. Selain selfie, kita juga bisa gunakan lensa belakang HP.

Pesawatkuuuh

5.    Play The Games

Saran aku sebelum nyobain games nya, memang sebaiknya cobain semua fitur Colour to Life step by step nya, biar ngerasain teknologi AR ini dari dekat, setelah itu baru deh main gamesnya hehe.

Cara membuat karakter bisa jadi objek games, sentuh tombol icon bertuliskan Play The Games.

Nah, tadi diawalkan kita sudah mewarnai, jadi saat kita menjadikan karakter ini objek games, ternyata hasil pewarnaan kita tetap gak berubah loh, senantiasa mengikuti karakter. 

Bagaimana Detil Karakter Games dan Manfaatnya Saat Dimainkan?

Giddy Up


Pogo Boy


Dress Up Challenge



Balance Your Brain



Safe Flight



Demo Colour To Life on The Spot, Rasanya Norak Norak Bergembira

Mungkin karena di demo session ini lama sehingga acara penjelasan produk agak dikebut ya wkwkw.



Bahagianya saat Mas Andri, sang MC yang juga PR dari PT Faber Castell menyampaikan produk Colour To Life yang dibagikan boleh dibawa pulang, yeaaay. *Alhamdulillah hadiah lang taon ke 30 adalah sepaket alat mewarnai, hikmahnya dengan mewarnai, kerutan di wajah tidak bertambah hihi

Saat pertama kali menyentuh Colour To Life ini, packaging-nya rapih, diplastikin, oiya kerennya lagi ternyata Colour To Life adalah produk buatan anak bangsa loh dan sudah sedang dipasarkan ke German, Inggris, Singapur, dll.

Di Gramedia, dibandrol seharga 119K per paket.

Lanjut lagi cerita demonya, dan ini dia isi dalam setnya

Para peserta diminta mewarnai gambar Safety Flight, masyaAllah kapan terakhir kali aku mewarnai yak haha, rileks banget dah kalau sudah mewarnai, tapi kalau gak sabar ya, gak jadi juga wkwkw.


Btw aku baru tau ada teknik mewarnai pola batik gitu, nah keterangan itu aku baca di kertas yang diselipin di Gift Set Box nya, bahkan ada tutorial main pakai media tutup connector pen-nya, keren!

Oiya saat mewarnai, kita juga bisa menambahkan tulisan di pesawatnya yah, aku buat nama Nufazee Air, muncul sih tapi tak gak begitu tampak.

By the way  pas kita lagi demo, ditutor langsung sama Mb Ica yang merupakan salah seorang yang berada dibalik kelahiran Colour To Life loh.

Trus aku pake nambahin gambar bendera merah putih di ekor pesawat, tapi gak muncul saat di scan, *yaiyalah wkwkw, ternyata tiap garis hitam pada gambar, apalagi pola batik pada bingkai gambar, telah ada kode tertentu sehingga ketika di scan, teknologinya bekerja dan membaca kode tersebut.

Canggih banget dah sekarang yak ckckc, mungkin begitu juga cara kerja robopen pada buku koleksi Khalil di rumah. Hanya sekadar mengarahkan pen pada tulisan, lalu dengan sekejap ada rekaman suara yang terdengar. Mantab!

Alhamdulillah gambar aku selesai, norak ya wkwkw! Saatnya memindai. Ketika proses scan selesai, pastikan hape gak jauh jauh dari buku gambar, karena ntar akan kembali ke proses awal, nge-scan lagi haha.

Setelah puas berselfi ria dengan karakter Safety Flight,

Saatnya nyobain games, untuk nge games gak perlu paket data, data dipake hanya saat mendownload aplikasi Colour to Life doang, selebihnya off data. Kemudian, pesan Mb Lily, sekalian bantu isi rating aplikasi Colour To Life juga ya di Google Playstore , ^^. Siap Mb Lily. Rating dan komen kita ngebantu pembuat aplikasi untuk lebih baik lagi.


Mengenai games nya Alhamdulillah pada ramah mamak pokoknya gak seribet dan ngeselin kayak Mobile Legend lah haha.

So, gimana pada pengen nyoba gak? Hehe, Ayok dicoba Mak, menurut aku rekomen banget sebagai media menunggu berbuka puasa bareng keluarga, dibawa pas mudik pun oke banget, sehingga gak bosan diperjalanan.

Produk Colour To Life sudah tersedia di seluruh Toko Gramedia Se-Indonesia sejak April 2018 lalu, bahkan juga dijual di Official Store Faber-Castell di Tokopedia, Bukalapak dan Blibli.

Sebelum tulisan ini aku tutup, aku punya catatan dari event peluncuran produk Colour To Life ini,


Tujuan Colour to Life ini ada ditengah keluarga Indonesia adalah ingin menyampaikan dan mengajak pada anak bangsa untuk jadi pemain dalam dunia digital, jangan sekadar jadi penonton.

Hikmah dari produk Colour To Life adalah sebagai media yang mengajak orangtua, untuk tidak cukup puas memberikan knowledge base tapi juga ajarkan anak untuk memiliki kemampuan berpikir, perdalam ilmu pengetahuan dengan praktek langsung, perbanyak pengalaman belajar melalui berbagai eksperimen.

Intinya menikmati proses, sebab Colour To Life membuktikan desain sebuah benda bermula dari sebatang pensil.

Semoga bermanfaat! Selamat Bermain dengan Ananda ya Ayah Bunda!

Yeay Member Kumpulan Emak Blogger sekakian meet up 😍



Powered by Blogger.