Menu

your blog banner

My 2018 Resolution, Meningkatkan Kualitas Diri dalam 8 Posisi Sekaligus

/ / 0 Comments
My 2018 Resolution, Meningkatkan Kualitas Diri dalam 8 Posisi Sekaligus

“Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain”. (Al-Insyirah: 7)

Beberapa bulan belakangan aku dilanda kehampaan luarbiasa sebagai Ibu Rumah Tangga padahal sudah sampai ikut kuliah online di Institut Ibu Profesional meskipun pada akhirnya aku remedial haha.

Kehampaan yang aku rasakan adalah, saking banyaknya amanah yang aku kerjakan sampai aku tidak tahu harus melakukan yang mana. Dan disaat yang sama ada banyak ide berseliweran di pikiranku sampai sakit kepalaku menampungnya lalu efeknya aku gak bisa tidur, kalaupun mencoba tidur, aku gelisah.

Dalam hati, aku gak bisa terus begini. Aku harus menulis dalam satu buku tebal. Selama ini aku menulis kegiatanku namun saking banyaknya buku catatan, aku sampai lupa, aku menulis to do list ku di buku catatan mana. Parahkan!

Sekarang aku sudah mempunya buku catatan yang tuebel hehe, dan disinilah aku menuliskan segalanya, ya segalanya, kecuali catatan pengeluaran dan pemasukan rumah tangga, haha.

Di buku catatanku yang baru, aku membuat pembagian posisi diriku. Posisi tersebut aku tandain dengan bookmark warna warni. Aku membagi diriku dalam 8 posisi, agar semua orang terdekatku tetap mendapatkan haknya atas diriku tanpa perlu aku ribet sendiri dan akhirnya tenggelam dalam rasa bersalah. Terutama mereka yang terdekat dan berhak mendapatkan yang terbaik dariku adalah suami dan anakku.



Ilmu pembagian diri ini *kedengaran seperti amuba ya wkwk* aku dapat di materi awal pada  kuliah online di Institut Ibu Profesional. Lengkapnya aku ceritain disini

Tahun 2018, Tahun Maksimalkan Diri pada 8 Posisi Ini

Dengan mem-breakdown 8 posisi ini semoga aku bisa lebih fokus dan jadi kebanggaan keluarga, aamiin ya Rabb ^^

Oya, indikator keberhasilan pada tiap posisi, aku pakai teknik SMART :

-    Specific, unik dan detil
-    Measurable, terukur disini maksudnya pakai jangka waktu misal, 3 bulan sekali evaluasi
-    Achievable, dapat diraih artinya gak susah dan juga gak terlalu mudah
-    Realistic, realistis ajalah yak, hihi
-    Timebond, ada batas waktu

Aku Sebagai Istri

Sebagai istri ada standar yang sudah aku sepakati dengan si Aa’. Yakni,
  1. Anak terurus
  2. Makanan Terhidang
  3. Rumah bersih
Maksud standar ini adalah, gak apa apa bila suatu hari rumah dalam keadaan tebalek-balek yang penting anak terurus dan makanan terhidang, tapi adalah lebih baik, jika anak sudah terurus, makanan terhidang, dan sempat membersihkan rumah ^^. Kalau gak sempat masak, maka ada solusi untuk beli sayur masak, yang paling penting adalah anaknya terurus.

Selain standar tersebut, sebagai istri di tahun 2018 aku akan :

-    Lebih rapi catat pengeluaran dan pemasukan keluarga
-    Lebih kreatif menyusun menu 30 hari keluarga
-    Lebih rajin membuat cemilan sehat
-    Lebih banyak minta pelukan ke si Aa’ >.<

Aku Sebagai Bunda Khalil

Sebelumnya aku sudah mulai usaha untuk jadi Bunda yang terbaik demi Khalil yakni mengikuti berbagai seminar pengasuhan dan kuliah online Ibu Profesional, alhamdulillah banyak ilmu bermanfaat bahkan tugas-tugas yang diberikan memaksaku untuk praktek langsung ke anaknya.

Memasuki usia 2 tahun, Khalil sudah bisa diajak berinteraksi banyak hal. Kalau gak dimanfaatkan masa emasnya ini, nanti aku yang menyesal huhu. Maka dari itu, aku sedang mencari sekolah online dan kurikulum yang bisa aku terapkan untuk anakku belajar di rumah.

Aku juga akan menyusun kurikulum untuk Khalil, lalu mendetilkannya menjadi kegiatan harian yang lebih terjadwal.

Kemudian, aku sedang memikirkan desain sudut belajar Khalil di rumah. Aku sedang mencatat apa-apa saja yang harus aku beli dan persiapkan. Ah pasti seru sekali ^^.

Dulu sejak ketahuan hamil, aku rutin menuliskan catatan harian tentang Khalil, dan di usia Khalil 5 bulan sampai sekarang sempat terhenti mencatat segala momen huhu T_T maka, di tahun 2018 ini aku akan mulai lagi rutin menuliskan catatan harian tentang Khalil.

Ups, ada yang ketinggalan, aku harus menjadwalkan membaca buku. Aku rajin beli buku tapi bacanya ntah kapan-kapan. Target tahun depan bisa melahap 50 buku. Aamiin ya Rabb. Ish apakah ini terlalu tinggi? Nanti deh aku evaluasi lagi.

Aku Sebagai Anak dan Cucu

Sejak aku menikah, praktis aku jadi jarang ke rumah orangtuaku dan nenekku. Mereka sering protes karena jarang bawa Khalil hehe.

Baiklah, tahun 2018 aku akan buat jadwal menginap bergantian setiap bulannya, apakah ke rumah oma opa Khalil atau ke rumah unyang.

Kemudian aku juga buat jadwal rutin menelepon mereka. Seringnya mereka yang menelepon aku dikarenakan kehebohanku hari-hari mengasuh Khalil.

Aku Sebagai Menantu

Selama ini banyak sekali bantuan yang aku dapatkan dari mamakku ini. Terutama membantu menjaga anakku ketika aku harus keluar rumah. MasyaAllah terimakasih mamak. Gak hanya itu, mamakku paham sekali profesiku sebagai penulis, kadang blio membantu menjaga anakku juga saat ada deadline.

Maka aku selalu memberikan apa yang aku punya, mulai dari lipstik, kadang aku kirimkan pulsa, bawakan makanan kesukaannya, dll.

Tahun 2018 ini aku akan memijat beliau dua minggu sekali tanpa diminta deh. Hehe. Pastinya blio pegel-pegel kan yak karena telah menjaga anakku.

Aku Sebagai Kakak

Meski sudah menikah, adik-adik tetap memerlukan aku sebagai kakaknya apalagi kalau urusan pinjem duit wkwkw. Maka dari itu aku harus bekerja keras agar uang tabunganku selalu ada dan suatu saat adikku perlu duit, aku gak harus menyusahkan suami hehe.

Aku Sebagai Guru Menulis

Dua bulan terakhir di penghujung tahun 2017 aku memberanikan diri menerima tawaran untuk mengajarkan anak teman yang punya bakat menulis.

Alhamdulillah aku menerima tawaran tersebut. Dan aku sekarang sedang menyusun kurikulum kelas menulis anak yang lebih rapi. Untuk sementara anak-anak diliburkan, mulai  masuk lagi di Januari tahun 2018.

Aku Sebagai Blogger

Di tahun 2018 sepertinya aku harus lebih selektif lagi menghadiri event dan menerima job, agar aku gak terlalu kecapaian. Jatah keluar rumah sebulan adalah 4x saja, agar Khalil gak selalu sering ditinggal.

Selain itu aku sedang membangun satu blog lagi, tepatnya blog keluarga. Semoga kesampaian di tahun depan ya Bismillah.

Oya, aku juga telah sedang mengasuh sebuah klub menulis di whatsapp group dan mengurus blog komunitas.

Untuk jangka panjang aku mau buat kelas blog advanced yang berbayar, tapi aku belum berani, aku harus banyak kumpulkan ilmunya lagi nih hehe.

Aku Sebagai Hamba Allah

Nah ini tujuan akhir dari segala posisiku, penghambaan kepadaNya. Tahun depan aku gak mau terlalu muluk soal ibadah, yang penting, adalah rutin menjalankannya.

Aku akan mulai mencicil membayar puasa wajib yang tertinggal di Ramadhan tahun lalu. Rutin baca Al-Qur’an. Ulang hafalan Al-Qur’an bersama Khalil. Rajin menghadiri kajian di kelompokku tiap minggu. Sholat Dhuha dan Tahajudnya dihidupkan lagi. Zikir gak lepas.

Oya, membuat tabungan haji di sebuah tempat khusus, meniru film Up, mereka punya celengan keluarga yang diletak di tengah-tengah ruangan rumah *_* tapi tabungan ini adalah tabungan haji keluarga, tabungan qurban dan tabungan sedekah. Bismillah ^^

“Pikiran tidak dapat dibatasi, lisan tidak dapat dibungkam, anggota tubuh tak dapat diam. Karena itu jika kamu tidak disibukkan dengan hal-hal besar maka kamu akan disibukkan dengan hal-hal kecil” (Abdul Wahab Azzam)

Nah, salahsatu kendala dalam menjalankan semua posisi ini adalah kondisi tubuh. Si Aa pernah bilang begini, ‘Bunda, kamu harus sehat-sehat ya, kalau kamu sakit dan aku serta anak sakit siapa yang ngurus kita?’ Makanya kalau aku udah mengeluh kesehatan, si Aa pasti pusying wkwkw.

Untuk itu aku selalu stok banyak multivitamin di rumah, sebagai alat mencegah agar tidak sakit. Biasanya sebelum sakit ada alarm tubuh seperti tenggorokan seret, badan berat, kepala pusing, lidah pahit, mata memanas, dll. Jika sudah ada satu tanda dari sekian banyak tanda, aku pasti sudah harus waspada.

Tapi, qodarullah kadang ya drop juga, bablas jadi sakit. Karena seorang ibu gak boleh sakit lama-lama, perlu multivitamin yang top markotop nih dalam mendukung dan mempercepat masa penyembuhan, seperti Theragran-M.

Theragran-M : Multivitamin Mineral dan Sudah Diresepkan Dokter Sejak Lama
 


Sesuai tagline nya, for your recovery support, Theragran-M hadir sebagai vitamin untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit.



Dengan kandungan vitamin dan mineral yang dikandungnya, Theragran-M menjadi unggul



Dalam 1 strip terdapat 4 tablet salut gula. Dan memang pas aku cobain rasanya manis ^^ kemudian aku bawa tidur siang, masyaAllah gak pernah tidur siang senikmat dan senyenyak tadi, kemudian badan pun terasa jadi lebih ringan, Alhamdulillah.



Kemudian, selain keunggulan yang ada, pastinya Theragran-M ini halal. Oya untuk harga di sekitaran Medan, 1 strip dihargai 19K dan bisa dibeli di apotek langganan kita. Jadi kepikiran ntar kalau ada rencana nge-trip, multivitamin seperti Theragran-M ini pas banget ada di pouch obat-obatan selama perjalanan. Wah, menikmati perjalanan dalam keadaan sehat pasti jauh lebih menyenangkan dan berkesan.

Semangat sehat!

Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

Kadar Cinta yang Bertambah-Tambah Ketika Si Kecil Demam

/ / 0 Comments
Kadar Cinta yang Bertambah-Tambah Ketika Si Kecil Demam

Seeing our kids in pain is the last thing we want to witness because whatever pain they feel, we feel it twice. And we wish the pain is ours
-pinkheartstring-

Angkot itu hanya memiliki satu penumpang yaitu aku, tak berapa lama naik seorang ibu berperawakan kurus, memakai baju tidur lengan pendek, celana selutut, tampak memapah seorang anak lelaki berusia sekitar 10-12 tahun.

Kembali angkot melaju, tba-tiba anak lelaki yang sedari tadi dipagut Ibunya, kejang-kejang tak sadarkan diri.

‘Nak, sadar nak, ya Allah sadar nak, Duh gak ada air putih pula ini’

Dengan sigap aku mengeluarkan botol minum yang memang selalu aku bawa kemana pun aku pergi.

‘Ini Bu’

Setelah ibunya menyapukan setangkup dua tangkup air ke wajah anaknya, anaknya kembali sadar. Cerita pun mengalir.

Sejak bayi 9 bulan, diawali demam dan diiringi dengan step atau kejang sampai sekarang kejangnya sering kambuh dan tak kunjung sembuh. Kemana-mana sudah berobat bahkan sampai menghutang kesana kemari demi menembus obat yang tak murah, seminggu bisa menghabiskan sejuta untuk obatnya saja.

Aku mendengar curhat ibu itu ya Allah, nyeeess banget T_T aku membayangkan betapa sejak kelahiran anaknya pasti ia gak pernah tidur nyenyak lagi, kerja pun tak tenang bila harus meninggalkan anak di rumah.

Belum lagi kasus-kasus orangtua yang memiliki anak sakit dan mendulang simpati banyak orang serta menjadi viral di dunia maya. Baru-baru ini aku ketinggalan berita tentang almarhum Adam Fabumi, ketika kabar duka muncul di feed Instagram, aku langsung cek akun instagramnya dan mulai scroll dari awal, masyaAllah T_T Semoga jadi ladang pahala dan tiket ke syurga bagi kedua orangtuanya ya. Dan Allah kuatkan pula orangtua di seluruh dunia yang juga sedang mendapatkan ujian anak sakit berkepanjangan. Aamiin ya Rabb!

Sejak jadi Ibu tak ada yang lebih aku khawatirkan selain ketika anakku sakit khususnya demam. Pasti aku akan berjaga sepanjang malam. Dan kadang aku salut dengan diriku, kok bisa sekuat ini aku ya, dulu aja sebelum nikah dan punya anak, aku adalah orang yang lemah kalau urusan kurang tidur gara-gara begadang. Sekarang ? Kalau udah begadang karena mengurus si kecil yang demam, aku gak peduli meski mirip zombie, yang penting anakku sembuh huhu.

Sebenarnya, biar ibu gak panik menghadapi anak sakit demam, yang perlu sekali diketahui adalah kenalan dengan si demam ini, dengan begitu kekhawatiran bisa sedikit berkurang dan ibu bisa dengan sigap memikirkan hal apa saja yang harus dilakukan.

Kenalan dengan Demam pada Anak

Demam menurut situs IDAI adalah reaksi normal tubuh yang bermanfaat melawan kuman. Dan pemberian obat demam seketika bukan mempertahankan suhu normal tapi hanya memunculkan efek nyaman pada anak.

Kemudian, setelah aku memahami demam dengan lebih sederhana, aku kembali mencari informasi, kapan sebaiknya si kecil demam dibawa ke dokter?

Masih dari situs IDAI, Jika saat demam anak masih bisa bermain, makan dan minum seperti biasa serta interval buang air kecil 3-4 jam masih ada maka cukup home treatment tapi jika lebih sering tidur,  malas minum dan hilang selera makan, maka segera bawa ke dokter.

Sepanjang 27 bulan kehidupan Khalil, ada beberapa jenis demam yang cukup membuatku panik, pasalnya tidak kunjung sembuh sampai lebih dari 3 hari.

Demam karena infeksi telinga. Hal ini terjadi ketika Khalil berusia 5 bulan. Ini demam yang paling heartbreak banget buatku. Untuk penanganan medis, aku sampai membawanya ke dokter THT dan oleh dokter, telinga Khalil terpaksa dibersihkan. Betapa aku gak kuat menyaksikan anakku menangis kencang saat mesin sedot telinga itu bekerja. T_T usai dibersihkan aku langsung menyusui Khalil. Ku katakan padanya bahwa ini demi kebaikannya.

Demam karena virus. Terjadi saat usai 24 bulan. Dan karena demam ini, aku sampai 2 kali bolak balik rumah sakit. Sempat hampir dirawat karena saran dari dokter di klinik sebab demam diiringi muntah. Syukurnya dapat second opinion dari dokter anak langganan untuk hometreatment dan diberikan resep obat jika demam tak kunjung sembuh.

Hometreatment Demam Ala Bunda Khalil

Setiap Bunda pasti punya cara tersendiri dalam merawat si kecil atau keluarga yang sedang sakit begitupun aku, semoga memberi inspirasi ya tentang bagaimana aku merawat si kecil sakit :

Minta Maaf ke Si Ayah

Ketika aku tahu anakku demam atau sakit, aku pasti memutar ulang kejadian apa yang terjadi, hal apa yang aku dan anakku lakukan hingga ia sakit. Seringnya selain karena kelalaian aku sebagai bundanya, juga karena aku dan suami ada masalah, apakah itu bertengkar dan ngambek-ngambekan.

Karena pusat perasaan anak memang sensitif banget, jadi ayah bundanya gak akur pun dia merasaaa banget. Akhirnya aku pasti minta maaf ke si ayah begitu sebaliknya dan kami kembali mesra, kompak mengasuh anak yang lagi sakit.

Mohon Ampun kepada Allah

Biasa kalau dikasi cobaan anak sakit oleh Allah, ibadah dan doa pun jadi lebih khusyuk. Ya Allah malu sebenarnya, seharusnya bagaimanapun keadaan anak dan keluarga, tidak ada yang berubah dengan kondisi iman, namun namanya manusia, iman seperti rollercoaster, naik turun lajunya kencang sekali huhu.

Ketika anak sakit, iya bener aku lebih khusyuk berdoa dan sholat, kadang disertai nazar-nazar khusus, seperti lebih banyakin bersedekah dan zikir serta puasa.

Kompres Pakai Getah Daun Rambutan

Jika demam Khalil masih berkisar 37,5 dercel menurut termometer dan dia masih beraktivitas seperti biasa, maka aku lebih banyakin dia minum dan  main yang gak terlalu bikin capek serta gak boleh keluar rumah untuk sementara waktu.

Namun, bila sudah diatas 37,5 dercel, oleh mamak mertua disarankan untuk kompres pakai getah daun rambutan. Daun rambutan dicuci bersih, lalu diremas-remas dengan air, hingga keluar getah dan air berubah jadi hijau pekat.

Efek dinginnya getah rambutan membuat Khalil terasa lebih nyaman, namun belakangan dia paling gak suka dikompres -_-“ letakkan handuk kecil di jidatnya, kayaknya dia risih banget. Ya sudah, aku mengompresnya dengan tangan, sesekali melap air kompres ke lipatan-lipatan ketiak dan paha, lalu kepala, dahi dan leher.

Mandi Air Hangat

Apakah mitos atau fakta kalau lagi demam jangan mandi, aku juga gak tahu, tapi menurutku mandi merupakan aktivitas yang memberikan rasa nyaman, tapi ketika demam gak disarankan mandi air dingin sebaiknya mandi dengan air hangat. Khalil selalu aku mandikan dengan air hangat bila demam dan batuk pilek.

Pijat Minyak Bawang dan Buat Sup Ayam

Selain berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan blogger, aku juga berprofesi sebagai tukang pijat keluarga, haha >.< Kalau keluarga ada yang sakit pasti minta pijatnya ke aku, Alhamdulillah esoknya kelihatan lebih baik. Nah, masalahnya kalau aku sakit siapa yang pijat? Yes, suamik. Haha, kalau diongkosin ke spa dan pelayanan massage, aku ya gak nolak toh, wkwkw.

Untuk si kecil, bawang merah yang ukuran kecil kemudian diinjek lalu tuangkan baby oil secukupnya bisa juga minyak zaitun. Kemudian aku kusukkan perlahan ke seluruh tubuhnya.  Selain terapi pijat minyak bawang, kalau sempat, aku masak sup ayam. Untuk resep sup ayamnya ada disini.

Terapi Minyak Beraroma Ramuan

Beberapa waktu lalu aku ada beli minya beraroma ramuan dan berefek menurunkan demam. Alhamdulillah minyak ini manjur sekali, tapi ya gitu deh, Khalil anti banget dengan bau-bauan jamu gitu >.<

Makan Es Krim dan Agar-Agar Dingin serta Minum Air Kelapa Muda

Saat Khalil demam yang dicurigai karena virus, aku inisiatif memberinya es krim dan agar-agar dingin. Efek dingin dan manis dari eskrim lalu agar-agar membuat kadar pahit dan keringnya tenggorokan sedikit berkurang. Oya, Khalil juga aku minumkan air kelapa muda. Nah untuk air kelapa muda baru berani aku minumkan ketika Khalil berusia 1 tahun ke atas.


Kenapa begitu banyak hometreatment  yang aku lakukan, karena aku khawatir sekali demam berujung kejang, karena pernah aku baca, kejang itu bersifat genetik, nah aku punya riwayat kejang ketika masih bayi. Semoga gak menular ke anakku deh. Aamiin ya Rabb.

Lebih Banyak Menggendong, Memeluk dan Skin to Skin

Anak sakit itu kadar manjanya meningkat. Demi kesembuhan anak, aku tahankan menggendong Khalil yang berat sudah segoni beras 10kg. Kami menamai gendongan ini dengan ambin, yakni menggendong pakai kain jarik. Gendongnya pun bukan ala-ala gendong tiduran kayak dia masih bayi, tapi gendongan kaki M itu dengan posisi memeluk Bundanya. Ah dia betah banget digendong kayak gini. Emaknya yang pegel sekujur bahu dan pinggang wkwkwk.

Kadang si ayah melakukan teknik skin to skin, seolah mentransfer suhu panas tubuh Khalil ke tubuhnya ayah. MasyaAllah, Khalil tenang banget dengan teknik seperti ini.

Minum Obat Penurun Demam

Meskipun hometreatment, adanya obat penurun demam tetap aku stok di rumah untuk jaga-jaga. Jika suhu tubuh sudah lebih dari 38 dercel dan menunggu pagi untuk cus ke dokter.

Tempra Syrup : Obat Penurun Panas Andalan Keluarga Indonesia



Keberadaan Tempra sebagai produk penurunan panas di Indonesia sudah lama banget ya, sejak tahun 2003, wah itu saya baru tamat SMP hehe. Nah, sampai sekarang produknya terus berinovasi sesuai misi perusahaan yang kini menaunginya, PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk, dedikasi pada kualitas hidup manusia yang lebih baik.

Ada tiga jenis produk Tempra,
Tempra Drops 15 ml, 80 mg kandungan parasetamol, untuk bayi usia dibawah 2 tahun
Tempra Syrup 60 ml,160mg kandungan parasetamol, untuk anak usia 2-5 tahun
Tempra Forte 60 ml, 250 mg kandungan parasetamol, untuk 6 tahun ke atas

Tempra Syrup sendiri ada dua varian rasa, rasa jeruk dan anggur. Dengan kemasan tutup push down dan memiliki wadah takar pada tutupnya membuat kemasan seperti ini lebih praktis dan saat menuangkan sirup sesuai dosisnya dirasa lebih akurat, beda yang ada sendok takar, wah sendoknya sering terpencar kemana-mana, tulisan takaran dosisnya juga halusss banget hehe.



Rasanya seperti kebanyakan obat sirup penurun panas, pahit pahit manis gitu deh.Tekstur cairannya ya seperti sirup, gak terlalu kental dan juga gak begitu encer.








Keunggulan Tempra Syrup

Mencari dan mencoba produk obat penurun panas memang gak boleh sembarangan. Dan Tempra paham akan hal tersebut sehingga, Tempra Syrup adalah obat penurun panas yang bebas alkohol, aman di lambung, tidak perlu dikocok dan dosis tepat.

Di Medan khususnya di apotek dekat rumahku, Tempra Syrup berada dikisaran harga 39K. Dan untuk penyebaran Tempra Syrup sepertinya sudah merata dan terbukti dengan mudah bisa ditemukan di apotek manapun.

Salam sehat untuk si kecil ya Ayah Bunda ^^

Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Tempra.

Ibu Bijak Memilih Multivitamin Terbaik, Solusi Tubuh Sehat Setiap Hari

/ / 4 Comments
Ibu Bijak Memilih Multivitamin Terbaik, Solusi Tubuh Sehat Setiap Hari
Pernah dengar kalimat bijak seperti inikah, ‘Ibu adalah orang yang paling lama tidur dan paling cepat bangun’ ? Btw, barusan kalimat bijak gak sih wkwkw, anggap ajalah ya, soalnya bunyinya kurang lebih begitu. Dan memang aku rasakan banget sejak jadi ibu, kalau masih jadi istri mah masih bisa nyalon lah ya, minimal gak pernah absen sisiran abis mandi lah pokoknya. Nah sejak jadi ibu, jedddaarrr, nyisir rambut aja kalau pas lagi ingat atau diingatkan ibu mertua haha *parah ya >.<

Dengan keadaan seperti itu, untuk bisa menyelesaikan semuanya dan menghadirkan makanan fresh, rumah bersih, anak terawat, mau tak mau aku harus senantiasa dalam kondisi fit. Bahkan bila sakit mendera kayak baru-baru ini, batuk pilek parah melanda, teteup aja mah ya nyapu ngepel, masak dan endebreh endebranya dilakukan.

Sepulang dari Bandung, aku drop banget. Syukurnya aku bawa K-Vit C, agak membantu daya tahan tubuh selama berkegiatan di Bandung, pas sampe Medan dan melepas rindu dengan anak, besoknya batuk pilek eksis se eksis eksisnya -_-“ dosis minum Vit-C jadi harus ditambah agar mempercepat pemulihan.

Efek hampir dropnya aku selama kegiatan di Bandung karena jam istirahatku terganggu dan asupan nutrisi di tubuhku sepertinya berkurang, aku merindukan makan buah dan minum air putih banyak-banyak huhu serta multivitamin terbaik seperti K-Vit C.

Dulu aku bukan seorang pengonsumsi vitamin C rutin, paling ngandelin buah jeruk hihi namun ternyata jeruk tidak cukup memenuhi kebutuhan vitamin C harian kita, nah sejak menghadiri event peluncuran K-Vit C plus Teavigo dari K-Link, aku seperti menemukan vitamin C yang ideal.


Abisnya, di pasaran banyak sekali beredar multivitamin yang menawarkan berbagai khasiat dengan harga bervariasi. Aku kan jadi bingung. Nah, K-Vit C ini beda.

K-Link Indonesia sebagai perusahaan yang peduli terhadap kualitas hidup sehat, awal Agustus 2017, baru saja meluncurkan produk multivitamin yang bagus untuk anak, orang dewasa dan lansia, K-Vit C plus Teavigo.  Pada umumnya multivitamin salah satunya mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang dikombinasikan dengan kalsium dan vitamin D, Nah kalau ini terobosan terbaru, K-Link memadukannya dengan Teavigo ?

Apa Saja Kelebihan K-Vit C ?

K-Vit C plus Teavigo merupakan multivitamin yang mengandung dua kekuatan antioksidan, yaitu vitamin C dan teavigo. Vitamin C adalah antioksidan yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi sel-sel  kulit dari radikal bebas dan zat berbahaya, meremajakan kulit dan mencegah anemia.

Sedangkan teavigo merupakan salah satu ekstrak teh hijau yang paling murni (world’s purest green tea extract), bebas pestisida dan herbisida, mengandung Epigallotechin gallate (EGCG) sebesar 94 % di atas kandungan teh hijau yang beredar di pasaran.

Uniknya, selama ini jarang sekali ditemui produk suplemen vitamin C yang dikawinkan dengan teh hijau, apalagi dengan teavigo. K-Link Indonesia adalah pioner yang memadukan dua kekuatan super antioksidan tersebut.

K-Vit C Teavigo tak sekedar multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dan stamina, sekaligus juga berkhasiat  menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, mengurangi risiko kanker, memperlambat proses penuaan dan menjaga kesehatan sel saraf.

Diciptakan dalam bentuk tablet effervescent sehingga K-Vit C plus Teavigo sangat mudah dikonsumsi bagi yang sulit menelan, karena cukup dilarutkan di dalam segelas air. Rasa dicoba rasa asamnya pas banget.

Tubuh, pada kondisi normal umumnya memerlukan vitamin C sebesar  90-100 mg. Dalam kondisi sakit kebutuhan vitamin C meningkat menjadi dua kali lipat. Sementara dalam kondisi udara berpolusi, kebutuhan bisa naik 3-4 kali lipat. Sebenarnya kebutuhan tubuh akan vitamin C berkisar 200 mg saja.

K-Vit C plus Teavigo aman dikonsumsi anak usia 2 tahun. Bagi Anda yang punya riwayat gangguan lambung juga tidak perlu khawatir,   K-Vit C plus Teavigo aman untuk lambung, karena sudah direaksikan dengan kalsium sehingga mampu mencegah terjadinya kenaikan asam lambung.

Perhatian bagi Ibu Hamil dan Punya Gangguan Fungsi Ginjal!

Sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi K-Vit C plus Teavigo, dosis serendah mungkin karena proses ekskresinya di ginjal. Misalnya, K-Vit C plus Teavigo dibagi dua atau tiga. K-Vit C plus Teavigo bagus dikonsumsi lansia untuk mencegah penyakit degeneratif karena kandungan antioksidannya cukup tinggi dan mampu mencegah kerusakan radikal bebas. Selain itu tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Dimana Membeli K-Vit C plus Teavigo ?

Untuk memperoleh K-Vit C plus Teavigo caranya cukup mudah Mak, kayak belanja online seperti biasa *sihiy yang biasa belanja online hihi dan bisa diakses disini. Bisa juga akses dari link aku yang ini.

Per tube K-Vit C plus Teavigo  berisi 10 dihargai Rp 72 ribu (harga distributor) dan Rp 84 ribu (harga konsumen). Happy Shopping dan Semangat Sehat ya Mak!

Pesan-Pesan Pengasuhan Anak dalam Film Duka Sedalam Cinta

/ / 0 Comments
Pesan-Pesan Pengasuhan Anak dalam Film Duka Sedalam Cinta
Sebenarnya gak yakin bawa Khalil (26 mos) untuk nonton di bioskop pertama kali, tapi kalau gak dibawa kasian juga, masak emak ayahnya jalan-jalan dia mah ditinggal mulu di rumah sama Uci. Akhirnya mau gak mau ya dibawa juga, kita lihat aja nanti gimana-gimananya ^^ *padahal dalam hatiku tetap aja deg deg an haha.



Minggu, 22 Oktober 2017 kami bertolak dari rumah jam 12.30 ke XXI Thamrin Plaza nebeng mobil Om Gio yang tesis tentang film KMGP nya belum kelar-kelar hihi, *semangat Om. Tiba di mol, kami pesan tiket nonton, lalu aku balik mikir ke masa lalu, yaelah dah berapa abad gue kagak ke bioskop haha, sekalinya ke bioskop mah nonton gratisan, tapi kali ini beda, meski bayar lebih namun keuntungan nonton Film Duka Sedalam Cinta didonasikan untuk membangun pendidikan anak-anak di Indonesia Timur, masyaAllah. Jadi saat beli tiket diniatkan begitu, lalu kepikiran bawa Khalil sempat mau bo'ong biat Khalil gak bayar haha, tapi ah ngapain bo'ong juga dossaaa, Khalil pun bayar puolll.



Nah usai beli tiket, jadwal nonton masih ada setengah jam lagi, kami pun memutuskan untuk sholat zuhur dulu dan singgah di toko mainan, *emak mau menghambur-hamburkan pocer belanja #uhuk. Gak terasa juga waktu berlalu hampir aja kelewat masuk studio gara-gara emak kalap di toko mainan haha.

Sebelumnya selama diperjalanan Khalil dikasi tau akan kemana dan ngapain lalu tempat yang didatangi bagaimana. Ketika masuk ke studio betapa takjubnya ia melihat layar bioskop yang guedeee banget haha. Langsung dia duduk anteng sebentar saja sambil ngemil pop corn asin yang diam-diam dicampur sama sereal coklat yang kubawa dari rumah, wkwkwk *asik kena tipu aja Khalil sama mamaknya :-p

Pertunjukkan pun dimulai, aih betapa bahagianya bisa nonton bareng keluarga kecilku untuk pertama kalinya dan fillm yang ditonton pun termasuk kategori aman untuk Khalil. Selama nonton Khalil itu antengnya pas lihat adegan pemandangan, ya Allah cantik kali lah Halmahera Selatan ini *_*, Khalil aja terpukau apalagi bundanya, pas nonton berasa berada di sana deh, keren ih sinematografinya.

Belum lagi saat adegan ada kapalnya, Khalil suka dengan kapal dan laut serta isinya, dulu dia terobsesi dengan ikan hiu, kalau ditanya Khalil makan apa dia jawab ikan, ikan apa? 'Ikan Hiu' jawab Khalil, dalam hati Bunda untung aktivis Green Peace gak ada yang denger kalau gak bakal kena hukum dah, padahal mah aku gak pernah ngolah ikan hiu, mungkin ini efek Baby Shark Dancing -_-

Sekilas nih mau curhat dulu *lah bukannya dari tadi curhat, Jeung :-p* masih ingat banget dua tahun lalu terlibat dalam aksi penggalangan dana untuk pembuatan film KMGP khususnya di Medan dan saat itu lagi hamil Khalil 5 bulan, masih pegang amanah sebagai Ketua FLP Sumatera Utara waktu itu. Disela-sela keletihan hamil dan menemani roadshow Bunda Helvy di Medan, Alhamdulillah kondisiku dan Baby Khalil sehat, walau sempat baper, maklum bumil hihi, dan sesekali aku elus Baby Khalil yang masih dalam perut, 'Nak sehat ya, kita berjuang sama-sama.  Namun, saat film KMGP part 1 diputar aku gak bisa nonton huhu, soalnya Baby Khalil belum bisa ditinggal-tinggal

Setengah jam sudah film diputar, Khalil mulai bosan, awalnya dia hanya berdiri-diri di kursinya, lalu duduk, kemudian ngemil dan minum, terkadang ngoceh 'apa itu?' , 'dia kenapa?' atau nge-beo percakapan pemain film, 'indah', 'cinta' dan sesekali tereak. Emak dah pasang muka dan telinga tebal lah pokoknya dari awal karena udah ngebayangin tingkah laku Khalil kayak apa haha.

Tak berapa lama kemudian, Khalil mulai turun dari kursinya -_-"; dan memilih naik turun tangga koridor studio di samping kursi emaknya. Aku takutnya anak ini hilang karena suasana gelap terus nanti ada orang usil nyembunyiin anakku, Ya Allah, jauh-jauh deh ya, tapi yakin aja karena penonton DSC pasti sholeh dan sholehah. Setelah puas naik turun tangga, lalu apa yang Khalil lakukan selanjutnya adalah, berbaring di salahsatu tangga yang permukaan gundukannya agak lebar, ya ampun Nak, dikira ini di hotel ya *meski di rumah gak ada karpet lembut dan ruangan seadem ini sik*sabar...sabar...sambil elus janggut si Ayah *lohkok? haha

Pada adegan yang menyorot Yudi dan Gagah serta Gita yang sudah hijrah, dalam hati berdoa ya Allah kelak anakku seperti ini yah, menjadi pemuda yang mencintai Islam sepenuh jiwa dan raga *_* Selain berdoa, setidaknya ada 5 pesan pengasuhan anak yang aku tangkap dari film Duka Sedalam Cinta atau KMGP part 2 ini.

1. Menanamkan Tauhid Sejak Dini 

Mama Gagah adalah orangtua yang sangat beruntung sekali, Allah menitipkan hidayah melalui Gagah lalu dengan usaha yang tidak mudah Gagah akhirnya bisa mengajak adik dan mamanya untuk hijrah pula. Lalu bagaimana kita sebagai orangtua dapat memastikan kelak anak kita akan seperti Gagah jalan akhir hidupnya yakni bermandikan cahaya hidayah Allah? Semacam bermain tebak-tebakan yah, meskipun begitu tidak ada yang mengetahuinya selain Allah yang Maha Tahu.

Oleh karena itu, pesan yang aku tangkap dari film ini adalah, tanamkan tauhid sejak dini kepada anak-anak kita sebelum menanamkan pelajaran lainnya. Jujur hal ini tidak bisa aku lakukan tanpa ilmu, aku dan suami masih panjang perjalanan belajar dan berusaha merasuki nilai-nilai ketauhidan dalam diri anak kami ditambah dengan bantuan doa-doa yang tak henti kami panjatkan setiap waktu.

2. Mengagendakan Perjalanan 

Betapa bumi Allah itu luasss banget MasyaAllah, ter-W-O-W aku pas melihat pemandangan di Halmahera Selatan melalui film ini, belum lagi pesona Pulau Widi. Di sekitar Pulau Widi saja ada banyak pulau lainnya, bahkan salah satu adegan diambil di pulau tak berpenghuni. Mantaaab *_*

( Baca juga : Piknik di Pulau, Kenapa Gak? )

Nah, beranjak dari nonton film DSC, keinginan untuk jalan-jalan bersama keluarga itu muncul lagi dan memang kelak akan diagendakan agar menjadi kenangan indah di hati anak-anak ^^ dan sebenarnya ada banyak juga pelajaran yang terbit dari perjalanan demi perjalanan yang kita lakukan seperti menemukan tempat baru, saudara baru dan pengalaman bernilai.

3. Mencintai Alam

Ada satu adegan dimana Kyai Gufron dan penduduk setempat menyelam di daerah sekitaran masjid terapung atau dikenal Masjid Apung di Ternate untuk mengutip sampah dengan sukarela. Ah adegan itu keren kali kurasa *_* padahal Kyai Gufron bukan penduduk setempat tapi hadir dengan kebermanfaatan dirinya untuk menebar kebaikan termasuk mengajak penduduk mengutip sampah di laut. Bukannya  sikap ini adalah salahsatu dari pelajaran mencintai alam? ;-)

4. Mengajarkan Memberi

Oya ada satu quote yang jleb banget dari Kyai Gufron,yang kurang lebih bunyinya gini, 


Dalam hidup selain kita menjadi seorang work hard, jangan lupa give hard juga

 Sejak Gagah hijrah, dengan harta berlebih yang ia miliki diam-diam dia membangun rumah singgah yang diberi nama Rumah Cinta, di dalam rumah ini Gagah dan beberapa preman kampung yang sudah insaf bersama-sama mengajak kebaikan dengan cara mengajar mengaji, bermain, belajar dan kegiatan positif lainnya.  Namun sayang, ternyata preman kampung sebelah pada ngiri dan berakhir pada pembakaran rumah singgah hiks T_T   ini adegan detik-detik film dah mau habis dan sepanjang penghabisan baper maksimal pun dimulai huhu 

5. Setiap Kita adalah Pendakwah

Untuk jadi pribadi yang bermanfaat ada banyak hal yang bisa kita lakukan dan caranya itu kadang tak terduga dan unik bagi orang lain kayak yang dilakukan Yudi, berdakwah dari satu bis metro mini ke satu bis metro mini berikutnya. Dan gak perlu lama-lama, satu dua ayat dengan pembahasan singkat dan dimengerti pun sudah oke, syukur-syukur ada penumpang yang mendengarkan dan jadi inspirasi. 

Lalu ada adegan dimana Nadia temennya Gita yang menyampaikan pandangannya tentang berjilbab pada sebuah seminar. Jawabannya menenangkan hati sekali. *_* 

Dan jawabannya  aku rangkum disini 

Pun tanpa disadari kadang kita sebagai orangtua diingatkan oleh anak, tak jarang kehadiran anak adalah sosok yang mengembalikan fitrah orangtuanya huhu MasyaAllah Tabarakallah.

Alhamdulillah tanpa drama air mata atau tantrumnya Khalil aku menuntaskan nonton film Duka Sedalam Cinta, walau mamak sering gagal fokus sambil jagain Khalil dan gak sempat terbaper-baper pada adegan yang memunculkan quote kece pada narasi para pemainnya huhu.

 

Ibu Menyusui Tampil Gaya dan Nyaman dengan Long Dress dari MOOIMOM

/ / 3 Comments
Ibu Menyusui Tampil Gaya dan Nyaman dengan  Long Dress dari MOOIMOM
Baju wanita zaman now mah udah banyak yang busui friendly ya Mak, duh bahagianya. Namun gak semuanya menggunakan kualitas bahan yang  nyaman dan harga yang terjangkau. Kadang sedihnya di situ. Ada yang bahannya adem bin nyaman eh harganya gak ramah di dompet, lalu ada baju yang harganya ramah di dompet eh bahannya pas dipake bikin gerah.

Begini aja deh, mamak ambil win win solution. Ada gak baju menyusui yang harganya masih masuk akal terus bahannya beneran berkualitas alias lembuuut dan nyaman? emak berani bayar mahal deh *ciyeee emak mulai syuombong wkwkw pasti ujungnya minta transferan lagi ke suami wkwkw.

Alhamdulillah ya ternyata ada, taraaa MOOIMOM nama produknya dan produk yang aku pilih adalah Maternity Nursing Bib Dress in Stripes With Long Sleeves, Super Elastic Seamless Maternity Nursing Bra dan Lace Vest Nursing Tank. Aku review satu-satu yak ^^

Maternity Nursing Bib Dress in Stripes With Long Sleeves, Baju Busui yang Super Duper Luembut

Pas pilih-pilih produk sempat kepikiran MOOIMOM ini kan produk luar negeri yang pastinya menyesuaikan dengan style orang eropa ya Mak dan jiper juga, ada gak ya gaunnya yang bisa dipakai untuk aku yang berhijab? Akhirnya pilihanku jatuh ke Maternity Nursing Bib Dress in Stripes With Long Sleeves.



Kalau lihat di web kayaknya mba model pakai yang size L deh, pas pula size M habis, bisa jadi kalau aku pakai size M jatuh gaunnya jadi ngegantung aselinya memang dimodelin gantung gitu, syukurnya mau gak mau aku pilih size L, jadi saat nyobain eh  pas ditinggi badan aku yang imyut inih hihi dan aku gak perlu pakai legging tambahan untuk menutup si mata kaki, beneran berasa pakai gamis gitu. Oya kalau untuk size di web nya ada size guide gitu jadi gak takut kegedean atau gimana.



Saat mencoba gaun ini, masyaAllah nyaman banget, Alhamdulillah. Hampir sebagian besar bahan gaun ini adalah cotton khususnya yang bagian stripe selebihnya spandek. Pada bagian stripe di desain agak tebal, mungkin seandainya ASI sedang deras dan lupa pakai breast pad, gak terlalu nampak tapi tetap antisipasi pakai breast pad agar bagian stripe warna putih hitamnya gak pudar dan keceh tanpa harus kena noda ASI. Kemudian agar ibu juga tetap hangat saat ruangan dingin dan gak terlalu kepanasaan saat ruangan gak ada pendingin begitu juga bayi tetap hangat saat sedang menyusui ketika ibunya pakai gaun MOOIMOM ini ^^.



Warnanya juga natural, dibawa nge-mall dan jalan santai sore-sore atau lelarian tetap bisa gaya tanpa harus kegerahan. Ada akses menyusui pakai sleting  di bagian samping kiri dan kanan, dengan begitu ketika bayi udah haus banget, emak gak ribet buka-buka kancing depan, tinggal zip dan lep *apaan sih wkwkw. Selain itu, Gaunnya dipakai saat menyusui aja bisa apalagi saat hamil ya, wah kepake bangetlah.

More info tentang produk ini bisa dilihat disini 


Super Elastic Seamless Maternity Nursing Bra, Berasa Gak Pakai Bra

Jelang melahirkan aku mulai sibuk me-list barang yang mau dibeli dan akan dipakai pasca melahirkan salahsatunya bra. Namun aku kurang teliti saat membeli, hiks pas barangnya nyampe, ya ampun bra nya gak nyaman banget malah kegedean -_-“ ujung-ujungnya aku kasi ke mamak mertua. Terus aku jadi malas beli bra online, trauma, beli langsung aja deh.

Ketika menyusui, awal-awal aku masih rutin pakai bra, lama-kelamaan karena Baby Khalil lumayan kuat nyusunya, bolal balik buka bra, akhirnya aku memutuskan untuk braless aja deh di rumah. Kalau tau ada bra senyaman Super Elastic Seamless Maternity Nursing Bra, aku bakal pake tiap hari.


Pas coba pake Super Elastic Seamless Maternity Nursing Bra, aku terharu, ya Allah ada ya bra senyaman ini huhu, kenapa baru dipertemukan hari ini T_T Aku langsung buat budget untuk investasi bra ini haha. Dengan harga yang lumayan, tapi untuk kualitas bra senyaman ini wajar bangetlah menurut aku. Kalau mau agak murah dikit, ada yang combo pack nya ^^.

Jadi saat dipake, Super Elastic Seamless Maternity Nursing Bra akunya berasa gak pakai bra. Bra ini menopang payudara sangat haqiqi sekali, membuat payudara kembali di posisi normalnya, gak menurun dan kendur. Branya kayak menyesuaikan dengan size payudara kita gitu. Keren ih branya *_*

Didesain seperti huruf W, meng-cover hampir keseluruhan payudara, dibuat dari bahan yang sangat halus, tanpa jahitan, kelembutannya serasa melekat pada tiap sisi payudara. Akses menyusui dirancang luas haha maksudnya ada kancing kayak kait di tali bra nya yang bisa di buka pasang dengan mudah. Selain itu ada breast pad yang keselip ditempurung bra nya, dan breast pad nya itu bisa dicopot.

ada pengait yang bisa dibuka pasang saat menyusui
sepaket dengan breastpad bawaan yang bisa dilepas
tingkatan pengaitnya banyak hihi, trus desainnya rapih banget
Pilihan size dan warna ada banyak, hitam, pink dan ungu, modelnya stripe gitu. Terpujilah Mb Claire yang udah nge desain bra ini ^^.

Lebih detil tentang Super Elastic Seamless Maternity Nursing Bra bisa diakses di sini.


Lace Vest Nursing Tank, Tank Top yang Membuat Level Seksiku Naik Seketika

Pas lagi nyari tank top pas pula dikirimin Lace Vest Nursing Tank ini. Kesan pertama pakai mirip kayak bra, efek lembutnya bahan Lace Vest Nursing Tank seolah menyatu ke tubuh. Sayangnya aku gak pakai korset itu aja lah sayangnya haha, jadi saat pake Lace Vest Nursing Tank ada yang menggelendung gitu deh di bawah dada *ya ampun, aku rasa memang harus jadwalin olahraga deh ya huhu, syukurnya dapat yang warna hitam jadi tersamarkanlah ya dikit wkwkw.


Lace Vest Nursing Tank didesain kerah V-neck berenda yang membuat kesan pemakainya jadi elegan dan kelihatan seksi banget. Si Aa aja pas lihat aku pakai Lace Vest Nursing Tank ini tampak dimatanya ada lope lope gitu haha *atau ini hanya perasaanku saja? :-p .

Selain emak bisa bergaya dengan Lace Vest Nursing Tank ini, ternyata ada akses menyusuinya juga loh, bahagianyaaaa...meski menyusui tapi tetap bisa tampil seksih di mata suami dan anti masuk angin pastinya, haha *para busui pasti tau apa yang aku maksud

akses menyusui yang anti masuk angin hihi
Tentang produknya dapat dilihat di sini.


MOOIMOM, Berawal dari Kegalauan Seorang Ibu Muda

Adalah Claire, desaigner muda dan ibu dari 3 orang anak yang selalu mengalami kesulitan menemukan produk ibu hamil dan menyusui yang berkualitas. Adapun produk di pasaran yang ada malah seringnya berkualitas kurang baik atau harga yang mahal.

Tuh kan perasaan Claire sama dengan akuh *tos Mba Claire, hanya saja bedanya aku dengan Claire, Claire langsung berinisiatif menemukan dan merancang sendiri produk ibu hamil dan menyusui yang bahannya berkualitas baik serta harga yang terjangkau, sedangkan aku tinggal beli dan pakai aja  haha *plak.

Dengan latarbelakangnya sebagai desaigner dan seorang ibu yang pernah hamil serta menyusui, ia pun mulai melakukan observasi. Tahun 2015 ia mendirikan MOOIMOM. Ternyata baru ya pantes aku juga baru tahu brand produk ini. Namun dalam dua tahun aja usahanya udah berkembang pesat ya Mak, gak hanya di UK aja tapi juga di Indonesia. Ada 3 Store di Indonesia, Jakarta ( di Jakarta ada 5 mall yang jual) 1 di Makassar dan Solo, trus di Medan kapan ada rencana buka toko Mb Claire? Hehe.

MOOIMOM sendiri diambil dari kata Mooi yang dalam Bahasa Belanda artinya CANTIQUE alias cantik , kalau digabungin jadi Mama Cantik ya, waaah ^^ . Saat ini produknya gak hanya bra dan korset pasca melahirkan tapi ada buanyak bisa kepoin di,

Situsnya : www.mooimom.id
IG : @mooimom.id
Fanpage FB : Mooimom Indonesia
LINE : @mooimom

Dan yang paling aku suka dari brand MOOIMOM ini adalah misi yang diusungnya, MOOIMOM hadir  memberikan kenyamanan untuk ibu hamil dan kemudahan untuk ibu menyusui serta membantu  mengembalikan kepercayaan diri ibu pasca melahirkan. Soooo sweet!

Kira-kira sudah dapat produk MOOIMOM yang diincar mak?

Sukses Terus y MOOIMOM!

Semoga Bermanfaat ^^




Taman Sriwedari, Tempat Hiburan Rakyat di Kota Solo Yang Melegenda

/ / 2 Comments
Taman Sriwedari, Tempat Hiburan Rakyat di Kota Solo Yang Melegenda

sumber: kitania.id
Bagi masyarakat Solo, Taman Sriwedari adalah tempat hiburan legendaris yang sudah berdiri sejak puluhan tahun silam. Ibaratnya, kita itu gak sah liburan ke Solo kalau gak mampir ke Taman Sriwedari yang dibangun oleh Paku Buwono X.

Tempat wisata di Solo ini adalah sebuah kompleks taman yang terletak di Kecamatan Lawiyan, Kota Solo. Dahulu, Taman Sriwedari adalah pusatnya hiburan kaum muda setiap akhir pekan. Seorang warga Solo sudah bisa dibilang keren kalau sudah pernah nongkrong di Taman Sriwedari.

Tempat Malam Selikuran

Selain menjadi tempat wisata di Solo, Taman Sriwedari juga menjadi lokasi peringatan malam selikuran bagi masyarakat setempat. Setiap malam menjelang tanggal 21 atau yang dalam bahasa Jawa disebut selikur, masyarakat berkumpul disini dan memanjatkan doa.

Gedung Wayang Orang



Di dalam kompleks Taman Sriwedari terdapat Gedung Wayang Orang yang dulu rutin menggelar pertunjukan seperti kisah Mahabharata dan Ramayana. Tempat ini menjadi pusat berkumpulnya para seniman wayang orang dari berbagai daerah, tidak hanya dari Solo saja.

Seniman-seniman dari Surabaya, Jakarta, Semarang dan berbagai kota lainnya berkumpul untuk membuat pertunjukan di Gedung Wayang Orang Taman Sriwedari. Dan dulu pertunjukan mereka selalu dipenuhi oleh penonton yang juga datang dari berbagai kota.

Gedung ini berbentuk unik, dengan batas yang terbuat dari kaca alih-alih tembok batu bata. Hal ini ditujukan tidak hanya sebagai sarana untuk menghemat konsumsi listrik, namun juga sebagai fasilitas untuk masyarakat kurang mampu agar bisa menikmati pertunjukan wayang orang meski mereka tidak memiliki uang untuk masuk ke dalam gedung.

Taman Hiburan Rakyat

Masuk ke Taman Sriwedari tidak dipungut biaya. Kecuali kamu masuk ke dalam Gedung Wayang Orang, yang dipatok harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu saja per orang. Sangat terjangkau untuk semua kalangan.

sumber : flickr.com/ARIAMAN

Pernah Jadi Lokasi PON

Tepatnya pada tahun 1948, Taman Sriwedari menjadi lokasi penyelenggaraan PON pertama Indonesia. Luas taman ini memang cukup besar, sehingga bisa dipergunakan sebagai tempat Pesta Olahraga Nasional di Indonesia.

Wisata Kuliner

Di dalam Taman Sriwedari terdapat banyak penjual makanan khas Solo yang dikenal lezat. Warung-warung yang berdiri di sekitar taman biasanya ramai dikunjungi wisatawan yang lapar setelah seharian travelling di Taman Sriwedari.

Kamu yang ingin mencicip selat solo, sego liwet dan berbagai makanan lainnya bisa menikmatinya di Taman Sriwedari. Ada banyak pilihan untuk menikmatinya, tak hanya satu atau dua warung saja yang menyediakan makanan lezat disana.

Sengketa

Sayangnya, saat ini Taman Sriwedari sudah dinyatakan tutup permanen oleh pengelola. Penyebabnya adalah sengketa kepemilikan antara Pemerintah Kota Solo dengan pihak ahli Warus dari KRMH Wirjodingingrat yang merupakan adik ipar dari Pakubuwono X, pemilik lahan Taman Sriwedari yang pertama.

Sumber : flickr.com/ARIAMAN
Sengketa ini berlangsung selama bertahun-tahun dan membuat Taman Sriwedari tidak terurus selama bertahun-tahun. Meski demikian, pengunjung masih tetap berdatangan, meski tidak seramai dahulu ketika Taman Sriwedari masih jaya-jayanya.

Penutupan Taman Sriwedari ini sangat disayangkan oleh banyak pihak. Karena tempat wisata di Solo ini sangat legendaris dan selalu jadi jujugan wisatawan yang sedang liburan ke Solo.

Belum diketahui kapan Taman Sriwedari bakal dibuka lagi untuk umum seperti dulu. Tentu sekarang doa dari para pengunjung adalah agar taman ini kembali dibuka dan ditata rapi agar lebih menarik pengunjung.

Semoga saja ya Mak, btw Mak pernah punya pengalaman berlibur di Solo, ceritain dong ^^.

Semoga bermanfaat.







Powered by Blogger.